Promosi perusahaan penting dilakukan karena terkandung banyak manfaat di dalamnya. Promosi adalah upaya untuk menawarkan atau memberitahukan produk atau jasa tertentu. Promosi dilakukan untuk menarik minat calon konsumen agar membeli atau mengenal produk anda. Harapan dari adanya promosi ini yaitu untuk meningkatkan penjualan. Promosi ini tidak hanya dilakukan pada perusahaan saja, anda yang sudah berwirausaha sendiri pun juga perlu melakukan promosi. Dengan promosi, anda juga akan lebih banyak memiliki link kerja serta tantangan baru yang lebih besar.

Mengapa harus melakukan promosi perusahaan?

Promosi perusahaan penting dilakukan bagi anda baik yang sudah memiliki bisnis besar maupun kecil. Berikut adalah beberapa alasan, mengapa promosi diperlukan.

Mengenalkan produk

Alasan pertama dari adanya promosi perusahaan adalah agar produk dikenal oleh konsumen atau istilahnya menciptakan brand awareness. Jika produk anda dikenal, maka penjualan akan meningkat dan pemasukan tentu akan semakin bertambah. Promosi ini lebih diutamakan jika anda memiliki produk baru.

Menciptakan loyalitas konsumen

Selain menciptakan brand awareness, promosi dilakukan untuk menciptakan loyalitas konsumen. Loyalitas ini perlu anda ciptakan dan pertahankan agar konsumen anda tidak beralih pada yang lain. Dalam hal ini, anda bisa melakukan beragam promosi dengan program menarik dan berhadiah. Anda juga dapat memberikan paket bonus produk, harga khusus untuk konsumen yang banyak membeli maupun memberikannya pada momen tertentu.

Membangun merek

Membangun merek juga perlu dilakukan oleh para pebisnis. Setelah brand awareness tercipta, langkah selanjutnya adalah membangun kesan positif terhadap merek tersebut. Agar hal ini tercipta, maka anda harus memiliki produk yang berkualitas serta layanan yang baik.

Untuk sarana edukasi pelanggan

Selain tiga hal yang disebutkan di atas, manfaat lain dari promosi adalah untuk mengedukasi pelanggan. Dalam hal ini, anda dapat menjelaskan keunggulan produk, kegunaan, bahan baku yang digunakan serta hal-hal lain terkait produk tersebut. Dengan adanya promosi tersebut diharapkan ada pengetahuan baru yang akan didapatkan oleh calon konsumen anda.

Beberapa kegiatan promosi perusahaan

Untuk mendapatkan beberapa manfaat yang disebutkan di atas memang tidak mudah, ada beberapa strategi atau kegiatan promosi yang perlu anda lakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

Penjualan perorangan

Salah satu kegiatan promosi untuk mengenalkan barang promosi salah satunya dengan kegiatan penjualan perorangan (Personal selling). Penjualan perorangan lebih mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Selain itu, informasi yang didapatkan oleh konsumen akan lebih detail dan anda juga mendapatkan respon langsung.

Promosi penjualan

Selain dengan penjualan perorangan, anda juga dapat melakukan promosi penjualan atau sales promotion. Hal ini dapat meningkatkan penjualan dalam waktu pendek. Untuk kegiatannya, anda dapat memberikan hadiah gratis setiap ada yang membeli produk anda dengan jumlah tertentu. Lebih dari itu, anda dapat memberikan sampel gratis agar lebih dipercaya oleh konsumen.

Iklan

Kegiatan lainnya untuk promosi adalah dengan iklan (advertising). Iklan dapat mudah dipahami dan menarik konsumen. Anda bisa melakukan iklan di media massa ataupun elektronik. Dalam hal ini, anda bisa menawarkan beberapa produk gratis kepada konsumen melalui media tersebut untuk menarik konsumen.

Brosur

Salah satu cara ampuh untuk promosi perusahaan ataupun promosi produk adalah dengan cetak brosur dan menyebarkan brosur ataupun selebaran ke dalam komunitas masyarakat yang sesuai. Dengan adanya brosur akan membuat target sadar akan eksistensi perusahaan ataupun produk yang kita tawarkan.

Cetak Brosur Surabaya

Pembagian brosur juga termasuk salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan dalam kegiatan promosi. Dengan banyaknya ketersediaan perusahaan percetakan anda dapat dengan mudah mencetak brosur dalam jumlah sedikit secara berkala ataupun mencetak dalam jumlah banyak sekaligus.

Hubungan masyarakat

Hubungan masyarakat atau public relation juga bisa menjadi media promosi yang baik. Caranya yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen sehingga mereka juga akan mengenal baik perusahaan anda. Jika hubungan baik sudah terjaga, maka kepercayaan masyarakat terhadap produk anda juga tinggi, image perusahaan ataupun produk juga bagus.

Spanduk

Memasang spanduk di tempat yang strategis dapat membantu produk anda lebih mudah dikenal oleh banyak orang secara luas. Bahan spanduk yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan karena tersedia banyak jenis bahan yang berbeda-beda. Spanduk dipasang ditempat strategis agar banyak dilihat oleh pengguna jalan yang sehingga produk/merek kita yang akan menjadi pertama terlintas jika mereka membutuhkannya.

Itulah beberapa hal terkait keuntungan promosi bagi perusahaan dan kegiatan promosi yang bisa anda lakukan. Intinya, dengan melakukan promosi perusahaan anda bisa menginformasikan produk anda pada konsumen yang menjadi peluang pasar anda. Produk dengan harga mahal dan berkualitas tidak akan dikenal dan sulit terjual jika anda tidak mengadakan kegiatan promosi seperti yang disebutkan di atas. Lebih dari itu, promosi bisa anda lakukan dalam bentuk offline maupun online. anda bisa memanfaatkan media internet untuk promosi baik dalam website, blog, youtube, maupun memanfaatkan media sosial yang anda. Promosi ini juga berlaku bagi anda yang menjalankan bisnis online maupun offline.