Memulai Bisnis Online dan Pentingnya Link Building untuk SEO UMKM

Semakin majunya teknologi saat ini, membawa kita ke masa dimana usaha-usaha kecil yang ada di Indonesia ini mau tidak mau harus Go Online karena jika tidak begitu maka usahanya sendirilah yang akan merugi karena kompetitor yang lain sudah lebih dahulu terjun ke dunia online. Nah bagaimana memulai bisnis didunia online untuk usaha kecil mikro atau UMKM ???

Bisnis Online untuk UMKM sendiri ada banyak sekali jenisnya, tapi perlu kita ketahui bahwa hampir semua jenis usaha yang digeluti pelaku bisnis di Indonesia sekitar 60%nya tidak memiliki Domain atau Website untuk usahanya. Hal ini banyak disebabkan kurangnya informasi dan pengetahuan tentang pentingnya Usaha UMKM memiliki jaringan online agar lebih memperluas area penjualan dan mendapatkan konversi atau pelanggan baru.

Gimana Bikinnya ?? Gimana Biar Bisnis Saya Dikenal ?? Gimana Bersaing Dengan Usaha-Usaha Sejenis Lain yang Sudah Lebih Dulu Terjun di Bisnis Online ??

Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang sering terlintas bagi pebisnis yang belum atau baru mulai didunia Online, banyak sekali dari mereka yang tidak tau harus mulai dari mana dan tidak mengerti cara optimasi yang benar agar bisnisnya lebih dikenal orang dan pastinya agar dapat mendapatkan pelanggan baru.

Guest Post AC.ID

Memulai Bisnis Online untuk UMKM

Hal yang perlu kita mulai untuk Go-Online tentu saja kita harus membuat versi online dari bisnis yang kita miliki, misalnya anda adalah seorang pemilik Toko Komputer, maka siapkan website untuk membuat Toko Online yang berisikan produk-produk yang anda tawarkan dan jasa apa saja yang anda terima.

Anda bisa memulai dari platform gratisan dahulu untuk memulai, banyak sekali platform gratis yang bisa digunakan untuk membuat toko online salah satunya adalah Blogspot atau orang Indonesia seringkali menyebutnya Blogger. dengan memakai blogger anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk hosting dan perawatan server serta tetek bengeknya. anda hanya perlu registrasi menggunakan email dan desain seperti keinginan anda mau dibuat seperti apa toko online anda nantinya.

Custom Domain Toko Online

Setelah anda selesai registrasikan blog atau toko online anda dan selesai mendesainnya sesuai dengan keinginan anda, ada satu hal lagi yang penting dan wajib diperhatikan. yaitu adalah Branding. Branding merupakan hal yang terlihat sepele tapi sangat penting sekali dikemudian hari ketika bisnis anda berkembang dan mulai banyak orang yang mengenal bisnis anda.

Karena platform blogger yang notabene adalah platform gratis bagi para pengguna internet untuk membuat blog, maka secara default yang anda dapatkan adalah namatokoanda.blogspot.com mungkin kalau anda baru memulai bisnis online hal tersebut tidaklah begitu masalah, tapi untuk branding hal ini sangatlah penting bahkan bisa saya urutkan tingkat kepentingannya menjadi nomor satu.

Coba bayangkan jika ada seorang pembeli yang mencari Toko Komputer di Internet. lalu ketemulah dengan alamat toko online anda yang tadi bernama namatokoanda.blogspot.com, setelah melihat-lihat produk yang anda tawarkan disitu, kemudian pembeli tersebut mencari lagi toko lain atau dalam hal ini adalah website lain dan ketemu website kompetitor anda dengan nama tokokompetitor.com, Secara harfiah sebagai pembeli pasti akan lebih memilih membeli barang di tokokompetitor.com karena menganggap bahwa tokokompetitor lebih bonafide dalam hal branding. Benar Bukan ??

Nama Domain .COM atau .CO.ID

Nah setelah anda mengerti pentingnya branding untuk website toko online anda, saat ini anda akan merasa bingung ekstensi apa yang terbaik untuk digunakan toko online ? ada banyak sekali pilihan ekstensi yang bisa digunakan seperti .com .net .co .co.id .id .web.id dsb

Sebenarnya google sudah menjelaskan bahwa pilihan ekstensi tidak ada hubungannya dengan tingkat persaingan di Search Engines, tapi sebagai toko online yang ingin mempunyai branding terbaik pastinya ingin memakai ekstensi yang terbaik juga. maka dari itu sangat dianjurkan untuk anda menggunakan ekstensi resmi dari pemerintah yaitu .Co.id, ekstensi ini merupakan ekstensi yang resmi dikeluarkan oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) tapi jika anda ingin menggunakan ekstensi domain co.id anda diwajibkan memberikan beberapa persyaratan tertulis seperti KTP Pemilik Usaha, dan juga Dokumen lain seperti SIUP/TDP atau Akta Notaris untuk digunakan sebagai dokumen penguat bahwa bisnis anda adalah bisnis yang resmi.

Harga domain .co.id sendiri tidak jauh berbeda dengan ekstensi domain .com, bahkan anda bisa mendapatkannya secara gratis alias cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun jika anda mendaftar ke Program dari menkominfo yaitu Program 1 JUTA DOMAIN, Program tersebut memang dikhususkan untuk membantu para pelaku bisnis mikro dan menengah, Institusi Desa, dan Instansi Pemerintah yang belum memiliki website sendiri.

Hal tersebut perlu kita dukung karena menkominfo bertujuan agar semua pelaku bisnis yang ada di Indonesia semakin maju dan melek teknologi. serta mampu bersaing di pasar global dan diharapkan mampu membawa produk indonesia Go International, seperti dikutip dalam blog menkominfo. Program tersebut merupakan program tahunan milik pemerintah, jadi jika anda telat untuk mendaftarnya tahun ini, anda bisa daftar lagi ditahun depan untuk mendapatkan domain gratis dari pemerintah selama setahun.

Bersaing di Internet dengan SEO

Anda sudah selesai membuat website toko online anda sendiri, anda sudah selesai upload produk-produk yang anda jual serta jasa apa yang anda terima, sekarang perlu lakukan apalagi ? apakah anda hanya menunggu saja dan berharap ada orang yang kebetulan kesasar mengunjungi Website toko anda ? tentu TIDAK.

Bagaimana mungkin ada orang kesasar ke toko online anda jika toko online anda pun tidak ada dihalaman satu google ??
Maka dari itulah, SEO Berfungsi.

Apa itu SEO ? Bagaimana Optimasi SEO ? Bagaimana Website Saya Bisa Tampil di Halaman Pertama Pencairan Google ?

SEO (Search Engine Optimization) adalah cara-cara yang bisa kita lakukan agar satu website bisa tampil dihalaman satu google dengan memanfaatkan beberapa cara dan teknik. Ada banyak sekali kriteria dan cara optimasi SEO yang ada dikalangan Blogger atau Internet Marketer. tapi belum tentu semua itu benar dan pasti. karena yang jadi penentunya adalah Google sendiri, Google-lah yang menentukan website mana yang akan muncul dihalaman pertama jika ada pengunjung yang mengetik suatu keyword atau kata kunci.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan apa-apa, ada banyak sekali usaha yang perlu dilakukan untuk optimasi SEO pada Website atau Toko Online anda, terutama jika toko online anda masih baru pasti tidak akan bisa langsung ada dihalaman pertama jika orang mencari produk yang anda jual, karena di Internet ada ratusan atau bahkan ribuan produk serupa yang ditawarkan oleh Website Toko Online lain juga yang lebih dulu terjun di dunia internet sebelum anda.

Saya akan membahas beberapa hal yang saya tau dan bagikan kepada anda semua pembaca blog saya ini. beberapa tips yang saya berikan berdasarkan dari pengalaman saya selama menjadi blogger, maka dari itu tidak begitu jauh berbeda untuk optimasi SEO bagi toko online anda.

SEO On-Page

Teknik Optimasi SEO pertama yang wajib anda lakukan adalah Optimasi SEO On-Page, atau bisa dikatakan anda memperbaiki nilai SEO yang ada pada dalam website anda. Ada banyak hal yang perlu tercantum dihalaman anda agar menjadi SEO Friendly. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Page Speed, Kecepatan loading website anda harus berada dibawah 5 detik, hal ini bisa diterapkan dengan cara memilih themes yang SEO Friendly, menggunakan plugin seperlunya saja, mengkompress Foto dan Media sebelum kita upload, dan juga me-Minify file HTML dan CSS yang ada di website anda. jika anda tidak menguasai coding, anda bisa membayar seorang jasa coding atau developer yang mampu mengoptimalkan kecepatan website anda.
  2. Struktur Schema, Setiap produk, blog, sampai artikel yang anda tuliskan dalam website anda diwajibkan sudah menggunakan acuan Schema dari google. hal ini sangat berpengaruh dimata google karena dengan menerapkan schema pada website anda, google akan lebih mudah mengetahui tentang apa website anda tersebut.
  3. User Experience, Pengalaman berkunjung saat diwebsite anda, ketika anda mengunjungi suatu website maka anda akan diberikan beberapa link ke halaman lain, artikel terkait lain, artikel populer atau produk yang paling laris dan sebagainya. Hal tersebut adalah yang dimaksud dengan user experience, atau secara tidak langsung google meminta anda untuk memanjakan pengunjung yang datang ke website anda agar pengunjung tersebut merasa nyaman dan betah didalam website anda untuk sekedar melihat-lihat produk yang anda jual, atau membaca blog artikel yang anda tulis.

SEO Off-Page

Berikutnya adalah SEO Off-Page atau teknik optimasi SEO yang dilakukan dari luar website anda. paling dasar dalam teknik ini adalah social media, anda harus membuat social media sendiri untuk Bisnis yang anda geluti tersebut. hal ini sangat penting karena Google mulai menilai Social Media Signal untuk meningkatkan ranking website anda.

Buatlah akun social media untuk bisnis anda seperti Facebook, Twitter, Google Plus dll dan mulailah sharing beberapa artikel atau produk yang ada di website anda, cobalah mengajak teman social media anda untuk berkunjung ke website anda. dengan begitu kedepannya anda akan terbiasa menerima trafik yang berasal dari social media atau biasa disebut dengan traffic refferal.

Link Building

Selanjutnya setelah anda melakukan semua hal dasar yang saya tuliskan tadi, anda perlu membuat Link Building. atau bersosialisasi ke blogger lain dan saling bertukar link melalui komentar, guest post, atau yang lainnya.

Jika anda tidak mempunyai teman yang menggunakan website juga, anda bisa membuat Web 2.0 anda sendiri dan mulai blog dummy untuk memperkuat pondasi website anda.

Ada banyak sekali platform gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog dummy seperti ini :

Sering-seringlah untuk menaruh link website anda diblog atau website lain, dengan cara begitu maka google akan sering mengenal website anda juga.

Baiklah cukup sekian tulisan saya, saya bukan pakar SEO, jadi jika ada yang keliru mohon dibetulkan agar saya lebih mengerti tentang apa itu SEO dan Bagaimana Optimasi SEO yang baik dan benar. Okey Terimakasih!