E-Commerce Business Model

March 14th, 2021


Model bisnis adalah
 suatu model yang menjelaskan dan menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan dapat bergerak dan berkembang untuk memperoleh keuntungan. Menurut ahli, sebuah model atau gambaran suatu bisnis harus ada 3 karakteristik utama, yaitu sesuai dengan tujuan perusahaan, tangguh dan handal, dan mampu memperkuat model itu sendiri. Model bisnis terdapat beragam dibawah ini adalah beberapa macam model bisnis yaitu :

Secara Umum :

1. Online Direct Marketing

    Yaitu menjual produk atau layanan secara online dan menggunakan internet (marketplace, iklan online, dan situs toko online pribadi.

– Pull and Bear

 
Pull&Bear adalah sebuah peritel pakaian dan aksesoris asal Spanyol yang berkantor pusat di Narón, Galisia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1986 dengan nama New Wear, S.A. dan resmi menggunakan nama Pull&Bear pada tahun 1991. Pull&Bear berkembang di laju yang sama dengan pelanggannya, serta terus mengamati teknologi terbaru, tren artistik atau musik terbaru untuk menyesuaikan diri dengan para pelanggannya.
 
– ZARA
 
ZARA adalah perusahaan retail dan didirikan sejak tahun 1975 oleh Armancio Ortega dan Rosallia Mera hingga tumbuh menjadi salah satu merek fashion, terutama fashion wanita, yang sangat populer di dunia. Tak terkecuali di Indonesia, koleksi ZARA dengan mudah ditemui di mall-mall atau pusat perbelanjaan ternama. Tak butuh waktu lebih dari 2 minggu bagi ZARA untuk mengembangkan produk-produk fashion-nya hingga dapat merilis lebih dari 1000 desain baru untuk setiap tahunnya.
2. Electronic Tendering Systems
 
    Yaitu tata cara pemilihan penyedia barang/jasa yang dilakukan secara terbuka dan dapat diikuti oleh semua penyedia yang terdaftar pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) dengan cara menyampaikan satu kali penawaran dalam waktu yang telah ditentukan. Penerapan e-tendering di Indonesia diselenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).
 
– Pengadaan.com
 
Pengadaan.Com hadir untuk membangun komunitas madani pengadaan barang dan jasa baik pembeli (buyer), penjual (seller) maupun pembuat kebijakan sehingga terbentuk kesamaan pandangan atas pentingnya menciptakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang efektif dan efisien. Sehingga pola kemitraan antara pembeli dan penjual dapat terbentuk dalam mekanisme pasar yang kompetitif.
 
– Lpse.batukota
 
Layanan yang tersedia dalam Sistem Pengadaan Secara Elektronik saat ini adalah tender yang ketentuan teknis operasionalnya diatur dengan Peraturan Lembaga LKPP Nomor 9 Tahun 2018 tentang Tata Cara E-Tendering. Selain itu LKPP juga menyediakan fasilitas Katalog Elektronik (e-Catalogue) yang merupakan sistem informasi elektronik yang memuat daftar,jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa pemerintah, proses audit secara online (e-Audit), dan tata cara pembelian barang/jasa melalui katalog elektronik (e-Purchasing).
3. Electronic Marketplaces and Exchanges
 
    Yaitu arena tempat bertemunya berbagai pihak yang memilki tujuan utama untuk berdagang (transaksi jual-beli). Produk atau jasa yang paling cocok untuk diperdagangkan adalah yang bersifat komoditas.
– Shopee
 
Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura di bawah naungan SEA Group, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.
– Tokopedia
 

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

4. Viral Advertising and marketing
 
    Yaitu promosi dari mulut ke mulut dalam format elektronik. Viral marketing adalah strategi maketing yang berkaitan dengan menciptakan pesan online yang original dan cukup menghibur yang mendorong consumer untuk menyampaikan pesan itu ke konsumen lainnya, menyebarkan pesan didalam web.
– Samsung Group
 

Samsung Group adalah sebuah konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Samsung Town, Seoul, Korea Selatan. Perusahaan ini memiliki sejumlah anak usaha yang mayoritas berbisnis dengan merek Samsung, dan perusahaan ini merupakan chaebol terbesar di Korea Selatan. Saat ini dalam periklanannya Samsung berkolaborasi dengan boyband Korea yaitu BTS. Seperti diketahui, BTS merupakan salah satu grup musik yang tengah naik daun, karena itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk menggaetnya menjadi brand ambassador (duta merek). Mengapa BTS? Karena BTS  dikenal kerap membuat laris barang yang mereka gunakan.

 
– Lazada

Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. Alasan Lazada mengambil kontrak dengan Lee Min Ho karena ia sangat selaras dengan konsumen kami, dengan kepribadiannya yang penuh semangat, optimis, dan selalu positif. Selain itu Popularitas Lee Min Ho tak bisa diragukan lagi. Ia baru-baru ini memecahkan rekor sosial media dengan follower terbanyak di seluruh platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Weibo.

5. Group Purchasing
 
    Yaitu metode off-line yang terkenal, baik di B2C maupun B2B. Ini didasarkan pada konsep diskon kuantitas (“lebih murah dari selusin”). Model Internet memungkinkan individu untuk berkumpul, sehingga mereka dapat memperoleh keuntungan dalam jumlah besar.
– Ogahrugi
 
OgahRugi adalah aplikasi yang menawarkan promo setiap hari dengan diskon sampai dengan 90%  di merchant –  merchant retail terpilih di kota Anda. Dengan wajah baru yang lebih berwarna, lebih cerah, dan navigasi lebih mudah, OgahRugi mengajak Anda berbagi pengalaman menarik dengan teman-teman dan keluarga dengan mencoba hal-hal baru di berbagai restoran, kafe, klub, tempat karaoke, salon, spa, tempat wisata dan banyak tempat lainnya di sekitar Anda. Misi ogahrugi adalah menemukan tempat-tempat bagus dengan pelayanan prima namun belum Anda kenal cukup baik sehingga mau mencoba. Ogah rugi melakukan survey lapangan dan bernegosiasi dengan merchant untuk mendapatkan penawaran terbaik.
– Bhineka
 

Bhineka.com adalah toko online pertama yang terdaftar di e-Katalog LKPP, serta mendapat penghargaan untuk Dukungan Keterbukaan Data Marketplace dari Kemkominfo (2018), Kontribusi terhadap Penerimaan Negara WP VIP-1 dari Ditjen Pajak (2017-2019), serta dianugerahi Best Brand Award (2018-2019) dari CMO Asia. Bhinneka.Com adalah super ekosistem untuk bisnis. Sebagai business enabler bhineka.com mempertemukan para pelaku bisnis untuk pemenuhan kebutuhan barang dan jasa dari hulu ke hilir secara efisien melalui platform end-to-end eProcurement sehingga #BelanjaBisnisJadiPraktis.

Berdasarkan Karakteristik :
1. Business to Business (B2B)
 
    Yaitu  fokus pada penyediaan produk dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Meskipun banyak bisnis ecommerce di area ini adalah penyedia jasa/layanan, Anda juga akan menemukan perusahaan software, perusahaan supplier dan pemasok perabot kantor, perusahaan hosting, dan berbagai model bisnis ecommerce lainnya dari sektor ini.
– Ralali
 
 
Ralali.com adalah platfrom belanja kebutuhan bisnis pertama di Indonesia. Ralali menghubungkan jutaan vendor dan UMKM agar mereka dapat memulai dan mengembangkan bisnisnya. Misi Ralali.com adalah untuk menjembatani pebisnis sukses melalui teknologi digital, mengembangkan teknologi digital yang handal dan user-friendly yang dapat dijadikan platform bisnis unggulan berkelas dunia, mengembangkan SDM yang handal di bidang teknologi digital & bisnis, dan membangun ekosistem pebisnis ke dalam Ralali.com.
– Indonetwork
 


Indonetwork merupakan Pioneer B2B marketplace dan direktori bisnis online din Indonesia, kami memilki lebih dari 3 juta member yang sudah menggunakan layanan dari indonetwork, selain sebagai portal Marketplace kami pun menyediakan berbagai layanan periklanan, seperti pembuatan website, pembuatan Company Profile dan masih banyak sekali media promosi yang kami sediakan untuk kepentingan DIgital Marketing lain nya.
2. Business to Consumer (B2C)
 
    Yaitu model bisnis yang lazim dilakukan di pasar ecommerce. Bahkan sektor B2C adalah model bisnis yang selalu ada dipikiran orang saat mendengar kata ‘ecommerce’. Transaksi ecommerce B2C menyerupai model ritel tradisional, di mana bisnis menjual jasa/produk kepada individu, namun bisnis dijalankan dengan platform online alih-alih dengan toko fisik.
– Blibli
 
Blibli adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli.
– NIKE
 
Nike, Inc. adalah salah satu perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga Amerika Serikat yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Nike telah beroperasi di Indonesia sejak 1988 dan hampir sepertiga dari sepatu yang ada sekarang merupakan produk dari sana. Hubungan antara Nike dan kontraktor di Indonesia cukup dekat.
3. C2C eCommerce

    Yaitu konsumen individu dapat menjual maupun membeli produk dari konsumen lainnya. Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia merupakan beberapa contoh online marketplace yang paling dikenal di Indonesia. Selain melalui marketplace, kegiatan jual beli juga juga dapat dilakukan secara langsung antar individu, tanpa adanya termasuk dari pihak ketiga.
 
– OLX
 
OLX adalah platform jual/beli otomotif dan properti online terbesar, di Indonesia. Beroperasi sejak 2005, OLX memiliki jumlah pengguna terbesar yang menarik lebih dari setengah juta pembeli potensial setiap bulannya. OLX memberikan transaksi yang berkualitas bagi penjual, serta menyediakan pilihan otomotif dan property terlengkap bagi pembeli.
 – Kaskus Jual Beli
Kaskus Jual Beli merupakan zona transaksi segala macam kebutuhan yang berkaitan dengan hobi.
4. Customer to business (C2B)
 
    Yaitu model bisnis dimana konsumen atau end-use menyediakan produk atau layanan ke perusahaan. Ini adalah model kebalikan dari B2C, di mana bisnis menghasilkan produk dan layanan untuk konsumsi konsumen. 
 
– iStockphoto
 
iStockphoto adalah situs microstock yang paling tua dan populer di dunia saat ini dan masih punya hubungan keluarga dengan Getty Images. Situs melayani penjualan foto, ilustrasi video singkat, dan audio yang masing-masing punya harga berbeda.
– Shutterstock
Shutterstock adalah perusahaan atau agensi microstock yang teratas dalam hal penjualan dan memiliki perpustakaan terbesar yang didirikan pada tahun 2003 oleh Jon Origer di New York. Shutterstock telah memiliki lebih dari 90 juta stock yang terdiri dari foto, vector, logo ilustrasi, footage, dan music serta sudah membayarkan lebih dari $500 juta kepada kontributornya di seluruh dunia.

Hello world!

March 14th, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!