Profil Provinsi Jawa Timur

Jawa Timur diketahui menjadi pusat Lokasi Timur Indonesia, serta mempunyai signifikansi perekonomian yang cukuplah tinggi, yaitu berperan 14,85% pada Produk Domestik Bruto nasional.

Kondisi Geografi

Propinsi Jawa Timur bersebelahan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur. Samudera Hindia di selatan, dan Propinsi Jawa Tengah di barat Panjang bentangan barat-timur seputar 400 km, Lebar bentangan utara-selatan dibagian barat seputar 200 km, akan tetapi dibagian timur lebih sempit sampai seputar 60 km.

Madura ialah pulau paling besar di Jawa Timur, dipisahkan dengan daratan Jawa oleh Selat Madura. Pulau Bawean ada seputar 150 km samping utara Jawa. Di samping timur Madura ada gugusan pulau-pulau, yang sangat timur ialah Kepulauan Kangean, serta yang sangat utara ialah Kepulauan Masalembu. Dibagian selatan ada dua pulau kecil yaitu Nusa Barung, serta Pulau Sempu.

Prasejarah

Jawa Timur sudah ditempati manusia semenjak jaman prasejarah. Perihal ini bisa dibuktikan dengan ditemukannya sisa-sisa dari fosil Pithecanthropus Mojokertensis di Kepuhlagen, Mojokerto; Pithecanthropus erectus di Trinil, Ngawi; serta Homo Wajakensis di Wajak, Tulungagung.

Prasasti Dinoyo yang diketemukan di dekat Kota Malang ialah sumber tercatat paling tua di Jawa Timur, yaitu bertahun 760. Pada tahun 929, Mpu Sindok mengalihkan pusat Kerajaan Mataram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur, dan membangun Wangsa Isyana yang nantinya berkembang jadi Kerajaan Medang, serta menjadi suksesornya ialah Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Janggala, serta Kerajaan Kadiri.

Pada saat Kerajaan Singhasari, Raja Kertanagara lakukan ekspansi sampai ke Melayu. Pada masa Kerajaan Majapahit dibawah Raja Hayam Wuruk, wilayahnya sampai sampai Malaka, serta Kepulauan Filipina.

Bukti awal masuknya Islam ke Jawa Timur ialah terdapatnya makam nisan di Gresik bertahun 1102, dan beberapa makam Islam pada kompleks makam Majapahit.

Iklim Jawa Timur

Jawa Timur mempunyai iklim tropis basah. Dibanding dengan lokasi Pulau Jawa sisi barat, Jawa Timur biasanya mempunyai curah hujan yang lebih dikit. Curah hujan rata-rata 1.900 mm per tahun, dengan musim hujan saat 100 hari. Suhu rata-rata sekitar pada 21-34 °C.

Suhu di daerah pegunungan lebih rendah, serta bahkan juga di daerah Ranu Pani (lereng Gunung Semeru), suhu dapat sampai minus 4 °C, yang mengakibatkan turunnya salju lembut.

Jumlah Penduduk

Jumlahnya masyarakat Jawa Timur pada tahun 2017 ialah 42.030.633 jiwa, dengan kepadatan 884 jiwa/km2. Kabupaten dengan jumlahnya masyarakat paling banyak di propinsi Jawa Timur ialah Kabupaten Malang dengan jumlahnya masyarakat 3.046.218 jiwa, tengah kota dengan jumlahnya masyarakat paling banyak ialah Kota Surabaya sekitar 3.195.487 jiwa. Laju perkembangan masyarakat ialah 0,76% per tahun (2010).

Suku Bangsa

Sebagian besar masyarakat Jawa Timur ialah Suku Jawa, akan tetapi, etnisitas di Jawa Timur lebih heterogen. Suku Jawa menebar hampir di semua lokasi Jawa Timur daratan. Suku Madura menempati di Pulau Madura, serta daerah Tapal Kuda (Jawa Timur sisi timur), terpenting di daerah pesisir utara, serta selatan. Di beberapa lokasi Tapal Kuda, Suku Madura bahkan juga adalah sebagian besar. Hampir di semua kota di Jawa Timur ada minoritas Suku Madura, biasanya mereka kerja di bidang informal.

Suku Bawean menempati Pulau Bawean dibagian utara Kabupaten Gresik. Suku Tengger, konon ialah keturunan pelarian Kerajaan Majapahit, menyebar di Pegunungan Tengger, serta sekelilingnya. Suku Osing tinggal di beberapa lokasi Kabupaten Banyuwangi. Orang Samin tinggal di beberapa pedalaman Kabupaten Bojonegoro.

Tidak hanya masyarakat asli, Jawa Timur pun adalah rumah buat beberapa pendatang. Orang Tionghoa ialah minoritas yang cukuplah berarti, serta sebagian besar di sejumlah tempat, dibarengi dengan Arab serta India; mereka biasanya tinggal di daerah perkotaan. Suku Bali pun tinggal di beberapa desa di Kabupaten Banyuwangi. Saat ini banyak ekspatriat tinggal di Jawa Timur, terpenting di Surabaya, serta beberapa lokasi industri yang lain.

Sumber Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Jawa_Timur
  2. https://www.peta-hd.com