Profil Ir Soekarno Secara Singkat

Ir Soekarno adalah tokoh besar Indonesia yang namanya demikian familiar serta populer di penduduk nasional ataupun arena internasional. Peranan serta jasa-jasa beliaulah yang membuat namanya sampai sekarang masih tetap dikenang. Ir Soekarno adalah tokoh proklamator kemerdekaan negara Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Waktu itu, Ir Soekarno pun menjabat menjadi presiden pertama Indonesia.

Bung Karno adalah nama julukan atau panggilan dari sang proklamator kemerdekaan Indonesia ini. Ir Soekarno diketahui dengan pidatonya yang menggelegar pada penduduk waktu berorasi dimuka publik. Sewaktu hidup, beliau dekat dengan rakyat kecil hingga muncul pun julukan menjadi penyambung lidah rakyat. Dalam keterangan kesempatan ini, kita akan mengulas dengan komplet tentang Biografi Ir Soekarno yang disebut Presiden pertama Indonesia.

Tanggal 6 Juni 1901 adalah hari lahir Presiden Soekarno. Beliau lahir di kota pahlawan, yakni Surabaya. Nama komplet beliau waktu lahir ialah Koesno Sosrodihadjo. Akan tetapi sebab seringkali alami sakit-sakitan waktu kecil, hingga namanya ditukar jadi Soekarno.

Soekarno atau dibaca “Sukarno” lahir dari keluarga kelompok bangsawan. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, sesaat ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Ke-2 orang tuanya berjumpa di daerah Bali. Pertemuan ke-2 orangtua waktu ayahnya jadi guru di Bali, sesaat ibunya adalah bangsawan asli Bali.

Dari pasangan ini, lahirlah Soekarno. Dia pun mempunyai saudara kandung yaitu bernama Sukarmini.

Pendidikan Soekarno

Biografi presiden Soekarno terkait dengan pendidikan dimulai dari Sekolah Basic Bumi Poetra. Sesudah lulus, dia lalu meneruskan pendidikan di HSB Hoogere Burger School. Lalu titel insinyur didapatkan dari Technische Hoogeschool atau saat ini ITB (Institut Tehnologi Bandung).

9 Istri Presiden Soekarno

Sewaktu hidup beliau mempunyai 9 istri, beberapa nama istrinya mencakup : Siti Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar. Ir Soekarno meninggal dunia di Jakarta pada tanggal 20 Juni 1970, lalu disemayamkan di Kota Blitar, Jawa Timur.

Anak-Anak Soekarno dari 9 Istri

Putra : Totok Suryawan, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarno Putra, Guntur Soekarnoputra, Guruh Soekarnoputra.
Putri : Rukmini Soekarno, Ayu Gembirowati, Sukmawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Kartika Sari Dewi Soekarno, Megawati Soekarnoputri.

Penghargaan-Penghargaan Ir Soekarno

Di bawah ini rincian penghargaan yang sempat dicapai oleh Ir Soekarno sewaktu hidup ataupun sesudah kematiannya, diantaranya :

  1. The Order Of The Supreme Companions of OR Tambo, Presiden Afrika Selatan tahun 2005
  2. Dokter Honoris Causa dari 26 Kampus
  3. Penghargaan Perdamaian Lenin tahun 1960
  4. Bintang kehormatan Filipina tahun 1965

Biografi presiden Soekarno sewaktu kecil. Sukarno kecil tinggal dengan orang tuanya yang berada di Blitar. Soekarno tinggal dengan kakeknya di Jawa Timur yang bernama R. Hardjokromo. Kehidupan soekarno berpindah-pindah dari beberapa daerah, sesudah tamat sekolah di HBS (Hoger Burger School) di Surabaya.

Lalu dia tinggal di rumah H.O.S. Tjokroaminoto yang disebut teman dekat bapak soekarno. Tjokroaminoto adalah pendiri dari Sarekat Islam (SI). Di rumah ini, Ir Soekarno lalu berteman dengan pemimpin-pemimpin SI yakni seperti H. Agus Salim.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno