CARA MEMBEDAKAN KOPI ROBUSTA DAN ARABICA

October 2nd, 2018

PERBEDAAN BIJI KOPI ROBUSTA DAN ARABICA

Masih Bingung Bedanya Biji Kopi Arabika dan Biji Kopi Robusta? Ini Adalah Beberapa Penjelasannya. Untuk kebanyakan orang, minum secangkir kopi hitam hangat di pagi hari merupakan ritual yang hukumnya wajib. Tidak boleh sampai terlewati satu hari pun. Mungkin ini ada manfaatnya juga untuk Anda.

Ukuran Biji Kopi 

Biji kopi Arabica berukuran lebih besar dan cenderung berbentuk lonjong,  sedangkan biji kopi Robusta berbentuk lebih bulat.

Ketinggian tempat tanam


Kopi Arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1.700 mdpl dengan suhu 16-20°C. Sedangkan kopi Robusta bisa tumbuh dan hidup di daerah dengan ketinggian 400-700 mdpl dengan temperatur 21-24°C.

Aroma

Biji kopi Arabica memiliki aroma yang wangi mirip aroma percampuran dari bunga dan buah, sedangkan biji kopi Robusta memiliki aroma manis yang khas.

Cita Rasa

  1. Biji kopi Arabica dikenal dengan jenis kopi yang bercita rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi Robusta.
  2. Biji kopi Arabica juga memiliki tekstur yang halus, sehingga lebih kental di mulut.
  3. Biji kopi Arabica juga lebih pahit dibanding kopi Robusta. Biji kopi Robusta memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar di lidah, dan rasanya lebih manis seperti cokelat.

Kadar Kafein

Biji kopi Arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan biji kopi Robusta. Kadar kafein pada kopi Arabica sebesar 1,2%, sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 2,2%. Robusta memang memiliki kadar kafein dua kali lebih banyak, namun ini berakibat pada rasa kopinya yang lebih pahit. Selain itu, jenis arabika juga memiliki kandungan gula dan lipid yang lebih tinggi daripada robusta sehingga lebih manis saat diminum tanpa perlu menggunakan gula.

Contoh kopi Robusta

Indonesia merupakan salah satu produsen biji kopi Robusta terbesar. Beberapa contoh kopi Robusta asli Indonesia antara lain kopi Lampung, Jawa Barat, Bali, Flores, dan Bengkulu.

Contoh kopi Arabika

Kopi Arabika banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Beberapa contoh kopi Arabika yang cukup dikenal adalah kopi Etiopia, Kenya, Toraja, Sumatera, Mandailing, Jawa (dari perkebunan kopi di daerah Kawah Ijen, Jawa Timur), Papua Nugini, Colombia, dan Brazil.