Tata Cara Membuat Setup Google AdSense & Google Analytics

March 7th, 2021
Google AdSense.
 


AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). (Source: wikipedia.com)

Berikut Cara mendaftar Google AdSense :

1. Membuka Web https://www.google.com/adsense/start/ di laman Internet.


2. Klik Mulai.

3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan, Masukkan alamat email Anda, dan Pilih apakah Anda ingin AdSense mengirimkan saran performa dan bantuan yang disesuaikan. Lalu Simpan dan Daftar.

4. Setelah itu .proses akan diteruskan ke dashboard blogger Anda. Lalu Cari tab earnings (logo $) dan di situ akan ditemukan pilihan create adsense account.

 

5. Lalu akan kembali ketampilan seperti semula, mengisi website, memilih daerah, dan menyetujui syarat dan ketentuan.


6. Setelah itu maka Anda diminta untuk mengisi customer info seperti tipe akun, nama, alamat, dll.

7. Dan tahap terakhir yaitu maka akan muncul pemberitahuan bahwa akun Google AdSense Anda sedang dipersiapkan dan memakan waktu kurang lebih sampai 2 minggu.

Google Analytics.


        Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. ( Source: Wikipedia.com)Berikut adalah Tata Cara Daftar Google Analystics :

1. Kunjungi website Google Analytics kemudian pilih “set up for free”. 


2. Selanjutnya akan muncul laman penyiapan akun. Anda akan mengisi nama akun, lalu memilih Opsi berbagi data memberi Anda kontrol lebih terhadap pembagian data Google Analytics. 


3. Setelah itu muncul tampilan penyiapan properti dan Anda mengisi nama properti, menyesuaikan format waktu, dan memilih mata uang.


4. Selanjutnya akan muncul Informasi Tentang Bisnis dan Anda akan mengisi kategori industri, ukuran bisnis, dan pilihan lainnya.

5. Selanjutnya akan muncul dashboard google analytics yang menandakan Anda sudah selesai proses pendaftaran google analytics.


Sekian Tata Cara Membuat Setup Google AdSense dan Google Analytics. Semoga Bermanfaat.

Hello world!

March 7th, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!