Sekolah diliburkan karena corona? Lakukan 5 hal ini untuk belajar produktif di rumah

1. Buat rencana kegiatan harian

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat rencana aktivitas harian. Rencanakan aktivitas yang ingin Anda lakukan keesokan harinya, mulai dari bangun tidur, belajar, bermain hingga tertidur kembali. Tentukan juga berapa lama Anda akan melakukan aktivitas tersebut. Misalnya, 30 menit waktu bermain diikuti dengan 60 menit belajar. Tujuannya agar waktu Anda bisa dialokasikan secara efektif. Anda tidak menikmati bermain HP alih-alih belajar Anda tertidur. Pastikan juga kamu bisa menyelesaikan setiap jadwal yang kamu buat, ya. Setelah semua kegiatan pada jadwal selesai dengan baik, jangan lupa untuk membuat rencana kegiatan baru. Nah, dengan membuat rencana kegiatan harian, Anda akan menjadi lebih produktif dan juga lebih disiplin.

2. Penciptaan area belajar yang nyaman

Kedua, Anda dapat menemukan atau menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Biasanya tempat yang jauh dari kebisingan atau hal-hal yang dapat mempengaruhi konsentrasi Anda saat belajar. waktu! Tapi jangan belajar di tempat tidur juga, oke? Nanti, bukannya belajar, bukannya tidur, malah ketiduran. Hehehe… Posisi belajarmu juga harus diperhitungkan. Setidaknya pilihlah tempat dengan pencahayaan yang baik agar Anda bisa berkonsentrasi lebih baik.

3. Berhenti dari aktivitas media sosial saat belajar

Pembelajaran online mengharuskan Anda untuk belajar melalui ponsel atau laptop. Nah, jangan salah fokus ya? Daripada belajar serius, kamu bisa melakukan sedikit pengecekan di WhatsApp, Instagram dan berbagai notifikasi yang muncul di layar ponselmu. Aku bahkan tidak mempelajarinya pada akhirnya, oke? Yuk, berhenti sejenak dengan aktivitas media sosial yang kamu miliki selama kuliah agar kamu juga bisa lebih produktif. Ketika waktu belajar selesai, kamu bebas memainkan HP lagi. Tapi harus ada batasannya, ya.
Fokus pada perangkat yang digunakan untuk pembelajaran online (sumber: unlockboot.com)
4. Mencatat materi yang diperiksa

Tahukah Anda bahwa otak menyerap materi yang kita pelajari lebih mudah saat kita menuliskannya daripada saat kita hanya membaca atau mendengarkannya? Anda juga dapat menyorot bagian penting dari catatan Anda. Apalagi jika Anda sedang mempelajari pelajaran yang banyak mengandung rumus-rumus perhitungan. Menghafal rumus saja tidak cukup untuk memahami dan berhasil lulus ujian tanpa banyak berlatih soal.

5. Istirahatlah

Nah, poin terakhir ini juga penting untuk meningkatkan produktivitas dalam belajar. Jika Anda bosan membaca beberapa halaman buku atau Anda bingung karena tidak dapat menemukan jawaban untuk pertanyaan latihan, Anda dapat beristirahat sejenak. Ingat, hanya menginginkannya! Misalnya keluar mencari udara segar, membuat teh/susu atau peregangan. Istirahat dari buku atau laptop juga penting untuk kesehatan mata lho.

Oke, itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan di rumah agar belajarmu lebih produktif. Tapi jangan terpaku pada niat ya? Tanpa tindakan Anda tidak akan bisa berubah.

Sumber :

 
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.