Bahan Kain untuk Seragam Olahraga

Kebutuhan sekolah selain alat tulis adalah seragam. Bukan hanya seragam kemeja warna putih maupun bermotif batik, namun juga kebutuhan seragam olahraga. Di setiap sekolah pasti memiliki seragam olahraga dengan memberikan sentuan ciri khas identitas sekolah. Seperti logo sekolah maupun sablon bertuliskan nama sekolah. Akan tetapi semua itu tidak berarti jika seragam olahraga tidak nyaman dipakai saat pelajaran olahraga. Untuk itu, pihak sekolah harus memilih bahan yang sesuai kebutuhan saat berkegiatan olahraga. Berikut beberapa jenis kain yang biasa dijadikan seragam olahraga:

Kain Hyget

Kain Hyget adalah kain yang terbuat dari campuran katun dan plastik tipis. Kain ini bertekstur licin, mengkilap, tipis, ringan, mengalirkan keringat yang baik serta mudah kering. Kain hyget juga baik jika diberi sablon. Kain Hyget jenis serena adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan seragam olahraga sepak bola, futsal, dan voli.

Kain Diadora

Kain diadora adalah kain yang memiliki sifat mengkilap jika terkena sinar matahari, dan tidak mudah melar jika dicuci. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat pakaian olahraga pada umumnya.

Kain Paragon

Kain paragon adalah kain yang memiliki tekstur ringan namun tebal, mengkilap, serta fleksibel. Kain ini mempuyai kemampuan yang baik mengalirkan keringat dan terasa dingin jika dipakai. Kain paragon juga baik jika diberi sablon maupun bordir. Kain ini biasanya digunakan sebagai seragam olahraga tim bola basket.

Kain Wafer

Kain Wafer adalah kain yang memiliki tekstur pola permukaan seperti wajik atau roti wafer. Kain ini biasanya digunakan untuk seragam olahraga tim sepak bola atau futsal.

Kain Adidas


Seperti namanya, disebut kain adidas karena kain ini sering digunakan untuk membuat pakaian dengan gaya sporty, seperti jaket olahraga. Kain ini memiliki tekstur halus di permukaan depan, menyerap keringat yang baik, dan ringan dipakai.

Kain Dry Fit


Kain Dry Fit adalah kain percampuran nilon, spandek, dan polyester. Kain ini memiliki sifat yang lentur, padat, mengalirkan keringat yang baik, ringan dan dingin. Kain Dry Fit biasanya digunakan untuk seragam olahraga tennis, golf maupun lari.

Kain Lotto


Kain Lotto adalah kain yang memiliki tekstur halus, lembut, dan tidak mengkilap. Serta, tingkat ketebalan kain ini seperti kain katun. Kain Lotto biasanya digunakan untuk membuat celana training dan seragam olahraga tim sepak bola.