Berikut 3 Cara untuk Cek Pajak Mobil Tahunan & 5 Tahunan via Online untuk Area Polda Metro Jaya

Untuk mempermudah mobilitas sehari-hari, memiliki kendaraan pribadi menjadi kebutuhan bagi masyarakat saat ini. Sehingga tidak heran jika meskipun kini sudah banyak sekali layanan transportasi, memiliki kendaraan pribadi masih menjadi minat bagi banyak orang. Bagi mereka yang memiliki kendaraan bermotor seperti mobil, membayar pajak menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan. Bahkan kewajiban ini juga sudah tercantum dalam UU RI Nomor 28 Tahun 2009, yang kemudian diperjelas dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 yang merupakan perubahan dari Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010 terkait Pajak Kendaraan Bermotor. 

Dahulu untuk mengetahui pajak mobil tahunan maupun 5 tahunan harus dilakukan dengan cara konvensional, yaitu dengan datang langsung ke Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu). Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, pelayanan kepada masyarakat kini semakin dimudahkan. Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke Samsat jika ingin mengetahui status pajak kendaraan maupun besaran biaya yang harus dibayarkan untuk perpanjangan. Karena kini Anda sudah bisa melakukannya dengan cara daring atau menggunakan sistem online.

Beberapa daerah kini ada yang sudah menerapkan sistem digital untuk pelayanan pajak bagi masyarakatnya. Sehingga dengan cara ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mencari informasi terkait pajak maupun untuk pembayaran pajak kendaraan yang dimiliki. Salah satu daerah yang sudah memiliki website untuk keperluan ini adalah Jakarta.

Caranya terbilang sangat mudah, yaitu Anda bisa mengunjungi laman website tersebut, kemudian masukkan nomor kendaraan dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang dimiliki. Setelah melakukan proses ini, nantinya akan muncul berapa besaran pajak kendaraan yang harus dibayarkan. Informasi yang didapatkan tidak hanya sebatas itu saja.

Berikut langkah-langkahnya untuk cek pajak mobil untuk area Polda Metro Jaya meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Tangerang Kota, Bekasi Kota, Bekasi, Depok, Tangerang Selatan, dan Kepulauan Seribu.

a. Cek di https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

ilustrasi samsat-pkb2.jakarta.go.id di iOS

samsat-pkb2.jakarta.go.id_(iPhone 6_7_8)

b. Akan keluar hasilnya jika nopol terdaftar di Samsat Polda Metro Jaya (hasil akan lebih lengkap jika menggunakan data NIK pemilik kendaraan R2/R4)

Jadi untuk kalian yang nopolnya diterbitkan oleh Samsat Polda Metro Jaya, dapat menggunakan website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ untuk mengecek total pajak yang harus dibayarkan.

e-SAMSAT Jakarta

ilustrasi e-SAMSAT Jakarta. sumber gambar : https://bapenda.jakarta.go.id/ diakses 22 Februari 2021 pukul 10.59 wib

Untuk pembayaran dapat dilakukan melalui ATM Bank DKI dan aplikasi Jak One Bank DKI, ATM BNI, ATM BTN, ATM BRI, ATM Maybank dan ATM Bukopin. Untuk pengesahan tetap perlu dilakukan di Samsat di seluruh area Polda Metro Jaya (batas waktu yang ditetapkan untuk penukaran maksimal 30 hari sejak pembayaran). Pengesahan perlu dilakukan karena akan dilakukan cetak fisik STNK yang baru sekaligus pengesahannya.

Pembayaran pajak online melalui ATM Bank DKI
– Pembayaran pajak online melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI
– Pembayaran pajak online melalui ATM BNI
– Pembayaran pajak online melalui ATM BRI
Pembayaran pajak online melalui e-Banking BRI
– Pembayaran pajak online melalui ATM BTN
Pembayaran pajak online melalui ATM Maybank
– Pembayaran pajak online melalui ATM Bukopin

1. Tata cara pembayaran melalui ATM Bank DKI :

2. Tata cara pembayaran melalui JakOne Mobile Bank DKI :

3. Tata cara pembayaran melalui ATM BNI :

Keterangan:
1. Jika Nasabah melanjutkan proses, maka secara system BNI akan mengirimkan pada
messaging data NIK untuk divalidasi oleh server POLDA METRO. Bila data NIK valid,
ATM akan menampilkan screen konfirmasi.

2.Bila data NIK tidak valid, akan mendapat screen error informasi NIK yang terdapat pada POLDA DKI JAKARTA

3.Transaksi mengakomodir reversal (tidak menggunakan mekanisme suspend Kredit),jika
terjadi timeout, tidak mendapat respon dari Switcher/ Samsat maka Bank mereversal
dananya kembali ke rekening Nasabah.

4.Pembukuan pada saat transaksi mengkredit rekening escrow BPRD Jakarta yang dibuka di BNI. Sedangkan untuk Pelimpahannya, dilakukan secara manual melalui kliring ke rekening BPRD Jakarta di Bank DKI

5.Cut off transaksi Pkl. 14.WIB, dengan ketentuan sbb:
a. Transaksi pada hari sama sd pkl.1400 WIB akan dilimpahkan pada hari yang
sama paling lambat pkl. 16.00 WIB
b. Transaksi yang dilakukan Nasabah setelah pkl. 14.00WIB akan dilimpahkan
pada hari kerja berikutnya.

4. Cara Pembayaran melalui ATM BRI :

Jika melalui e-Banking BRI :

5. Cara Pembayaran melalui ATM BTN :

6. Cara Pembayaran melalui ATM Maybank :

7. Cara Pembayaran melalui ATM Bank BUKOPIN :

Selamat mencoba dan terima kasih.

Langkah-langkah Mendaftar Kuliah dengan Beasiswa Luar Negeri

Kuliah di luar negeri merupakan impian hampir semua pelajar di Indonesia. Selain mendapatkan pendidikan dengan kualitas lebih baik, pengalaman yang akan didapatkan juga bisa menjadi bekal di masa depan. Sekarang ini untuk kuliah di luar negeri bukan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berasal dari keluarga kaya saja. 

Siapapun Anda memiliki kesempatan yang sama untuk bisa kuliah di luar negeri dengan banyaknya beasiswa luar negeri yang sekarang ini diberikan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Bahkan banyak universitas luar negeri yang langsung memberikan kuota untuk calon mahasiswa S1 dan S2 dari Indonesia untuk bisa belajar dengan gratis di sana.

Sebagai gambaran Anda yang ingin kuliah di luar negeri dan mendapatkan beasiswa, berikut ini adalah langkah-langkah mendaftar kuliah beasiswa luar negeri yang bisa Anda pelajari dan coba persiapkan :

A. Menentukan jurusan

Bagi Anda pelajar SMA atau sekolah kejuruan, terlebih dahulu harus menetapkan jurusan yang akan diambil untuk jenjang S1 nantinya. Jurusan ini akan menentukan pilihan universitas mana yang bisa Anda tuju sebagai kampus menempuh pendidikan tersebut. Meski satu universitas biasanya memiliki banyak pilihan jurusan namun jurusan tertentu memiliki universitas favorit tertentu yang memiliki kualitas pendidikan terbaik. Dalam menentukan jurusan ini, sebaiknya Anda melihat minat dan kemampuan diri sendiri serta jangan lupa berkonsultasi dengan keluarga.

B. Menentukan negara tempat study

Setelah menentukan jurusan keilmuan, tentukan negara tempat pendidikan nantinya akan ditempuh. Dalam menentukan tujuan negara ini ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan dengan masak yaitu:

  • Bahasa
  • Biaya hidup
  • Jarak
  • Pilihan universitas terbaik
  • Makanan dan tempat tinggal

C. Memilih universitas

Setelah memilih negara, pilihlah universitas tempat Anda akan belajar yang ada di negara tersebut. Pastikan universitas pilihan Anda juga memiliki jurusan dimana Anda akan mendaftar. Anda bisa mencari informasi mengenai universitas terbaik yang ada di negara tujuan melalui internet. Bukalah situs-situs universitas yang ada untuk melihat gambaran umum proses belajar mengajar di sana. Anda bisa memilih 2 atau 3 universitas terlebih dahulu untuk dijadikan pilihan utama nantinya.

D. Mempelajari proses pendidikan di luar negeri

Setelah mendapatkan pilihan, sebaiknya Anda mulai mempersiapkan diri dengan mempelajari proses belajar mengajar di sana. Salah satunya adalah dengan memperdalam kemampuan berbahasa sesuai dengan bahasa pengantar pendidikan. Selain itu pelajari juga jam kuliah, iklim di negara tujuan dan cari tahu apakah universitas pilihan Anda menyediakan asrama. Jika tidak maka Anda juga harus mencari akomodasi.

E. Belajar mandiri

Persiapkan diri mulai sekarang dengan cara latihan hidup mandiri. Di luar negeri atau di asrama tentu Anda tidak ditemani orang tua yang bisa memasakkan makanan atau mengurus laundry. Anda harus melakukannya sendiri baik dengan langganan catering, membeli makan atau memasak di asrama.

F. Belajar

Untuk mendapatkan beasiswa tentu Anda harus mengalahkan pencari beasiswa lainnya. semuanya berlomba dalam hal prestasi dan wawancara sehingga Anda perlu mempersiapkan diri sejak dini dengan belajar teori serta public speaking.

 

Itulah beberapa langkah yang perlu Anda persiapkan sejak dini jika ingin mendapatkan beasiswa luar negeri dan belajar di universitas negara lain. Memiliki pengalaman sebagai lulusan luar negeri akan memberi Anda keuntungan tersendiri dimana lulusannya lebih dihargai oleh lapangan kerja baik di Indonesia maupun di negeri Anda mendapatkan pendidikan.

Beberapa Tips Mendapat Beasiswa Unggulan yang Bisa Anda Terapkan

Beasiswa unggulan menjadi program yang selalu ditunggu oleh para mahasiswa maupun anak lulusan SMA. Dimana dengan solusi ini mereka mampu mengenyam pendidikan di tingkat lebih tinggi tanpa harus memikirkan banyak masalah mengenai biaya. Sama dengan jenis beasiswa lainnya, karena dengannya Anda bisa mendapat keringanan pembiayaan secara maksimal dari pemerintah maupun lembaga terkait. Sedangkan untuk mendapatkan informasi mengenainya setiap dari Anda mampu mencari dan mendapatkan diberbagai portal online resmi. Berhubung yang dibuka lumayan banyak. Jadi, ada baiknya pilih sesuai kemampuan yang dimiliki. Continue reading