10 Prosedur Gigi Paling Umum dan Cara Kerjanya

Pergi ke dokter gigi bisa mengintimidasi atau menakutkan bagi banyak orang. Suara mendengung, mesin x-ray, kursi besar – semuanya bisa sedikit berlebihan. Namun, jika Anda tahu untuk apa Anda berada, pengalaman Anda akan jauh lebih mudah ditangani.

Orang harus mengunjungi dokter gigi mereka karena berbagai alasan, tetapi ada beberapa prosedur umum yang harus diketahui semua orang. Berikut adalah 10 prosedur gigi yang paling umum – yang semuanya dapat kita lakukan di dokter gigi Palembang.

1 – Pembersihan Gigi

Sejauh ini, ini adalah alasan paling umum orang mengunjungi dokter gigi. Banyak dokter gigi merekomendasikan pembersihan setiap enam bulan, dan beberapa merekomendasikan setahun sekali. Either way, itu adalah bagian yang sangat penting dari kesehatan mulut. Sikat gigi Anda sendiri tidak akan pernah seefisien alat yang digunakan dokter gigi untuk membersihkan gigi Anda.

Kunjungan tahunan atau semi-tahunan untuk pembersihan akan menjaga gigi Anda tetap sehat, berkilau, dan kuat. Plus, pembersihan menyebabkan sangat sedikit ketidaknyamanan, jadi tidak perlu khawatir!

2 – Pemutihan Gigi

Seperti pembersihan, pemutihan adalah proses yang relatif tidak nyaman. Beberapa orang sensitif terhadap agen pemutih yang digunakan, tetapi jika tidak, ini adalah prosedur mudah yang dapat dilakukan oleh sebagian besar kantor gigi. Di rumah kit pemutih gigi melibatkan banyak waktu dan usaha ekstra. Anda perlu membeli kit dan menghabiskan banyak waktu.

Di kedokteran gigi, pemutihan lebih cepat dan lebih aman karena dilakukan oleh para profesional. Paling sering, dokter gigi menggunakan gel hidrogen peroksida khusus dan sumber cahaya khusus untuk memutihkan lebih cepat.

3 – Ekstraksi

Ekstraksi terdengar menakutkan dan menyakitkan. Harus diakui, mereka bukan prosedur yang paling menyenangkan. Namun, dokter gigi Anda akan melakukan segala daya mereka untuk membantu Anda merasa nyaman. Anda mungkin memerlukan ekstraksi karena sejumlah alasan.

Saat mencabut gigi, Anda mungkin tidak sadarkan diri atau benar-benar mati rasa. Anda tidak akan bisa merasakan apa-apa! Anda mungkin sakit setelahnya, tetapi ekstraksi hampir selalu untuk mencegah rasa sakit lebih lanjut.

4 – Veneer

Jika gigi Anda bengkok atau berubah warna, dokter gigi Anda mungkin merekomendasikan veneer. Ini adalah solusi yang sangat populer untuk masalah gigi yang umum. Ini pada dasarnya adalah penutup tipis yang ditempatkan di atas bagian depan gigi atau set gigi. Mereka terutama digunakan untuk tujuan pemasyarakatan, tetapi mereka juga dapat digunakan untuk memutihkan. Prosesnya sederhana dan tidak menyakitkan bagi kebanyakan orang, dan mudah bagi dokter gigi untuk melakukannya.

5 – Isian

Gigi berlubang terlalu umum dan terlalu mudah didapat. Untuk sebagian besar gigi berlubang, isian adalah jawaban yang disarankan. Asam dalam makanan dan di dalam tubuh Anda dapat dengan mudah memecah enamel gigi jika terlalu terang.

Untungnya, mengisi sebagian besar gigi berlubang adalah prosedur cepat. Anda mungkin akan mati rasa, yang dapat berlangsung selama beberapa jam setelah pengisian selesai. Biasanya dibutuhkan sekitar satu jam untuk menyelesaikannya, dan kemudian itu bagus seperti baru! Anda mungkin merasakan tekanan saat mereka bekerja, tetapi itu seharusnya tidak menyakitkan.

6 – Mahkota

Jika rongga Anda agak terlalu besar untuk tambalan, atau bagian atas gigi Anda telah membusuk, mahkota adalah solusinya. Ini biasanya prosedur dua kunjungan, tetapi seperti pengisian, seharusnya tidak terlalu menyakitkan. Dokter gigi Anda akan mengambil cetakan gigi Anda sehingga laboratorium dapat membuat mahkota yang dipasang dengan benar untuk menutupi area yang membusuk.

Beberapa kantor memiliki “printer” di kantor. Mereka menggunakan kombinasi x-ray dan komputer khusus untuk mengambil foto dan membuat mahkota saat itu juga! Kunjungan kedua akan melibatkan pemasangan dan pengamanan mahkota, yang biasanya cukup cepat dan tidak menyakitkan.

7 – Saluran Akar

Ini adalah salah satu yang ditakuti kebanyakan orang, dan untuk alasan yang adil. Saluran akar biasanya didahului oleh beberapa sakit gigi yang cukup mengerikan. Saluran akar berarti jaringan di dalam atau di bawah gigi Anda terinfeksi dan meradang. Untuk menghilangkan rasa sakit, dokter gigi perlu mematikan saraf dan mengangkat jaringan. Terkadang Anda mungkin perlu minum antibiotik sebelum prosedur.

Hal baiknya adalah Anda akan mati rasa sebelum itu terjadi, sehingga Anda tidak akan merasakan sakit apa pun, hanya tekanan. Setelah prosedur selesai – dan itu bisa memakan waktu beberapa jam – Anda akan mati rasa untuk sementara waktu, tetapi mudah-mudahan bebas rasa sakit karena infeksi akan hilang.

8 – Kawat Gigi/Invisalign

Sebagian besar praktik bergerak menjauh dari kawat gigi tradisional dan menuju Invisalign, tetapi keduanya memiliki tujuan yang sama. Tujuannya adalah untuk meluruskan dan memperbaiki gigi yang bengkok, karena gigi yang lebih lurus seringkali lebih sehat dan lebih mudah dirawat. Kawat gigi klasik menggunakan logam dan bahan lainnya untuk mengencangkan gigi secara perlahan kembali ke tempatnya. Invisalign kurang terlihat dan bertindak lebih lambat, tetapi masih merupakan metode yang sangat efektif untuk mencapai tujuan yang sama. Prosedur untuk memakainya dapat meninggalkan sedikit rasa sakit, tetapi tidak ada yang terlalu ekstrem.

9 – Ikatan

Ini adalah cara lain untuk memperbaiki gigi yang rusak atau terkelupas. Ini melibatkan resin – semacam plastik – yang diwarnai dokter gigi Anda agar sesuai dengan warna alami gigi Anda. Ini kurang invasif daripada beberapa metode lain, terutama untuk ketidaksempurnaan yang lebih kecil. Beberapa lapisan diperlukan untuk benar-benar mengamankan resin, dan cahaya digunakan untuk “mengeringkan” setiap lapisan. Tempat tersebut kemudian dipoles dan dibersihkan sehingga pas secara alami ke dalam gigi. Ini adalah prosedur yang mudah, tetapi bisa memakan waktu cukup lama.

10 – Gigi palsu

Gigi palsu biasanya dikaitkan dengan penuaan, tetapi banyak orang mungkin membutuhkan gigi palsu. Mereka dimaksudkan untuk mengganti gigi dengan cara alami, dan biasanya dapat dilepas. Pas untuk gigi palsu sangat umum, dan butuh beberapa saat. Pada akhirnya, ada baiknya memiliki satu set lengkap gigi kerja lagi.

Kesimpulan

Pergi ke dokter gigi mungkin mengintimidasi, tetapi dokter gigi terbaik akan melakukan yang terbaik untuk membuat Anda merasa nyaman. Lanjutkan membaca tentang prosedur umum, dan cari tahu tentang apa yang diharapkan. Dengan begitu, ketika Anda duduk di kursi, anda cenderung tidak membayangkan rasa sakit yang hebat.