WhatsApp telah menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak diunduh dan digunakan selama beberapa tahun. Meski banyak kompetitor seperti Telegram, namun WhatsApp tetap menjadi aplikasi yang sangat digemari terutama karena adanya fitur web WA.

 

WhatsApp Web adalah fungsi terintegrasi dari penyedia WhatsApp. Berbeda dengan Telegram yang memungkinkan pengguna memiliki akun Telegram di banyak perangkat, baik smartphone maupun tablet dan laptop, fitur web WhatsApp memiliki sedikit perbedaan.

 

Menggunakan WhatsApp Web dengan aplikasi WhatsApp PC

Jika Anda dapat memasukkan akun atau nomor telepon Anda di aplikasi Telegram pada jenis perangkat yang berbeda, Anda tidak akan dapat melakukannya dengan akun WhatsApp Anda. Nomor ponsel hanya dapat digunakan untuk akun WhatsApp.

Namun, WhatsApp Web memungkinkan Anda menggunakan akun di dua perangkat berbeda. Tentunya Anda harus terlebih dahulu membuat akun WhatsApp di smartphone Anda, baik itu perangkat iOS maupun smartphone atau tablet Android.

Anda kemudian dapat membuka whatsapp web login di perangkat komputasi dan mengirim pesan atau media melalui WhatsApp di komputer. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan WhatsApp Web.

• Unduh aplikasi WhatsApp resmi, baik WhatsApp biasa maupun WhatsApp bisnis, dari Google Play Store atau App Store, tergantung pada jenis perangkat seluler yang Anda gunakan.

• Buat akun WhatsApp baru atau masukkan akun WhatsApp yang telah terdaftar sebelumnya dengan memasukkan nomor ponsel dan menambahkan foto profil.
• Setelah menyelesaikan proses di atas, buka area menu pada perangkat Android dengan mengklik bagian yang ditunjukkan oleh 3 titik di sudut kanan atas layar aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih menu web WhatsApp.
• Jika Anda adalah pengguna perangkat iOS, pilih Pengaturan atau pengaturan yang ditunjukkan oleh logo roda gigi. Kemudian pilih menu WhatsApp Web / Desktop.
Di perangkat Android, proses di atas akan langsung membuka kamera tampak belakang yang dapat Anda gunakan untuk memindai dan membuka web WA. Pada perangkat iOS, proses di atas akan membawa Anda ke halaman di mana Anda perlu menghubungkan dua perangkat yang berbeda.
Untuk menggunakan WhatsApp Web, berikut adalah langkah-langkah utama yang perlu Anda lakukan agar Anda dapat menjalankan WhatsApp di komputer atau laptop Anda:
• Unduh WhatsApp untuk PC untuk Windows dan Mac dari situs web resmi WhatsApp. Untuk menggunakan aplikasi WhatsApp PC, Anda perlu menyiapkan PC Windows dengan versi minimal 8, baik 32-bit maupun 64-bit.
• Jika Anda menggunakan PC dengan sistem operasi Mac OS, pastikan PC Anda menjalankan Mac OS X 10.10 atau yang lebih baru. Instal aplikasi WhatsApp PC di komputer atau laptop yang selalu Anda gunakan.
• Jalankan aplikasi WhatsApp untuk PC dan kode QR akan muncul di layar utama. Kembali ke aplikasi WhatsApp di perangkat seluler, buka opsi web WhatsApp di perangkat seluler dan pindai kode dengan pemindai WhatsApp di PC.

Semua pesan di aplikasi WhatsApp di smartphone atau tablet Anda akan langsung terbuka di aplikasi WhatsApp di Mac atau PC Windows yang Anda gunakan. Anda dapat mengirim pesan kepada siapa pun yang Anda inginkan segera.

 

Menggunakan WA Web tanpa aplikasi WhatsApp PC

Bagaimana dengan pengguna komputer atau laptop yang tidak memiliki cukup ruang PC untuk menginstal perangkat lunak baru seperti WhatsApp untuk PC? Atau mungkin PC yang Anda gunakan memiliki versi sistem operasi yang lebih rendah dari yang dibutuhkan WhatsApp?

Untuk memudahkan sendiri, Anda tetap bisa membuka dan menjalankan wa web login untuk mengirim pesan atau data ke pengguna WhatsApp lain melalui PC atau komputer. WhatsApp Web dapat diakses langsung dari aplikasi web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan Microsoft Edge.

Bagaimana cara membuka dan memulai WhatsApp Web menggunakan mesin pencari? Perhatikan langkah-langkah berikut:

• Jalankan aplikasi browser web yang paling sering Anda gunakan, baik itu browser Opera, Microsoft Edge terbaru, Safari, Mozilla Firefox, Google Chrome, atau aplikasi browser web lainnya. Pastikan perangkat lunak tersebut memiliki pemutakhiran terbaru.

• Masukkan web.whatsapp.com di bidang URL. Lalu, tekan ENTER. Tunggu situs web WhatsApp terbuka.
• Setelah membuka situs web WhatsApp, kode QR dengan instruksi tentang cara membuka WhatsApp Web akan ditampilkan di perangkat seluler yang Anda gunakan.
• Buka aplikasi WhatsApp di perangkat seluler, lalu buka opsi web WhatsApp di perangkat itu.
• Pindai kode QR yang ditampilkan di layar laptop atau komputer Anda dengan perangkat seluler yang Anda gunakan. Semua obrolan atau pesan di perangkat seluler secara otomatis ditampilkan di browser web perangkat komputer Anda. Mudah bukan?

Sekarang Anda dapat mengirim dan menerima pesan dengan PC Anda, mengirim dan menerima file dan foto dengan kontak WhatsApp Anda, membuat forum untuk pertemuan virtual atau online, mengakses pesan yang diarsipkan dan melihat status bersama dari pengguna WhatsApp lainnya.

Anda juga dapat membuat grup WhatsApp baru secara instan menggunakan WhatsApp Web, baik Anda mengunduhnya dari situs web resmi WhatsApp atau membukanya melalui browser web. Sayangnya, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan WhatsApp Web. Apakah kamu?

 

Kurangnya WhatsApp Web di browser web

WhatsApp Web memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan WhatsApp untuk perangkat iOS dan Android. Apa kerugiannya?

1. Tidak ada status baru yang dapat dibuat

WhatsApp Web yang Anda jalankan dengan software web browser ternyata bisa menampilkan berbagai status yang diunggah oleh pengguna WhatsApp lain serta status yang Anda bagikan sendiri. Namun, WhatsApp Web tidak mengizinkan Anda membuat status WhatsApp baru.

2. Tidak dapat menerima atau melakukan panggilan

Menerima dan melakukan panggilan, baik panggilan suara maupun video, hanya dapat dilakukan dengan WhatsApp yang terpasang di perangkat seluler. WhatsApp Web hanya menampilkan pemberitahuan bahwa Anda telah menerima panggilan WhatsApp dan perlu diterima di perangkat seluler.

3. Tidak dapat menampilkan indikator status WhatsApp

Di aplikasi WhatsApp di perangkat seluler, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang telah menonton status Anda dan siapa mereka. Di WhatsApp Web, Anda hanya dapat mengetahui berapa banyak orang yang telah melihat status yang Anda bagikan.

 

Anda tidak dapat melihat dalam status siapa yang telah melihat apa yang Anda unggah. Ini berlaku jika Anda mengaktifkan tanda dibaca atau tanda dibaca. Jika tanda terima baca atau tanda terima telah dibaca dinonaktifkan, Anda tidak akan dapat mengetahui berapa banyak pemirsa yang dimiliki status WhatsApp Anda.

Sekarang Anda perlu mempraktikkan langkah-langkah di atas segera dan mencoba menjalankan wa mod Web di komputer yang Anda gunakan untuk mempelajari fitur-fiturnya.

 

Lihat Juga :

 
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.