10 Toko Belanja Online Terpercaya yang Bisa Digunakan Disaat Pandemi

February 28th, 2021

Pandemi Covid – 19 kini sedang merajai Indonesia dan juga dunia. Oleh karenanya, semua orang harus mau untuk beraktivitas di rumah saja supaya virus ini cepat mereda. Sekarang, orang-orang tidak perlu bingung lagi apabila ingin berbelanja. Karena ada banyak sekali toko belanja online yang bisa dipilih sesuai selera. Kalau mau tahu apa daftarnya, berikut adalah uraiannya. ah, Pada artikel berikut ini saya akan memberikan 10 rekomendasi situs belanja online di Indonesia yang dapat di akses secara mudah oleh masyarakat atau konsumen sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Saya juga akan mencantumkan review ke beberapa situs berdasarkan pengalaman pribadi dalam menggunakan e-commerce tersebut. 

1. Shopee

belanja online
Sumber: shopee.co.id

Situs online shop pertama yang bisa kalian coba adalah Shopee. Banyak masyarakat Indonesia yang memilih belanja online di sini, karena barang yang dijual begitu lengkap. Seperti outfit untuk anak dan dewasa, kosmetik, obat-obatan, masker, makanan, hingga elektronik. Selain itu, Shopee banyak diminati, lantaran sering sekali memberi banyak promo, diskon, cashback dan voucher. Menariknya lagi, Shopee juga menyediakan fitur Shopee Pay Later, di mana para pembeli bisa meminjam uang dari Shopee untuk membeli barang yang diperlukan. 

Pengalaman saya dalam menggunakan shopee sebagai tempat belanja online mulai dari awal perjalanan shopee yang banyak sekali diskon, promo, cashback, koin dll sampai sekarang yang bisa dibilang sangat minim promo telah saya rasakan. Mungkin memang karena semakin lama semakin banyak pengguna shopee serta yang ketergantungan dengan shopee terus meningkat alhasil shopee meminimkan promo-promo utnuk keuntungan mereka. Shopee sangat amat banyak pilihan produk dan seller yang berlimpah. Terdapat fitur shopeepaylater untuk pembayaran cicilan dan sangat mudah di approve. Banyak pilihan ekspedisi pengiriman (bisa disesuaikan dengan budget) serta pilihan pembayaran yang bermacam-macam. Saya sering membeli kosmetik dan aksesoris di shopee, proses pengiriman nya relatif cepat (jika dlm negeri) dan bisa jadi sangat lama (dari luar negeri). Jika dilihat dari sisi penjual (masa sekarang) biaya admin yang dibebankan oleh shopee kepada penjual sangat mahal kurang lebih 4% dari setiap produk yang terjual, sehingga membuat si penjual harus menaikkan harga produknya di shopee mulai dua ribu sampai berpuluh ribu tergantung harga produk yang dijual. 

2. Blanja.com

Sumber: blanja,com

Selanjutnya, ada Blanja.com yang juga menjadi favorit. Kelebihan pada situs ini adalah tersedia banyak merchant dari dalam maupun luar negeri yang bisa dipilih. Seperti hp, komputer, produk kecantikan, dan barang original lainnya. Untuk metode pembayarannya sangat mudah dan pastinya aman. Kalian dapat melakukan proses pembayaran melalui ATM, internet banking, T-Cash, Mastercard dan VISA. Blanja.com juga sudah memiliki kerjasama dengan bank lokal ternama lainnya, seperti Mandiri, BNI, BCA, BRI, BTN, Mega, BII, Niaga, ANZ, dan bank lainnya. 

Pengalaman belanja di Blanja.com sangat minim. tetapi, saya sangat puas sekali belanja di ebay.blanja.com ini karena produknya yang original, proses belanja sangat mudah, gak repot masalah pembayaran, ada perlindungan konsumen, dan lagi dapat harga spesial. 

3. Bukalapak

belanja online
Sumber: bukalapak.com

Kalian yang ingin belanja barang bekas melalui online, bisa langsung cus ke Bukalapak. Di sana terdapat banyak sekali barang bekas yang dapat dibeli. Contohnya ponsel, sepeda, bayi, perlengkapan rumah tangga, barang elektronik, dan masih banyak lagi. Tak perlu bingung untuk masalah harga, karena banyak barang yang dijual murah di sini. Kehebatan lain yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah terdapat sistem nego juga.

pengalaman saya berbelanja di situs Bukapalak adalah saya tidak pernah melakukan aktivitas di Bukalapak. Tetapi, saat saya hanya melihat – lihat bentuk penyampaian visual maupun nonvisual yang ada di Bukalapak menurut saya masih kurang mengikuti perkembangan atau tren masa sekarang. Fitur yang ada juga terbatas. Mungkin karena itu saya masih belum merasa tertarik untuk menggunakan bukalapak sebagai situs berbelanja online saya. Menurut saya bukalapak harus terus melakukan inovasi dan improvisasi agar dapat bersaing dengan shopee, tokopedia, lazada dll karena jika tidak maka bukalapak dapat dengan mudah tersingkir dari industri tersebut.

4. Lazada Indonesia

belanja online
Sumber: lazada.co.id

Sejak tahun 2010, Lazada Indonesia selalu menjadi favorit. Karena ia menawarkan fitur yang belum banyak dimiliki oleh toko online lainnya. Adalah menghadirkan fitur bayar di tempat di beberapa toko. Hal ini tentu memudahkan masyarakat yang ingin berbelanja, namun terkendala di ATM atau mobile banking. 

Hal pertama yang saya sukai dari situs Lazada adalah sistem operasionalnya. Barang cepat datang hanya sekitar 2 hari sudah sampai. Waktu itu beli dengan metode pembayaran cod, gratis ongkir di lazada bisa didapatkan dengan minimal pembelian 70-90rb, banyak juga promo tiap bulan yang telah disediakan oleh Lazada.

5. FJB Kaskus

belanja online
Sumber: fjb.kaskus.co.id

Forum Jual Beli Kaskus atau yang kerap disebut FJB Kaskus juga menjadi toko online terpercaya saat ini. Banyak anak muda yang memilih membeli barang di sana, karena kategori produk yang tersedia cukup lengkap. Untuk harganya sendiri, ada yang mahal dan juga murah, tergantung dari kualitas dari barang tersebut. Kaskus sendiri juga sudah menyediakan fitur Kaspay sebagai platform pembayaran online resmi dari Kaskus. Fitur satu ini berfungsi untuk memudahkan para pengguna FJB Kaskus untuk melakukan aktivitas belanja online. Dengan fitur ini, para pelanggan akan terhindar dari masalah penipuan. 

Saya belum pernah melakukan kegiatan jual beli di forum kaskus. Tetapi untuk tampilan utama dari situs kaskus menurut saya masih kurang. Saya melihat terdapat banyak berita dan artikel, dimana menurut saya itu kurang menarik karena dijaman sekarang, orang – orang lebih nyaman ketika melihat sesuatu yang bisa dijelaskan secara visual (foto atau video). Pengaruh atau dampak dari tampilan menu seperti itu yang saya rasakan sebagai calon konsumen baru adalah tidak mau melanjutkan pencarian produk karena sudah malas dari awal melihat tampilan situs nya. 

6. Tokopedia

belanja online
Sumber: tokopedia.com

Bagi yang suka berbelanja online, pasti sudah tidak asing dengan Tokopedia. Toko satu ini mempunyai banyak produk yang dapat dijual. Ada yang masih baru dan juga bekas dengan harga yang sudah disesuaikan. 

Tokopedia juga memiliki kelebihan lain, di mana mempunyai program untuk mendukung para pelaku UMKM dan juga perorangan untuk mengembangkan usahanya melalui online. Oleh karenanya, toko satu ini banyak disukai untuk menjual dan membeli barang. 

Pengalman saya berbelanja di Tokopedia sangat banyak. Untuk fitur yang ada di aplikasi Tokopedia selalu mengalami perkembangan yang sangat bagus, semua fiturnya tidak ada yang lemot, bagi kalangan kaum muda atau milenial yang mendapatkan kemudahan saat menggunakan aplikasi serta desain nya yang menarik (berwarna hijau) tokopedia banyak menjadi pilihan untuk berbelanja online. Tokopedia sendiri banyak memberikan cashback yang lumayan menguntungkan bagi pihak konsumen. Harga promo-promo yang ditawarkan juga menarik. Menurut saya tokopedia ini lebih banyak menyediakan produk dibidang alat/perlengkapan elektronik dan fashion. 

7. OLX Indonesia

belanja online
Sumber: olx.co.id

Apabila kalian masih ingat dengan Tokobagus, toko tersebut sebenarnya tidak menghilang. Ia telah berganti nama menjadi OLX Indonesia. Toko online ini merupakan aplikasi dan juga situs yang tak hanya mengutamakan penjualan barang, tapi juga penawaran jasa. Selain itu, toko untuk belanja online ini ternyata juga menjadi sarana untuk pencarian lowongan pekerjaan. Disebabkan ada banyak instansi yang mengiklankan lowongan kerja di e-commerce satu ini.

Untuk pengalaman berbelanja di olx saya masih belum pernah. Yang saya ketahui, Olx ini merupakan situs jual beli barang bekas yang masih layak pakai seperti alat elektronik sampai smartphone. Fitur yang membedakan olx dengan ecommerce lain adalah adanya fitur terdekat untuk mengetahui jarak terdekat antara si penjual dan pembeli jadi bisa dilakukan cod tanpa perlu memakai jasa ekspedisi. 

8. Bendostore

belanja online
Sumber: bendostore.com

Untuk yang ingin membeli produk distro yang original, bisa kunjungi website Bendostore.com. Di sini menyediakan produk distro yang merupakan hasil karya anak negeri dengan karakter kuat. Maka dari itu, banyak orang yang mengatakan bahwa barang yang dijual di situs ini sangatlah unik dan juga menarik. 

Pengalaman saya dalam berbelanja di Bendostore masih belum ada. Tetapi, melalui artikel lain yang saya baca, Bendostore menawarkan banyak produk pakaian, seperti pakaian pria, wanita, baju anak, dan juga aksesoris penunjang lainnya. Untuk brand-nya sendiri, ada 3second, G-Shop, V-Club, Dr. Vice, Gehu, Catenar, Moutley, CBR 6, Giardino, Garsel, Kent, Alhajj Merch, Durable, AMZ Jacket, FAMO, dan masih banyak lagi. 

9. Bhinneka.com  

belanja online
Sumber: bhinneka.com

Toko online yang sudah berdiri sejak tahun 1993 ini menawarkan beragam fasilitas. Selain harganya yang cukup bersaing, ada berbagai promo diskon dengan e-coupon yang dapat dicoba. Ada juga cicilan 0% dengan kartu kredit atau tanpa menggunakan kartu kredit dan bebas biaya pengiriman yang disesuaikan ketentuan berlaku. 

Pengalaman saya berbelanja di situs Bhinneka hanya sekali saja tetapi pengalaman tersebut adalah pengalaman yang mengecewakan untuk saya. Waktu itu, saya membeli memory card Lexar 256GB di website Bhinneka pada 20 Mei 2020 dengan nomor order 067129786688. Status saat itu pembayaran telah tervalidasi, dan tanggal 21 Mei saya lihat berubah menjadi pesanan sedang dilakukan pengecekan.Namun, sampai tanggal 28 Mei, status order tidak berubah, malah masih dalam pengecekan. Tanggal 29 Mei, saya sebagai customer berinisiatif sendiri untuk menanyakan status order saya ke CS Bhinneka di Instagram Bhinneka. Tanggal 29 Mei, pesan IG saya dijawab, dijelaskan bahwa barang kosong. Bhinneka mengaku sudah mengirim email penjelasan bahwa barang kosong pada 22 Mei ke email saya. Namun email tersebut tidak pernah saya terima di inbox maupun spam folder.

10. Blibli

belanja online
Sumber: blibli.com

Ingin mencari barang yang lengkap di situs online? Kalian dapat memilih Blibli.com sebagai tokonya. DI sini tersedia barang-barang seperti gadget, produk perawatan tubuh, sembako, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, ada beberapa fitur yang belum banyak dimiliki situs lainnya. Yaitu untuk membayar listrik PLN, BPJS, mencari tiket pesawat, hingga booking hotel.  

Untuk tampilan home situs blibli.com dengan warna biru muda menurut saya cukup menarik, fitur yang dimiliki juga cukup lengkap mulai dari bliblimart, homeliving dll. Sedangkan untuk pengalaman belanja di blibli.com saya masih belum ada karena produk makeup yang ada di blibli masih sedikit jika dibanding dengan shopee dll sehingga saya lebih memilih untuk berbelanja di situs selain blibli.com.