Profil Mohammad Hatta Singkat

Mohammad Hatta atau lebih diketahui dengan Bung Hatta adalah salah satunya pahlawan nasional Indonesia yang bertindak dalam proses kemerdekaan Indonesia. Mohammad Hatta pun dijuluki menjadi bapak koperasi Indonesia sebab beliau adalah pakar dalam bagian ekonomi terutamanya bagian perkoperasian.

Mohammad Hatta mempunyai kepribadian yang simpel serta dekat dengan rakyat kecil, bahkan juga dalam wasiatnya sesudah wafat disemayamkan dalam tempat pemakaman umum, perihal ini agar bisa masih dekat dengan rakyat kecil. Dalam keterangan di bawah ini akan diberikan Biografi Mohammad Hatta dengan singkat dalam proses menghantarkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Nama asli Mohammad Hatta ialah Muhammad Athar. Beliau adalah pahlawan nasional, salah satunya tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Sesudah kemerdekaan Indonesia, beliau menjabat menjadi wakil Presiden Republik Indonesia untuk yang pertama-tama mengikuti Ir Soekarno. Mohammad Hatta mengakhiri pendidikannya di Belanda persisnya di Handels Hogere School (STE sekolah tinggi ekonomi) di Belanda, kota Rotterdam pada tahun 1932.

Di negeri gorden bambu, Mohammad Hatta jadi ketua organisasi PI (perhimpunan indonesia), ini adalah organisasi beberapa pelajar Indonesia yang berada di Belanda. Dibentuknya organisasi PI mempunyai tujuan untuk sampai kemerdekaan Indonesia. Sesudah lulus dari sekolah tinggi itu, dia lalu kembali pada Indonesia. Peranan besar Mohammad Hatta dalam bagian ekonomi saat itu, membuat beliau populer dengan julukan Bapak Koperasi Indonesia.

Pas pada tahun 1932 Bung Hatta (julukan Mohammad Hatta) kembali pada Indonesia dan bangun PNI baru dengan menggandeng Sutan Syahrir. Karena ikut serta dalam pekerjaan politik itu, 3 tahun lalu Bung Hatta dibuang ke Digul, Sukabumi serta Banda Naira.

Setelah Belanda kalah dari Jepang, beliau dibebaskan pada saat itu. Peranannya yang lumayan besar dalam proses Kemerdekaan Indonesia, lalu pada akhirnya pada tanggal 18 Agustus 1945 Mohammad Hatta dilantik jadi Wakil Presiden Indonesia.

Mohammad Hatta mengikuti Ir Soekarno menjadi Presiden, tapi setelah itu dia mengundurkan diri pada tanggal 1 Desember 1956. Bung Hatta atau Mohammad Hatta adalah penggagas politik luar negeri bebas aktif (tidak berpihak blok barat serta timur). Beliau meninggal dunia pada tanggal 14 Maret 1980 serta disemayamkan di TPU tanah kusir, Jakarta, sama dengan wasiat yang ditulisnya.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Hatta