Cara Bijak Menggunakan Sosial Media

Masih banyak pengguna sosial media masih belum bijak dalam menggunakan sosial media khususnya di Indonesia. Terlebih tahun 2019 merupakan tahun pesta demokrasi (baca : politik), para buzzer yang dibayar mahal oleh politisi tentunya melancarkan aksi mereka dengan menyebarkan berita bohong untuk menjatuhkan lawan politiknya. Oleh sebab itu saya ingin berbagi mengenai cara bijak menggunakan sosial media.

Sosial Media memiliki manfaat yang positif serta negatif. Beberapa orang menggunakan sosial media untuk keperluan komunikasi, berbagi cerita atau bahkan berjualan. Tentunya hal tersebut tidak berlaku untuk banyak orang tersebut, juga masih banyak yang rela menyebarkan berita bohong agar junjungan politik mereka menang walaupun mereka tidak dibayar berapapun dengan dalih keadilan atau lainnya.

Cara Bijak Menggunakan Sosial Media

Untuk menjadi manusia yang bermanfaat tentunya kita wajib tahu bagaimana cara yang benar dalam menggunakan sosial media. Dibawah ini kami memberikan beberapa info yang sangat bermanfaat.

Gunakan untuk Komunikasi

Saudara yang jauh dari tempat anda sekarang, dengan mudahnya anda komunikasi baik melalui pesan ataupunĀ videocall. Dengan sekedar hanya menanyakan kabar, hal tersebut dapat membuat kekerabatan anda dengan saudara anda sendiri terjalin menjadi baik. Tentunya dalam berkomunikasi hindari topik yang sangat sensitif, misalnya dalam pemilihan politik ini karena bisa saja menjadi permusuhan gara-gara perdebatan yang tidak jelas.

Membagikan Cerita Manfaat

Tersebarnya banyak berita bohong membuat kita sebagai pengguna sosial media harus lebih cerdas dalam membagikan apakah berita tersebut bohong atau tidak, tetapi alangkah baiknya kita tetap memberikan atau membagikan berita yang sangat bermanfaat, contohnya yaitu resep masakan ataupun tips rumah tangga.

Gunakan untuk Jualan

Salah satu cara yang sangat efektif dalam mendapatkan bulanan yaitu memanfaatkan sosial media sebagaiĀ  tempat untuk jualan, terlebih karena belakangan ini marak-maraknya dunia online yang katanya menggulingkan usaha offline. Nah, jualan di sosial media tentunya tidak berbayar alias gratis yang anda bisa menjualnya apapun.