Macam-macam Olahan Tanaman Karet

Apa sajakah hasil olahan tanaman karet? Pohon karet pada dasarnya dibudidayakan untuk diambil getah yang terkandung di dalam batangnya. Getah karet atau lateks ini diambil melalui proses penyadapan. Penyadapan dilakukan dengan membuka pembuluh lateks supaya getah/lateks yang terkandung di dalamnya dapat mengalir keluar.

Berikut ini macam-macam olahan tanaman karet.

Lateks

Lateks kebun merupakan getah yang didapatkan melalui upaya perlukaan kulit tanaman karet (Hevea brasiliensis). Getah karet tersebut banyak terdapat di batang dengan wujud berupa cairan berwarna putih dan baunya segar. Komposisi yang ada di lateks kebun meliputi partikel karet dan bahan karet. Seringkali bahan bukan karet seperti karbohidrat, protein, lemak, dan ion logam mencemari lateks kebun sehingga kerap memicu pertumbuhan bakteri.

Lump

Lump ialah gumpalan karet yang masih tertinggal di dalam mangkuk sadap atau wadah penampung yang lain. Lump ini dapat diproses dengan menggumpalkannya menggunakan asam semut atau bahan penggumpal alami lainnya. Pengerjaan proses penggumpalan ini bisa dilakukan dengan menambahkan bahan larutan penggumpal 5 persen ke dalam mangkuk sebanyak 60-80 ml/L lateks setelah pohon dideres. Apabila produksi pohon sekitar 150-350 ml, maka bahan penggumpal yang perlu ditambahkan per mangkuk berkisar antara 10-25 ml.

Gantungan Kunci karet custom

Slab

Slab yaitu gumpalan yang berasal dari lateks kebun yang sengaja digumpalkan. Slab bisa dibuat dengan atau tanpa lateks alias lump saja. Proses pembuatannya dimulai dengan mengutip dan mengumpulkan lateks kebun untuk selanjutnya digumpalkan memakai bahan penggumpal dengan dosis seperti pada pembuatan lump. Slab juga wajib dijaga kebersihannya agar kualitasnya tidak menurun akibat tercemar oleh kotoran.

Bentuk slab yang dihasilkan dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran wadah pencetaknya. Anda bisa mencetak slab menggunakan kotak aluminium, kotak kayu, atau kotak dari semen. Kalau mau menggunakan wadah pencetak dari tanah, bagian alasnya harus dilapisi dengan plastik. Kebanyakan orang membuat slab dengan ukuran 40 x 40 x 6 cm. Untuk membuat slab dengan ukuran tersebut dibutuhkan lateks karet kurang lebih sebanyak 15 liter.

Gantungan Kunci karet custom