DIGITAL FINANCE DI INDONESIA

May 1st, 2021

 

Pergerakan start up di Indonesia dapat dikatakan terus mengalami perkembangan yang pesat. Jenis start up dibedakan menjadi dua, yaitu e-commerce dan Financial Technology (FinTech). FinTech lebih berpusat pada perusahaan yang melakukan inovasi di bidang jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern. FinTech merupakan salah satu alternatif berinvestasi yang menghadirkan pilihan buat Sobat Sikapi yang mempunyai keinginan untuk mengakses layanan jasa keuangan secara praktis, efisien, nyaman, dan ekonomis.  Keberadaan FinTech sangat memengaruhi gaya hidup masyarakat ekonomi. Perpaduan antara efektivitas dan teknologi memiliki dampak positif bagi masyarakat pada umumnya.

Terdapat beberapa manfaat adanya FinTech di lingkungan masyarakat, manfaat pertama yaitu, FinTech dapat membantu perkembangan baru di bidang start up teknologi yang tengah menjamur. Hal ini dapat membantu perluasan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi tersebut mendatangkan manfaat kedua yaitu peningkatan taraf hidup masyarakat. FinTech dapat menjangkau masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh perbankan konvensional. Selain itu, FinTech juga dapat meningkatkan ekonomi secara makro. Kemudahan yang ditawarkan oleh FinTech dapat meningkatkan penjualan e-commerce. Manfaat terakhir yang paling dapat dinikmati oleh masyarakat besar adalah penurunan bunga pinjaman.

Berikut ini 5 digital finance di Indonesia, antara lain:

1. Finansialku

 

Finansialku adalah portal dan aplikasi perencana keuangan yang bisa memberi kamu berbagai tip tentang cara mengelola keuangan yang baik. Mereka bisa memberi masukan tentang cara mengatur investasi, reksa dana, saham, asuransi, hingga persiapan pensiun, dengan baik. Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.
2. Midtrans
MidTrans adalah salah satu layanan payment gateway yang ada di Indonesia. Teknologi dari MidTrans ini bisa menjadi salah satu cara untuk memajukan bisnis Anda. Caranya adalah dengan pengembangan teknologi yang memfasilitasi pembayaran/transaksi secara online. Perusahaan ini merupakan usaha gabungan antara Veritrans Jepang, NetPrice, dan MidPlaza Group. Sebelumnya, mereka menggunakan nama Veritrans. Dengan layanan yang mereka sediakan, kamu bisa melakukan pembayaran dengan kartu seperti VISA dan MasterCard, Internet Banking, E-Wallet, hingga pembayaran konvensional melalui Indomaret.
3. Modalku
Modalku merupakan platform peer-to-peer (P2P) lending yang memungkinkan para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengajukan pinjaman sebesar Rp50 juta hingga Rp500 juta selama tiga sampai dua belas bulan. Apabila disetujui, pengajuan tersebut akan ditampilkan di situs Modalku, agar bisa dilihat oleh para calon pemberi pinjaman.
Apabila jumlah pinjaman yang diharapkan pemilik UKM berhasil terpenuhi dalam rentang waktu yang ditetapkan, Modalku akan segera mencairkan dana tersebut. Dari setiap kesepakatan, Modalku menarik komisi sebesar 3 hingga 4 persen dari pemberi pinjaman, dan 3 persen dari peminjam.
Diluncurkan pada bulan Januari 2016, Modalku telah mendapat pendanaan Seri A sebesar Rp100 miliar pada tanggal 4 Agustus 2016. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Sequoia India, serta diikuti oleh investor mereka sebelumnya, Alpha JWC Ventures.

4. TCash

T-Cash adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel yang telah dirilis sejak 2010. Pada 2014 lalu, layanan ini diperbarui dengan dukungan teknologi Near Field Communication (NFC). Layanan uang elektronik T-Cash telah mendapat izin penerbitan dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, T-Cash dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti belanja, membayar tagihan, membayar merchant, isi pulsa, dan kirim uang.
T-Cash juga merupakan upaya Telkomsel mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan pemerintah.
Pelanggan Telkomsel bisa mengaktifkan layanan T-Cash dengan cara berikut ini:
    1. Aktifkan T-Cash dengan menghubungi *800*88# melalui perangkat mobile.
    2. Dapatkan stiker T-Cash di GraPARI terdekat.
    3. Tempelkan stiker T-Cash pada smartphone (disarankan untuk mematikan fitur NFC yang terdapat      pada smartphone atau tempel stiker di bagian yang tidak menutupi area NFC).
    4. Customer service Telkomsel akan membantu pelanggan mengaktifkan nomor PIN T-Cash
    5. Stiker T-Cash akan aktif pada transaksi pertama Jika layanan T-Cash sudah aktif, maka pelanggan       dapat melakukan isi saldo T-Cash melalui berbagai cara, bisa melalui GrapaRi, ATM Bersama, atau         gerai Indomaret terdekat.
Setelah itu, pengguna bisa langsung menggunakan layanan T-Cash di merchant-merchant pilihan Telkomsel, seperti McDonald’s, The Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy’s, Seven Eleven, Cinema XXI, Blanja.com, Gramedia, dan lainnya.
5. GoPay
GoPay adalah layanan e-money yang terdapat dalam aplikasi Gojek Indonesia. GoPay dapat digunakan untuk pembayaran semua layanan Gojek (GoRide, GoCar, GoSend, dll.) hingga transaksi non tunai di Rekan usaha offline dan online.
Cara Memakai Go Pay untuk Bertransaksi :
  • Buka aplikasi Gojek dan pilih Scan QR.
  • Scan kode QR Go Pay yang terpampang di kasir atau scan struk kode QR yang diberikan oleh petugas kasir.
  • Masukkan nominal yang diminta, kemudian pastikan jumlah pembayaran sudah sesuai.
  • Masukkan PIN Go Pay dan transaksi pun sukses dilakukan.

Sumber :

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468
https://www.finansialku.com/faq-items/apa-itu-finansialku/
https://www.dewaweb.com/blog/midtrans-payment-gateway/#:~:text=Apa%20itu%20MidTrans%3F,memfasilitasi%20pembayaran%2Ftransaksi%20secara%20online.
https://modalku.co.id/
https://tekno.kompas.com/read/2017/06/23/18050057/apa.itu.t-cash.dan.cara.menggunakannya
google.com/search?q=gopay+adalah&source=lmns&bih=657&biw=1366&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwi74ra7zqjwAhW_w3MBHYelDscQ_AUoAHoECAEQAA
https://www.cermati.com/e-money/gopay

Cryptocurrency

May 1st, 2021

 

Mata uang kripto atau cryptocurrency adalah sebuah aset digital yang dipahami sebagai mata uang digital. Mata uang ini sangat berbeda dengan versi konvensionalnya, dimana cryptocurrency digunakan untuk kebutuhan transaksi secara virtual melalui jaringan internet.
Mata uang ini bersifat desentralisasi, yang berarti bahwa tidak ada satupun pihak yang menjadi perantara pada suatu transaksi. Jadi, pembayaran berlangsung secara peer – to – peer, yang berarti dilakukan antara pengirim dan penerima secara langsung. Serta, seluruh transaksi akan tercatat melalui sistem yang telah tersedia dengan keamanan yang optimal.
Dikarenakan bersifat desentralisasi, maka cryptocurrency membutuhkan spesifikasi komputer yang canggih dan mumpuni. Pada umumnya, akan menggunakan platform blockchain untuk mempermudah melakukan transaksi.
Keunggulan Bitcoin dan Cryptocurrency lainnya adalah menggunakan teknologi kriptografi dan blockchain untuk mengamankan dan memverifikasi setiap transaksi agar tidak ada pihak yang bisa melakukan double-spending (membelanjakan aset digital yang sama dua kali).
Berikutnya, masuk pada materi mengenai jenis – jenis dari cryptocurrency yang sering digunakan di berbagai negara sebagai alat transaksi online. Dan berikut adalah penjelasannya :
  1. Bitcoin
  2. BitcoinCash
  3. Feathercoin
  4. Litecoin
  5. Dogecoin
Bitcoin adalah sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan pada 2009 lalu oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, seperti dilansir dari Investopedia.com. Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank.
Bitcoin menggunakan sistem peer to peer (P2P). Namun, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.
Tidak seperti mata uang lain pada umumnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.
Cara kerja Bitcoin :
  • Meng-install wallet Bitcoin di komputer atau ponsel.
  • Membuat alamat Bitcoin pertama dan bisa membuat lebih banyak alamat bitcoin lagi kapanpun anda membutuhkannya. Anda bisa memberitahukan alamat Bitcoin itu kepada teman-teman anda sehingga mereka bisa membayar anda ataupun sebaliknya. Sangat mirip dengan cara kerja email, kecuali bahwa alamat Bitcoin sebaiknya hanya digunakan sekali saja.

Bitcoin Cash (BCH) adalah cryptocurrency yang berasal dari Bitcoin (BTC) . Ini bukan mata uang yang sama dan secara teknis implementasinya pun berbeda. Awalnya, Bitcoin Cash ditujukan untuk meningkatkan fungsi Bitcoin sebagai alat pembayaran daripada sebagai aset investasi. Menyusul kurangnya konsensus komunitas Bitcoin tentang skalabilitas Bitcoin, terjadilah pemisahan blockchain yang menghasilkan penciptaan Bitcoin Cash.

Pada 2017 terjadi lonjakan minat dan mengakibatkan jaringan Bitcoin menjadi padat ketika adopsi meningkat. Hal ini menyebabkan transaksi yang menumpuk dan biaya transaksi pun meningkat dimana kondisi tersebut tidak kondusif untuk Bitcoin yang digunakan untuk transaksi sehari-hari.
Bitcoin Cash berfungsi hampir persis seperti Bitcoin karena ini didasarkan pada perangkat lunak asli Bitcoin core. Perbedaan utamanya adalah batas ukuran blok. Bitcoin Cash mengubah ukuran batas blok dengan tujuan menurunkan biaya transaksi.

Feathercoin adalah cryptocurrency yang dirilis sebagai alternatif dari bitcoin yang sangat populer. Feathercoin adalah sebuah mata uang virtual cryptocurrency dan bersifat open source dirilis dibawah lisense MIT/X11. yang dimulai dengan kemiripan pendahulanya yaitu Litecoin yang juga terinspirasi dari Bitcoin.

Diluncurkan pada tahun 2011, Litecoin (LTC) merupakan salah satu cryptocurrency atau aset kripto tertua di pasar. Berbeda dengan Bitcoin yang disering disebut “emas”, LItecoin sering disebut sebagai “perak”. Hal ini dikarenakan Bitcoin menggunakan kode yang sama seperti Bitcoin dan memiliki banyak persamaan lainnya, tetapi lebih cepat dan lebih murah. Meskipun Litecoin memiliki protokol yang sama dengan Bitcoin, Litecoin berada pada blockchain terpisah.
Sama seperti Bitcoin, Litecoin merupakan aset kripto peer-to-peer yang bertujuan melayani sebagai sistem pembayaran digital global. Sama juga dengan Bitcoin, Litecoin merupakan jaringan open-source yang sepenuhnya terdesentralisasi tanpa adanya otoritas pusat yang artinya tidak dikendalikan siapapun.
Walaupun LItecoin memiliki banyak persamaan dengan Bitcoin, ia memiliki beberapa perbedaan dalam hal algoritma penambangan, biaya, persedian dan kecepatan konfirmasi transaksi.

Dogecoin sendiri merupakan turunan dari litecoin yang diperkenalkan pertama kali pada Desember 2013. Sesuai dengan namanya, dogecoin menjadikan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya. Dogecoin termasuk dalam cryptocurrency yang paling bersahabat, karena banyak sekali komunitasnya yang melakukan kegiatan amal, berdonasi, dan aktivitas positif yang lain. Selain itu, dogecoin juga mempunyai nilai yang lebih rendah dari bitcoin.

Sumber :
https://duwitmu.com/bitcoin/pengertian-cryptocurrency-adalah-manfaat-jenis-return/
https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-cryptocurrency/
https://finansial.bisnis.com/read/20210415/55/1381454/apa-itu-bitcoin-dan-bagaimana-cara-kerjanya
https://bitcoin.org/id/cara-kerja
https://www.luno.com/learn/id/article/where-did-bitcoin-cash-come-from
https://id.eyewated.com/apa-itu-feathercoin/
https://www.luno.com/learn/id/article/what-is-litecoin

Hello world!

May 1st, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!