Kenali 5 Perbedaan Lantai Parket dan Vinyl Ini Sebelum Memasangnya

Kenali 5 Perbedaan Lantai Parket dan Vinyl Ini Sebelum Memasangnya

Bagi kamu yang lagi membangun rumah, pasti sebelumnya kamu sudah merencanakan banyak hal yang berkaitan dengan desain dan dekorasinya, kan? Tentu saja perencanaan itu sangat penting. Kamu harus memikirkan banyak hal terlebih dulu, mulai dari desain rumah, dekorasi ruangan, sampai ke pemilihan lantai. Bicara mengenai pemilihan lantai, akhir-akhir ini lantai Parket laminate kayu menjadi pilihan banyak orang untuk rumah mereka. Selain terlihat elegan, lantai parket juga memberikan kesan yang natural dan nyaman sehingga penghuninya akan merasa betah di rumah. Tidak hanya itu, lantai parket juga memiliki kemiripan dengan lantai vinyl. Tapi sebenarnya, apa beda keduanya?

Perbedaan Lantai Parket dan Lantai Vinyl

Perbedaan Lantai Parket dan Lantai Vinyl

Sekilas mungkin orang tidak akan bisa membedakan antara lantai parket dan lantai vinyl. Keduanya memang  terlihat mirip, tapi sebenarnya ada banyak perbedaan antara keduanya. Adapun perbedaannya, yaitu:

1. Material

Tidak hanya motifnya yang terlihat seperti kayu, materi dari Parket sendiri memang berasal dari bahan kayu asli. Berbeda dengan Vinyl yang berbahan dasar Polyvinyl Chloride (PVC). Vinyl memiliki beberapa layer, yang di antaranya adalah Glass Fiber, Compact Layer, Printing Layer, dan UV Coated Wear Layer.

2. Motif

Motif dari lantai Parket hanya terbatas karena disesuaikan dengan jenis kayu yang digunakan. Sedangkan motif Vinyl sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan keinginan.

3. Harga di Pasaran

Tentu karena berbahan dasar dari kayu asli, Parket memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Vinyl. Vinyl banyak diminati karena harganya yang relatif lebih murah. Bila budget Anda tidak cukup untuk memasang Parket, Vinyl bisa menjadi alternatifnya.

4. Perawatan

Perawatan lantai Parket tidak boleh sembarangan karena materialnya cukup rentan keropos jika terkena air. Berbeda dengan lantai Vinyl yang tidak membutuhkan perlakuan khusus. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan lantai Parket laminate kayu untuk meminimalisir risiko Parket mengalami keropos.

5. Daya Tahan

Lantai Parket tidak boleh dipasang di tempat dengan kondisi yang ekstrim karena rentan sekali menyusut. Parket lebih cocok digunakan di bagian dalam ruangan. Berbeda dengan Vinyl yang tahan dengan berbagai kondisi sehingga cocok saja jika dipasang di bagian luar rumah.

Nah itu dia 5 perbedaan dari lantai Parket dan Vinyl. Cermat-cermatlah dalam menentukan pilihan karena keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Sesuaikan jenis lantai dengan kebutuhan dan dekorasi rumah yang kamu inginkan supaya tetap awet dan tahan lama. Kamu juga bisa menggunakan lantai Parket laminate kayu karena bisa meminimalisir kerusakan pada lantai Parket serta bisa tahan lama.

Posted in INTERIOR by Oktaria Putri at February 28th, 2020.