Prosedur Kedokteran Gigi Umum: Hal-hal yang Harus Anda Ketahui

Dokter gigi umum adalah tulang punggung kesehatan gigi kita. Mereka membantu menyediakan berbagai macam untuk perawatan dan manajemen secara keseluruhan, dari inspeksi visual hingga sinar-X hingga prosedur kecil seperti pengangkatan rongga atau mahkota jika diperlukan. Dokter gigi umum Anda menawarkan beberapa atau semua perawatan berikut.

1. Pembersihan Gigi

Pembersihan gigi profesional, juga dikenal sebagai timbangan dan semir, dirancang untuk menghilangkan plak yang tidak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi secara teratur di rumah. Pembersihan gigi membantu mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi di masa depan.

2. Isian

Tambalan dapat digunakan untuk menutupi kerusakan gigi atau memperbaiki gigi yang terluka. Dokter gigi akan membuat gigi Anda mati rasa untuk memudahkan mereka membersihkan jaringan yang membusuk. Mereka kemudian menggunakan bor gigi sebelum melakukan pekerjaan pengisian mendalam yang menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan dari pasien.

Tambalan untuk gigi bisa berupa berbagai bahan, termasuk amalgam emas atau merkuri. Dokter gigi mungkin juga menggunakan porselen dan resin komposit untuk mengisi enamel Anda yang hilang jika Anda ingin mengurangi rasa sakit di masa depan.

3. Saluran Akar

Perawatan saluran akar menghilangkan bagian tengah gigi yang membusuk, yang dikenal sebagai pulpa. Ini juga disebut perawatan endodontik dan melibatkan pengangkatan beberapa tulang di sekitarnya sehingga pembusukan tidak dapat memburuk. Gigi diisi dengan perawatan antimikroba, kemudian ditutup dengan mahkota.

4. Mahkota

Mahkota gigi sangat bagus untuk memulihkan gigi yang rusak. Mereka dapat digunakan untuk menyelamatkan gigi dari pencabutan, dan mereka juga membantu dalam memperbaiki ketidaksempurnaan kosmetik seperti enamel bengkok atau terkelupas. Mahkota sangat penting untuk melindungi gigi Anda dari infeksi atau kerusakan lebih lanjut.

Dokter Gigi Palembang

5. Jembatan

Jembatan adalah struktur gigi yang berisi gigi tiruan atau ‘pontik’ yang berlabuh pada dua mahkota untuk menggantikan salah satu gigi Anda yang hilang. Jembatan gigi bekerja paling baik jika Anda memiliki gigi yang sehat di kedua sisi celah yang ditinggalkan oleh gigi Anda yang hilang.

6. Pencabutan Gigi

Ketika gigi yang membusuk tidak memiliki pilihan perawatan lain, dokter gigi akan mencabutnya. Dokter gigi juga akan mencabut gigi yang menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit, seperti gigi bungsu. Anestesi lokal pertama kali diterapkan untuk mematikan rasa daerah tersebut sebelum mereka mulai. Setelah mati rasa, mereka dapat melonggarkan gigi apa pun di gusi dengan mudah menggunakan forsep dan alat khusus lainnya.

7. Gigi palsu

Gigi palsu bekerja untuk mengganti gigi yang hilang atau rusak. Gigi palsu lengkap menggantikan semua struktur gigi asli Anda, sementara gigi palsu parsial hanya menutupi beberapa bagian dan memungkinkan fleksibilitas mengunyah.

Gigi palsu adalah jenis prostetik tertentu yang sangat cocok dengan mulut Anda. Mereka sering melakukan beberapa kunjungan ke dokter gigi sebelum selesai sehingga mereka dapat memastikan semua pengukuran cocok.

Kunjungi Dokter Gigi Umum Hari Ini

Senyum Anda sangat penting, dan Anda harus menjaganya. Anda dapat melakukan ini dengan mengunjungi dokter gigi umum Anda untuk kunjungan gigi rutin, mempraktikkan kebersihan mulut yang baik di rumah, dan makan makanan sehat yang kaya akan vitamin A & B kompleks untuk menjaga gusi tetap kuat.

Praktik dokter gigi tidak hanya mencakup pembersihan gigi dan prosedur gigi umum. Mereka juga melakukan prosedur kosmetik, seperti pemutihan gigi dan veneer, yang semuanya dapat meningkatkan senyum Anda.

Gigi alami Anda adalah potongan anatomi pekerja keras yang patut kita perhatikan sebanyak, jika tidak lebih dari, bagian lain dari tubuh kita! Jadwalkan janji temu hari ini, sehingga tim Sutherland Dental kami dapat membahas apa yang paling cocok untuk Anda.