Mengatasi Masalah Pada Android kamu

Performa smartphone Android memang kian menurun dalam jangka panjang.

Ini biasa dan memang sangat normal.

Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa ponsel Android lambat.

Salah satu alasan mengapa ponsel Android lambat adalah karena usia komponen.

Karena sering digunakan, jelas semakin lama kondisi komponen di smartphone Android akan berkurang.

Namun selain itu, ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Android Cell melambat dan Anda dapat mengatasinya dengan mudah.

Apakah Anda sering merasa kesal selama ini karena ponsel Android yang Anda gunakan semakin buruk?

Apakah Anda ingin tahu cara membuat ponsel Android yang lambat dapat sedikit meningkatkan kinerjanya lagi?

Jika Anda ingin tahu cara membuat ponsel Android sedikit meningkatkan kinerjanya setelah lama digunakan, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang hal itu di artikel ini.

 

3 Cara Umum Mengatasi Masalah Ponsel Android yang Dapat Anda Coba Saat Ini

Ada banyak solusi untuk mengatasi masalah ponsel Android yang lambat. Biasanya ada cara yang disarankan dan ada juga cara yang cukup ekstrem.

Bagi Anda yang benar-benar ingin mencoba meningkatkan kinerja ponsel Android yang lambat, Anda dapat mencoba salah satu dari 3 cara umum berikut ini terlebih dahulu:

· Bersihkan cache yang terakumulasi dalam memori internal smartphone

 

Berbagai Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah Ponsel Android Lambat

Salah satu alasan utama mengapa ponsel Android Anda menjadi lebih lambat dan lebih lama adalah karena ada terlalu banyak file yang disimpan dalam memori internal.

Suatu sistem membutuhkan ruang kosong untuk dapat berjalan dengan stabil. Jika memori internal ponsel cerdas Android Anda cukup penuh, maka solusinya adalah mulai menghapus cache yang tersimpan di memori internal.

Cara menghapus cache yang tersimpan di memori internal Android HP juga cukup mudah.

Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan dan memilih menu penyimpanan atau penyimpanan. Setelah itu, cari file cache dan hapus.

Tunggu prosesnya selesai.

Setelah menghapus file cache yang menumpuk di memori internal, biasanya kinerja smartphone Android akan sedikit meningkat.

 

· Kurangi aplikasi yang diinstal pada ponsel Android

 

Berbagai Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah Ponsel Android Lambat

Jika menghapus cache masih tidak membantu mengurangi masalah ponsel Android yang lambat, maka Anda perlu mengurangi aplikasi yang terinstal di ponsel Android Anda.

Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang dipasang di ponsel Android, ponsel Android akan secara otomatis memiliki lebih banyak ruang kosong.

Lakukan reset pabrik

 

Berbagai Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah Ponsel Android Lambat

Jika mengurangi aplikasi yang diinstal pada ponsel Android juga masih tidak dapat mengurangi masalah ponsel Android yang lambat, langkah terakhir adalah melakukan reset pabrik.

Dengan melakukan reset pabrik, semua data yang disimpan di ponsel Android akan hilang dan dikembalikan ke pengaturan pabrik. Setelah melakukan reset pabrik, biasanya Android HP akan terasa seperti ponsel baru.

2 Cara Ekstrim untuk Mengatasi Masalah dengan Ponsel Android Gagal

Anda sudah tahu 3 solusi mudah untuk masalah ponsel Android yang lambat. Tetapi 3 cara ini adalah solusi umum. Terkadang solusi umum masih belum cukup efektif untuk mengatasi masalah lambatnya ponsel Android.

Jika memang tidak ada 3 metode yang dapat meningkatkan kinerja ponsel Android Anda yang lambat, masih ada dua cara ekstrem yang dapat Anda coba untuk menggunakannya.

Berikut adalah 2 cara yang cukup ekstrim untuk mengatasi masalah ponsel Android yang lambat:

 

· Bongkar dan ganti panel termal pada CPU ponsel Android Anda

 

Berbagai Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah Ponsel Android Lambat

Salah satu alasan utama mengapa kinerja ponsel Android yang telah digunakan cukup lama telah menurun secara dramatis adalah karena CPU sering kepanasan.

Alasan utama mengapa CPU sering kepanasan adalah karena fungsi pendingin tidak bekerja secara optimal. Pendinginan CPU HP Android disebut panel termal.

Bentuknya seperti busa berbentuk keran ganda. Secara umum, warna panel termal untuk Android HP CPU adalah biru muda atau abu-abu.

Untuk meningkatkan kinerja ponsel Android lama, Anda cukup mengganti panel termal dengan yang baru. Jika Anda mengganti panel termal pada HP Android Anda dengan yang baru, CPU tidak akan terlalu panas secara otomatis lagi.

Saat CPU belum kepanasan, dijamin kinerja Android HP akan kembali normal atau setidaknya ada peningkatan yang signifikan.

 

· Ganti ROM Android yang digunakan

 

Berbagai Solusi Instan Untuk Mengatasi Masalah Ponsel Android Lambat

Jika Anda belum berani membongkar ponsel Android Anda, masih ada solusi lain untuk mengatasi masalah ponsel Android yang lambat.

Cara termudah dan paling ekstrim untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti ROM Android.

Ya, sistem Android yang digunakan pada ponsel Anda dapat diganti. Secara umum, sistem Android built-in oleh pabrikan cukup berat. Mengapa? Karena ada banyak bloatware di dalamnya.

Jika Anda mengubah ROM Android, secara otomatis kinerja ponsel Android Anda cenderung meningkat secara dramatis dan bisa lebih cepat daripada saat pertama kali Anda menggunakannya.

catatan:

 

Solusi paling efektif untuk mengatasi masalah lambatnya ponsel Android adalah dengan menggunakan salah satu dari dua cara ekstrem yang telah dijelaskan.

Namun, 2 cara ekstrem untuk mengatasi masalah lambatnya HP Android juga memiliki risiko.

Jika tidak dilakukan dengan benar, ponsel Android Anda mungkin rusak secara permanen.

Karena itu, pelajari terlebih dahulu risiko dan proses yang benar untuk melakukan dua cara ekstrem ini.