Cara Terbaik Dalam Menyajikan Kopi

Cara Mudah dan  Terbaik Dalam Menyajikan Kopi

Kenikmatan dan kesegaran kopi memang sangat dipengaruhi oleh jenis kopi. Namun teknik menyeduh yang tepat juga mampu memberikan pengaruh besar pada rasa yang dihasilkan. Untuk itu, penting bagi para penikmat kopi untuk mengetahui bagaimana cara menyeduh kopi dengan benar. Jika Anda membeli kopi, pastikan untuk membeli kopi dalam bentuk biji, dan menggilingnya ketika mau diseduh. Alat penggiling kopi atau grinder juga ada beberapa jenis. Burr ataupun mill grinder lebih dianjurkan karena penggiling tersebut mampu menghasilkan hasil gilingan yang konsisten. Sebaiknya jangan gunakan blade grinder karena penggiling kopi ini tidak mampu memberikan hasil gilingan yang konsisten. Memperlakukan kopi supaya rasanya spesial dan lebih mantap sudah dimulai dari cara menyeduh hingga mengaduknya. Pemilihan biji kopi yang terbaik sesuai selera merupakan langkah awal Anda dalam menyediakan secangkir kopi nikmat dan spesial. Lalu setelahnya tergantung lagi bagaimana cara Anda membuat dan menyajikannya. Supaya kopi semakin spesial, menyeduh dan mengaduknya pun tidak sembarangan. Buat yang sudah berpengalaman dengan rasa kopi, akan tahu kesalahan apa yang telah terjadi pada secangkir kopi yang dirasakannya, kesalahan pada penyeduhan dan pengadukan.

Cara Menyeduh Kopi yang Benar
Bagaimana cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar? Apakah selama ini seduhan yang Anda lakukan sudah mengikuti teori pembuatan kopi yang dilakukan oleh para pakar dan pecinta kopi? Berikut ini beberapa hal yang penting diperhatikan:

  1. Beli lah kopi dalam bentuk biji kopi, lalu haluskan menggunakan grinder pada saat akan diseduh. Alat ini memiliki ukuran yang konsisten sehingga akan berpengaruh pada rasa. Untuk ukuran yang sangat halus akan menghasilkan rasa yang lebih pahit, hasil gilingan yang lebih kasar akan mengurangi rasa pahit pada saat diseduh.
  2. Menggunakan air mineral yang sudah steril dari berbagai unsur di dalamnya untuk menyeduh kopi Anda. Adanya unsur lain dalam air akan mengganggu rasa yang dihasilkan dalam secangkir kopi. Jangan gunakan air sumur yang biasanya memiliki rasa tertentu, jelas akan mengganggu rasa kopi yang dihasilkan.
  3. Suhu air ideal untuk menyeduh kopi adalah 90 hingga 96 derajat celcius, sebelum tercapainya suhu didih air. Pada kondisi ini, kafein tidak begitu larut pada panas sehingga rasa kopi yang dihasilkan bisa lebih ideal dan pas. Matikan segera air sebelum benar-benar mendidih. Ini salah satu tips cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar.
  4. Cara menikmati kopi terbaik adalah ketika tepat tercapai waktu kontak kopi dan air. Berapa waktu kontak tersebut? idealnya adalah 2 hingga 4 menit setelah diseduh. Jadi inilah waktu paling tepat menikmati secangkir kopi yang Anda seduh. Tidak lebih cepat atau tidak lebih lambat dari waktu itu. Itu sebabnya mengapa orang mengatakan menikmati kopi akan lebih nikmat pada saat hangat, lebih tepatnya pada saat waktu kontak tercapai.
  5. Perbandingan kopi dan air yang digunakan bisa menggunakan perbandingan 1gram kopi untuk 15ml air, berlaku kelipatannya. Sediakan gelas ukur untuk mendapatkan akurasi jumlah air yang tepat, termasuk juga timbangan analitis untuk mendapatkan angka tersebut. Terutama jika kopi akan dinikmati orang lain seperti kedai kopi, menyajikan rasa yang konstan sangat penting agar orang percaya dengan kualitas kopi buatan Anda.
  6. Bila Anda ingin kopi seduhan Anda terasa hangat lebih lama, gunakan cangkir berbahan keramik. Bahan ini lebih mampu menahan panas yang lebih lama sehingga kopi lebih bisa dinikmati lebih lama kehangatannya.
  7. Jangan memanaskan kopi lebih dari 15 menit dan jangan memanaskan ulang kopi yang Anda seduh sebelumnya. Akan terasa lebih nikmat jika Anda menyeduh kopi yang baru lagi. Buat sesuai dengan kemampuan Anda mengkonsumsinya dalam waktu tersebut. Bila ingin menikmati kopi lagi, buat dan seduh lagi yang baru.
  8. Seduh kopi hingga berbusa, ini akan semakin mengeksplorasi rasa dari kopi yang Anda buat. Cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar ini telah dipraktekkan oleh kalangan pecinta dan pakar kopi.

Cara Mengaduk Kopi yang Benar

Bagaimana cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar? Khususnya mengaduk, ternyata ada cara khusus agar butiran permukaan kopi bisa kontak sempurna dengan air yang dituang ke dalam cangkir. Tips cara mengaduk kopi yang benar adalah dengan membentu huruf M atau W. Caranya masukkan sendok ke dalam cangkir yang sudah berisi air dan kopi, lalu gerakkan sendok membentuk huruf M atau W. Setelah itu angkat sendok ke atas dan teteskan air yang tersisi di sendok, lalu ulang lagi adukan membentuk huruf M dan W lagi, lakukan hingga kopi tercampur dengan sempurna, yakni pada waktu kontak ideal 2 hingga 4 menit setelah seduhan. Segelas kopi nikmat bisa dibuat dimana saja jika Anda tau bagaimana cara membuatnya. Tak harus berjalan dan nongkrong di kafe, cukup dari dalam rumah saja, bila Anda telah tau bagaimana cara menyeduh dan mengaduk kopi yang benar, ini akan membantu Anda menikmati kopi yang Anda inginkan.