Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.. salam sejahtera bagi semua 😀

Di indonesia jaman sekarang ini, kita tahu bahwa indonesia adalah negara berkembang. Indonesia merupakan negara bekas jajahan belanda, bayangkan kita bangsa indonesia satu setanah air dijajah selama 350 tahun! 🙁 harta, tanah, tahta semua dirampas oleh bangsa lain. Darah tumpah dimana-mana demi memperjuangkan bangsa yg kita cinta ini. “Merdeka” siapa yg tidak tahu dengan kata tersebut, sangat terharu jika mengingat masa-masa perjuangan para pahlawan di jaman penjajahan dulu :(, darah tumpah dimana-mana, anak kecil kelaparan, harta dirampas, wanita-wanita disiksa, apalagi yg paling kejam tuh pada jaman Jepang yg disebut ROMUSHA, miris banget kan?.

Nah, di jaman yg sudah serba modern ini sebenarnya kita masih belum merdeka teman-teman, mengapa saya mengatakan Indonesia belum merdeka?? nah sebagai contoh “KORUPSI”, teman-teman udah tau kan korupsi itu apa dan apa dampaknya bagi bangsa ini?. Korupsi merupakan aktivitas penjajahan modern yg dilakukan sebagian orang-orang yg tidak bertanggung jawab oleh orang indonesia itu sendiri. Dimana-mana terdengar kata-kata “KORUPSI” dari jalanan hingga pejabat negara. Dampak dari korupsi, akhirnya bangsa ini terlilit hutang sampai berjuta-juta bahkan bermilyar-milyar “DOLLAR”. Betapa mirisnya negara kita ini? Apa yg harus kita lakukan sebagai penerus bangsa ini teman-teman? teman-teman tentunya tidak mau, apa yg akan terjadi pada anak cucu kita nanti di masa depan? Naudzu Billahi Mindzalik..

Sebagai penerus bangsa yg adil, jujur, berwawasan dan bertanggung jawab (amiiiiin) kita harus memperjuangkan kemerdekaan ini dengan berbagai cara dan yg positif tentunya disertai kerja keras. Dari hal yg seremeh mungkin, contohnya membuang sampah pada tempatnya, remeh banget kan?? remeh tapi bisa berakibat fatal, “BANJIR”. Apabila kita membiasakan melakukan hal-hak yg positif, maka kita akan mendapatkan hasil yg positif pula nantinya, inget itu teman-teman :). Jika semua masyarakat membiasakan melakukan hal positif, Indonesia pasti akan menjadi negara maju, dan negara yg Sopan Santunnya nomor satu peringkat dunia (Amiiinn hehehe).

Teman-teman seperjuangan, sebangsa dimanapun kalian berada, marilah kita bangun negara yg tercinta ini, kita landaskan dalam JATI DIRI kita dengan Akhlakul Karimah sopan, santun,dan damai. Mari kita wujudkan bangsa ini seadil-adilnya. Jangan mau kita dikuasai oleh dunia, Kita-lah yg seharusnya menguasai dunia. Indonesia Tanah Airku, Tanah Tumpah Darahku!  Hidup INDONESIA!

 

Oleh : Reza Rizki Ramadhan, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Brawijaya