Pentingnya Software Payroll Dalam Sebuah Perusahaan

Beberapa waktu yang lalu perusahaan tempat saya bekerja menerapkan system pembukuan baru yang digunakan pada divisi HRD. Sebenarnya software yang secara garis besar digunakan untuk manajemen keuangan tersebut sudah lama ada di dunia teknologi khususnya di Indonesia. Tapi banyak sekali perusahaan yang belum memakai software payroll dalam pembukuan yang mereka gunakan.

Software Payroll sebenarnya sangat membantu divisi HRD dalam melakukan pembukuan perusahaan, karena software tersebut akan menyusun laporan keuangan secara detail dan juga lebih akurat karena semuanya ada dalam satu aplikasi.

Software Payroll

 

Jenis Software Payroll

Software payroll sendiri sebenarnya ada dua macam yang beredar dipasaran dan dijual beberapa developer program. Rata – rata memiliki keunggulan dan kekurangannya masing – masing, tapi secara umumnya Software Payroll dibagi menjadi dua jenis berikut.

1. Software Payroll Berbasis Online

Sesuai dengan namanya, Software Payroll Berbasis Online bekerja atau bisa dioperasikan secara online dimanapun anda berada. Biasanya untuk mengaksesnya, kita diberikan suatu alamat website dengan username dan password login untuk masuk ke admin area dan kita bisa memulai pembukuan administrasi perusahaan dari laptop ataupun handphone dimanapun selama ada akses internet yang terhubung.

Keunggulan dari Software Payroll Berbasis Online tentu saja kita bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Kekurangannya karena Internet itu termasuk rentan securitynya, jika website yang digunakan tidak memiliki system keamanan yang cukup tinggi bisa saja saat terjadi bug data yang ada didalamnya bisa dilihat dan diakses oleh orang luar. Tentunya kita tidak ingin keuangan perusahaan kita diketahui oleh orang lain bukan ?

2. Software Payroll Berbasis Desktop

Kebalikannya dengan yang berbasis online, Software Payroll Berbasis Desktop hanya bisa diakses melalui salah satu komputer yang sudah terinstalasi aplikasi payroll. Jadi untuk software payroll berbasis desktop harus lebih dulu diinstall dalam PC atau Komputer kantor sebelum bisa digunakan.

Karena berbasis desktop dan offline, maka semua data yang sudah diinput nantinya akan tersimpan dalam harddisk dalam bentuk file. Kekurangannya adalah karena file database tersimpan didalam komputer, maka suatu saat jika komputer tersebut terinfeksi virus ataupun malware bisa saja menyebabkan kerusakan file atau bisa juga aplikasi payrollnya yang error.

Jadi perlu difikirkan lagi system mana yang menurut anda lebih baik untuk digunakan, karena walaupun Software Payroll berbasis online maupun offline semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Manfaat dan Keuntungan Memakai Software Payroll

Hampir 70% Perusahaan besar di Indonesia sudah menggunakan program payroll, karena dengan menggunakan aplikasi tersebut banyak sekali kemudahan dan juga manfaat yang diberikan. Apa sajakah manfaat sebuah perusahaan menggunakan Software Payroll ? Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Mengurangi Pengeluaran Perusahaan

Jika anda menggunakan software payroll berbasis online, perusahaan anda akan lebih efisien dalam biaya pengadaan maupun perangkat komputer yang ada. Karena dengan system yang sudah serba online maka anda sendiri pun bisa mengaksesnya dari handphone ataupun laptop pribadi.

Selain efisiensi biaya untuk perangkat komputer, perusahaan juga bisa mengurangi pengeluaran untuk konsumsi listrik dan juga sumber daya yang ada. Misalkan untuk mencetak pembukuan ataupun laporan sudah tidaklah diperlukan karena semua sudah bisa dilihat secara ontime melalui layar smartphone.

2. Membuat dan Melihat Transaksi Secara Realtime

Saat menggunakan software berbasis online, semua orang bisa dengan mudah mengakses dan melihat transaksi yang ada secara real time kapanpun dan dimanapun hanya dengan bermodalkan koneksi internet. Biasanya software payroll juga bisa dibuat privasi dengan ditambahkan password agar hanya beberapa staff perusahaan saja yang bisa mengaksesnya.

Hal tersebut tentunya akan sangat membantu atasan saat ingin melihat laporan staff yang ada dibawahnya. Karena software payroll online biasanya berbasis cloud.

Bagaimana ? Apakah Perusahaanmu sudah menggunakan Software payroll ?