Apakah Anda ingin menulis surat lamaran? Berikut adalah tipsnya!

Bagian surat lamaran

Untuk dapat menulis surat lamaran pada dasarnya terdiri dari tiga bagian. Yaitu pembukaan, isi dan penutup. Di awal surat lamaran terdapat garis besar dengan penjelasan tentang iklan pekerjaan yang diterima. Di bagian ini Anda dapat menjelaskan informasi tentang tawaran pekerjaan yang akan Anda terima, bidang pekerjaan yang ingin Anda lamar dan juga menuliskan keterampilan yang dapat dipenuhi oleh kualifikasi profesional.

Selanjutnya, Anda mulai menulis isi surat itu. Biasanya dalam hal ini Anda harus menjelaskan bahwa Anda dapat memenuhi persyaratan yang diperlukan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan informasi usia, pengalaman kerja atau organisasi, keterampilan, dan informasi lain yang dapat mendukung kebutuhan yang diidentifikasi. Jika Anda sudah menulis isinya, hal terakhir yang harus dilakukan adalah menulis kesimpulan. Pada bagian akhir ini, Anda dapat menuliskan harapan Anda untuk proses selanjutnya dan mengucapkan terima kasih.

Struktur surat lamaran

Ada beberapa struktur yang perlu diperhatikan sebelum membuat surat lamaran.

Pengirim. Alamat pengirim yang terdapat pada surat lamaran biasanya berada di kanan atas surat lamaran atau di bawah setelah salam penutup.
tanggal surat. Setelah menuliskan alamat pengiriman, Anda juga harus menuliskan tanggal surat tersebut. Tanggal surat ini biasanya diletakkan di bawah alamat pengirim dan berjarak sekitar dua atau tiga baris.
alamat surat. Di bagian alamat surat ini, Anda harus menulis nama lengkap perusahaan di baris pertama. Diikuti dengan nama gedung di baris kedua dan jalan serta alamat lengkap di baris berikutnya.
Salam. Dalam salam pembuka ini cukup tulis kata “dengan hormat”.
isi surat. Surat lamaran ini dibagi menjadi beberapa bagian utama. Paragraf pengantar Anda dimaksudkan untuk memberikan kesan pertama dan dirancang untuk menarik perhatian perekrut, isi surat, dan paragraf penutup.
Menyimpulkan. Dalam salam penutup ini Anda dapat menulis dua atau tiga spasi di bawah baris terakhir surat. Dalam tulisan tangan, salam terakhir ini bisa muncul dua atau tiga baris tepat di bawah badan surat.

Fungsi surat lamaran

Ada beberapa fitur yang terdapat dalam surat lamaran, yaitu:

Sebagai lamaran resmi. Fungsi surat lamaran adalah salah satu formulir resmi untuk pengajuan atau lamaran yang ditujukan kepada perusahaan. Dengan surat lamaran ini, pelamar kerja secara resmi menjadi sukarelawan untuk lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Ketika proses pengajuan surat lamaran selesai, perusahaan akan memproses pelamar sesuai tahapan rekrutmen untuk masing-masing perusahaan.
Sebagai sarana komunikasi. Dalam proses lamaran ini, beberapa perusahaan biasanya akan melalui dua tahap, yaitu seleksi administrasi atau wawancara. Pada tahap seleksi administrasi, pelamar biasanya tidak dapat berkomunikasi secara langsung seperti yang terjadi pada tahap wawancara. Dengan adanya surat lamaran ini bertujuan untuk menjadi alat komunikasi antara pelamar dengan perusahaan. Surat pengantar juga dapat memiliki fungsi lain sebagai ungkapan minat sebagai pengenalan diri oleh pemohon. Agar surat lamaran menjadi sarana komunikasi yang baik, ada baiknya jika surat lamaran pendek dan dapat mencerminkan kelebihan Anda.
Sebagai salah satu pertimbangan. Seperti yang sudah kita ketahui, persaingan dalam mencari pekerjaan merupakan hal yang sangat lumrah. Anda dapat memaksimalkan surat lamaran Anda untuk memberi Anda potensi untuk meningkatkan untuk mendapatkan posisi yang Anda inginkan. Dalam surat lamaran Anda, Anda juga harus menunjukkan keahlian, kekuatan, atau keterampilan Anda di posisi yang Anda lamar. Selain itu, Anda juga harus memberikan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, minat, dan alasan mengapa Anda layak diterima di perusahaan tersebut.

Sumber :

 
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.