Erstwhile

covererstwhile

Judul: Erstwhile

Sub Judul: Persekutuan Sang Waktu

Penulis: Rio Haminoto

Penerbit: Koloni

Jumlah Halaman: 368

Terbit Perdana: 12 Juli 2017

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 12 Juli 2017

ISBN: 9786024284855

cooltext-blurb

Raphael Harijono (Rafa) adalah seorang pria asal Indonesia yang memiliki kegemaran yang begitu besar pada artefak. Dalam sebuah perburuannya, ia akhirnya terseret masuk ke dalam sebuah perjalanan waktu bersama Emma Watts, seorang ahli bahasa dan pengajar di King’s College, Universitas Cambridge, Inggris dan juga bersama seorang wanita pengusaha setengah baya asal Prancis bernama Magalie Vaillant.

Picaro Donevante seorang warga kota Paris dan pengungsi politik yang terbuang dari kotanya sendiri di Florence, berjumpa dengan Soléne de Morency, seorang wanita kepada siapa ia dengan tulus bersedia menjadi mata dan hati untuk segala yang tak akan pernah dilihat dan diketahui wanita itu, dan juga kepada siapa ia memberikan sebuah janji setia untuk menjumpainya kembali di Notre Dame, Paris.

Perjalanan panjang Rafa dan Picaro tidak hanya membawa mereka memasuki masa kejayaan dan kebesaran Majapahit, tapi juga membawa mereka memasuki sebuah Persekutuan Waktu.

cooltext-review

Novel yang mengangkat dunia sejarah dalam tema besarnya belum pernah saya baca. Termasuk sejarah dari negara tempat saya lahir, Indonesia. Salah satu novel fiksi sejarah yang akhirnya bisa saya selesaikan hingga tuntas adalah novel berjudul Erstwhile hasil karya Rio Haminoto. Sekadar info, Rio adalah Penulis Terpilih pada acara Ubud Writer & Readers Festival 2016.

Langsung saja, novel ini sejak permulaan hingga sekitar 75% selanjutnya menyajikan dua hal yang berdiri sendiri secara bergantian. Latar waktu dan lokasi yang sangat jauh berbeda, tokoh dan lingkungan yang tidak sama, konflik permasalahan yang tak serupa, serta gaya penceritaan yang juga berbeda. Meski demikian, keduanya memiliki keunikan tersendiri untuk disimak.

Kisah pertama mengambil latar tahun 1300-an di Florentia. Tokoh utama pria bernama Picaro Donevante, anak dari Nicollo Donevante dan Cecilia Donevante, harus hijrah ke Paris karena konflik internal di tanah kelahirannya. Meski tidak suka berada di Paris, Picaro tetap mencoba betah dengan kota itu karena kegemarannya membaca buku yang sarat akan ilmu pengetahuan.

Ketika Anda mencintai seseorang, Anda menjadi terlalu mencintainya. Sesuatu yang terlalu, apa pun itu, selalu menjadi tidak baik. Karena yang terlalu akan menjadi sesuatu yang sangat menyakitkan. (Halaman 67)

Sebuah catatan perjalanan Marco Polo yang diberikan oleh Tuan Dubois, dosen Picaro di universitas, membuat semangat Picaro bergejolak ingin menelusuri jejak Marco Polo. Sayang, ia tak memahami bahasa yang ditulis di catatan itu. Akhirnya Picaro meminta tolong pada gadis yang ia sukai, Soléne de Morency, untuk membantu menerjemahkannya agar Picaro mengerti.

Kisah kedua berlatar pada tahun 2000-an, Raphael Harijono atau Rafa adalah seorang pengusaha kaya raya yang menaruh perhatian besar pada benda-benda kuno. Ketertarikannya pada beberapa lembar papirus, daun lontar, dan daluwang abad XIV yang menyinggung kerajaan Majapahit dan Gajah Mada membuatnya “bersinggungan” dengan sosok Picaro.

Singapura, Paris, London, dan New York adalah tempat yang sempat disinggahi Rafa dalam perjalanan mencapai “harta” yang ia incar. Sebuah pertemuan dengan seorang wanita paruh baya bernama Magalie Vaillant membuatnya tertegun. Bukan hanya menebak teh kesukaan Rafa, Nyonya Magalie juga sanggup mengetahui kisah cinta Rafa dan Artjana selama 20 tahun.

Saat sebuah rasa cinta terhadap seseorang dapat membuat diri kita menjadi lebih baik, itulah arti jatuh cinta yang sebenarnya. Karenanya sebuah rasa jatuh cinta perlu dibuktikan dalam selang waktu atas kebenaran artinya. (Halaman 289-290)

Mungkin sekitar 70% isi buku ini mengisahkan tentang perjalanan Picaro dimasa lalu meninggalkan Paris menuju Timur, sedangkan sisanya merupakan sekelumit kisah Rafa dalam rangka mendapatkan artefak masa lalu. Hal ini tidak saya ambil pusing karena kisah pemuda Florentia yang berkelana hingga menjadi “anggota inti” kerajaan Majapahit jauh lebih menarik.

Berbagai ulasan sejarah mengenai bangsa Barat, bangunan serta adat budayanya kurang bisa dengan baik saya visualisasikan dalam angan dibandingkan kisah mengenai Majapahit. Gajah Mada, Hayam Wuruk, Jayanegara, Gayatri, dan nama-nama terkenal yang disinggung berkali-kali serta kebudayaan saat itu sangat kental sehingga saya menikmati saat membaca novel ini.

Kingsley, Tariq Fatheldin, Tuan Liem, dan Gwan Liong adalah tokoh pendukung yang sangat penting. Sayang, dalam novel ini mereka jarang muncul. Saya baru menyadari bahwa meski mereka tidak nampak, ada satu tokoh berperan besar yang selalu melekat bersama Picaro saat menjelajahi Srivijaya, Yavadvipa, Singhasari, ataupun Walidvipa. Ia adalah Gajah Mada.

Lamun huwus kalah nusantara isum amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, sama isun mukti palapa. (Halaman 237)

Ketika membaca blurb, saya membayangkan isi novel ini adalah perjalanan waktu dalam artian sebenarnya (semacam mesin waktu, mungkin) yang dialami Raphael Harijono dan Emma Watts. Mereka terlempar kemasa kerajaan Majapahit. Dari sini cerita bermula. Saya kira seperti itu. Namun, ternyata mereka melakukan “perjalanan” waktu dalam “sosok” yang lain.

Pengalaman pertama membaca fiksi sejarah melalui novel Erstwhile ini memberikan sensasi puas dalam sanubari. Perpaduan kisah heroik, drama percintaan, hingga intrik kehidupan dalam balutan nuansa sejarah berabad-abad silam yang kental membuat novel ini layak menjadi salah satu karya dalam Ubud Writer & Readers Festival 2016. Sangat luar biasa!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rico Bokrecension kembali mendapatkan kehormatan menjadi host dalam Koloni Blogtour & Giveaway novel Erstwhile hasil karya Rio Haminoto. Ada satu orang pemenang di blog Rico Bokrecension yang akan mendapatkan satu eksemplar novel Erstwhile persembahan Penerbit Koloni. Syarat dan mekanisme berikut ini mohon diperhatikan dengan cermat. Karena partisipan yang tidak memenuhi ketentuan akan didiskualifikasi.

  • Like fanpage komikkoloni atau follow akun instagram kolonipublishers.
  • Follow akun twitter richoiko.
  • Share giveaway ini melalui medial sosialmu. Jangan lupa cantumkan url giveaway ini ya.
  • Jika sudah melengkapi persyaratan di atas, tinggalkan komentar di bawah postingan ini dengan mencantumkan Nama Lengkap, Tautan Share, serta jawab pertanyaan berikut: “Berapa kali tertulis nama Picaro pada postingan ini?”
  • Peserta harus memiliki alamat kirim di Indonesia. Pemenang saya tentukan random berdasarkan kelengkapan memenuhi syarat dan jawaban yang benar.
  • Periode giveaway di Rico Bokrecension berlaku mulai tanggal 24 Juli 2017 hingga tanggal 30 Juli 2017. Pengumuman pemenang pada tanggal 31 Juli 2017 di postingan ini juga.

Nah, sekian informasi giveaway dalam rangkaian terakhir Koloni Blogtour & Giveaway novel Erstwhile di Rico Bokrecension. Terima kasih sudah membaca postingan ini sampai akhir. Bagi kamu yang sudah ikutan, saya doakan semoga menang.. (˘ʃƪ˘) Jika ada yang kurang jelas, jangan sungkan tanya ya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan selamat malam!

Sebelumnya, saya mengucapkan mohon maaf atas beberapa kendala yang terjadi selama berlangsungnya giveaway ini. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih pada penerbit Koloni (yang diwakili oleh mbak Mega, sang editor) yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk menjadi host dalam Koloni Blogtour & Giveaway ini.

Terakhir, terima kasih banyak untuk enam belas orang yang telah mengikuti giveaway ini! Pertanyaan saya yang sangat mudah hanya benar dijawab oleh lima belas orang. meski demikian, saya sangat mengapresiasi keikut sertaan kalian semua. Langsung saja ya, ini dia nama pemenang yang berhasil mendapatkan hadiah novel Erstwhile hasil karya Rio Haminoto:

Yak, selamat! Untuk Farah Stefani Putri Arsanti, akan saya hubungi melalui media sosial. Diwajibkan konfirmasi maksimal tanggal 2 Agustus 2017. Kalau tidak ada kabar sama sekali, saya akan pilih pemenang baru. Bagi yang belum beruntung, jangan kecewa. Saya akan mengadakan giveaway lagi di blog ini. Kapan? Rahasia. Tunggu aja pokoknya :)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dan sampai jumpa lagi!

19 comments for “Erstwhile

  1. July 24, 2017 at 9:13 AM

    Wah 5 bintang? :o
    hahah sama.. Hana juga awalnya nyangka bakal ada mesin waktu gitu.. dan salah satu terlempar ke masa lalu/masa depan XD hahahhaha

  2. Stefani
    July 24, 2017 at 12:01 PM

    Nama : Farah Stefani Putri Arsanti
    Share Link : https://twitter.com/faninos/status/889347605360070656
    Jawaban : Ada 12x tertulis nama Picaro *Termasuk nama picaro didalam pertanyaan di postingan ulasan reviewnya :D*

    Wish me luck! ^^

  3. devira belin
    July 25, 2017 at 5:16 PM

    nama: devira belin
    link share:https://twitter.com/Virscnd/status/889790931649482753
    jawaban: dalam Erstwhile (Blogtour + Giveaway) ada terdapat 12 kali Picaro disebut

  4. July 26, 2017 at 8:17 AM

    Nama: Rizki Fitriani
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/890017220939493376
    jawaban:
    12 kali

  5. Eni Lestari
    July 26, 2017 at 8:38 AM

    Nama: Eni Lestari
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/890022900157136896

    12 kali

  6. Wening
    July 26, 2017 at 11:44 AM
  7. Bety Kusumawardhani
    July 26, 2017 at 8:24 PM

    Nama: Bety Kusumawardhani
    Link: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/890200631192899584?p=v
    Jawaban: 12 kali

  8. Alfath
    July 27, 2017 at 9:09 AM

    Nama:Alfath F.R.
    link share: https://twitter.com/alfari_12/status/890393283716763649
    jawaban:ada 12 nama Picaro pada postingan di atas.

  9. July 27, 2017 at 11:17 PM

    Nama: Aya Murning
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/890606635273474049
    Jawaban: tertulis 12x

  10. July 28, 2017 at 12:09 AM

    Elsita F. Mokodompit
    https://twitter.com/sitasiska95/status/890619574864846848
    Ada 12 kali :)

  11. July 28, 2017 at 1:34 AM

    Nama: Ainun Mawa’dah Noor
    Tautan link: https://twitter.com/AmdnLee/status/890640720213663744?s=09
    Jawaban:
    Nama Picaro pada postingan ini tertulis sebanyak 12 kali.

  12. Monica Indah
    July 28, 2017 at 9:01 AM

    Nama: Monica Indah
    Link Share : https://twitter.com/MonicaIndah5/status/890749776634839041
    Jawaban : 10 kali

  13. loviaokta
    July 28, 2017 at 9:43 AM

    NAMA ; LOVIA OKTA FONDA
    LINK SHARE https://twitter.com/Loviaoktafonda/status/890760952181776384
    JAWABANNYA 12 KALI

  14. Ayu Widyastuti
    July 28, 2017 at 1:13 PM

    Nama: Ayu Widyastuti
    Link share: https://twitter.com/widyayu15/status/890816889676582912

    Jawab: 12 kali

  15. Leny
    July 29, 2017 at 12:14 AM

    Nama: Leny
    Tautan Share: https://mobile.twitter.com/lannylainy/status/890880220130967552

    “Berapa kali tertulis nama Picaro pada postingan ini?”
    Jawaban: 12 kali.

  16. Cahya
    July 29, 2017 at 3:47 PM

    Nama: Cahyaningrum
    Tautan share: https://twitter.com/ccchhy/status/891217833312563201
    Jawaban: 12 kali

  17. July 29, 2017 at 9:16 PM

    Suka sama review-nya…
    Super lengkap dan detail..

    Aku sependapat tentang perjalanan Picaro ke bagian timur yang lebih menarik dan lagi keteguhan seorang Gajah Mada buat aku takjub :)

  18. Bintang Maharani
    July 30, 2017 at 10:40 PM

    Bintang Maharani
    https://twitter.com/btgmr/status/891312711761629185
    Tertulis sebanyak 12x :)

  19. July 30, 2017 at 10:44 PM

    Wow, this article is pleasant, mmy sister is analyzing these kinds of things,
    therefore I am goikng to let know her.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*