Ini Dia Cara Mudah Bedakan Produk Sepatu Nike Asli dengan yang Tiruan

Sepatu saat ini memiliki banyak sekali fungsi. Selain sebagai penunjang segala aktivitas juga bisa membuat si pemakai tampil lebih gaya. Seperti sepatu olahraga misalnya bisa untuk mendukung aktivitas fisik, seperti lari, bermain basket, sepak bola, dsb. Namun juga bisa sekaligus untuk bergaya dan terlihat trendi. Salah satu merk sepatu olahraga yang menjadi pilihan banyak orang adalah sepatu Nike. Sebagai salah satu merk sepatu yang mendunia, kualitas Nike sudah tidak usah diragukan lagi. Anda bisa membuktikan ketangguhan sepatu yang satu ini saat digunakan untuk berolahraga. Karena Nike sudah menggunakan bahan yang berkualitas terbaik, desain yang elegan dan sporty, serta menggunakan teknologi canggih dalam setiap produknya.

Nike Air Max 270

Nike Air Max 270 | Sumber gambar : Bobobobo

Sama seperti produk populer pada umumnya, produk Nike banyak sekali dipalsukan. Sehingga jika Anda kurang berhati-hati, kemungkinan untuk mendapatkan produk palsu atau tiruan sangatlah besar. Terlebih tingkat kemiripan produk tiruan hampir mendekati produk aslinya dan bisa membuat siapapun terkecoh. Sehingga bagi orang awam maupun yang sering menggunakan Nike pun bisa saja tidak menyadari perbedaan antara yang original atau asli dengan yang tiruan. Hal ini tentu merugikan, karena kualitas antara produk yang asli dengan yang tiruan jelas-jelas berbeda.

Baca Juga:

Brand Kenamaan Nike yang Mengakuisisi Converse

7 Koleksi Sepatu Sneakers Wajib Koleksi dengan Bahan Denim

Bermain Basket Bisa Lebih Nyaman dan Aman dengan Koleksi Sepatu dari Jordan Brand

Sebagai konsumen, Anda perlu mengetahui cara membedakan produk Nike yang asli dengan yang tiruan. Jangan sampai Anda sudah keluar uang banyak untuk membeli produk Nike yang dikira original, namun ternyata produk yang didapatkan adalah tiruan. Pada umumnya sepatu tiruan dibuat dengan biaya serendah mungkin untuk bisa mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Sehingga dari segi bahan, tentunya produk tiruan akan menggunakan bahan yang di bawah produk asli. Produk asli akan menggunakan bahan berkualitas tinggi sehingga lebih awet dan tahan lama saat digunakan.

NIKE W React Element 55

NIKE W React Element 55 | Sumber gambar : Bobobobo

Nah, mengingat beberapa orang ada yang suka berbelanja sepatu Nike via online maupun datang langsung ke tokonya, maka cara membedakannya juga berbeda. Anda bisa menggunakan cara mudah berikut ini:

1. Saat berbelanja secara online

Agar Anda tidak tertipu dengan produk palsu, Anda bisa melakukan langkah berikut saat berbelanja produk Nike secara online, yaitu:

a. Pastikan terlebih dahulu reputasi penjual online tersebut

Anda bisa menggali informasi terlebih dahulu untuk toko online yang sudah terpercaya. Cara termudah dengan mencari di situs google atau sejenisnya. Umumnya online store terpercaya akan menjual produk yang original. Agar lebih yakin akan reputasi online store tersebut, Anda bisa melihat dari rating atau feedback yang diberikan oleh pelanggan. Baca juga testimoni yang diberikan konsumen yang pernah melakukan transaksi sebelumnya. Untuk Anda yang membeli produk Nike dari marketplace yang menghubungkan antara pembeli dengan penjual, maka Anda perlu berhati-hati. Karena dalam hal ini, marketplace tidak berperan untuk quality control pada produk yang dijual di situsnya. Kita harus menggali sendiri informasi tentang produk pada pembeli yang bersangkutan, apakah produk yang dijual asli atau tidak. Untuk reputasi penjual bisa Anda ketahui dari feedback pelanggan yang pernah bertransaksi sebelumnya.

b. Hindari penjual yang menjual produk Nike menggunakan gambar yang tidak sesungguhnya

Beberapa orang yang menjual produk dengan memanfaatkan jejaring sosial hingga marketplace ada yang menggunakan gambar yang berasal dari google. Hal ini perlu kita waspadai, karena bisa saja produk yang dijual tidak ada atau berbeda jauh dari produk Nike yang diharapkan.

c. Melihat ketersediaan size sepatu

Tanyakan stok sepatu jika Anda membeli pada penjual besar. Biasanya untuk stok ukuran 9, 12 dan diatasnya tidak pernah ada karena alasan tertentu. Selain itu, lihat model produk Nike yang dibeli. Nike yang original hanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas. Sehingga jika penjual tersebut memiliki stok model lama dalam jumlah yang banyak, maka Anda harus waspada.

d. Hindari produk Nike yang dijual dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran

Beberapa orang ada yang suka berburu produk Nike murah dari retailer resmi. Namun jangan senang dulu, karena ini bisa saja jauh dari apa yang Anda harapkan. Perlu diketahui, varian Nike yang original bisa dijual hingga jutaan rupiah. Sehingga saat Anda mencari produk serupa di pasaran namun diiming-imingi dengan harga yang jauh lebih murah maka Anda perlu waspada. Apalagi jika harganya bisa terpaut jauh hingga 50 % di bawahnya.

e. Hindari membeli produk Nike yang sudah tersedia jauh sebelum jadwal rilis produk resmi

Jika Anda menemukan hal yang demikian, maka bisa dipastikan produk yang dijual tersebut palsu atau tiruan. Untuk lebih amannya, sebaiknya cari produk Nike di tempat lain.

f. Melakukan verifikasi produk

Saat sudah menemukan produk Nike yang sesuai, maka jangan lupa untuk melakukan verifikasi. Anda bisa minta kepada penjualnya untuk memberikan detail foto produk, seperti untuk bagian lidah, sol sepatu, hingga detail jahitannya. Anda juga bisa meminta untuk diperlihatkan kemasan box-nya untuk bisa melihat beberapa detail, seperti kode SKU, barcode, dll.

2. Saat berbelanja langsung di toko

Jika Anda membeli langsung produk Nike langsung di tokonya, tentu keuntungannya Anda bisa lebih leluasa untuk melihat tampilan fisiknya. Namun agar tidak salah memilih produk yang asli dengan tiruan, Anda bisa menerapkan langkah berikut ini, yaitu:

a. Melihat kemasan box sepatu

Umumnya untuk produk Nike yang original akan satu paket dengan box originalnya juga. Berbeda dengan produk Nike tiruan yang tidak sepaket dengan box sepatunya dan hanya dibungkus dengan plastik. Penggunaan replace box biasa dilakukan pada produk tiruan. Dari fisik box-nya saja bisa kita lihat perbedaan antara yang asli dengan yang tiruan. Dimana untuk yang tiruan keadaan box-nya tidak kuat, bahan tipis, tulisan tidak terlalu jelas, print barcode tidak permanen dan terkesan menempel saja, dsb.

b. Mengecek kondisi sepatu

Keuntungan membeli secara langsung adalah Anda bisa mengecek kondisi sepatu tersebut. Kualitas untuk produk Nike yang asli bisa terlihat dari bahannya yang bagus terbuat dari leather atau suede. Berbeda dengan produk Nike tiruan yang menggunakan bahan pleather. Dari midsole sepatunya juga akan terlihat perbedaannya. Untuk yang tiruan akan terlihat titik-titik yang kasar, keras, dan kaku. Perbedaan lainnya juga bisa Anda lihat pada bagian tali. Dimana untuk yang asli warna cenderung kalem dan lubang pada tali sangat rapi dan simetris. Berbeda dengan yang tiruan, warna tali sepatu cenderung mencolok dan lubang tali sepatu dikerjakan dengan kurang rapi.

c. Cek kesesuaian nomor SKU pada box dan pada lidah sepatu

Produk Nike asli memiliki nomor SKU yang berada di dalam sepatu, tepatnya di bagian lidah sepatu. Nike yang asli memiliki kesamaan nomor SKU di bagian dalam sepatu dengan nomor SKU di box sepatu. Jika nomor SKU ini tidak sesuai, maka bisa dipastikan produknya tiruan.