10 IDE Bisnis Berpenghasilan Tinggi untuk Mahasiswa

Mahasiswa merupakan jenjang pendidikan yang paling menyenangkan menurut saya, karena dengan memilih jurusan maka kita hanya difokuskan ke satu bidang tersebut saja sedangkan bidang yang lain tidak begitu diwajibkan. Berbeda dengan semasa kita masih duduk dibangku SMA dimana kita wajib untuk menguasai semua mata pelajaran yang ada disekolah. Hal seperti itu cukup menguras tenaga dan otak untuk manusia dengan kemampuan seadanya seperti saya ini.

Ditambah lagi sebagai mahasiswa, kita memiliki waktu lebih luang untuk melakukan hal berguna lain. karena fleksibilitas kita sebagai mahasiswa bisa mengatur waktu agar lebih bisa digunakan sebaik mungkin. Salah satunya yaitu digunakan untuk menjalankan Bisnis. Tapi sebagai mahasiswa, Bisnis seperti apakah yang cocok dilakukan agar tidak mengganggu waktu belajar dan kuliah kita ? Disini saya akan berikan 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa agar menambah kantong dompet kalian.

guest post ac.id

1. FOTOGRAFER FREELANCE

Kalau kamu menyukai Fotografi, bisnis ini cocok untuk kamu lakukan sambil mengisi waktu luangmu. Seperti kita ketahui saat ini, kebutuhan untuk fotografer profesional semakin meningkat dari tahun ke tahun. Banyak sekali perusahaan kelas menengah yang membutuhkan jasa tersebut untuk Company Profile, Photo Product, dan lain sebagainya.

Selain menjadi fotografer untuk suatu perusahaan, kamu juga bisa mengeksplorasi bakatmu dibidang fotografi dengan cara mengeditnya lalu mengunggahnya ke akun social mediamu, dengan begitu maka beberapa company lain mungkin akan tertarik untuk menggunakan jasamu atau mungkin berminat untuk endorse produk yang dimilikinya ke akun social mediamu.

2. GURU LES PRIVAT

Sebagai seorang mahasiswa yang tidak begitu pintar seperti saya ini. tapi saya tetap yakin kalau saya mampu menjadi guru les anak SD sampai SMP, untuk jenjang pendidikan tersebut biasanya hanya berada di tingkat dasarnya saja. misal dalam pelajaran matematika, untuk pelajaran tersebut dijenjang SD dan SMP pasti akan sangat mudah bagi kita menjadi guru lesnya.

Selain privat matematika, jika kamu ahli dalam pelajaran lain kamu juga bisa menjadi guru privat untuk pelajaran tersebut. Saya pernah mendengar dari teman kampus, untuk gaji seorang guru privat biasanya sekitar Rp. 300ribu per anak, gaji yang cukup lumayan karena jadwal kerja kita hanya 2 – 3 Jam saja, itupun jika kita ingin lebih kita bisa menambah murid les privat kita. tapi ingat tetap perhitungan mengenai waktu, jangan sampai kita menjadi kebablasan dan tidak memikirkan kuliah kita sendiri.

3. INFLUENCER

Kalau kamu berpenampilan menarik, mengunggah foto ke social mediamu akan banyak mengundang fans / penggemar secara singkat. apalagi ditambah dengan kemampuan kamu editing foto atau sekedar pengambilan angle yang maksimal maka hasil fotomu disocial media akan semakin sempurna.

Hal tersebut sangat berguna sekali bagi kamu yang suka dengan dunia seperti itu, dengan menjadi influencer kamu bisa menghasilkan uang melalui endorsement, photo session, dan lain sebagainya. Bayaran untuk itu tidaklah sedikit jika kamu tau, saya ada seorang teman yang memiliki follower instagram sekitar 40ribu, dia bisa mendapatkan uang sebesar Rp. 300ribu hanya untuk satu kali foto produk endorse. Hmmmmm, cukup menjanjikan juga yah…

4. BLOGGER

Seorang blogger biasanya cocok bagi kamu yang suka menulis seperti saya, saya sendiri fokus mempunyai total tiga blog yang hampir setiap hari posting artikel-artikel terbaru, perlu kamu tau penghasilan dari seorang blogger sukses bisa sampai ratusan juta per bulan dari iklan Google Adsense. tapi kamu juga wajib untuk update info terbaru dan pastinya tulisan kamu wajib nyaman dibaca untuk semua kalangan yang mengunjungi blog kamu, dengan begitu kamu akan memiliki subscriber blog bertambah secara terus menerus sehingga setiap kamu posting tulisan diblog kamu, maka para subscribermu bisa langsung membacanya dengan begitu penghasilan iklanpun lancar tanpa kendala.

Tapi kamu perlu hati-hati sebelum memasang iklan Google Adsense diblogmu, pastikan kamu membaca dengan detail syarat dan ketentuan untuk memasang iklan Adsense, karena Google merupakan salah satu penyedia iklan yang paling ketat dalam mengatur membernya. Pastikan artikel diblogmu tidak melanggar kode etik informatika dan juga hukum.

5. WEB DESAINER

Berbeda dengan Blogger, dimana kamu harus menulis setiap hari agar tidak kehilangan pengunjung. Web Desainer hanya bekerja diawal project saja. kamu hanya perlu develope sebuah website dari perusahaan atau klien, setelah itu kamu tinggal merawat dan cek saja apabila ada error ataupun bug. tapi hal itu juga tergantung dari perjanjian awal dengan klienmu bagaimana, apakah perbaikan juga termasuk dalam perjanjian atau kamu hanya bertugas untuk membuatnya saja.

Untuk menjadi Web Desainer kamu perlu paham coding HTML, PHP dan juga CSS agar kamu bisa melakukan banyak hal yang diminta klien, kalau kamu hanya paham di WordPress saja, saya sarankan untuk belajar lebih dalam lagi. karena untuk WordPress sendiri saya rasa semua orang bisa belajar secara otodidak di Google.

6. YOUTUBER

Berikutnya adalah Youtuber, yah seperti kita ketahui platform video satu ini merupakan salah satu platform yang paling berkembang pesat di lima tahun terakhir. semakin kesini semakin banyak sekali para Content Creator yang membuat channel youtube. tidak sedikit dari mereka berasal dari Indonesia dan sukses dalam dunia Youtube.

Bahkan dari berita di forum-forum yang sering saya baca, penghasilan dari youtuber Indonesia bisa mencapai ratusan juta tiap bulannya. dengan diberitakannya hal tersebut, wajar saja banyak orang yang membuat channel youtube baru karena tertarik untuk mendapatkan hasil sebesar itu. Tapi menurut saya pribadi, youtuber tidak beda jauh dengan blogger, dimana penghasilan yang didapatkan adalah dari iklan Google Adsense, dan membuat akun youtubemu terkenal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. sama dengan membuat blogmu terkenal, butuh waktu yang lama untuk mencapai itu semua.

7. Jasa Service Smartphone/Notebook

Kalau kamu anak IT, sudah pasti tidak asing dengan mesin smartphone dan notebook, bahkan saya sering melihat ada kursus singkat menjadi teknisi handphone dan berani menjamin muridnya akan pandai hanya dalam waktu beberapa hari saja. Ini membuktikan bahwa skema dari mesin smartphone dari satu type dengan type yang lain tidaklah jauh berbeda. Intinya kamu hanya perlu memahami alur intinya saja, maka untuk permasalahan yang lain akan belajar sambil dijalani.

Pekerjaan ini cocok bagi kamu yang teliti dan tekun, karena setau saya sendiri mesin smartphone sangatlah Njelimet kalau dilihat dari kacamata saya yang notabene awam dengan mesin 😀

8. BISNIS DROPSHIPPER

Dropshipper kalau diartikan secara umum yaitu Makelar. yaitu kamu menawarkan barang atau jasa kepada pembeli, dan jika ada pembeli yang berminat membelinya barulah kamu mengambil dari sumbernya/suppliernya. Dropshipper merupakan bisnis yang anti rugi alias 100% Untung, karena kamu tidak perlu stok barang, tidak perlu modal uang, modal tempat dsb. kamu hanya membeli barang ketika ada pembeli yang berminat dengan barang/jasamu.

Tapi jangan senang dulu, menjadi dropshipper tidak semudah yang dibayangkan. Dengan menjadi dropshipper maka kamu tidak bisa menekan harga sekecil mungkin. Itu akan berdampak pada hasil penjualanmu, sebagai seorang pembeli yang teliti pasti tidak akan langsung membeli setelah bertanya, ada sebagian orang yang mengecek toko lain dan membandingkan harga pada setiap toko sebelum membeli barang yang dicarinya, jika sudah begitu kita sebagai dropshipper tidak bisa berbuat apa-apa jika kita sudah kalah harga dengan toko lain. Beda cerita kalau kita modal barang sendiri, kita bisa atur margin sebebas mungkin, ingin untung sedikit tapi banyak penjualan atau untung besar tetapi penjualan sedikit ?? Kembali ke selera masing-masing.

9. BISNIS KULINER

Coba kamu hitung ada berapa bisnis kuliner yang sukses berasal dari keisengan kita para mahasiswa ?? Pasti tidak terhitung kan, karena kreatifnya para mahasiswa memang kadang membuat suatu makanan yang biasa saja tapi menjadi menarik untuk dibeli orang. Coba kamu liat Waroeng SS, restoran yang menjual steak daging tersebut merupakan sebuah gagasan dari mahasiswa teknik kimia yang awal mulanya hanya iseng karena dia mendapati harga makanan steak yang aslinya bahan bakunya tidak terlalu mahal, tapi karena restoran yang menjualnya berkelas maka harga jual daging steaknya pun menjadi sangat mahal.

Maka dari itu Waroeng SS muncul dengan pilihan menu steak daging tapi dengan harga mahasiswa, dan jadilah terkenal sampai sekarang bahkan sampai membuka cabang di beberapa kota juga termasuk kota kita tercinta, Jakarta.

10. Local Guide

Local Guide atau Pemandu Lokal cocok bagi kamu mahasiswa yang tempatnya berada diwilayah wisata yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara. tentunya kamu sebagai mahasiswa pasti bisa berbahasa inggris kan? akan sangat mudah bagi kamu menjadi pemandu wisata, selain itu hal tersebut juga bisa menjadi sarana belajar secara langsung kepada WNA yang menjadi klienmu bukan?

Nah, itu tadi adalah 10 Ide Bisnis yang bisa kamu lakukan jika kamu adalah seorang Mahasiswa yang ingin berbisnis sebagai tambahan uang jajanmu atau mungkin sebagai bekal bisnismu ketika kamu lulus nanti. Semua informasi yang saya tulis merupakan isi yang ada dikepala saya, saya tidak membenarkan 100% tulisan saya, karena berbeda orang bisa saja berbeda pendapat. Terimakasih sudah membaca blog saya, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.