Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan FKIP Uhamka

Fokus dan Cakupan

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP) adalah jurnal yang menerbitkan penelitian asli saat ini tentang studi agama dan sosial budaya menggunakan perspektif interdisipliner.
The scope of Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan
Studi Dasar: Matematika di sekolah dasar, Studi Sosial di SD, Sains di SD, Bahasa di SD .

Proses Peer Review

Beberapa kebijakan dalam review Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan:

  • Reviewer akan meninjau artikel yang dikirimkan yang mengikuti pedoman dan template jurnal yang disediakan.
  • Proses peninjauan dalam jurnal ini menggunakan peer-review double-blind, yang berarti bahwa identitas pengulas dan penulis disembunyikan dari pengulas, dan sebaliknya.
  • Dalam proses review, artikel akan ditinjau oleh setidaknya dua reviewer untuk memastikan kualitas artikel.
  • Dalam proses peninjauan, pengulas memastikan kualitas artikel dari judulnya, abstrak, diskusi dan kesimpulan. Selain itu, pengulas juga membahas hal-hal baru dan kontribusinya terhadap diskusi ilmiah dan memverifikasi plagiarisme dan etika publikasi.
  • Reviewer juga memberikan umpan balik tentang apakah artikel tersebut diterima, ditolak atau perlu revisi kecil atau besar.

Frekuensi Publikasi

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan adalah Jurnal yang diterbitkan secara online dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Jurnal ini adalah jurnal open access yang artinya semua konten tersedia secara bebas tanpa dipungut biaya kepada pengguna atau/institusi. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. Hal ini sesuai dengan Budapest Open Access Initiative.

Etika Publikasi

Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (E-ISSN 2502-3489) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh S2 PEP, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan memposting artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, kepala editor, Dewan Editorial, peer-reviewer dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE untuk Editor Jurnal.

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel dalam Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan peer-review adalah blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah refleksi langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel peer-review mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu penting untuk menyetujui standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer-reviewer, penerbit dan masyarakat.

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dalam hal ini FKIP Uhamka sebagai penerbit Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan mengambil tugas perwalian atas semua tahap penerbitan dengan serius, dan kami mengakui tanggung jawab etis dan lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial tambahan tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editorial. Selain itu, S2 Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, dan Dewan Redaksi akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan penerbit lain di mana ini berguna dan diperlukan.

Keputusan publikasi

Editor Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diajukan ke jurnal yang harus diterbitkan. Validasi pekerjaan yang dimaksud dan pentingnya bagi para peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti yang kemudian akan berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berunding dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

 

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, pengulas, pengulas potensial, pengulas potensial, penasihat editorial lainnya, dan penerbit yang sesuai, sebagaimana mestinya.