Profil Jenderal Ahmad Yani

Jenderal TNI Ahmad Yani atau diketahui dengan nama Achmad Yani adalah salah satunya pahlawan Revolusi Indonesia (titel yang dikasihkan pada beberapa perwira militer yang gugur dalam momen Pergerakan 30 September 1965). Beliau sempat menjabat menjadi Menteri/Panglima Angkatan ke 6 periode 23 Juni 1962 sampai 1 Oktober 1965.

Pada saat ini kami akan mengulas profile singkat biografi Jenderal Ahmad Yani serta riwayat perjuangannya dalam proses kemerdekaan Indonesia.

Jenderal Ahmad Yani adalah pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah pada tanggal 19 Juni 1922. Dia datang dari keluarga simpel yang kerja di pabrik gula punya pemerintah Hindia Belanda. Sebelumnya dia bersama dengan keluarga tinggal di Purworejo, akan tetapi pada tahun 1927 belau geser bersama dengan keluarganya yang lalu kerja di General Belanda.

Ahmad Yani wafat pada umur 43 tahun di Lubang Buaya, Jakarta, sesudah di culik dari tempat tinggalnya waktu momen Pergerakan 30 September. Di bawah ini bahasan tentang biografi Jenderal Ahmad Yani dengan singkat. Baca sedetailnya.

Biografi Jenderal Ahmad Yani waktu di Batavia, Ahmad Yani pilih pendidikannya di sekolah/pendidikan basic serta menengah. Lalu pada tahun 1940 beliau tinggalkan sekolah tinggi untuk melakukan harus militer tentara Hindia Belanda. Awal pendidikan militer, dia belajar topografi di daerah Malang, Jawa timur. Akan tetapi dengan kehadiran pasukan Jepang 2 tahun lalu, pendidikannya jadi terganggu.

Waktu tentara Jepang menempati Indonesia, Ahmad Yani bersama dengan keluarganya pada akhirnya akan memutuskan untuk geser kembali pada kampung halamannya di Jawa Tengah. Pas pada tahun 1943, Ahmad Yani masuk dengan tentara bentukan Jepang, yaitu Pembela Tanah Air (PETA). Dia melakukan kursus militer yang di sponsori oleh pihak Jepang itu di kota Magelang.

Proses pendidikan Ahmad Yani dapat disebut cukuplah cemerlang. Sebelumnya dia minta untuk dilatih menjadi komando pleton PETA yang lalu membuat dipindahkan ke daerah Bogor untuk terima kursus. Sesudah tuntas, dia lalu kembali di kirim ke kota Magelang jadi pelatih.

Biografi Jenderal Ahmad Yani di bagian karier militer. Sesudah Indonesia merdeka, Ahmad Yani akan memutuskan untuk masuk dengan tentara republik yang waktu itu tengah berusaha menantang Belanda yang masih tetap ngotot untuk hadir kembali pada lokasi NKRI. Beberapa waktu sesudah kemerdekaan, Ahmad Yani membuat batalion.

Dia jadi komando dalam pertarungan menantang Inggris di kota Magelang. Perlawanan tentara Indonesia lalu sukses dimenangkan oleh pasukan yang dikomandoi oleh Ahmad Yani.

Perubahan setelah itu, sesudah Belanda mengaku kemerdekaan Indonesia, Ahmad Yani dipindahkan pekerjaannya ke daerah Tegal, Jawa Tengah. Di lokasi ini, Ahmad Yani membuat pasukan spesial yang dinamakan “The Banteng Raiders”, maksudnya adalah untuk menantang grup pemberontak Darul Islam. Saat 3 tahun, dia bersama dengan pasukannya sukses menaklukkan pasukan Darul Islam di Jawa Tengah.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Yani