E Commerce ( Pengalaman Berbelanja Online )

February 28th, 2021

E-Commerce ( Pengalaman Berbelanja Online )

E-commerce (Elektronik Commerce) atau dalam bahasa indonesia Perdagangan Secara Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. e-commerce sendiri makian kian berkembang beberapa tahun belakangan ini dan secara perlahap menggantikan toko tradisional ( Offline ).
Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagi pengalaman saya berbelanja secara Online di beberapa laman E-commerce yang ada saat ini.

1.Tokopedia
Tokopedia resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.

Tokopedia turut mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan Pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Salah satu program kolaborasi yang diinisasi oleh Tokopedia adalah acara tahunan MAKERFEST yang diadakan sejak bulan Maret 2018.

Pengalaman saya menggunakan Tokopedia yaitu, banyaknya tawaran produk yang disajikan pada pamflet tokopedia ini. Dan yang paling utama yaitu adalah produk Elektronik yang ditawarkan pada tokopedia, dan disini menurut saya menjadi toko yang terpercaya untuk di beli. Dan kebiasaan saya transaksi dengan tokopedia yaitu untuk membeli accessories untuk handphone dan juga beberapa saat Tokopedia mengadakan flash sale dan juga memberikan diskon yang cukup banyak bagi pengguna baru maupun lama.
2. Shopee
Pada tahun 2015, Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Mulai tahun 2019, Shopee juga sudah aktif di negara Brasil, menjadikannya negara pertama di Amerika Selatan dan luar Asia yang dikunjungi Shopee. Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer (C2C). Namun kini mereka telah beralih ke model hibrid C2C dan business to consumer (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama. Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng, mantan karyawan Rocket Internet yang pernah memimpin Zalora dan Lazada.

Pengalaman saya menggunakan Shopee yaitu, tidak lain pada Shopee mereka juga menawarkan produk yang beragam dan juga harga yang relatif murah contoh dari pakaian, produk pembersih badan, makeup dan lain halnya. Tetapi pada Shopee ini juga terkadang masih banyak juga produk palsu yang beredar jadi jika berbelanja pada pamflet Shopee ini kita harus pintar memilih toko yang memang terpercaya dengan review dari pelanggan yang cukup bagus. Kebiasaan saya transaksi dengan Shopee yaitu untuk membeli pakaian, produk makeup dan lain sebagainya karena saya merasa disini bisa sering mendapatkan diskon potongan harga sampai diskon gratis ongkir dengan membeli barang.
3. Lazada
Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. Pada 2014, Lazada Group mengoperasikan situs-situs di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pengalaman saya menggunakan Lazada yaitu, saya kurang begitu suka berbelanja di Lazada karena pengalaman saya pernah membeli di salah satu toko yang ada di Lazada dan melihat review pelanggan yang katanya barang memuaskan tetapi pada saya sendiri tidak. Tetapi di Lazada sendiri juga menawarkan diskon yang lumayan besar dan juga ada diskon gratis ongkir untuk pengguna baru dan juga lama.
4. Bukalapak
Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010, Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya.

Menurut saya bukalapak adalah cukup memuaskan sebagai tempat belanja elektronik. Bukalapak juga sering menawarkan diskon yang cukup besar bagi penggunanya dan Bukalapak terkenal tatanan aplikasinya cukup minimalis tidak sebanyak Shopee maupun Tokopedia.
5. Zalora Indonesia
ZALORA Indonesia didirikan pada tahun 2012. Saat ini, ZALORA Indonesia merupakan retail online fashion dengan perkembangan paling pesat di Asia. Situs di setiap negara memastikan bahwa produk fashion disesuaikan dengan selera negara masing-masing dan mengadaptasi preferensinya. Dengan pilihan lebih dari 500 brand lokal dan internasional, zelora membawa fashion ke dalam dimensi yang lebih baik dari sebelumnya. Zalora menawarkan pakaian wanita, pakaian pria, sepatu, aksesoris, perlengkapan olahraga, busana muslim, dan banyak lagi. Hal inilah yang membuat Zalora menjadi tujuan utama fashion online di Indonesia. Hanya dalam beberapa tahun, kami telah merevolusi skena mode di Asia, dimulai dari kebiasaan berbelanja hingga membentuk gaya personal.

Menurut saya Zalora sangat digemari para muda mudi saat ini untuk membeli produk fashion pria maupun wanita. Produk fashion yang ditawarkan sangat beragam dan juga original dan memang bagus. Tetapi yang disayangkan jika berbelanja disini yaitu jarangnya tawaran diskon untuk produk.
6. Blibli
Blibli.com adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli.

Menurut saya blibli adalah cukup memuaskan sebagai tempat belanja elektronik. Dan pada aplikasi blibli ini menawarkan pembayaran yang relatif beragam bisa menggunakan Cash maupun Kredit. Banyak Toko Handphone yang menggunakan aplikasi ini untuk menawarkan produknya dan juga sebagai tempat transaksi yang bisa dikatakan sering.
7. JD.ID
JD.ID mengemban misi ‘make the joy happen’ menghadirkan kebahagiaan kepada seluruh pelanggan di Indonesia dengan memberikan layanan andal, cepat, dan aman untuk memilih serangkaian produk-produk berkualitas asli dengan harga yang kompetitif. JD.ID pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki 12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya bervariasi mulai dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury. Bisnis JD.ID berkembang sangat pesat.

JD.ID merupakan aplikasi yang juga menawarkan variasi produk. Tetapi sepanjang adanya aplikasi ini saya masih belum pernah melakukan transaksi pembelian di JD.ID menurut cerita orang lain yang saya dengar yaitu JD.ID cukup menarik karena mereka sering mengadakan event event tertentu untuk memuaskan pelanggannya.
8. SOCO by Sociolla
SOCO by Sociolla didirikan pada tahun 2015 untuk memberikan pengalaman belanja online kecantikan yang lebih baik secara nasional. Pendiri kami percaya bahwa wanita harus merasa percaya diri dan nyaman dalam mengejar berbagai produk kecantikan. Sociolla kini memiliki lebih dari 150 merek kecantikan dan lebih dari 5.000 pilihan produk, yang dirancang untuk melayani Anda dengan lebih baik.

SOCO by Sociolla ini banyak digemari oleh kaum hawa karena mereka menawarkan produk kecantikan yang beragam dan juga original. Dan saya juga beberapa sekali menggukan aplikasi SOCO by Sociolla ini untuk memberi produk kecantikan.
9. Zilingo
Zilingo Shopping adalah marketplace B2C yang menghubungkan pembeli fashion dan lifestyle; serta penjual dengan kategori fashion, lifestyle, kesehatan, dan kecantikan untuk membeli dan menjual secara online dengan mudah.

Zilinglo juga banyak digemari oleh kaum wanita maupun pria untuk berbelanja produk fashion karena mereka berkolaborasi dengan brand brand ternama untuk menjualnya kedalam pamflet ZIlinglo. Dan harga yang ditawarkan memang cukup tinggi tetapi kualitas yang diberikan juga sepadan dengan harga yang ditawarkan.
10. Matahari Mall
Matahari Department Store adalah sebuah perusahaan ritel di Indonesia. Saat ini, Matahari Department Store merupakan salah satu anak perusahaan dari Lippo Group. Per kuartal pertama tahun 2017, Matahari Department Store mempunyai 151 gerai di lebih dari 60 kota di Indonesia. Matahari memiliki gerai daring dengan alamat Matahari.com ( Matahari Mall ).

Matahari Mall ini menurut saya kurang digemari oleh masyarakat karena mereka sudah terbiasa membeli produk pakaian yang ditawarkan oleh Matahari secara lansung di Offlinestore. Memang mereka menawarkan diskon produk juga tertera pada web storenya tetapi masyarakat lebih memilih membeli secara lansung karena bisa melihat barangnya dengan jelas.

Hello world!

February 28th, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!