Profil Singkat Negara Malaysia

Nama Resmi : Malaysia
Ibu kota : Kuala Lumpur
Bentuk Negara : Federasi Kerajaan
Kepala Negara : Yang Dipertoan-Agong
Kepala Pemerintahan : Pertama Menteri

Malaysia adalah negara kerajaan yang di pimpin oleh seseorang raja. Raja Malaysia bergelar Yang Dipertoan-Agong. Raja diambil dari satu diantara raja-raja negara sisi. Raja Malaysia bertindak selaku kepala negara. Mengenai kepala
pemerintahannya ialah perdana mentri.

a. Letak dan luas Malaysia

Malaysia terdiri jadi 2 daerah, yakni Malaysia sisi barat danMalaysia sisi timur. Malaysia sisi barat terdapat di Semenanjung Malaka, sedang Malaysia sisi timur terdapat dibagian utara Pulau Kalimantan. Ke-2 daerah itu dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Dengan astronomis, Malaysia terdapat pada 1oLU – 7oLU serta 100oBT – 119oBT. Mengenai batas-batas daerah Malaysia yakni:

1) Samping utara: Thailand serta Laut Cina Selatan.
2) Samping timur: Laut Sulu.
3) Samping selatan: Pulau Kalimantan.
4) Samping barat: Selat Malaka.

Luas daerah Malaysia sampai 329.758 km2. Luas daerah itu terdiri jadi 13 negara sisi. Dibagian barat terdiri jadi 11 negara sisi, terbagi dalam Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, serta Trengganu. Sisi timur terbagi dalam 2 negara sisi, yakni Sabah serta Serawak. https://sejarahid.hatenablog.com/entry/2019/05/20/014453

b. Kondisi alam Malaysia

Wilayah tengah Malaysia sisi barat berbentuk pegunungan. Puncaktertinggi dari pegunungan itu ialah Gunung Tahan. Dibagian selatan berbentuk dataran rendah yang kering. Di samping timur ada lokasi rimba yang tidaklah terlalu luas. Mengenai di samping barat berbentuk tempat yang subur.

Kenampakan alam Malaysia sisi timur terdiri atas wilayah rawa pesisir pantai, wilayah perbukitan, serta lembah berhutan lebat. Wilayah pedalaman berbentuk pegunungan. Pucuk paling tinggi di wilayah ini ialah Gunung Kinabalu. Malaysia mempunyai iklim tropis. Di Malaysia sisi barat, musim penghujan berjalan dari bulan September sampai Desember.

Mengenai dibagian timur musim penghujan berjalan dari bulan Oktober sampai Februari. Akibatnya karena iklim tropis, Malaysia mempunyai keragaman resapi. Ada seputar 8.000 tumbuhan berbunga. Di Malaysia sisi timur jadi habitat populasi paling besar burung di dunia. sisi Serawak ada rimba hujan tropis paling besar serta paling tua di Gunung Kinabalu. https://hakvoc.hatenablog.com/entry/2019/05/20/020818

c. Kondisi masyarakat Malaysia

Malaysia berpenduduk seputar 23.275.000 jiwa. Sejumlah besar masyarakat ialah bangsa Melayu, bekasnya ialah keturunan Cina, India, serta Eropa. Masyarakat asli Malaysia bisa didapati di Malaysia sisi timur. Masyarakat asli Malaysia terbagi dalam suku Iban, Bidayuh, serta Kadaza. Agama yang diyakini sejumlah besar masyarakat Malaysia ialah Islam. Agama itu sekaligus juga jadi agama sah. Bahasa nasional yang dipakai ialah bahasa Melayu.

Pekerjaan ekonomi penting masyarakat Malaysia ialah pertanian. Hasil pertaniannya diantaranya padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, serta karet. Karet jadi komoditas export jagoan Malaysia. Pekerjaan ekonomi lain yang dikerjakan masyarakat Malaysia ialah industri, pertambangan, serta kehutanan. Hasil tambang Malaysia diantaranya gas alam, bijih besi, timah, bauksit, tembaga, serta emas. Malaysia adalah negara penghasil timah paling besar di dunia.

Sumber Referensi lain:
https://sejarahid.hatenablog.com/entry/2019/05/20/015133
https://hakvoc.hatenablog.com/entry/2019/05/20/015922
https://tujuanbelanda.hatenablog.com/entry/2019/05/20/022121
https://tujuanbelanda.hatenablog.com/entry/2019/05/20/022919

5 Langkah Mudah Cari Rumah Disewakan di Bandung

5 Langkah Mudah Cari Rumah Disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Mencari kontrakan sebagai tempat tinggal sementara memang gampang-gampang susah. Meski sifatnya yang temporer membuat anda tidak perlu berpikir terlalu jauh ke depan, tetap tidak bisa sembarangan dalam mencarinya.

Apalagi di kota besar seperti Bandung yang menyediakan berbagai macam hunian. Memang, dengan banyaknya rumah disewakan di Bandung, anda dapat lebih leluasa untuk memilih mana tempat tinggal yang cocok untuk anda.

Namun itu juga berarti anda harus lebih selektif dan hati-hati dalam menentukan pilihan. Nah, sebagai panduan, ada 5 langkah mudah yang bisa anda lakukan ketika mencari rumah disewakan di Bandung. Apa saja kah itu?

#1 Tetapkan budget untuk mencari rumah disewakan di Bandung

Tetapkan budget untuk mencari rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum benar-benar mencari rumah disewakan di Bandung adalah menetapkan budget anda sendiri. Hal ini dikarenakan rumah disewakan di Bandung memiliki variasi harga dengan rentang yang cukup lebar.

Sehingga dengan mengetahui berapa budget yang anda siapkan, akan lebih mudah bagi anda untuk menyortir rumah mana saja yang kira-kira bisa anda sewa nantinya.

Tidak bisa dipungkiri, masalah finansial adalah masalah yang paling krusial dalam mencari rumah kontrakan. Tentu alternatif menyewa rumah pun awalnya juga muncul dari keterbatasan finansial untuk membeli hunian tapak.

Jadi, daripada menghabiskan waktu untuk mencari rumah kontrakan yang ternyata harga sewanya tidak sanggup anda bayar, lebih baik anda tetapkan dulu berapa budget anda untuk sewa rumah ini. Dan mulai mencari rumah disewakan di Bandung yang memang harganya masuk kedalam jangkauan anda.

#2 Cari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti

Cari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti

(foto: Pixabay)

Setelah anda menetapkan budget untuk kontrak rumah disewakan di Bandung, langkah paling mudah berikutnya adalah mulai mencari rumah yang anda inginkan lewat situs properti seperti www.99.co/id.

Mencari rumah disewakan di Bandung memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan, anda bisa menggunakan jasa broker properti bila tidak mau repot mencari sendiri. Namun, tentu saja itu berarti anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasanya.

Mencari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti lalu menjadi alternatif paling menggiurkan untuk anda yang ingin hemat juga tidak ingin repot. Bagaimana tidak? Dengan memanfaatkan situs properti, anda bisa melakukan pencarian rumah idaman dengan mudah dan tanpa dipungut biaya.

Meski kontrakan ini hanya bersifat sementara, tentunya anda tidak bisa sembarangan dalam mencarinya. Karena bagaimana pun, anda akan tinggal di dalam rumah kontrakan tersebut dan hidup di lingkungannya.

Beruntungnya, mencari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti memberi anda kesempatan untuk memilah-milah sekian banyak rumah tanpa harus bangkit dari kursi anda. Dalam listing rumahnya, atau sederhananya disebut iklan, anda sudah bisa mendapatkan gambaran mengenai rumah yang disewakan.

Mulai dari foto bagian luar dan dalam rumah, spesifikasi rumah, deskripsi mengenai lokasi dan aksesbilitas, simulasi pembayaran rumah, hingga tentu saja kontak pemilik rumah. Anda bisa langsung mendapatkan semua informasi mengenai rumah itu dengan satu kali klik saja di computer jinjing anda.

Belum lagi, karena hal paling krusial ketika anda mencari rumah kontrakan adalah mengenai budget, anda bisa menyortir iklan-iklan yang muncul berdasarkan harga sewanya baik itu bulanan atau tahunan. Selain tentu saja sistem penyortiran menggunakan lokasi yang membuat anda dapat mencari rumahnya di lokasi yang anda inginkan.

Pastikan anda membuat daftar rumah mana saja yang menurut anda patut ditelusuri lebih lanjut. Sehingga di langkah berikutnya anda akan lebih mudah dalam memilih rumah mana yang paling cocok untuk jadi tempat tinggal sementara anda.

#3 Survey langsung rumah disewakan di Bandung

Survey langsung rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Setelah anda mengantongi daftar rumah disewakan di Bandung yang anda anggap menarik, langkah selanjutnya adalah melakukan survey. Perlu diketahui, mencari rumah disewakan di Bandung lewat situs properti bukan berarti anda tidak perlu datang ke lokasi langsung untuk melihat rumahnya.

Situs properti adalah gerbang awal yang memudahkan anda mencari rumah kontrakan, setelah anda menemukan kandidat-kandidatnya, anda tetap perlu melakukan survey langsung ke rumah-rumah tersebut.

Melakukan survey terhadap rumah yang nantinya akan anda tempati penting sekali untuk menghindari penyesalan di kemudian hari. Meski anda sudah mendapat banyak informasi mengenai rumah tersebut dari iklan di situs properti, kadang anda akan menemukan beberapa hal yang berbeda ketika terjun langsung untuk melihat rumahnya.

Sambil melihat-lihat tampilan luar maupun dalam rumah yang hendak disewa, anda juga dituntut untuk memeriksa bangunan dan konstruksinya. Jangan sampai ketika nanti anda sudah resmi menempati rumah disewakan di Bandung ini anda menemukan dinding retak, atap bocor, jendela rusak, atau saluran air yang mampet.

Selain untuk menghindari penyesalan di kemudian hari, anda juga bisa segera meminta perbaikan ke pemilik rumah jika anda menemukan kekurangan-kekurangan rumah. Anda pun tak disalahkan atas kerusakan yang sudah ada sebelum anda menghuni rumah tersebut.

Anda juga dapat protes apabila anda menemukan hal yang tidak sesuai atau kontradiktif dengan iklan yang terpasang di situs properti tadi.

#4 Pertimbangkan lokasi dan aksesbilitas rumah disewakan di Bandung

Pertimbangkan lokasi dan aksesbilitas rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Setelah anda melakukan survey dan melihat kondisi rumah yang sebenarnya, tiba saatnya untuk anda pertimbangkan lokasi dan aksesbilitas rumah tersebut. Lokasi ini penting sekali terlebih untuk anda yang setiap hari harus bekerja dan menuju lokasi lain.

Jangan sampai, masalah lokasi dan aksesbilitas ini menghambat anda dalam melakukan rutinitas tersebut. Jangan sampai juga masalah ini menimbulkan masalah baru seperti biaya transportasi yang semakin membesar sehingga mempengaruhi alokasi keuangan bulanan anda.

Meski tidak seberapa nilainya, biaya transportasi ini akan dikeluarkan setiap hari dan jika diakumulasikan, bisa mencapai hingga ratusan ribu rupiah atau bahkan jutaan.

Lebih besarnya pengeluaran dan kebutuhan untuk transportasi bisa membuat anda kehabisan uang di pertengahan bulan. Bagaimana bisa menabung untuk kebutuhan masa depan jika uang anda habis untuk transportasi saja?

Pertimbangkan juga lokasi rumah disewakan di Bandung tersebut dari segi keamanan dan kenyamanannya. Aksesbilitas yang mudah juga tidak disarankan jika ternyata lokasi tersebut tidak aman atau terkenal dengan tingkat kriminalitasnya.

Dan yang terakhir, tak kalah penting, pastikan terdapat sarana umum memadai di sekitar lokasi rumah disewakan di Bandung tersebut. Sehingga anda tidak perlu kebingunan atau jauh-jauh mencari sarana umum ketika anda membutuhkannya, apalagi ketika keadaan darurat.

#5 Buat kesepakatan dengan pemilik rumah disewakan di Bandung

Buat kesepakatan dengan pemilik rumah disewakan di Bandung

(foto: Pixabay)

Kesepakatan yang anda buat dengan pemilik rumah disewakan di Bandung dapat berupa kesepakatan lisan ataupun tulisan. Untuk berjaga-jaga, anda disarankan untuk membuat kesepakatan tertulis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sebagai penyewa, anda memiliki hak-hak dasar yang diatur dalam UU Hukum Perdata. Yang pertama, anda berhak menerima unit sewa tersebut sesuai dengan kesepakatan. Yang kedua, anda berhak mendapatkan kenyamanan, ketentraman, dan keamanan selama menempati unit sewa tersebut.

Jadi, pastikan dalam kesepakatan yang anda buat itu, dua hak dasar anda terpenuhi. Sehingga tidak akan mungkin terjadi hal-hal buruk seperti anda harus segera angkat kaki karena unit rumah sudah dijual pemilik ke pihak lain. Atau apabila anda tiba-tiba harus membayar uang sewa lebih besar dari perjanjian yang sudah disepakati.

Itu dia 5 langkah mudah untuk anda yang mencari rumah disewakan di Bandung. Saat ini, memang cukup rumah sementara. Sampai suatu saat nanti anda temukan rumah selamanya versi anda. Semoga sukses!

Pemulihan Kekuasaan Belanda di Asia Tenggara

Pada abad ke- 19 merupakan kurun terpenting di Asia Tenggara, seluruh negara kecuali thai, tertakluk kepada kuasa barat. Bangsa eropa yang semula hanya membeli rempah-rempah kini mereka mengimport bahan-bahan mentah seperti getah dll. Agama kristen pun mulai berkembang di Asia tenggara. Disamping itu eropa berpendapat bahwa bangsa asia akan maju jika mengikuti jejak mereka.

Hal ini menimbulkan pihak barat seperti belanda, Perancis , Inggris dan Amerika berebut menjajah Asia Tenggara. Seperti yang kita ketahui akhir tahun 1799 belanda mengambil alih kepentingan VOC. Pada tahun 1795 inggris menduduki malaka dan padang dan setahun kemudian mereka menduduki Ambon dan Banda , serta pada tahun 1799 menduduki ternate.

Bagaimanapun negeri-negeri itu pun dipulangkan ke Belanda pada tahun 1802 setelah permusuhan dengan perancis selesai. Pada tahun 1808 daendels enggan menyerahkan jawa ke Inggris. Inggris membalas dengan memperhentikan perniagaan dengan negeri jawa, hal ini menyebabkan jawa kekurangan wang, untuk mengatasi itu daendels menjual tanah kerajaan kepada orang cina dan memaksa menjual beras dengan harga mahal.

Cara itu ditentang oleh pihak belanda sendiri. Namun pemerintahannya ada baiknya, pada hakikatnya ia memperbaiki keadaan yang sudah lapuk, dan kurang menyenangkan. Pada bulan april, 1811 daendels digantikan oleh janssens. Ketika itu lord minto sedang merancang hendak merampas jawa dari belanda.

Pemerintahan Raffles (1811-16) memberi peluang kepadanya mempraktikan dasar liberal. Istilah itu tercipta saat revolusi perancis tahun1789. Dasar liberal tidak hanya terbatas pada politik saja namun pada kaum petani juga. Dalam peringkat ini VOC sangat dirugikan. Van hogendorp mengesyonkan agar sistem itu dihapuskan dan diganti dengan memulakan sistem bebas untuk rakyat mengusahakan tanah sendiri . hak-hak dilindungi, dan kerajaan menetapkan sistem pungutan cukai.

Stamford Raffles sangat terpengaruh dengan doktrin liberalisme , ia bercit-cita hendak mempraktikan lebih dari yang disyorkan oleh hogendrop. Dasar yang diamalkan Raflles pada hakikatnya ialah pemerintahan secara langsung. Tanah punya kerajaan dan rakyat yang mengusahakannya dikenai cukai. Dasar ini menguntungkan rakyat, karena mereka terlepas dari belenggu feodalisme.

Secara tidak langsung Raflles dapat menyebarkan kemajuan di Asia Tenggara. Minatnya terhadap kesentosaan orang jawa mendorong ia menulis “sejarah tanah jawa” dalam tahun 1817. Kejatuhan pemerintahan perancis mendorong Inggris menandatangi penjanjian london pada bulan ogos 1814. Dalam perjanjian itu inggris berjanji akan menolong Belanda mengembalikan kuasa’a ditimur.

Perjanjian inggris Belanda 1824

Perjanjian ini memang sudah lama dirasakan perlu oleh kedua pihak, mengingat bebrapa perkara di Eropa dan juga ditimur pada masa itu. Hubungan buruk diantara kedua pihak pun meruncing disebabkan inisiati Raflles membuka singapura dalam tahun 1819.

Belanda merasa perdagangan di Riau akan terancam kemakmurannya, namun Inggris enggan menerima bantahan itu, karena Inggris memerlukan pelabuhan yang terletak di Gugusan pulau melayu. Dalam waktu 6tahun singapura sudaah berjaya. Inggris enggan menyerahkannya kepada belanda, mereka sama-sama tidak menginginkan perang, akhirnya lahirlah perjanjian inggris-belanda di tahun 1824.

Pada tahun 1828 belanda terpaksa menjadikan Riau pelabuhan bebas untuk manandingi perniagaan inggris di Singapura.walaupun belanda masih punya hak monopoli rempah tetapi kurang menguntungkan. Belanda berniat menerapkan dasar ekonomi liberal diJawa.

Pada tahun 1818 Belanda membenarkan badan badan perniagaan yang dipunyai oleh orang barat. Awalnya memang sukar untuk dilancarkan tetapi setelah tahun 1816 berjalan baik. Cukai langsung yang yang menguntungkan kerajaan membuat rakyat menjadi malas bekerja.

Untuk membayar cukai mereka pinjam kepada orang cina dan arab. Keadaan kerajaan pun mengalami kekurangan wang, karena hasil kopi yang merupakan sumber utama kini tiada lagi harganya selepas tahun 1823. Menjelang tahun 1825 keadaan kekurangan wang sangat menyulitkan Belanda.

Pengaruh China di Asia Tenggara (Sejarah)

Sejarah Asia Tengara dimulai pada permulaan zaman Paleolitikum. Budaya Asia Tenggara terjadi dari hasil perpaduan kebudayaan bangsa Asia Tenggara yang ada di sekelilingnya. Pada Zaman Dongso, Cina di bawah dinasti Ch’in (tahun 221 SM) memperlus daerahnya ke seluruh pantai selatan Cina. Pada waktu itu juga kekuasaan Ch’in sampai ke Vietnam. Sepeninggal kaisar Shin Huang Ti tahun 210 SM, kekuasaan dinasti Ch’in atas Vietnam berakhir.

Kehancuran dinasti Ch’in diikuti oleh suatu zaman hura-hura. Suakti Cina di bawah dinasti Han dengan ibukota di Ch’angan (sian) terletak d itepi sungai Wii, di buka hubungan Cina-India melalui Yunan dan Brima Utara. Hal ini dilakukan karena jalan sutra yang membentang di Asia Tengah sangat panjang, sulit dan sering diganggu permpok.

Hubungan Perdagangan dan Kebudayaan antara Cina dan Asia Tenggara itu mulai berlangsung pada masa pemerintahan kaisar Han Wu Ti (140-87 SM). Untuk memperlancar perdagangan dengan Asia Tenggara. Sebelum 126 SM barang-barang perdagangan dari negrai Cina dibawa oleh pra kafilah melalui Yunan dan Birma Utara. Dari situ, perjalanan ke india diteruskan lewat Sungai Brahmaputra dan Gangga sampai ke Bactria.

Hubungan antara Cina dan Asia Tenggara masa dinasti Han terbukti lebih merupakan hubungan dagang dan diplomatik. Pada umumnya kaisar Cina menganggap dirinya sebagai penaung dan pelindung kepada raja-raja di Asia Tenggara. Peran juga ditunjkan oleh raja-raja di Asia Tenggara yang mengirim duta-dutanya ke Cina.  Setelah dinasti Han Timur runtuh, Agama Budha mulai masuk dan berkembang pesat di China.

Pada tahun 414 M Fa Hien telah datang ke Taruma (Jawa Barat) dan menyatakan bahwa di Taruma tidak ada agama Budha. thun 97 M utusan Cina (Kan Ying) mencoba melalui jalan laut ke Romawi, tetapi terhenti di Teluk Persia. Sebelumnya melalui jalan darat (Jalan Sutera). Disebut Sutra karena 90% barang dagangan Cina ke Romawi berupa Sutra. Sedangkan orang Romawi mengirim gelas minum, perhiasan dan bahan pakaian wol.

Sejak tahun 166 M hubungan Cina-Romawi dilakukan melalui jalan laut, sehingga hubungan Cina-Asia Tenggara semakin ramai karena Asia Tenggara terletak di tengah jalan perdagangan internasional.

PENYEBARAN PENGARUH CINA DI ASIA TENGGARA

Pengaruh Cina di Asia Tenggara ada dua yaitu lewat darat dan laut. Daratan terjadi pada Vietnam. Setip kali dinasti Cina mengalami kejayaan, maka Vietnam menjadi jajahan Cina. Sebaliknya jika Cina merosot, maka Vietnam berjuang membebaskan diri dari Cina. Profil Negara Itulah sebabnya Vietnam termasuk wilayah Indocina, yaitu daerah yang dipengaruhi oleh India dan Cina. Khusus untuk Vietnam pengaruh Cina sangat dominan.

Banyak orang-orang Cina yang bermukim ke Asia Tenggara, terutama Asia Tenggara kepulauan seperti di singapura, Malaysia, Indonesia dan Filipina. Singapura didominasi oleh orang-orang Cina karena ras Cina lebih besar dari yang lainnya. Sementara itu jumlah orang Cina di Malaysia seimbang dengan orang-orang Melayu. Sedangkan orang Cina di Indonesia hanya minoritas tetapi mendominasi perekonomian Indonesia.

Bangsa Barat di Asia Tenggara

A. Penemuan Jalan ke Asia Tenggara

Latar belakang bangsa Eropa mulai mencari jalan ke dunia Timur Khususnya Asia Tenggara , antara lain : Akibat jatuhnya Romawi Timur 1453 , hubungan dagang antara Eropa dan Asia lewat Laut Tengah terputus . Karena itu bangsa Eropa mulai berffiikir untuk mencari jalan ke Asia Tenggara lewat samudra. Disamping putusnya hubungan dagang eropa dan Asia , Eropa juga terpengaruhi atas tulisan Maoco Polo yang menyatakan bahwa “ dunia Timur memiliki tanah yang subur dan hasilnya yang berlimpah serta pendudduknya ramah tamah” .

Jatuhnya Romawi Timur juga mengakibatkan Eropa tidak lagi mendapatkan rempah – rempah dari dunia Timur lewat Asia Barrat yang telah dikuasaii tentara Islam . Akhirnya Eropa yang dipelopori oleh Spayol dan Portugis berusaha keras untuk pergi ke dunia Timur untuk mencari rempah – rempah , sutra , barang – barang tembikar , gading dan batu permata langsung dari sumbernya.

Untuk mewujudkan cita – cita Portugis yaitu untuk mencari orang – orang kristen dan menguasai perdagangan rempah – rempah yang pada saat itu dikuasai oleh pedagang – pedagang Islam. Awal perjalanan Eropa yang dipelopori Portugis dan Spanyol untuk pergi ke dunia Timur , Khususnya ke Asia Tenggara :

Pada tahun 1486 armada Portugis di bawah Bartholomeus Diaz berhasil mencapai ujung Afrika Selatan , namun tersesat di sungai Congo sehingga bekalya habis , tetapi jalan ke timur sudah berhasil di temukan .
Pada tahun 1492 columbus (seorang pelaut Portugis yang dinas Spayol ) , berhasil menemukan benua Amerika . Penemuan ini mendorong perdagangan dan pelayaran bangsa Eropa ke Amerika dan Asia lewat samudra Atlantik dan Samudra Pasifik ( Lautan Teduh ).

Pada tahun 1497 Vasco da Gama (Portugis ) tiba di pelabuhan Malinda (pantai timur Afrika ) . Di tempat itulah mereka bertemu dengan pedagang – pedagang india sehingga mengetahui jalan niaga ke India . Ia menyusur pantai timur Afrika dan sampai ke Ujung Tanduk (di Afrika Timur Laut ) yang disebutnya Guadafui ( Berhati – hatilah ) , kemudian memasuki selat masuk Laut Merah yang disebutnya Bab el Manddeb (Gapura Air Mata ) . Akhirnya pada bulan Mei 1498 ia tiba di kalikut ( India ) .

B. BANGSA PORTUGIS DAN SPANYOL

1.Portugis

Awalnya mendirikan pangkalan di Kochin ( India ) . Pada saat itu malaka menjadi pusat perdagangan dan pusat Agama Islam di Asia tenggara . Kota itu akan dijadikan sasaran utama bagi portugis . Untuk menguasai malaka tahun 1508 portugis mengirimkan Sequeira dan tiba di malaka tahun 1509 . Sultan malak mengijinkan portugis untuk berdagang di malaka.

Pedagang – pedagang Islam mulai curiga dan akhirnya membujuk Sultan untuk menyerbu orang – orang portugis , namun rencana itu tercium oleh portugis sehingga portugis dapat meloloskan diri . Pada tanggal 25 Juli 1511 portugis malaka . karena Sultan malaka tidak mau menyerah maka Malaka dihancurkan portugis . kemudian Sultan malaka melarikan diri. Pada akhir tahun 1511 portugis mencari rempah – rempah ke maluku dipimpin Antoni de Abreau .

2. Spanyol

Pada tahun 1519 spanyol mecari jalan ke daerah – daerah penghasil rempah – rempah dimaluku yang di pimpin oleh Magelhaens . Pada tahun 1521 tiba di pulau St Lazarus ( 1542 diubah menjadi filipina ) . Ketika pergi ke Zebu , terjadi perang antara penguasa setempat . Sewaktu itu Magelhaens mau membantu raja Zebu namun ia terbunuh . Sisa kapalnya kembali ke spanyol di pimpin oleh Del Cano .

Ia lewat maluku dan mengambil rempah – rempah dari tidore . Akibat Perjalaanan Spanyol , antara lain :

  • Penemuan jalan baru ke sumber rempah – rempah Maluku .
  • Pedagang – pedagang di luar Spanyol makin terganggu dengan munculnya spanyol .
  • Dunia mendapat kepastian bahwa bumi bulat .

C . BANGSA BELANDA , INGGRIS DAN PERANCIS

1.Belanda

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai jalan laut ke Asia tenggara , Belanda menuju ke Asia Tenggara . Untuk menghindari tentara-tentara portugis Belanda pergi ke Asia Tenggara lewat Kutup Utara namun setelah mengalami berbagai kendala , Belanda memutuskan untuk mengikuti jalurportugis tetapi memilih jalan jauh agar terhindar dengan tentara portugis . Pada bulan Juni 1596 Belanda mendarat di Banten dengan pimpinan De Hautman . Sejak itu Belanda memusatkan kekuasaannya di Indonesia .

2.Inggris

Pada tahun 1586 Thomas Cavendish mengikuti jejak Drake , dengan 3 buah kapal , mencapai filipina , laut jawa , pantai selatan jawa dan sampai ke maluku tanpa di ganggu tentara Portugis maupun Spanyol . Pada tahun 1588 armada Spanyol berhasil dikalahkan oleh Inggris sehingga jalan ke dunia timur lewat jalan portugis terbuka . Inggris baru berhasil mendirikan pangkalan di Asia Tenggara pada akhir abad ke-8 ( tahun 1795 ) di penang.

Dalam perebutan pengaruh di Asia Tenggara , akhirnya Inggris berhasil menguasai daerah yang saat ini menjadi negara Myanmar , Malaysia , Singapura , dan Brunei Darussalam . Inggris pernah menguasai Indonesia ( 1811-1816 ), tetapi akibat Konvensi London tahun 1814 , maka Indonesia di serahkan kepada Belanda .

3.Perancis

Prancis merupakan bangsa yang maju dan merupakan negara terakhir yang masuk ke Asia Tenggara . Perancis ingin mencari tanah jajahan di Asia . Pada saat misi perancis tersebut mulai pergerak , tiba – tiba muncul pembrontakan Tayson ( 1773 – 1802 ).

Sejak tahun 1883 seluruh Vietnam , Tongkin , Anam dan Cochin Cina jatuh ke tangan perancis . Kemudian kamboja , Laos juga jatuh ke tangan perancis , sehingga seluruh wilayah Indocina berada di bawah pengaruh perancis .

D . POLA UMUM IMPERILISME ASIA TENGGARA

Imperilisme merupakan usaha bangsa untuk mengembangkan kekuasaan dalam bentuk pendudukan langsung terhadap wilayah kekuasaan bangsa lain dengan jajahan membentuk pemerintahan – pemerintahan jajahan atau dengan menanamkan pengaruh di bidang politik atau ekonomi .

1. Bentuk Kekuasaan Kolonial Di Asia Tenggara

Sejak kolonialisme di Asia Tenggara dapat dibagi menjadi dua periode , yaitu yang pertama periode abad ke-16 sampai dengan 18 , periode ini dimulai dari jatuhnya malaka ke tangan portugis tahun 1511 dan berakhir sekitar jatuhnya VOC di indonesia . Kolonisasi pada abad ini bersifat merkantilisme . Kekuasaan kolonial pada abad ini mempunyai pengaruh terhadap kekuasaan tradisional.

Yang ke dua periode abad ke-19 dan ke-20 nampak jelas sesudah tahun 1870 . Pada abad ini bangsa-bangsa Eropa di Asia Tenggara melakukan ekspedisi-ekspedisi militer untuk tujuan politik . Ada tiga kekuasaan bangsa Eropa yang berlomba-lomba untuk memperoleh tanah jajahan di Asia tenggarra yaitu bangsa Inggris , Belanda , Prancis .

2. Sistem Pemerintahan Koloniah di Asia Tenggara

Pada abad ke-16 sampai abad ke-18 pemerintahan kolonial dan eksploitasi kolonial merupakan satu kesatuan . Pada saat itu persekutuan perdagangan pada dasarnya hanya mencari keuntungan sebesar-besarnya , jika perlu memonopoli . Sedangkan pada Abad ke-19 kegiatan perdagangan diserahkan kepada penguasa-penguasa yang berstatus swasta.

3. Pemeritahan kolonial di berbagai Negara Jajahan

Pemerintahan Kolonial Inggris di Myanmar
Bentuk pemerintahan kolonial Inggris di Myanmar tersebut merupakan pemerintahan sentralisasi , yang jabatan – jabatan bawahnya dijabat oleh pejabat – pejabat pribumi. Dengan demikian penguasa – penguasa pribumi tetap merupakan alat efektif bagi kelancaran politik kolonial Inggris dii Myanmar . Meskipun demikian Inggris di Myanmar tetap menjalankkan sistem liberal.

Sistem kolonial Inggris di Malaya

Kecuali didaerah langsung oleh pemerintah kolonial inggris seperti di pulau penang , provinsi Wllesley , Malaka dan Singapura . Pemerintahan daerah diserahkan sepenuhnya kepada sultan – sultan pribumi . Kerajaan – kerajaan ini oleh inggris diperlukan sebagai protektorat .

Sistem Kolonial Amerika di Filipina

Amerika menjalankan kolonial di filipina yaitu dengan menjalankan politik kolonial yang paling liberal dengan ciri – ciri memperkenalkan pemerintahan hukum , konstitusionalisme dan pendidikan barat .

Sistem Kolonial Peranncis di indocina

Pemerintahan kolonial perancis di Indocina bersifat sentralisasi , sekalipun bagian bawahnya tetap menggunakan lembaga – lembaga pemerintahan tradisional beserta pejabatnya . Pejabat ini diambil dari golongan tradisional . Pemerintah kolonial yang dilancarkan oleh pemerintah kolonial perancis di indocina bersifat paternalistik – eksklusif .

Politik Kolonial Belanda di Indonesia

Politik kolonial Belanda berlatar belakang negara industri yang masih pada taraf permulaan , maka eksploitasi kolonialnya masih tetap komoditi hasil perkebunan . Didalam politik kolonialnnya , Belanda tidak mau dengan senang hati memberikan pertanggungjawaban kepada protektoratnya . Pemerintahan kolonial belanda di indonesia bagi golongan pribumi dilakukan oleh pejabat – pejabat tradisional .

E. EKONOMI KOLONIAL DI ASIA TENGGARA

Akibat jatuhnya malaka ketangan portugis membuat situasi politik dan ekonomi Asia Tenggara menjadi berantakan . Kondisi Asia Tenggara setelah jatuhnya malaya sampai datangnya Belanda dan Inggris . Sebagaian besar perekonomian pribumi tergantung pada pertanian dan perdagangan . Para penguasa serta pemimpin kelompok tetap berperan sebagai kelompok elit yang menguasai ekonomi dan politik.

Pada abad ke-17 dan ke-18 , perdagangan internasional dan antarwilayah daerah Nusantara makin lama makin berada di bawah pengawasan bangsa eropa (terutama Belanda) , dan diatur menurut kepentingan mereka . Beberapa kerajaan (terutama di indonesia) melihat ancaman dari bangsa barat tersebut . Namun beberapa kerajaan Nusantara itu bukan tandingan militer dengan kapal – kapal besar dan bersenjata api dari bangsa Barat .

Kelompok Etnis, Struktur Sosial dan Budaya Kuno Asa Tenggara

Keragaman etnis, budaya dan bahasa di Asia Tenggara sama sekali bukan fenomena baru. Bukti-bukti arkeologis menunjukkan keragaman ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Masa prasejarah susah untuk direkonstruksi. Menghubungkan jejak-jejak masyarakat yang telah lama punah dengan penduduk masa kini adalah persoalan lain. Tengkorak kepala dapat didentifikasi dari kelompok tertentu tetapi benda itu tidak bisa memberitahu kita bahasa apa yang digunakannya.

Pola-pola yang sama dalam upacara pemakaman di daerah-daerah berbeda menunjukkan hubungan komunikasi dan ikatan budaya, namun kita tidak dapat memastikan apakah kelompok orang yang berbeda ini memiliki keterkaitan atau hanya sering melakukan kontak. Selain itu, teori-teori ilmiah tentang migrasi ke Asia Tenggara dan perpindahan antarpenduduk di kawasan itu telah sangat banyak berubah selama setengah abad terakhir. Semua itu membentuk ulang pemahaman kita mengenai gambaran prasejarah yang lebih luas.

Asia Tenggara History

 

Etno Sejarah Asia Tenggara

Peninjauan rumpun-rumpun bahasa primer bermanfaat untuk melakukan pendekatan terhadap mozaik etnis Asia Tenggara. Bahasa dan etnis tidak selalu tumpang tindih. Seiring berjalannya waktu, individu dan kelompok dapat mengubah bahasa serta identitas etnis.

Semua bahasa “asli” Asia Tenggara-kecuali yang ditemukan di pulau-pulau paling timur Indonesia-dapat digolongkan ke dalam salah satu dari lima rumpun bahasa yaitu Austroasia,Austronesia,Tai,Tibet-Burma dan Hmong-Mien. Bahasa Austroasia yang sering disebut Mon-Khmer mencakup bahasa Vietnam dan Kamboja (Khmer),termasuk bahasa Mon(yang biasa digunakan di sebagian Myanmar dan Thailand) dan bahasa-bahasa dari beberapa kelompok etnis yang tersebar di dataran tinggi Vietnam, Laos, Kamboja, dan Thailand.

Sebaliknya, bahasa Austronesia(Melayu-Polinesia) banyak ditemukan di Asia Tenggara kepulauan-kecuali bahasa melayu yang digunakan di Thailand selatan, Semenanjung Malaysia dan Singapura, beberapa kelompok di dataran tinggi Vietnam Tengah dan Selatan serta Kamboja timurlaut. Hampir semua bahasa yang digunakan di Indonesia dan Filipina termasuk dalam kelompok ini.

Rumpun bahasa Tai-kadang disebut Tai-kadai-mencakup wilayah sabuk yang membentang dari kedua sisi perbatasan Cina-Vietnam hingga Assam di India timur laut. Bahasa ini meliputi bahasa nasional Thailand, Laos(termasuk bahasa yang digunakan oleh beberapa kelompok penduduk dataran tinggi yang terdapat di negara-negara tersebut),Vietnam dan Myanmar.

Rumpun bahasa Tibet-Burma, bahasa yang digunakan di dataran tinggi Asia Tenggara sebelah utara. Terakhir, rumpun bahasa Hmong-Mien (sebelumnya disebut Miao-Yao) digunakan oleh keturunan imigran Cina yang menetap di dataran tinggi Vietnam, Laos, dan Thailand selama kurang lebih satu abad terakhir.

Penduduk paling awal Asia Tenggara adalah kelompok pemburu dan peramu. Mereka tidak bercocok tanam melainkan hidup dengan mengandalkan hasil buruan dan hasil laut saja. Kemajuan dating bersaman dengan diperkenalkannya sistem pertanian selama abad ke-3 SM. Penting untuk ditekankan di sini bahwa “perbatasan” antara Cina dan Asia Tenggara saat itu jauh lebih ke utara daripada yang ada sekarang.

Selain itu, dalam banyak hal Cina Selatan masa kini di selatan Sungai Yangzi memiliki ikatan etnis, bahasa dan budaya yang lebih dekat dengan Asia Tenggara. Persebaran sistem pertanian padi adalah proses yang panjang dan lambat, yang berlangsung selama berabad-abad. Tidak ada bukti bahwa para pemburu dan peramu segera meninggalkan kegiatan mencari makanan untuk beralih menjadi petani.

Cendekiawan sepakat bahwa hampir semua bahasa yang saat ini digunakan di Asia Tenggara dapat dilacak mundur ke akar-akarnya yang jauh di suatu tempat di Cina Selatan. Mungkin saja pengetahuan dan praktik pertanian menyebar dari kawasan Sungai Yangzi bersama para leluhur bahasa-bahasa Asia Tenggara ketika penuturnya bergerak ke selatan.

Keberadaan dua rumpun bahasa, Austronesia dan Austroasia,dapat dihubungkan dengan migrasi. Bangsa penutur Austronesia diyakini berasal dari pesisir tenggara Cina yang kemudian bergerak ke Taiwan. Kemungkinan, sekitar 4000-5000 tahun yang lalu orang Austronesia mulai melaut, melakukan salah satu migrasi terbesar dalam sejarah. Banyak dari penduduk yang sudah ada di pulau-pulau itu terasimilasi, baik secara budaya maupun bahasa, ke dalam populasi migran meski di beberapa tempat dan terutama di Pulau Papua-mereka tetap terpisah.

Di wilayah Asia Tenggara daratan, penutur Austroasia tampil menjadi kelompok dominan, mengadopsi sepenuhnya budaya dan bahasa penduduk setempat. Kronologi migrasi orang Austroasia ke Asia Tenggara masih belum jelas. Pada akhir periode prasejarah, mayoritas penduduk Asia Tenggara telah menggunakan salah satu dari dua rumpun bahasa ini.

Pada awal masehi di Asia Tenggara juga terdapat penutur bahasa Tibet-Burma yang terkonsentrasi di wilayah yang sekarang menjadi Myanmar. Pada abad ke-13 pola distribusi kelompok etnis dan rumpun bahasa di seluruh Asia Tenggara kurang lebih telah seperti sekarang ini dengan beberapa pengceualian penting.

Pertama, etnis Vietnam yang peradabannya bermula di wilayah delta Sungai Merah secara bertahap menyebar ke selatan melalui migrasi. Kedua, selama beberapa abad terakhir mayoritas pendatang baru ini adalah etnis Hmong atau Yao. Ketiga, kedatangan pemerintahan colonial membawa migrasi etnis India dan Cina dalam skala besar ke berbagai tempat di wilayah Asia Tenggara. Sampai saat ini, mereka tetep tergolong minoritas.

Kebudayaan

Kebudayaan dataran rendah Asia Tenggara mendapat pengaruh sangat kuat dari luar kawasan Asia Tenggara. Pada dasarnya, Asia Tenggara masa lalu adalah dunia lelembut(makhluk halus). Pada suatu masa,kepercayaan terhadap roh-dikenal sebagai animism-ada di semua masyarakat dalam sejarah. Meskipun demikian, animisme tetap menjadi kekuatan yang dominan di tempat lain.

Makhluk halus dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Pertama, “penunggu” yang merupakan jenis paling umum. “Penunggu” dipercaya menetap di lokasi tertentu seperti gunung,gua,sungai,pohon atau batu. Kedua, arwah leluhur. Penghormatan terhadap sesepuh(masih hidup) dan leluhur(sudah meninggal) umum ditemukan dalam kebudayaan Asia Tenggara. Tingkat keterlibatan leluhur dalam kehidupan sehari-hari keturunan mereka bervariasi sesuai kebudayaannya masing-masing.

Ketiga, “dewa pelindung” yaitu makhluk halus yang bertanggung jawab melindungi unit social tertentu seperti keluarga,desa,kota kecil,kota besar atau bahkan seluruh negara. Secara umum, monoteisme baru dating ke Asia Tenggara bersama persebaran agama islam dan Kristen.

Dua perhatian terpenting kebudayaan primordial Asia Tenggara adalah kesuburan-baik pertanian maupun manusia-dan perlindungan dari bahaya. Setiap kebudayaan mengenal berbagai roh jahat yang menggangu kehidupan manusia. Sistem kepercayaan animism ini dirangkai dalam dua unsur utama:tabu dan sesaji.

Tabu adalah langkah beserta cara-cara yang ditempuh agar tidak menyinggung perasaan makhluk halus tertentu. Desa biasanya memiliki seorang atau beberapa orang “spesialis” untuk melakukan ritual atau berkomunikasi dengan makhluk halus ketika diperlukan. Salah satu ciri khas kebudayaan Asia Tenggara,walaupun tidak hanya ada di sana, adalah pentingnya perempuan “spesialis” dan paranormal.

Perempuan sepertinya sudah sangat lama menikmati hubungan erat dengan dunia lelembut. Pada banyak kasus,makhluk halus itu sendiri adalah perempuan dewi-dewi padi yang disebutkan sebelumnya atau Ibu-Ibu suci(thanh mau) etnis Vietnam dan dewi terpenting etnis Cham, Po Nagar. Kekerabatan dan keluarga besar adalah hal penting bagi seluruh masyarakat Asia Tenggara.

Orang Barat yang biasanya hanya menyebut “saudara laki-laki”, “saudara perempuan”, “paman”, “bibi” dan semacamnya akan terkejut melihat banyaknya istilah Asia Tenggara yang digunakan untuk menyebut anggota keluarga. Penggunaan istilah yang berbeda untuk menunjuk pembicara dan pendengar mencerminkan kesadaran akan adanya perbedaan tingkat yang halus mengenai usia dan status yang ditemukan dalam banyak kebudayaan di Asia Tenggara.

Patrilineal adalah sistem kekerabatan pada garis keturunan ayah di Asia Tenggara. Sedangkan matrilineal adalah sistem kekerabatan pada garis keturunan ibu di Asia Tenggara. Bilaterial adalah garis keturunan ayah dan ibu sama pentingnya.

Struktur Sosial dan Politik

Dalam berbagai kelompok masyarakat, keluarga diorganisasi menjadi klan atau garis keturunan di masyarakat Asia Tenggara. Perlu dicatat bahwa dalam banyak kebudayaan di Asia Tenggara, nama keluarga merupakan penemuan yang relative baru, kecuali di kalangan etnis Vietnam dan etnis Kristen Filipina sejak abad ke-16. Klan dan garis keturunan seringkali merupakan bentuk utama organisasi social di bawah tingkat desa. Tidak semua orang Asia Tenggara mempunyai riwayat tinggal di desa, tetapi desa merupakan unit social-politik paling umum.

Sifat, struktur dan luas desa-desa di Asia Tenggara sangat bervariasi. Mereka bisa jadi memiliki satu kepala desa yang biasanya berasal dari keluarga atau klan terkuat dalam komunitas tesebut. Selama periode pramodern,sejumlah etnis di Asia Tenggara tidak memiliki struktur di atas tingkat desa. Desa bersifat otonom dan tidak tunduk pada kekuasaan seorang penguasa luar.

Konteks Asia Tenggara, umumnya berbicara tentang raja dan kerajaan ketika membahas etnis-etnis yang sudah terkena pengaruh budaya dari luar Asia Tenggara. Para cendekiawan biasanya menyebut masyarakat yang dipimpin oleh kepala suku sebagai “pesukuan”(chiefdom). Oleh karena itu, kepemimpinan dan kekuasaan dalam kelompok masyarakat Asia Tenggara selalu bersifat personal. Kerajaan-kerajaan kuno Asia Tenggara menunjukkan banyak kelemahan dan permasalahan yang sama dengan pendahulunya.

Dataran Tinggi, Rendah, Hutan dan Padang Rumput, Daratan dan Lautan

Setiap negara di Asia Tenggara, kecuali singapura yang urban, dicirikan oleh minimal satu dari tiga perbedaan pokok demografi. Pertama, antara penduduk dataran rendah dengan penduduk yang tinggal di bukit biasanya disebut “orang gunung”. Kedua, antara penduduk yang tinggal di permukiman tetap biasanya tinggal di hutan dan bertahan hidup dari hasil buruan.

Ketiga, antara populasi kecil di beberapa negara terkosentrasi dan bergantung pada laut untuk mencari nafkah namun tetap tinggal di daratan. Tetapi juga ada etnis. Etnis-etnis yang tinggal di dataran tinggi,hutan atau di atas kapal di sepanjang pesisir tergolong kaum minoritas dan kemudian disebut “penduduk pribumi”. Di sebagian besar wilayah daratan Asia Tenggara,para penutur Austroasia(mon-khmer) merupakan “penghuni tertua”. Periode pra-Austroasia adalah zaman batu.

Burma

Etnosejarah berbagai kelompok di Burma penuh dengan spekulasi. Leluhur etnis mayoritas Burma berasal dari Tibet. Persis seperti pendahulu mereka yaitu etnis Pyu. Baik etnis Pyu maupun Burma adalah penduduk dataran rendah. Mereka menguasai kota dan kerajaan yang mendominasi catatan sejarah Burma. Dataran tinggi Burma dihuni berbagai kelompok etnis penutur bahasa Tibet- Burma atau Mon-Khmer dan etnis Shan yang merupakan penutur Tai sekaligus penganut Buddha Theravada.

Penduduk tertua wilayah Burma modern adalah etnis Wad an Palaung. Beberapa minoritas Burma terpenting lainnya adalah penutur Tibet- Burma. Kelompok mayoritas di dataran tinggi adalah etnis Shan. Etnis Shan memiliki struktur social-politik paling berkembang di antara etnis-etnis dataran tinggi Burma. Kelompok penting lainnya yang ditemukan di dataran tinggi Burma adalah Karen.

Kamboja

Kasus di kamboja sangat ertolak belakang karena penduduk dataran rendah dan dataran tingginya berasal dari etnis Mon-Khmer yang sama. Di kamboja, minoritas dataran tinggi ini terkosentrasi di daerah timur laut. Salah satu minoritas terbesar,etnis Kuy yang menetap di perbatasan Thai. Dataran tinggi di wilayah timur laut adalah rumah bagi populasi kecil etnis Jarai dan Rhade. Di daerah-daerah dataran rendah Kamboja terdapat pula kantong-kantong etnis muslim Cham,juga etnis Lao di sepanjang perbatasan utara.

Negeri Thai

Para penutur Tai muncul, mendominasi daerah-daerah dataran rendah Thailand dan Laos, mempengaruhi sistem politik dan budaya di kedua wilayah itu. Dua area di wilayah daratan Asia Tenggara menjadi lokasi pergeseran penduduk yang paling signifikan.

Keduanya adalah Laos dan Thailand Utara modern. Wilayah Thailad ini diyakini pernah dihuni etnis Mon dan Lawa-etnis Lawa juga termasuk kelompok penutur Mon-Khmer. Laos memiliki populasi penutur Mon-Khmer yang beragam. Kelompok-kelompok penutur Mon-Khmer ini adalah keturunan penduduk asli Laos modern.

Vietnam

Daerah-daerah dataran tinggi di Vietnam timur laut pada dasarnya adalah bagian dari negeri Tai dengan dua kelompok utamanya, Thai Hitam dan Putih. Walaupun rakyat Vietnam menggunakan bahasa Mon-Khmer, umumnya diyakini bahwa akar budaya pra-Cinanisasi mereka sama dengan etnis Tay dan Nung. Kelompok etnis paling terkenal adalah E-de(Rhade) dan Gia-rai(Jarai).

Orang Gunung “Terbaru”

Pola permukiman yang disebutkan di atas sudah ada selama kurang lebih 1.000 tahun terakhir. Jauh lebih tua dibandingkan hampir semua kelompok masyarakat selain etnis Tai. Lima kelompok utama adalah Hmong, Yao(Mien), Lahu, Lisu dan Akha.

Sebagai pendatang terbaru, mereka terpaksa menetap di daratan tertinggi yang bisa dihuni yaitu dia atas daerah yang dihuni para penutur Mon-Khmer atau Tai dataran tinggi. Komunitas Kristen dapat ditemukan dalam kelima kelompok ini, terutama etnis Hmong.

Negeri Kepulauan

Bahasa Melayu beserta hampir semua bahasa asli Indonesia dan Filipina termasuk keluarga Austroasia. Keragaman etnis di negeri kepulauan ini sangat besar, termasuk perbedaan tegas antara berbagai kelompok yang ada dalam konteks kebudayaan dan ceruk ekologinya.

Istilah “Melayu” sendiri sangat cair dan telah digunakan pada waktu berbeda untuk menyebutkan kelompok-kelompok berbeda yang menjadi penutur bahasanya masing-masing. Kelompok penutur Austroasia lainnya biasa disebut “senoi”. Sejarah Asia Tenggara tidak bisa diceritakan dengan sekadar mengulas seputar masyarakat dataran rendah yang tinggal di kota besar, kota keil dan pedesaan.

Sebagian besar kelompok yang tinggal di luar daerah dataran rendah berinteraksi dan menjalin kontak dagang dengan penduduk dataran rendah. Upaya untuk merekonstruksi sejarah multietnis yang harus mempertimbangkan peran dan signifikan kelompok-kelompok yang menghuni ceruk-ceruk ekologi berbeda adalah tugas paling menantang yang dihadapi para sejarawa Asia Tenggara masa kini.

Profil Jenderal Ahmad Yani

Jenderal TNI Ahmad Yani atau diketahui dengan nama Achmad Yani adalah salah satunya pahlawan Revolusi Indonesia (titel yang dikasihkan pada beberapa perwira militer yang gugur dalam momen Pergerakan 30 September 1965). Beliau sempat menjabat menjadi Menteri/Panglima Angkatan ke 6 periode 23 Juni 1962 sampai 1 Oktober 1965.

Pada saat ini kami akan mengulas profile singkat biografi Jenderal Ahmad Yani serta riwayat perjuangannya dalam proses kemerdekaan Indonesia.

Jenderal Ahmad Yani adalah pria kelahiran Purworejo, Jawa Tengah pada tanggal 19 Juni 1922. Dia datang dari keluarga simpel yang kerja di pabrik gula punya pemerintah Hindia Belanda. Sebelumnya dia bersama dengan keluarga tinggal di Purworejo, akan tetapi pada tahun 1927 belau geser bersama dengan keluarganya yang lalu kerja di General Belanda.

Ahmad Yani wafat pada umur 43 tahun di Lubang Buaya, Jakarta, sesudah di culik dari tempat tinggalnya waktu momen Pergerakan 30 September. Di bawah ini bahasan tentang biografi Jenderal Ahmad Yani dengan singkat. Baca sedetailnya.

Biografi Jenderal Ahmad Yani waktu di Batavia, Ahmad Yani pilih pendidikannya di sekolah/pendidikan basic serta menengah. Lalu pada tahun 1940 beliau tinggalkan sekolah tinggi untuk melakukan harus militer tentara Hindia Belanda. Awal pendidikan militer, dia belajar topografi di daerah Malang, Jawa timur. Akan tetapi dengan kehadiran pasukan Jepang 2 tahun lalu, pendidikannya jadi terganggu.

Waktu tentara Jepang menempati Indonesia, Ahmad Yani bersama dengan keluarganya pada akhirnya akan memutuskan untuk geser kembali pada kampung halamannya di Jawa Tengah. Pas pada tahun 1943, Ahmad Yani masuk dengan tentara bentukan Jepang, yaitu Pembela Tanah Air (PETA). Dia melakukan kursus militer yang di sponsori oleh pihak Jepang itu di kota Magelang.

Proses pendidikan Ahmad Yani dapat disebut cukuplah cemerlang. Sebelumnya dia minta untuk dilatih menjadi komando pleton PETA yang lalu membuat dipindahkan ke daerah Bogor untuk terima kursus. Sesudah tuntas, dia lalu kembali di kirim ke kota Magelang jadi pelatih.

Biografi Jenderal Ahmad Yani di bagian karier militer. Sesudah Indonesia merdeka, Ahmad Yani akan memutuskan untuk masuk dengan tentara republik yang waktu itu tengah berusaha menantang Belanda yang masih tetap ngotot untuk hadir kembali pada lokasi NKRI. Beberapa waktu sesudah kemerdekaan, Ahmad Yani membuat batalion.

Dia jadi komando dalam pertarungan menantang Inggris di kota Magelang. Perlawanan tentara Indonesia lalu sukses dimenangkan oleh pasukan yang dikomandoi oleh Ahmad Yani.

Perubahan setelah itu, sesudah Belanda mengaku kemerdekaan Indonesia, Ahmad Yani dipindahkan pekerjaannya ke daerah Tegal, Jawa Tengah. Di lokasi ini, Ahmad Yani membuat pasukan spesial yang dinamakan “The Banteng Raiders”, maksudnya adalah untuk menantang grup pemberontak Darul Islam. Saat 3 tahun, dia bersama dengan pasukannya sukses menaklukkan pasukan Darul Islam di Jawa Tengah.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Ahmad_Yani

Profil Pangeran Diponegoro

Bendara Raden Mas Antawirya adalah nama asli Pangeran Diponegoro. beliau adalah salah satunya pahlawan nasional yang bertindak dalam perjuangan menantang penjajahan Belanda di Indonesia. Diponegoro ialah pemimpin dalam Perang Jawa atau lebih kita kenal dengan panggilan Perang Diponegoro yang berjalan pada tahun 1825 sampai 1830. Pada saat ini kami akan mengulas profile singkat serta biografi Pangeran Diponegoro, bila anda tertarik membacanya, baca penjelasan di bawah ini.

Biografi Pangeran Diponegoro– Beliau adalah pria kelahiran Yogyakarta pada tanggal 11 November 1785. Dia datang dari keluarga bangsawan, ayahnya adalah Sultan Hamenkubuwono III serta ibunya bernama R.A Mengkarawati. Pangeran Diponegoro ialah anak sulung dari raja ke 3 di Kesultanan Yogyakarta.

Datang dari keluarga bangsawan, akan tetapi Pangeran Diponegoro lebih senang kehidupan yang lebih dekat dengan rakyatnya. Kehidupannya banyak dihabiskan untuk pelajari pengetahuan agama. Dia tinggal di dalam rumah eyang buyutnya di Tegalrejo.

Pangeran Diponegoro populer akan pemberontakannya pada kesultanan/keraton yang waktu itu di bawah dampak penjajahan Belanda. Perlawanan ini lalu berkembang mengarah peperangan. Dimaksud dengan Perang Jawa. Perang ini dia ucap perang melawan golongan kafir. Diponegoro mendapatkan simpati dari sejumlah besar kelompok rakyat atas perlawanan yang dia kerjakan.

Perang Diponegoro begitu merugikan pihak Belanda, disebabkan sebab banyak menelan cost serta banyak pula pasukan militer Belanda berguguran. Jika dihitung, pemerintah Belanda habiskan lebih dari 50 juta Gulden untuk kepentingan perang. Selain itu, jumlahnya pasukan yang gugur lebih dari 15.000 tentara.

Oleh karenanya, Belanda keluarkan perintah buat siapapun yang dapat tangkap Pangeran Diponegoro akan mendapatkan imbalan yang cukuplah banyak, yakni seputar 50 ribu Gulden. Taktik Belanda itu tidak berhasil tangkap pemimpin perang Jawa itu.

Pada akhirnya dengan alih-alih perundingan gencatan senjata serta perdamaian, Diponegoro menjumpai Jenderal de Kock di Magelang, pas pada tanggal 28 Maret 1830. Tiada sepengetahuan Pangeran Diponegoro, nyatanya pihak Belanda sudah mempersiapkan pasukan untuk menyergap serta menangkapnya.

Pangeran Diponegoro pada akhirnya diamankan, lalu diasingkan ke Ungaran lantas dibawa ke Semarang. Lantas dia dipindahkan ke Batavia serta Makasar. Dia juga meninggal dunia di Benteng Rotterdam pada tanggal 8 Januari 1855.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Diponegoro

Profil RA Kartini Singkat

Raden Adjeng Kartini ialah pahlawan atau dapat dimaksud pejuang Emansipasi wanita di Indonesia. Banyak prestasi yang sudah dicapai oleh RA Kartini dalam kesuksesan mengantar wanita Indonesia jadi lebih bertindak, terutamanya dalam soal pemerataan pendidikan, diketahui menjadi pelopor kebangkitan wanita pribumi. Banyak yang bertanya-tanya tentang kisah hidup, kelebihan serta kehebatannya.

Biografi RA Kartini – Beliau lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879, dulunya lokasi ini adalah kekuasaan Hindia Belanda di Nusantara, saat ini masuk dalam propinsi Jawa Tengah. Raden Adjeng Kartini Djojo Adhiningrat ialah nama komplet RA Kartini, dia datang dari keluarga bangsawan, ayahnya RM Sosroningrat ialah guru agama di Kota Jepara, sesaat ibunya MA Ngasrih bukan keturunan bangsawan.

Sebab datang dari keluarga bangsawan, dia juga memperoleh pendidikan di sekolah bernama ELS (Eouropa Lagre Schoo) satu tingkat SD, sampai umur 12 tahun. RA Kartini mendapatkan banyak pengetahuan, diantaranya kuasai bahasa Belanda. Sesudah berumur 12 tahun, dia mesti tinggal di rumah sebab telah dipingit.

RA Kartini ialah anak wanita paling tua dari 11 bersaudara kandung serta tiri, dia menikah dengan KRM Ario Singgih Djojo Adhiningrat pada tanggal 12 November 1903. Suami RA Kartini adalah Bupati Rembang yang sempat mempunyai tiga istri. Sesudah menikah dengannya, Kartini lalu membangun sekolah wanita di Rembang (tempatnya saat ini dipakai menjadi Gedung Pramuka).

Satu tahun sesudah menikah, pas pada tanggal 13 September 1904 dia mempunyai anak yang dinamakan Soesalit Djojoadhiningrat. Akan tetapi sebab kuasa Allah, 4 hari sesudah melahirkan persisnya pada tanggal 17 September 1904 dia wafat. Almarhum RA Kartini disemayamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Riwayat Perjuangan RA Kartini dimulai dari larangan meneruskan study pendidikan sesudah berusia 12 tahun, sebab fakta sudah dipingit. Dia juga sangat terpaksa tinggal di rumah sebab larangan dari ayahnya itu. Dari sini, Kartini mulai menulis surat pada rekan korespondensinya bernama Rosa Abendanon (dari Belanda).

Lewat Abendanon, Kartini mulai membaca buku serta koran-koran Eropa yang mengetuk hatinya bagaimana wanita Eropa dapat berpikir maju. Sesaat waktu itu, wanita Indonesia (Hindia Belanda) ada pada strata sosial terendah. Tidak hanya buku serta koran, dia pun membaca majalah-majalah mengenai ilmu dan pengetahuan serta kebudayaan.

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Kartini

Profil Mohammad Hatta Singkat

Mohammad Hatta atau lebih diketahui dengan Bung Hatta adalah salah satunya pahlawan nasional Indonesia yang bertindak dalam proses kemerdekaan Indonesia. Mohammad Hatta pun dijuluki menjadi bapak koperasi Indonesia sebab beliau adalah pakar dalam bagian ekonomi terutamanya bagian perkoperasian.

Mohammad Hatta mempunyai kepribadian yang simpel serta dekat dengan rakyat kecil, bahkan juga dalam wasiatnya sesudah wafat disemayamkan dalam tempat pemakaman umum, perihal ini agar bisa masih dekat dengan rakyat kecil. Dalam keterangan di bawah ini akan diberikan Biografi Mohammad Hatta dengan singkat dalam proses menghantarkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Nama asli Mohammad Hatta ialah Muhammad Athar. Beliau adalah pahlawan nasional, salah satunya tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Sesudah kemerdekaan Indonesia, beliau menjabat menjadi wakil Presiden Republik Indonesia untuk yang pertama-tama mengikuti Ir Soekarno. Mohammad Hatta mengakhiri pendidikannya di Belanda persisnya di Handels Hogere School (STE sekolah tinggi ekonomi) di Belanda, kota Rotterdam pada tahun 1932.

Di negeri gorden bambu, Mohammad Hatta jadi ketua organisasi PI (perhimpunan indonesia), ini adalah organisasi beberapa pelajar Indonesia yang berada di Belanda. Dibentuknya organisasi PI mempunyai tujuan untuk sampai kemerdekaan Indonesia. Sesudah lulus dari sekolah tinggi itu, dia lalu kembali pada Indonesia. Peranan besar Mohammad Hatta dalam bagian ekonomi saat itu, membuat beliau populer dengan julukan Bapak Koperasi Indonesia.

Pas pada tahun 1932 Bung Hatta (julukan Mohammad Hatta) kembali pada Indonesia dan bangun PNI baru dengan menggandeng Sutan Syahrir. Karena ikut serta dalam pekerjaan politik itu, 3 tahun lalu Bung Hatta dibuang ke Digul, Sukabumi serta Banda Naira.

Setelah Belanda kalah dari Jepang, beliau dibebaskan pada saat itu. Peranannya yang lumayan besar dalam proses Kemerdekaan Indonesia, lalu pada akhirnya pada tanggal 18 Agustus 1945 Mohammad Hatta dilantik jadi Wakil Presiden Indonesia.

Mohammad Hatta mengikuti Ir Soekarno menjadi Presiden, tapi setelah itu dia mengundurkan diri pada tanggal 1 Desember 1956. Bung Hatta atau Mohammad Hatta adalah penggagas politik luar negeri bebas aktif (tidak berpihak blok barat serta timur). Beliau meninggal dunia pada tanggal 14 Maret 1980 serta disemayamkan di TPU tanah kusir, Jakarta, sama dengan wasiat yang ditulisnya.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Hatta

Profil Ir Soekarno Secara Singkat

Ir Soekarno adalah tokoh besar Indonesia yang namanya demikian familiar serta populer di penduduk nasional ataupun arena internasional. Peranan serta jasa-jasa beliaulah yang membuat namanya sampai sekarang masih tetap dikenang. Ir Soekarno adalah tokoh proklamator kemerdekaan negara Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Waktu itu, Ir Soekarno pun menjabat menjadi presiden pertama Indonesia.

Bung Karno adalah nama julukan atau panggilan dari sang proklamator kemerdekaan Indonesia ini. Ir Soekarno diketahui dengan pidatonya yang menggelegar pada penduduk waktu berorasi dimuka publik. Sewaktu hidup, beliau dekat dengan rakyat kecil hingga muncul pun julukan menjadi penyambung lidah rakyat. Dalam keterangan kesempatan ini, kita akan mengulas dengan komplet tentang Biografi Ir Soekarno yang disebut Presiden pertama Indonesia.

Tanggal 6 Juni 1901 adalah hari lahir Presiden Soekarno. Beliau lahir di kota pahlawan, yakni Surabaya. Nama komplet beliau waktu lahir ialah Koesno Sosrodihadjo. Akan tetapi sebab seringkali alami sakit-sakitan waktu kecil, hingga namanya ditukar jadi Soekarno.

Soekarno atau dibaca “Sukarno” lahir dari keluarga kelompok bangsawan. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, sesaat ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Ke-2 orang tuanya berjumpa di daerah Bali. Pertemuan ke-2 orangtua waktu ayahnya jadi guru di Bali, sesaat ibunya adalah bangsawan asli Bali.

Dari pasangan ini, lahirlah Soekarno. Dia pun mempunyai saudara kandung yaitu bernama Sukarmini.

Pendidikan Soekarno

Biografi presiden Soekarno terkait dengan pendidikan dimulai dari Sekolah Basic Bumi Poetra. Sesudah lulus, dia lalu meneruskan pendidikan di HSB Hoogere Burger School. Lalu titel insinyur didapatkan dari Technische Hoogeschool atau saat ini ITB (Institut Tehnologi Bandung).

9 Istri Presiden Soekarno

Sewaktu hidup beliau mempunyai 9 istri, beberapa nama istrinya mencakup : Siti Oetari, Inggit Garnasih, Fatmawati, Hartini, Kartini Manoppo, Ratna Sari Dewi Soekarno, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar. Ir Soekarno meninggal dunia di Jakarta pada tanggal 20 Juni 1970, lalu disemayamkan di Kota Blitar, Jawa Timur.

Anak-Anak Soekarno dari 9 Istri

Putra : Totok Suryawan, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarno Putra, Guntur Soekarnoputra, Guruh Soekarnoputra.
Putri : Rukmini Soekarno, Ayu Gembirowati, Sukmawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Kartika Sari Dewi Soekarno, Megawati Soekarnoputri.

Penghargaan-Penghargaan Ir Soekarno

Di bawah ini rincian penghargaan yang sempat dicapai oleh Ir Soekarno sewaktu hidup ataupun sesudah kematiannya, diantaranya :

  1. The Order Of The Supreme Companions of OR Tambo, Presiden Afrika Selatan tahun 2005
  2. Dokter Honoris Causa dari 26 Kampus
  3. Penghargaan Perdamaian Lenin tahun 1960
  4. Bintang kehormatan Filipina tahun 1965

Biografi presiden Soekarno sewaktu kecil. Sukarno kecil tinggal dengan orang tuanya yang berada di Blitar. Soekarno tinggal dengan kakeknya di Jawa Timur yang bernama R. Hardjokromo. Kehidupan soekarno berpindah-pindah dari beberapa daerah, sesudah tamat sekolah di HBS (Hoger Burger School) di Surabaya.

Lalu dia tinggal di rumah H.O.S. Tjokroaminoto yang disebut teman dekat bapak soekarno. Tjokroaminoto adalah pendiri dari Sarekat Islam (SI). Di rumah ini, Ir Soekarno lalu berteman dengan pemimpin-pemimpin SI yakni seperti H. Agus Salim.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno

Profil Gajah Mada

Sumpah Pallapa ialah janji patih Gajah Mada untuk menjadikan satu lokasi Nusantara (Indonesia saat ini). Baca sedetailnya keterangan berkaitan dengan biografi patih Gajah Mada serta riwayat sumpah pallapa bersama beberapa misteri kehadiran makamnya.

Biografi Patih Gajah Mada adalah panglima paling tinggi yang mempunyai dampak terbesar pada kejayaan Kerajaan Majapahit dibanding dengan patih-patih yang lain. Terdaftar, tahun 1313 ialah awal karier Gajah Mada sebelum dia diangkat jadi Patih Kerajaan Majapahit.

Profil Gajah Mada

Gajah Mada mempunyai peranan terpenting dalam memberantas beberapa pemberontak yang banyak muncul. Sesudah sukses memberantas pemberontak, dia lalu diangkat jadi patih Kerajaan Majapahit. Gajah Mada bersama dengan Raja Hayam Wuruk adalah dua tokoh terpenting dalam memajukan kerajaan Majapahit hingga pada saat ini sukses membawa Majapahit ke waktu kejayaan atau waktu keemasan.

Seperti yang telah diterangkan di atas, sebelum Gajah Mada jadi patih Kerajaan Majapahit, sangat banyak berlangsung pemberontakan yang bermuncul. Terdapatnya pemberontakan membuat keadaan kerajaan jadi genting, kalut serta tidak aman. Sesudah sukses menaklukkan pemberontakan, dia diangkat jadi patih Kerajaan Majapahit. Patih Gajah Mada lalu makin diakui untuk menumpas semua pemberontakan yang ada.

Pada saat pemerintahan Tribhuwana Tunggadewi, Gajah Mada sukses menaklukkan pemberontak yang berlangsung di Kete serta Sadeng (Situbondo). Dia lalu diangkat jadi Mahapatih Kerajaan Majapahit, tempat ini tambah tinggi dari jabatan awal mulanya yang cuma untuk patih. Keberhasilannya menjadi mahapatih dibuktikan dengan berhasilnya merampas beberapa kerajaan yakni mencakup kerajaan pejeng, melayu serta bekas Sriwijaya.

Merujuk pada biografi Patih Gajah Mada di atas, dijelaskan jika beliau keluarkan satu sumpah. Perjalanan setelah itu, yaitu peranan Patih Gajah Mada waktu Hayam Wuruk menjadi raja Kerajaan Majapahit. Pada saat ini, Gajah Mada diangkat jadi Patih Amangkubumi. Salah satunya peristiwa terpenting yang berlangsung yakni dia keluarkan sumpah dengan nama “Sumpah Palapa”.

Dalam isi kitab Pararaton, sumpah ini berisi jika Gajah Mada akan janji mengalahkan semua lokasi Nusantara serta dia akan tidak mengonsumsi pallapa (rempah-rempah), sebelum dia sukses menepati sumpah / janji itu.

Salah satunya sumber yang bisa kita dapatkan untuk tahu figur patih Gajah Mada ialah dari kitab Kerajaan Kutai, yaitu kitab Bronjoniti. Isi kitab itu menuturkan jika sultan dari kerajaan kutai sempat berjumpa Mahapatih Gajah Mada. Diterangkan jika figur Gajah Mada hampir sama dari beberapa orang melayu. Ciri-cirinya mempunyai tubuh kecil, hitam serta kurus. Opini ini diterangkan dalam kitab itu, figur Gajah Mada yang kita kenali mungkin adalah keperluan simbol saja.

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Gajah_Mada

Profil Bung Tomo

Sutomo atau populer dengan nama Bung Tomo adalah pahlawan nasional yang lahir di kota Surabaya pada 3 Oktober 1920. Nama “Bung Tomo” lebih diketahui serta lebih popular di kelompok rakyat pada saat itu ataupun saat ini. Dia dilahirkan serta di besarkan dalam keluarga kelas menengah, oleh karenanya keluarganya begitu menjunjung tinggi pendidikan.

Bapak Bung Tomo bernama Kartawan Tjiptowidjojo datang dari kelas menengah, dia sempat kerja di pemerintahan. Dia sempat kerja menjadi pegawai kecil export import punya Belanda yang berada di Indonesia, menjadi pegawai pemerintahan, menjadi staf pribadi di perusahaan swasta. Selain itu, ibunya mempunyai kombinasi keturunan dari Jawa Tengah, Madura serta Sunda.

Profil Bung Tomo

Dalam kehidupannya Biografi Bung Tomo tetap kerja keras, perihal ini dikerjakan untuk melakukan perbaikan kondisi supaya kehidupannya jadi lebih baik kembali. Dia sangat terpaksa tinggalkan pendidikannya di MULO pada umur 12 tahun dan kerja untuk menangani krisis dunia saat itu. Dia lalu mengawali kembali pendidikannya di HBS, tapi Bung Tomo belum pernah sah lulus di sekolah itu.

Biografi Bung Tomo saat usianya masih tetap muda. Bung Tomo aktif dalam organisasi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Bung Tomo menyatakan jika dari filsafat kepanduan itu dia mendapatkan kesadaran nasionalis. Dia menuturkan jika dari kepanduan serta dari kakeknya, adalah alternatif pendidikan resmi yang dia tinggalkan.

Pada usianya yang masih tetap 17 tahun, dia sukses sampai rangking Pandu Garuda. Hal itu lalu membuatnya populer, sebab dia adalah orang ke-2 yang sukses sampai rangking itu di Hindia Belanda (waktu penjajahan Belanda).

Sesudah mengerti biografi Bung Tomo pada saat penjajahan Hindia Belanda, lalu setelah itu kisah pada saat penjajahan Jepang. Tidak hanya menjadi Pandu Garuda, Bung Tomo pun mempunyai minat dalam bagian Jurnalisme. Minat itu lalu direalisasikan dengan dia kerja menjadi wartawan terlepas di Harian Soera Oemoem di Surabaya, persisnya pada tahun 1937. Karier setelah itu yakni menjadi penulis sudut harian berbahasa jawa pada tahun 1939.

Pada saat pendudukan Jepang atau penjajahan jepang, Sutomo kerja di kantor harian tentara pendudukan Jepang. Kantor itu adalah sisi spesial bahasa Indonesia untuk lokasi Jawa Timur. Bung Tomo kerja pada kantor harian itu dalam kurun waktu 3 tahun, yakni dari 1942 sampai 1945. Lalu waktu kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, dia memberitakannya pada kantor harian itu dalam bahasa Jawa, hal itu dikerjakan untuk hindari keraguan pemerintah Jepang.

Perjuangan yang dikerjakan oleh Bung Tomo untuk Indonesia populer dengan sebutan”Pertempuran Surabaya 10 November 1945“. Dengan singkat, pertarungan itu di latar belakangi oleh pengibaran bendera Belanda yang dikerjakan oleh orang Belanda di Hotel YamatoSutomo atau populer dengan nama Bung Tomo adalah pahlawan nasional yang lahir di kota Surabaya pada 3 Oktober 1920. Nama “Bung Tomo” lebih diketahui serta lebih popular di kelompok rakyat pada saat itu ataupun saat ini. Dia dilahirkan serta di besarkan dalam keluarga kelas menengah, oleh karenanya keluarganya begitu menjunjung tinggi pendidikan.

Bapak Bung Tomo bernama Kartawan Tjiptowidjojo datang dari kelas menengah, dia sempat kerja di pemerintahan. Dia sempat kerja menjadi pegawai kecil export import punya Belanda yang berada di Indonesia, menjadi pegawai pemerintahan, menjadi staf pribadi di perusahaan swasta. Selain itu, ibunya mempunyai kombinasi keturunan dari Jawa Tengah, Madura serta Sunda.

Dalam kehidupannya Bung Tomo tetap kerja keras, perihal ini dikerjakan untuk melakukan perbaikan kondisi supaya kehidupannya jadi lebih baik kembali. Dia sangat terpaksa tinggalkan pendidikannya di MULO pada umur 12 tahun dan kerja untuk menangani krisis dunia saat itu. Dia lalu mengawali kembali pendidikannya di HBS, tapi Bung Tomo belum pernah sah lulus di sekolah itu.

Biografi Bung Tomo saat usianya masih tetap muda. Bung Tomo aktif dalam organisasi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Bung Tomo menyatakan jika dari filsafat kepanduan itu dia mendapatkan kesadaran nasionalis. Dia menuturkan jika dari kepanduan serta dari kakeknya, adalah alternatif pendidikan resmi yang dia tinggalkan.

Pada usianya yang masih tetap 17 tahun, dia sukses sampai rangking Pandu Garuda. Hal itu lalu membuatnya populer, sebab dia adalah orang ke-2 yang sukses sampai rangking itu di Hindia Belanda (waktu penjajahan Belanda).

Sesudah mengerti biografi Bung Tomo pada saat penjajahan Hindia Belanda, lalu setelah itu kisah pada saat penjajahan Jepang. Tidak hanya menjadi Pandu Garuda, Bung Tomo pun mempunyai minat dalam bagian Jurnalisme. Minat itu lalu direalisasikan dengan dia kerja menjadi wartawan terlepas di Harian Soera Oemoem di Surabaya, persisnya pada tahun 1937. Karier setelah itu yakni menjadi penulis sudut harian berbahasa jawa pada tahun 1939.

Pada saat pendudukan Jepang atau penjajahan jepang, Sutomo kerja di kantor harian tentara pendudukan Jepang. Kantor itu adalah sisi spesial bahasa Indonesia untuk lokasi Jawa Timur. Bung Tomo kerja pada kantor harian itu dalam kurun waktu 3 tahun, yakni dari 1942 sampai 1945. Lalu waktu kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, dia memberitakannya pada kantor harian itu dalam bahasa Jawa, hal itu dikerjakan untuk hindari keraguan pemerintah Jepang.

Perjuangan yang dikerjakan oleh Bung Tomo untuk Indonesia populer dengan sebutan”Pertempuran Surabaya 10 November 1945“. Dengan singkat, pertarungan itu di latar belakangi oleh pengibaran bendera Belanda yang dikerjakan oleh orang Belanda di Hotel Yamato

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Sutomo

Profil Achmad Soebardjo

Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo (lahir di Karawang, Jawa Barat, 23 Maret 1896 – wafat 15 Desember 1978 pada usia 82 tahun) ialah tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, serta seseorang Pahlawan Nasional Indonesia. Dia ialah Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama. Achmad Soebardjo mempunyai titel Meester in de Rechten, yang didapat di Kampus Leiden Belanda pada tahun 1933.

Profil Ahmad Subardjo

Asal Mula

Achmad Soebardjo dilahirkan di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat, tanggal 23 Maret 1896. Ayahnya bernama Teuku Muhammad Yusuf, masih tetap keturunan bangsawan Aceh dari Pidie. Kakek Achmad Soebardjo dari pihak bapak ialah Ulee Balang serta ulama di lokasi Lueng Putu, sedang Teuku Yusuf ialah pegawai pemerintahan dengan jabatan Mantri Polisi di lokasi Teluk Jambe, Kerawang. Ibu Achmad Soebardjo bernama Wardinah. Dia keturunan Jawa-Bugis, serta adalah anak dari Camat di Telukagung, Cirebon.

Ayahnya awalnya memberikannya nama Teuku Abdul Manaf, sedang ibunya memberikannya nama Achmad Soebardjo. Nama Djojoadisoerjo ditambahkannya sendiri sesudah dewasa, waktu dia ditahan di penjara Ponorogo sebab “Momen 3 Juli 1946”.

Dia bersekolah di Hogere Burger School, Jakarta (sekarang ini sama dengan Sekolah Menengah Atas) pada tahun 1917. Dia lalu meneruskan pendidikannya di Kampus Leiden, Belanda serta mendapatkan ijazah Meester in de Rechten (sekarang ini sama dengan Sarjana Hukum) di bagian undang-undang pada tahun 1933.

Kisah Perjuangan

Sewaktu masih tetap jadi mahasiswa, Soebardjo aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia lewat beberapa organisasi seperti Jong Java serta Persatuan Mahasiswa Indonesia di Belanda. Pada bulan Februari 1927, dia juga jadi wakil Indonesia dengan Mohammad Hatta serta beberapa pakar beberapa gerakan Indonesia pada persidangan antarbangsa “Liga Menentang Imperialisme serta Penindasan Penjajah” yang pertama di Brussels serta kemudiannya di Jerman.

Pada persidangan pertama itu ada juga Jawaharlal Nehru serta pemimpin-pemimpin nasionalis yang populer dari Asia serta Afrika. Pada saat kembalinya ke Indonesia, dia aktif jadi anggota Tubuh Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Momen Rengasdengklok

Pada tanggal 16 Agustus 1945 Beberapa pemuda pejuang, termasuk juga Chaerul Saleh, Sukarni, serta Wikana, Shodanco Singgih, serta pemuda lainnya, membawa Soekarno serta Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Maksudnya ialah supaya Ir. Soekarno serta Drs. Moh. Hatta tidak dipengaruhi oleh Jepang. Momen ini diberi nama Momen Rengasdengklok.

Di sini, mereka kembali memberikan keyakinan Soekarno jika Jepang sudah menyerah serta beberapa pejuang sudah siap untuk menantang Jepang, apapun risikonya. Di Jakarta, kelompok muda, Wikana, serta kelompok tua, yakni Achmad Soebardjo lakukan perundingan.

Achmad Soebardjo menyepakati untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jakarta. Jadi diutuslah Yusuf Kunto untuk mengantarkan Achmad Soebardjo ke Rengasdengklok.[8] Mereka menjemput Soekarno serta Moh. Hatta kembali pada Jakarta. Achmad Soebardjo sukses memberikan keyakinan beberapa pemuda tidak untuk tergesa-gesa memproklamasikan kemerdekaan.

Naskah Proklamasi

Ide naskah proklamasi diatur oleh Bung Karno, Bung Hatta, serta Achmad Soebardjo di dalam rumah Laksamana Muda Maeda. Sesudah tuntas serta beragumentasi dengan beberapa pemuda, dini hari 17 Agustus 1945, Bung Karno juga selekasnya memerintah Sayuti Melik untuk menulis naskah proklamasi.

Waktu Sesudah Kemerdekaan

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Soebardjo dilantik menjadi Menteri Luar Negeri pada Kabinet Presidensial, kabinet Indonesia yang pertama, serta kembali menjabat jadi Menteri Luar Negeri satu kali lagi pada tahun 1951 – 1952. Diluar itu, dia pun jadi Duta Besar Republik Indonesia di Switzerland pada beberapa tahun 1957 – 1961.

Dalam bagian pendidikan, Soebardjo adalah profesor dalam bagian Riwayat Perlembagaan serta Diplomasi Republik Indonesia di Fakultas Kesusasteraan, Kampus Indonesia.

Meninggal Dunia

Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo wafat dalam umur 82 tahun (15 Desember 1978) di Rumah Sakit Pertamina, Kebayoran Baru, karena flu yang memunculkan komplikasi. Dia disemayamkan di dalam rumah peristirahatnya di Cipayung, Bogor. Pemerintah mengusung almarhum menjadi Pahlawan Nasional pada tahun 2009.

Sumber Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Achmad_Soebardjo
  2. https://www.intensedebate.com/people/Penjajahanid

Profil Mohammad Hatta

Dr.(HC) Drs. H. Mohammad Hatta (lahir dengan nama Mohammad Athar, popular menjadi Bung Hatta; lahir di Fort de Kock (saat ini Bukittinggi, Sumatera Barat), Hindia Belanda, 12 Agustus 1902 – wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun) ialah tokoh pejuang, negarawan, ekonom, dan Wakil Presiden Indonesia yang pertama.

Profil Mohammad Hatta

Dia bersama dengan Soekarno mainkan fungsi terpenting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus juga memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945. Dia sempat juga menjabat menjadi Perdana Menteri dalam Kabinet Hatta I, Hatta II, serta RIS. Dia mundur dari jabatan wapres pada tahun 1956, sebab berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta dikenal juga menjadi Bapak Koperasi Indonesia.

Bandar hawa internasional Tangerang Banten, Bandar Hawa Soekarno-Hatta, memakai namanya menjadi penghormatan pada jasa-jasanya. Tidak hanya diabadikan di Indonesia, nama Mohammad Hatta pun diabadikan di Belanda yakni menjadi nama jalan di lokasi perumahan Zuiderpolder, Haarlem dengan nama Mohammed Hattastraat.

Pada tahun 1980, dia wafat serta disemayamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Bung Hatta diputuskan menjadi salah satunya Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 23 Oktober 1986 lewat Keppres nomer 081/TK/1986.

Latar belakang

Rumah Kelahiran Bung Hatta yang saat ini terdapat di Jalan Sukarno-Hatta, Kota Bukittinggi Mohammad Hatta lahir dari pasangan Muhammad Djamil serta Siti Saleha yang datang dari Minangkabau. Ayahnya adalah seseorang keturunan ulama tarekat di Batuhampar, dekat Payakumbuh, Sumatera Barat.

Sedang ibunya datang dari keluarga pedagang di Bukittinggi. Dia lahir dengan nama Muhammad Athar pada tanggal 12 Agustus 1902. Namanya, Athar datang dari Bahasa Arab, yang bermakna “harum”.

Dia adalah anak ke-2, sesudah Rafiah yang lahir pada tahun 1900. Semenjak kecil, dia sudah dididik serta di besarkan dalam lingkungan keluarga yang patuh melakukan ajaran agama Islam. Kakeknya dari pihak bapak, Abdurahman Batuhampar diketahui menjadi ulama pendiri Surau Batuhampar, dikit dari surau yang bertahan saat Perang Padri. Selain itu, ibunya datang dari keturunan pedagang. Sebagian orang mamaknya ialah entrepreneur besar di Jakarta.

Ayahnya wafat saat dia masih tetap berusia tujuh bulan. Sesudah kematian ayahnya, ibunya menikah dengan Agus Haji Ning, seseorang pedagang dari Palembang, Haji Ning seringkali terkait dagang dengan Ilyas Bagindo Geram, kakeknya dari pihak ibu. Dari perkawinan Siti Saleha dengan Haji Ning, mereka dikaruniai empat orang anak, yang semua ialah wanita.

Pendidikan serta pergaulan

Mohammad Hatta pertama-tama mengenyam pendidikan resmi di sekolah swasta.Sesudah enam bulan, dia geser ke sekolah rakyat serta sekelas dengan Rafiah, kakaknya. Akan tetapi, pelajarannya berhenti pada pertengahan semester kelas tiga.[Ia lantas geser ke ELS di Padang (sekarang SMA Negeri 1 Padang) sampai tahun 1913, lalu meneruskan ke MULO sampai tahun 1917.

Tidak hanya pengetahuan umum, dia sudah ditempa ilmu-ilmu agama semenjak kecil. Dia sempat belajar agama pada Muhammad Jamil Jambek, Abdullah Ahmad, serta beberapa ulama yang lain. Tidak hanya keluarga, perdagangan merubah perhatian Hatta pada perekonomian.

Di Padang, dia kenal pedagang-pedagang yang masuk anggota Serikat Usaha dan aktif dalam Jong Sumatranen Bond menjadi bendahara.Kegiatannya ini masih diteruskannya saat dia bersekolah di Prins Hendrik School. Mohammad Hatta masih jadi bendahara di Jakarta.

Kakeknya punya maksud akan ke Mekkah, serta di kesempatan itu, dia bisa membawa Mohammad Hatta meneruskan pelajaran di bagian agama, yaitu ke Mesir (Al-Azhar). Ini dikerjakan untuk tingkatkan kualitas surau di Batu Hampar yang sudah alami penurunan sejak dibiarkan Syaikh Abdurrahman.

Tetapi, perihal ini diprotes serta menyarankan pamannya, Idris untuk menggantikannya. Berdasarkan catatan Amrin Imran, Pak Gaeknya sedih serta Syekh Arsyad selanjutnya menyerahkan pada Tuhan.

Keluarga

Pada 18 November 1945, Hatta menikah dengan Rahmi Hatta serta tiga hari sesudah menikah, mereka berada tinggal di Yogyakarta. Lalu, dikarunai 3 anak wanita yang bernama Meutia Farida Hatta, Gemala Rabi’ah Hatta, serta Halida Nuriah Hatta.

Sumber Refrensi:

Profil Ki Hajar Dewantara

Riwayat Ki Hajar Dewantara – Ki Hajar Dewantara yang terlahir pada tanggal 2 Mei 1889 dikatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Di hari lahirnya Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soeryaningrat jadikan menjadi Hari Pendidikan Nasional.

Biografi Ki Hajar Dewantara

Riwayat Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Nasional

Beliau adalah putra dari GPH Soerjaningrat serta cucu dari Pakualaman III, Ki Hajar Dewantara di besarkan di lingkungan keraton Yogyakarta.

Beliau adalah putra dari GPH Soerjaningrat serta cucu dari Pakualaman III, Ki Hajar Dewantara di besarkan di lingkungan keraton Yogyakarta.

Pendidikan

Ki Hajar Dewantara bersekolah di ELS (Europeesche Lagere School), Sekolah Basic pada jaman Belanda. Lalu beliau meneruskan sekolah di STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputra), adalah sekolah dokter buat pribumi di Batavia (saat ini Jakarta) tapi tidak lulus sebab sakit.

Pekerjaan

Ki Hajar Dewantara kerja jadi penulis di beberapa media massa populer pada saat itu misalnya: Kaoem Moeda, Midden Java, Poesara, Sedioutomo, De Expres, Oetoesan Hindia serta Tjahaja Timoer. Tulisannya populer tajam dengan semangat antikolonial.

Organisasi

Ki Hajar aktif menjadi seksi propoganda untuk menggugah serta mensosialisasikan kesadaran penduduk tentang utamanya persatuan serta kesatuan bangsa semenjak berdirinya Boedi Oetomo tahun 1908.

Beliau pun aktif jadi anggota organisasi Insulinde yang disebut organisasi multietnik untuk memperjuangkan pemerintahan sendiri di Hindia Belanda. Organisasi ini di pengaruhi oleh Ernest Douwes Dekker yang lalu membangun Indiche Partij.

Tulisan dari Ki Hajar Dewantara yang sangat populer ialah Als ik een Nederlander was (Kalau saya seseorang Belanda) serta dimuat di media massa De Expres punya Douwes Dekker pada tanggal 13 Juli 1913. Di bawah ini beberapa kutipannya:

Kira-kira saya seseorang Belanda, saya akan tidak mengadakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang sudah kita rampas sendiri kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, tidak saja tidak adil, tapi pun tidak patut untuk memerintah si inlander memberi sumbangan untuk dana perayaan itu. Inspirasi untuk mengadakan perayaan itu saja telah mengejek mereka, serta saat ini kita keruk juga kantongnya. Mari lanjutkan saja penghinaan lahir serta batin itu! Jika saya seseorang Belanda, perihal yang terpenting menyentuh perasaanku serta kawan-kawan sebangsaku adalah keyataan jika inlander diwajibkan turut mengongkosi satu pekerjaan yang tidak ada kebutuhan sedikitpun baginya.

Sesudah menulis itu, beliau diamankan serta akan diasingkan ke Pulau Bangka. Akan tetapi Tjipto Mangoenkoesoemo serta Douwes Dekker protes hal itu serta selanjutnya ke-3 orang itu diasingkan ke Belanda pada tahun 1913. Ke-3 tokoh ini diketahui dengan nama Tiga Serangkai.

Di Belanda, Ki Hajar Dewantara aktif jadi anggota organisasi beberapa pelajar yang datang dari Indonesia yakni Perhimpunan Indonesia (Indiche Vereeniging). Di organisasi berikut beliau merinris cita-citanya untuk memajukan golongan pribumi dengan belajar pengetahuan pendidikan.

Taman Siswa

Sesudah kembali dari pengasingan dari Belanda pada tahun 1919, Ki Hajar Dewantara masuk dengan sekolah yang diurus oleh saudaranya. Pada tanggal 3 Juli 1922 beliau membangun satu Perguruan Nasional Taman Siswa (National Onderwijs Insitut Taman Siswa). Taman Siswa adalah instansi pendidikan yang memberi peluang pada beberapa orang pribumi pada saat itu supaya bisa mendapatkan hak pendidikan seperti orang ada serta beberapa orang Belanda.

Ing Ngarsa Sun Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa,Tut Wuri Handayani

Itu ajaran yang populer dari Pendiri Taman Siswa ini yang berarti seperti berikut:

  1. Ing Ngarsa Sun Tulodho (Di depan menjadi teladan) Semboyan ini bermakna ketika kita berada di garis depan atau sebagai pemimpin kita harus bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi orang-orang yang berada di sekitar kita.
  2. Ing Madya Mangun Karsa (Di tengah membangun semangat) Semboyan ini bermakna ditengah kesibukan yang kita jalani kita harus bisa membangkitkan semangat untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.
  3. Tut Wuri Handayani (Di belakang memberi dorongan) Semboyan ini bermakana kita harus bisa memberikan semangat dari belakang.

Sumber:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ki_Hadjar_Dewantara
  2. http://www.magcloud.com/user/pd12
  3. https://lichess.org/@/Perangdunia1
  4. http://www.webestools.com/profile-91064.html

Profil Provinsi Jawa Timur

Jawa Timur diketahui menjadi pusat Lokasi Timur Indonesia, serta mempunyai signifikansi perekonomian yang cukuplah tinggi, yaitu berperan 14,85% pada Produk Domestik Bruto nasional.

Kondisi Geografi

Propinsi Jawa Timur bersebelahan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur. Samudera Hindia di selatan, dan Propinsi Jawa Tengah di barat Panjang bentangan barat-timur seputar 400 km, Lebar bentangan utara-selatan dibagian barat seputar 200 km, akan tetapi dibagian timur lebih sempit sampai seputar 60 km.

Madura ialah pulau paling besar di Jawa Timur, dipisahkan dengan daratan Jawa oleh Selat Madura. Pulau Bawean ada seputar 150 km samping utara Jawa. Di samping timur Madura ada gugusan pulau-pulau, yang sangat timur ialah Kepulauan Kangean, serta yang sangat utara ialah Kepulauan Masalembu. Dibagian selatan ada dua pulau kecil yaitu Nusa Barung, serta Pulau Sempu.

Prasejarah

Jawa Timur sudah ditempati manusia semenjak jaman prasejarah. Perihal ini bisa dibuktikan dengan ditemukannya sisa-sisa dari fosil Pithecanthropus Mojokertensis di Kepuhlagen, Mojokerto; Pithecanthropus erectus di Trinil, Ngawi; serta Homo Wajakensis di Wajak, Tulungagung.

Prasasti Dinoyo yang diketemukan di dekat Kota Malang ialah sumber tercatat paling tua di Jawa Timur, yaitu bertahun 760. Pada tahun 929, Mpu Sindok mengalihkan pusat Kerajaan Mataram dari Jawa Tengah ke Jawa Timur, dan membangun Wangsa Isyana yang nantinya berkembang jadi Kerajaan Medang, serta menjadi suksesornya ialah Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Janggala, serta Kerajaan Kadiri.

Pada saat Kerajaan Singhasari, Raja Kertanagara lakukan ekspansi sampai ke Melayu. Pada masa Kerajaan Majapahit dibawah Raja Hayam Wuruk, wilayahnya sampai sampai Malaka, serta Kepulauan Filipina.

Bukti awal masuknya Islam ke Jawa Timur ialah terdapatnya makam nisan di Gresik bertahun 1102, dan beberapa makam Islam pada kompleks makam Majapahit.

Iklim Jawa Timur

Jawa Timur mempunyai iklim tropis basah. Dibanding dengan lokasi Pulau Jawa sisi barat, Jawa Timur biasanya mempunyai curah hujan yang lebih dikit. Curah hujan rata-rata 1.900 mm per tahun, dengan musim hujan saat 100 hari. Suhu rata-rata sekitar pada 21-34 °C.

Suhu di daerah pegunungan lebih rendah, serta bahkan juga di daerah Ranu Pani (lereng Gunung Semeru), suhu dapat sampai minus 4 °C, yang mengakibatkan turunnya salju lembut.

Jumlah Penduduk

Jumlahnya masyarakat Jawa Timur pada tahun 2017 ialah 42.030.633 jiwa, dengan kepadatan 884 jiwa/km2. Kabupaten dengan jumlahnya masyarakat paling banyak di propinsi Jawa Timur ialah Kabupaten Malang dengan jumlahnya masyarakat 3.046.218 jiwa, tengah kota dengan jumlahnya masyarakat paling banyak ialah Kota Surabaya sekitar 3.195.487 jiwa. Laju perkembangan masyarakat ialah 0,76% per tahun (2010).

Suku Bangsa

Sebagian besar masyarakat Jawa Timur ialah Suku Jawa, akan tetapi, etnisitas di Jawa Timur lebih heterogen. Suku Jawa menebar hampir di semua lokasi Jawa Timur daratan. Suku Madura menempati di Pulau Madura, serta daerah Tapal Kuda (Jawa Timur sisi timur), terpenting di daerah pesisir utara, serta selatan. Di beberapa lokasi Tapal Kuda, Suku Madura bahkan juga adalah sebagian besar. Hampir di semua kota di Jawa Timur ada minoritas Suku Madura, biasanya mereka kerja di bidang informal.

Suku Bawean menempati Pulau Bawean dibagian utara Kabupaten Gresik. Suku Tengger, konon ialah keturunan pelarian Kerajaan Majapahit, menyebar di Pegunungan Tengger, serta sekelilingnya. Suku Osing tinggal di beberapa lokasi Kabupaten Banyuwangi. Orang Samin tinggal di beberapa pedalaman Kabupaten Bojonegoro.

Tidak hanya masyarakat asli, Jawa Timur pun adalah rumah buat beberapa pendatang. Orang Tionghoa ialah minoritas yang cukuplah berarti, serta sebagian besar di sejumlah tempat, dibarengi dengan Arab serta India; mereka biasanya tinggal di daerah perkotaan. Suku Bali pun tinggal di beberapa desa di Kabupaten Banyuwangi. Saat ini banyak ekspatriat tinggal di Jawa Timur, terpenting di Surabaya, serta beberapa lokasi industri yang lain.

Sumber Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Jawa_Timur
  2. https://www.peta-hd.com

Definisi Sejarah Sebagai Ilmu

Apa beberapa ciri sejarah sebagai ilmu dan pengetahuan? Pada artikel awal mulanya kita sudah membahas dengan detil tentang riwayat menjadi momen, cerita serta seni bersama beberapa perumpamaannya. Nah, artikel kesempatan ini adalah kelanjutan di mana kita akan mengulas dengan komplet beberapa ciri-ciri sejarah sebagai ilmu dan pengetahuan bersama penuturannya.

Pemahaman sejarah menjadi pengetahuan dengan singkat ialah sejarah adalah pengetahuan yang mempunyai manfaat dalam lakukan penyidikan serta riset momen atau kejadian-kejadian di waktu lantas yang dihadapi manusia. Dalam pekerjaan riset, seseorang periset mesti kuasai cara ilmiah riset riwayat. Sebab hasil riset akan memengaruhi keadaan di waktu mendatang. Lantas apa beberapa ciri sejarah menjadi pengetahuan?

1. Empiris 
Beberapa ciri sejarah menjadi ilmu dan pengetahuan yang pertama ialah empiris atau dapat disimpulkan menjadi perjalanan manusia. Pengalaman yang sudah dilalui oleh manusia direkam berbentuk peninggalan riwayat seperti dokumen ataupun beberapa benda. Rekaman berikut yang lalu di teliti oleh seseorang sejarawan untuk merekonstruksi momen di waktu kemarin.

2. Mempunyai Object
Pengetahuan sejarah tentunya memiliki object, hingga memiliki tujuan yang pasti. Object pengetahuan riwayat ialah manusia dalam pemikiran waktu. Riwayat menjadi pengetahuan memerlukan object untuk memperbedakan dari ilmu-ilmu yang lain.

3. Mempunyai Cara
Beberapa ciri sejarah menjadi pengetahuan ke-3 ialah mempunyai cara. Cara yang disebut dipakai untuk memerhatikan momen riwayat. Metodologi manakah atau beberapa cara seperti apakah yang dikerjakan untuk memerhatikan riwayat. Perihal ini untuk mendukung riset riwayat. Cara dalam perihal ini adalah patokon buat sejarawan untuk lakukan penelitiannya.

4. Mempunyai Teori
Sama dengan ilmu dan pengetahuan yang lain, pengetahuan riwayat pun mempunyai teori. Apakah fungsinya teori riwayat? yaitu untuk patokan jika kita berargumen (memiliki pendapat) tentang momen bersejarah mesti berdasar pada teori. Teori itu adalah beberapa kumpulan opini dari beberapa tokoh yang sudah lakukan riset riwayat berdasar pada bukti yang tepat

Definisi Sejarah Secara Umum

Apakah yang dimaksud dengan sejarah? Pada umumnya, pemahaman sejarah ialah satu momen atau peristiwa yang terjadi pada saat lantas serta bisa didapati lewat peninggalan-peninggalan pada saat itu.

Pengertian sejarah secara umum juga dapat disimpulkan menjadi satu cabang pengetahuan yang lakukan analisis dengan sistematis tentang semua perubahan proses pergantian serta dinamika kehidupan penduduk yang berlangsung di waktu kemarin.

Dalam sejarah, ada 3 segi yang sama-sama lengkapi satu dengan yang lain, yakni:

Waktu Lantas, yakni deskripsi tentang kehidupan manusia serta kebudayaannya di waktu lampau. Lewat deskripsi waktu lantas jadi generasi selanjutnya akan merangkum jalinan karena karena terjadinya satu momen. Serta tidak semua momen atau peristiwa bisa terdaftar dalam riwayat.

Waktu Sekarang, yakni waktu di mana manusia alami waktu yang paling baru serta adalah waktu yang begitu penting sebab bisa memastikan hari esok. Manusia di saat ini menggunakan sumber pandangan dari momen di waktu lantas menjadi cerminan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara.

Waktu Depan, yakni waktu mendatang di mana semua hal itu belumlah berlangsung, serta semua hal yang dikerjakan pada saat sekarang akan memengaruhi hari esok.

Pemahaman Riwayat Menurut Beberapa Pakar

Supaya lebih mengerti apakah makna riwayat, jadi kita bisa mengacu pada opini beberapa pakar. Di bawah ini ialah pemahaman riwayat menurut beberapa pakar:

1. Aristoteles
Menurut Aristoteles, pemahaman riwayat ialah satu skema yang mempelajari satu peristiwa semenjak awal serta tersusun berbentuk urutan.

Di kesempatan yang berlainan Aristoteles jugan mengantakan jika pengertian riwayat ialah peristiwa-peristiwa waktu lantas yang memiliki catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.

2. J. V. Bryce
Menurut J.V. Bryce, pemahaman riwayat ialah catatan dari apakah yang sudah dipikirkan, disebutkan, serta dibuat oleh manusia.

3. Benedetto Croce
Menurut Benedetto Croce, riwayat ialah rekaman kreasi jiwa manusia di semua bagian baik teoritikal ataupun praktikal. Kreasi spiritual ini selalu lahir dalam hati serta pikiran manusia jenius, budayawan, pemikir yang memprioritaskan aksi serta pemburu agama.

4. E. H. Carr
Menurut E. H. Carr, pemahaman riwayat ialah dialog yang tidak sempat tuntas pada waktu saat ini serta waktu lampau, satu proses hubungan yang berkaitan pada sejarawan serta fakta-fakta yang dimilikinya.

5. John Tosh
Menurut John Tosh, riwayat ialah ingatan kolektif, sumber pengalaman lewat peningkatan satu perasaan jati diri sosial beberapa orang serta prospek beberapa orang itu di waktu mendatang.

Definisi Historiografi Kolonial

Mengerti pemahaman historiografi kolonial dengan komplet bersama beberapa ciri, contoh karyanya di Indonesia, karakter, keunggulan serta kelemahannya. Pengertian historiografi pada umumnya ialah tulisan riwayat, sesaat “kolonial” adalah bangsa yang lakukan penjajahan di lokasi Indonesia atau nusantara pada saat itu. Pengertian Historiografi Kolonial yang sempat berlangsung di indonesia lebih menonjolkan peranan bangsa Belanda daripada pribumi (masyarakat asli).

Tulisan riwayat atau historiografi dibagi jadi beberapa macam. Berdasar pada urutannya, beberapa jenis historiografi terbagi dalam tradisionil, kolonial serta moderen. Nah, pada saat ini kita akan ulas dengan komplet pemahaman historiografi kolonial yang disebut satu di antara type tulisan riwayat yang sempat berlangsung di Indonesia.

Pemahaman Historiografi Kolonial

Pada umumnya, pemahaman historiografi kolonial ialah tulisan riwayat yang berbentuk Belanda senteris. Lantas, apakah yang dimaksud dengan Belanda senteris dalam historiografi kolonial? Belanda Senteris dimaksud dengan Nederlandocentris. Berarti tulisan riwayat dengan sistematik dengan manfaat serta arah untuk kebutuhan Belanda.

Historiografi Kolonial umumnya ditulis oleh beberapa orang Belanda. Bahkan juga banyak penulis yang belum pernah bertandang ke Indonesia. Sumber yang mereka pakai datang dari arsip-arsip di Batavia (Jakarta), arsip VOC, arsip pelayaran orang Belanda serta sumber arsip yang lain di Negara Belanda. Sama dengan namanya, historiografi kolonial belum pernah memakai sumber-sumber dari Indonesia.

Dari keterangan pemahaman historiografi kolonial di atas, banyak beberapa sejarawan Indonesia memiliki pendapat jika tulisan riwayat ini adalah tulisan riwayat Bangsa Belanda di Hindia Belanda. Arah tulisan historiografi kolonial ialah untuk menguatkan posisi Belanda di lokasi Indonesia (Hindia Belanda).

Sama dengan tulisan riwayat pada periode yang lain, historiografi kolonial pun mempunyai beberapa kekurangan serta keunggulan. Berdasar pada pemahaman historiografi kolonial serta ciri-cirinya, di bawah ini beberapa kekurangan tulisan riwayat waktu kolonial ialah seperti berikut :

  1. Subyektivitas tinggi pada pihak Belanda, hingga berbentuk Belanda Sentris.
  2. Umumnya buku karya riwayat kolonial ditulis dengan mengada-ada serta tampak kaku.
  3. Sejarawan kolonial hampir tidak ada yang memakai sumber syair, babad serta hikayat.

Pengaruh Revolusi Industri

Dampak atau Efek Revolusi Industri yang berlangsung di Inggris bukan sekedar dirasa oleh penduduk dunia saja, tapi pengaruhnya pun sampai ke Indonesia. Dampak revolusi industri arau efek positif serta negatif yang disebut mencakup bagian politik, ekonomi, serta sosial. Faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya revolusi industri atau latar belakangnya diantaranya sebab Inggris memiliki kekayaan bahan tambang, seperti batu bara, timah, biji besi serta wol.

Sebelum kita analisa dengan detil tentang efek revolusi industri, apa kalian sudah tahu tahap-tahap perubahannya? Nah, dikit membahas artikel awal mulanya berkaitan dengan hasilnya. Ada tiga step revolusi industri yang berjalan di Inggris, diantaranya :

Domestic Sistem : Step ini dimaksud dengan home industri (kerajinan rumah)
Manufakture : Step ke-2 adalah industri manufaktur atau pabrikan.
Factory Sistem : Step dimana industri telah memakai alat-alat dari mesin.

Dampak Revolusi Industri di Bagian Ekonomi

  • Tersedianya barang melimpah serta harga-harga yang di tawarkan murah.
  • Pekerjaan perdagangan berkembang cepat, terutamanya bagian industri.
  • Kehadiran transportasi jadi makin lancar.
    Perusahaan kecil kalah berkompetisi, hingga banyak yang gulung tikar.

Bila kita analisa, efek positif revolusi industri di bagian ekonomi ada pada point ke 1, 2 serta 3. Sesaat efek negatifnya di point ke 4, yakni banyak perusahaan kecil berhenti beroperasi.

Efek Revolusi Industri di Bagian Sosial

  • Mengembangnya urbanisasi atau perpindahan masyarakat dari desa ke kota.
  • Timbulnya kelompok buruh serta kelompok entrepreneur.
    Gaji buruh rendah.
  • Timbulnya revolusi sosial.
  • Terdapatnya ketimpangan sosial, yakni pada majikan serta buruh.
  • Semakin kuatnya karakter individualisme serta menyusutnya perasaan solidaritas.

Efek Revolusi Industri di Bagian Politik

  • Muncul serta mengembangnya parpol.
  • Timbulnya pergerakan sosialis.
  • Timbulnya imperialisme moderen.

Revolusi industri melahirkan imperialisme moderen ialah salah satunya efek negatifnya, sesaat lahirnya pergerakan sosialis serta parpol dapat disebutkan menjadi dampak positifnya.

Sejarah Sebagai Peristiwa

“Sejarah Sebagai Peristiwa“ Pada tulisan awal mulanya kita sudah mengulas mengenai pemahaman riwayat menjadi momen, karena itu kesempatan ini kita akan mengkaji tentang contoh riwayat menjadi momen. Contoh sejarah sebagai peristiwa, mengingat bahasan awal mulanya, riwayat menjadi momen adalah satu peristiwa atau momen di waktu lantas yang betul-betul berlangsung serta betul-betul riil dan mempunyai dampak yang besar.

Dalam perihal ini momen riwayat di waktu lantas tidak pernah berlangsung kembali, tapi momen di waktu lantas bisa menimbulkan beberapa momen yang akan berlangsung di hari esok.

Riwayat menjadi momen mempunyai dua cir-ciri penting yang perlu dipunyai, yaitu netral serta empiris. Berarti momen di waktu lantas disebutkan menjadi momen bersejarah mesti mempunyai beberapa bukti serta bukti yang pasti.

Contoh-contoh sejarah menjadi peristiwa sebetulnya sudah penulis sediakan pada artikel awal mulanya, silakan mencari pada website ini (banyaknya beberapa puluh).

Riwayat menjadi momen dapat berlangsung pada jaman pra aksara sampai jaman kemerdekaan Indonesia, seandainya momen riwayat itu mempunyai bukti serta bukti yang riil. Di bawah ini contoh riwayat menjadi momen yang akan kita ulas, mencakup :

  1. Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Riwayat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia adalah satu momen yang begitu bersejarah buat bangsa Indonesia. Siapa sich yang tidak sempat dengar/membaca tentang riwayat Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dengan singkat, proklamasi kemerdekaan adalah satu momen saat Ir Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, hingga sesudah pembacaan itu Indonesia jadi negara yang merdeka.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah salah satunya contoh dari riwayat menjadi momen, perihal ini sebab ada bukti serta bukti yang riil. Bukti serta bukti tentang momen ini yakni berbentuk rekaman, kesaksian langsung serta teks proklamasi yang asli.

2. Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok adalah satu momen penculikan Ir Soekarno serta Moh Hatta yang dikerjakan oleh kelompok muda sebelum momen proklamasi kemerdekaan Indonesia. Apakah yang mengakibatkan beberapa pemuda menculik ke-2 tokoh itu? Beberapa pemuda ingin menghindari ke-2 tokoh itu dari semua dampak pemerintah Jepang.

Beberapa pemuda menekan supaya kemerdekaan Indonesia selekasnya dikerjakan tiada dampak dari Jepang. Momen rengasdengklok adalah salah satunya contoh riwayat menjadi momen sebab memang sungguh riil berlangsung.

Sejarah Bank BRI Singkat

Memahami sejarah berdirinya bank BRI (Bank Rakyat Indonesia) dari awal berdiri, perkembangan, dan visi misinya secara singkat dan jelas.

Perlu anda ketahui, cikal akan riwayat berdirinya Bank BRI yang saat ini nyatanya berdiri di kota Purwokerto atau kota dengan julukan “Kota Satria”. Kota ini adalah alternatif Ibu Kota Karesidenan Banyumas, sesudah pendopo Si Panji dipindahkan dari Kota Banyumas ke Kota Purwokerto.

Kota Purwokerto mempunyai peranan terpenting dalam riwayat perbankan di Indonesia pada saat itu, di mana jadi saksi bisu berdirinya salah satunya bank paling besar di Indonesia. Di bawah ini ringkasan riwayat berdirinya bank rakyat Indonesia (BRI).

Berdirinya Bank BRI

Seperti yang telah disinggung di atas, riwayat berdirinya Bank Rakyat Indonesia (BRI) pertama-tama dibangun di kota Purwokerto, kota yang populer dengan wisata alamnya di Baturadden. Kota ini pula kental akan riwayat tentara pelajarnya yang turut berusaha menjaga kemerdekaan Indonesia.

Jika tidak yakin, silakan hadir ke Purwokerto, tentu anda akan menjumpai beberapa monumen tentara pelajar maupun monumen-monumen lainnya yang tempatnya di tepi jalan, menjadi contoh Monumen sekaligus juga Museum Jenderal Soedirman yang berada di Karanglewas, Purwokerto.

Riwayat berdirinya Bank Rakyat Indonesia (BRI) tidak terlepas dari peranan salah satunya tokoh bernama Raden Bei Aria Wiraatmadja. Dia adalah pria asli kelahiran Banyumas yang mengabdi pada pemerintahan Belanda di Karesidenan Banyumas.

Pria kelahiran bulan Agustus 1831 ini begitu diakui oleh Belanda hingga karirnya di pemerintahan termasuk cukuplah melesat. Pada tahun 1902 dia telah menyandang titel Arya di Karesidenan Banyumas.

Perkembangan Bank BRI

Sesudah Indonesia sukses merdeka dari penjajahan Belanda serta Jepang persisnya pada tanggal 17 Agustus 1945, lalu Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini jadi bank pertama Republik Indonesia dengan basic ketentuan pemerintah No. 1 tahun 1946 Masalah 1. Lalu pada saat perang menjaga kemerdekaan tahun 1948, pekerjaan bank sudah sempat berhenti saat satu tahun.

Setelah itu pada tahun 1949 bank ini kembali beroperasi sesudah diselenggarakan kesepakatan pada pemerintah Republik Indonesia serta pemerintah Belanda lewat kesepakatan Renville.

Pada perubahan setelah itu sesudah kesepakatan itu dikerjakan, bank yang memakai nama Belanda itu dengan sah bertukar nama jadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Tidak hanya perubahan nama, bank ini pula alami peleburan dengan membuat BKTN (Bank Koperasi Tani serta Nelayan) lewat ketentuan pemerintah No. 41 tahun 1960.

Lalu BKTN diintegrasikan ke Bank Indonesia dengan bertukar nama jadi Bank Indonesia Masalah Koperasi Tani Nelayan (BIUKTN) lewat Penentuan Presiden No. 9 tahun 1965. Tidak hanya BKTN, bank lainnya yang disebut peleburan dari bank BRI pada saat itu ialah Nederlandsche Maatschappij (NHM) serta Bank Tani Nelayan (BTN).

Museum Bank Rakyat Indonesia BRI

Buat yang ingin membahas tentang riwayat berdirinya Bank Rakyat Indonesia (BRI) kalian dapat berkunjung ke Museum Bank BRI yang ada di kota asal berdirinya yaitu Purwokerto. Di museum itu ada banyak koleksi yang cukuplah unik serta berguna.

Perumpamaannya koleksi uang kertas asing, pakaian serta aksesori pendiri Bank BRI, uang keras lama, uang logam lama, diorama, uang logam asing, mesin pembukuan dan sebagainya.

Sumber Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Rakyat_Indonesia

Pengaruh Penjajahan Belanda bagi Indonesia

Memahami pengaruh atau dampak penjajahan Belanda bagi Indonesia secara lengkap, baik itu dari sisi positif maupun negatif di berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Masuknya Belanda ke Nusantara pertama-tama diawali pada era ke 17, waktu itu 4 buah kapal Belanda yang di pimpin oleh Cornelis De Houtman sukses sampai di Banten, lewat rute Pantai Barat Afrika – Tanjung Keinginan – Samudra Hindia – Selat Malaka. Arah kehadiran Belanda diantaranya : untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah baru serta misi 3G (gold, glory, gospel).

Berakhirnya penjajahan Belanda di Indonesia berlangsung saat Belanda menyerah tiada prasyarat pada pihak Jepang pada tanggal 9 Maret 1942, lewat perundingan di Kalijati pada pihak Jepang serta Belanda yang diwakili oleh Gubernur Jenderal Jonkeer Tjarda van Starkhenborg serta Letjen Hein ter Poor.

Di bawah ini beberapa dampak penjajahan Belanda di beberapa Bagian :

1. Bidang Ekonomi

Efek negatif bagian ekonomi penjajahan belanda yakni jadikan beberapa entrepreneur pribumi seperti perangkat pemerintah kolonial, mereka tidak bisa pendapatan sebesar awal mulanya sebab mesti membayar upeti. Pendapatan mereka ditukar dengan upah menurut ketetapan yang laku.

Selain itu, efek negatif buat petani ialah mereka diminta menanam tanaman yang telah dipastikan di harga sesuai dengan ketetapan, hingga menyebabkan penurunan pendapatan, berefek pada penurunan hasil kerajinan tangan yang awal mulanya ramai diperjual-belikan.

Efek positif bagian ekonomi terutamanya dalam soal pertanian ialah petani lokal (pribumi) kenal beberapa jenis tanaman rempah-rempah yang laris di pasar internasional, seperti lada, merica, kopi dan sebagainya. Dampak positifnya pasti amat sedikit jika dibanding kerugian ekonomi yang di terima penduduk waktu itu.

2. Bidang Pendidikan

Efek negatif penjajahan Belanda di Indonesia di bagian pendidikan. Tidak semua rakyat pribumi memperoleh jatah pendidikan, cuma penduduk spesifik (mempunyai jabatan) yang bisa rasakan pendidikan, mencakup keturunan bangsawan, keturunan raja serta entrepreneur kaya.

Pemerintah Kolonial membuat kurikulum pendidikannya sendiri, tidak sesuaikan dengan kondisi. Salah satunya mata pelajaran yang diprioritaskan ialah bahasa Belanda, dengan arah serta kebutuhan membuahkan pegawai-pegawai pemerintah trampil, terdiri, seta gaji murah.

Efek Positif Penjajahan Belanda Bagian Pendidikan :

1) Bangsa serta penduduk Indonesia jadi tahu akan perubahan yang berjalan dalam dunia luar.
2) Muncul golongan-golongan terdidik atau terpelajar Indonesia
3) Sejumlah kecil penduduk dapat membaca serta menulis

3. Bidang Budaya

Datangnya bangsa Belanda membuat budaya barat begitu berkembang dikalangan penduduk waktu itu, beberapa pergantian seperti tata langkah kehidupan, bahasa, langkah bergaul serta langkah kenakan pakaian. Pergantian ini selalu berkembang di kelompok keraton serta penduduk, menyebabkan kebiasaan di keraton makin terkikis.

Tidak hanya pergantian itu, meluasnya dampak agama kristen pun makin berasa di kerajaan ataupun penduduk biasa. Nilai positif yang bisa diambil ialah memperkaya kebudayaan Indonesia serta mengerti nilai-nilai budaya asing. Utamanya bisa membeda-bedakan manakah yang baik serta jelek.

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Hindia_Belanda

Kongsi Dagang Belanda (VOC)

Vereenigde Oostindische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur atau Perusahaan Hindia Timur Belanda) atau VOC yang dibangun pada tanggal 20 Maret 1602 ialah perusahaan Belanda yang mempunyai monopoli untuk kegiatan perdagangan di Asia. Dimaksud Hindia Timur sebab ada juga VWC(Vereenigde Westindische Compagnie) yang disebut perserikatan dagang Hindia Barat. Perusahaan ini dipandang seperti perusahaan pertama yang keluarkan pembagian saham.

Walau sebetulnya VOC adalah satu Tubuh Dagang saja, tapi tubuh dagang ini spesial sebab di dukung oleh negara serta dikasih fasilitas-fasilitas sendiri yang spesial. Misalnya VOC bisa mempunyai tentara serta bisa bernegosiasi dengan beberapa negara lainnya. Dapat disebutkan VOC ialah negara dalam negara. Lalu apa sebenarnya tujuan VOC??

VOC terdiri 6 Sisi (Kamers) di Amsterdam, Middelburg (untuk Zeeland), Enkhuizen, Delft, Hoorn serta Rotterdam. Delegasi dari ruangan ini bergabung menjadi Heeren XVII (XVII Tuan-Tuan). Kamersmenyumbangkan delegasi ke tujuh belas sama dengan pembagian modal yang mereka bayarkan; delegasi Amsterdam sejumlah delapan.

Di Indonesia VOC mempunyai panggilan popular Kompeni atau Kumpeni. Arti ini diambil dari kata compagnie dalam nama komplet perusahaan itu dalam bahasa Belanda. Tapi rakyat Nusantara lebih kenal Kompeni ialah tentara Belanda sebab penindasannya serta pemerasan pada rakyat Nusantara yang sama dengan tentara Belanda.

Latar Belakang Berdirinya VOC

Datangnya orang Eropa lewat jalan laut dimulai oleh Vasco da Gama, yang pada tahun 1497-1498 sukses berlayar dari Eropa ke India lewat Tanjung Pengharapan (Cape of Good Hope) di ujung selatan Afrika, hingga mereka tak perlu kembali berkompetisi dengan pedagang-pedagang Timur Tengah untuk mendapatkan akses ke Asia Timur, yang sampai kini ditempuh lewat jalan darat yang begitu beresiko. Sebelumnya, arah penting bangsa-bangsa Eropa ke Asia Timur serta Tenggara termasuk juga ke Nusantara ialah untuk perdagangan, demikian pula dengan bangsa Belanda.

Misi dagang yang lalu diteruskan dengan politik pemukiman -kolonisasi- dikerjakan oleh Belanda dengan kerajaan-kerajaan di Jawa, Sumatera serta Maluku, sedang di Suriname serta Curaçao, arah Belanda semenjak awal ialah murni kolonisasi (pemukiman). Dengan latar belakang perdagangan berikut awal kolonialisasi bangsa Indonesia (Hindia Belanda) bermula.

Saat era ke 16 perdagangan rempah-rempah didominasi oleh Portugis dengan memakai Lisbon menjadi pelabuhan penting. Sebelum revolusi di negeri Belanda kota Antwerp menggenggam fungsi terpenting menjadi distributor di Eropa Utara, namun sesudah tahun 1591 Portugis lakukan kerja sama dengan firma-firma dari Jerman, Spanyol serta Italia memakai Hamburg menjadi pelabuhan penting untuk tempat mendistribusikan beberapa barang dari Asia, mengubah jalan perdagangan tidak melalui Belanda.

Akan tetapi nyatanya perdagangan yang dikerjakan Portugis tidak efektif serta tidak dapat mensuplai keinginan yang selalu meninggi, terpenting lada. Supply yang tidak lancar mengakibatkan harga lada melejit saat itu. Diluar itu Unifikasi Portugal serta Kerajaan Spanyol (yang tengah dalam kondisi perang dengan Belanda saat itu) pada tahun 1580, memunculkan kecemasan sendiri buat Belanda. ke-3 aspek tersebutlah yang menggerakkan Belanda masuk perdagangan rempah-rempah Interkontinental. Pada akhirnya Jan Huyghen van Linschoten serta Cornelis de Houtman temukan “jalur rahasia” pelayaran Portugis, yang membawa pelayaran pertama Cornelis de Houtman ke Banten, pelabuhan penting di Jawa pada tahun 1595-1597.

Pada tahun 1596 empat kapal ekspedisi di pimpin oleh Cornelis de Houtman berlayar ke arah Indonesia, serta adalah kontak pertama Indonesia dengan Belanda. Ekspedisi ini sampai Banten, pelabuhan lada penting di Jawa Barat, di tempat ini mereka ikut serta dalam konflik dengan orang Portugis serta masyarakat lokal. Houtman berlayar kembali mengarah timur lewat pantai utara Jawa, sudah sempat terserang oleh masyarakat lokal di Sedayu menyebabkan pada kehilangan 12 orang awak, serta ikut serta konflik dengan masyarakat lokal di Madura mengakibatkan terbunuhnya seseorang pimpinan lokal. Sesudah kehilangan separuh awak jadi pada tahun selanjutnya mereka akan memutuskan untuk kembali pada Belanda akan tetapi rempah-rempah yang dibawa cukuplah untuk membuahkan keuntungan.

Arah VOC

Arah penting dibentuknya VOC seperti tercermin dalam perundingan 15 Januari 1602 ialah untuk “menimbulkan musibah pada musuh serta untuk keamanan tanah air”. Yang disebut musuh waktu itu ialah Portugis serta Spanyol yang pada kurun Juni 1580 – Desember 1640 masuk jadi satu kekuasaan yang akan merampas dominasi perdagangan di Asia. Untuk sesaat waktu, lewat VOC bangsa Belanda masih tetap merajut jalinan baik bersama dengan penduduk Nusantara. (wikipedia).

Hak spesial

Hak-hak spesial yang tertera dalam Oktrooi (Piagam/Charta) tanggal 20 Maret 1602 mencakup:

1. Hak monopoli untuk berdagang serta berlayar di lokasi samping timur Tanjung Keinginan serta samping barat Selat Magelhaens dan kuasai perdagangan untuk kebutuhan sendiri;
2. Hak kedaulatan (soevereiniteit) hingga bisa lakukan tindakan seperti satu negara untuk:

  • pelihara angkatan perang,
  • memaklumkan perang serta membuat perdamaian,
  • merampas serta menempati beberapa daerah asing di luar Negeri Belanda,
  • menyuruh beberapa daerah itu,
  • mengambil keputusan/keluarkan mata-uang sendiri, serta
  • memungut pajak.

Sejarah Provinsi Jawa Tengah (Jateng)

Jawa Tengah menjadi propinsi dibuat semenjak jaman Hindia Belanda. Sampai tahun 1905, Jawa Tengah terdiri atas 5 lokasi (gewesten) yaitu Semarang, Pati, Kedu, Banyumas, serta Pekalongan. Surakarta masih tetap adalah daerah swapraja kerajaan (vorstenland) yang berdiri dengan sendiri serta terbagi dalam dua lokasi, Kasunanan Surakarta serta Mangkunegaran, seperti Yogyakarta. Semasing gewest terdiri atas kabupaten-kabupaten. Saat itu Pati Gewest pun mencakup Regentschap Tuban serta Bojonegoro.

Sesudah diberlakukannya Decentralisatie Besluit tahun 1905, gewesten dikasih otonomi serta dibuat Dewan Daerah. Diluar itu pun dibuat gemeente (kotapraja) yang otonom, yakni Pekalongan, Tegal, Semarang, Salatiga, serta Magelang. Lihat peta jawa tengah.

Semenjak tahun 1930, propinsi diputuskan menjadi daerah otonom yang mempunyai Dewan Propinsi (Provinciale Raad). Propinsi terdiri atas beberapa karesidenan (residentie), yang mencakup beberapa kabupaten (regentschap), serta dibagi kembali dalam beberapa kawedanan (district). Propinsi Jawa Tengah terdiri atas 5 karesidenan, yakni: Pekalongan, Pati, Semarang, Banyumas, serta Kedu.

Menyusul kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1945 Pemerintah membuat daerah swapraja Kasunanan serta Mangkunegaran; serta jadikan karesidenan. Pada tahun 1950 lewat Undang-undang diputuskan pembentukan kabupaten serta kotamadya di Jawa Tengah yang mencakup 29 kabupaten serta 6 kotamadya. Penentuan Undang-undang itu sampai sekarang diperingati menjadi Hari Jadi Propinsi Jawa Tengah, yaitu tanggal 15 Agustus 1950.

Pemerintahan Jawa Tengah

Dengan administratif, Propinsi Jawa Tengah terdiri atas 29 kabupaten serta 6 kota. Administrasi pemerintahan kabupaten serta kota ini terdiri atas 545 kecamatan serta 8.490 desa/kelurahan.

Pemerintahan Daerah, Jawa Tengah pun terdiri atas 3 kota administratif, yakni Kota Purwokerto, Kota Cilacap, serta Kota Klaten. Akan tetapi semenjak diberlakukannya Otonomi Daerah tahun 2001 kota-kota administratif itu dihapus serta jadi sisi dalam lokasi kabupaten.

Menyusul otonomi daerah, 3 kabupaten mengalihkan pusat pemerintahan ke wilayahnya sendiri, yakni Kabupaten Magelang (dari Kota Magelang ke Mungkid), Kabupaten Tegal (dari Kota Tegal ke Slawi), dan Kabupaten Pekalongan (dari Kota Pekalongan ke Kajen).

Suku di Jawa Tengah

Sebagian besar masyarakat Jawa Tengah ialah Suku Jawa. Jawa Tengah diketahui menjadi pusat budaya Jawa, dimana di kota Surakarta serta Yogyakarta ada pusat istana kerajaan Jawa yang masih tetap berdiri sampai sekarang.

Suku minoritas yang cukuplah berarti ialah Tionghoa, terpenting di lokasi perkotaan walau di daerah pedesaan pun diketemukan. Biasanya mereka beroperasi di sektor perdagangan serta layanan. Komune Tionghoa telah berbaur dengan Suku Jawa, serta banyak diantara mereka yang memakai Bahasa Jawa dengan logat yang kental setiap harinya. Dampak kental dapat kita alami waktu ada di kota Semarang dan kota Lasem yang ada di ujung timur laut Jawa Tengah, bahkan juga Lasem dijuluki Le Petit Chinois atau Kota Tiongkok Kecil.

Diluar itu di sejumlah kota-kota besar di Jawa Tengah diketemukan juga komune Arab-Indonesia. Serupa dengan komune Tionghoa, mereka umumnya beroperasi di sektor perdagangan serta layanan.

Di daerah perbatasan dengan Jawa Barat ada juga orang Sunda yang sarat akan budaya Sunda, terpenting di lokasi Cilacap, Brebes, serta Banyumas. Di pedalaman Blora (perbatasan dengan propinsi Jawa Timur) ada komune Samin yang terisolir, yang kasusnya hampir sama juga dengan orang Kanekes di Banten.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Jawa_Tengah

Politik Etis : Politik Balas Budi Belanda

Politik Etis atau Politik Balas Budi ialah satu pemikiran yang mengatakan jika pemerintah kolonial menggenggam tanggung jawab kepribadian buat kesejahteraan bumiputera. Pemikiran ini adalah masukan pada politik tanam paksa. Timbulnya golongan Etis yang dipelopori oleh Pieter Brooshooft (wartawan Koran De Locomotief) serta C.Th. van Deventer (orang politik) nyatanya membuka mata pemerintah kolonial untuk lebih memerhatikan nasib beberapa bumiputera yang terbelakang.

Pada 17 September 1901, Ratu Wilhelmina yang baru naik tahta menyatakan dalam pidato pembukaan Parlemen Belanda, jika pemerintah Belanda memiliki panggilan moral serta hutang budi (een eerschuld) pada bangsa bumiputera di Hindia Belanda. Ratu Wilhelmina tuangkan panggilan kepribadian itu ke kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program Trias Van deventer. Berikut ini isi politik etis, meliputi :

1. Irigasi (pengairan), membangun serta melakukan perbaikan pengairan-pengairan serta bendungan untuk kepentingan pertanian.

2. Imigrasi yaitu mengajak masyarakat untuk bertransmigrasi.

3. Edukasi yaitu memperluas dalam bagian pengajaran serta pendidikan.

4. Banyak pihak menghubungkan peraturan baru politik Belanda ini dengan pemikiran serta tulisan-tulisan Van Deventer yang diedarkan

5. Sekian waktu awal mulanya, hingga Van Deventer lalu diketahui menjadi pencetus politik etis ini.

Kebijakan pertama serta ke-2 disalahgunakan oleh Pemerintah Belanda dengan bangun irigasi untuk perkebunan-perkebunan Belanda serta emigrasi dikerjakan dengan mengalihkan masyarakat ke daerah perkebunan Belanda untuk jadikan pekerja rodi. Cuma pendidikan yang bermakna buat bangsa Indonesia.

Dampak politik etis dalam bidang pengajaran serta pendidikan begitu bertindak dalam peningkatan serta pelebaran dunia pendidikan serta pengajaran di Hindia Belanda. Salah seseorang dari grup etis yang begitu berjasa dalam bagian ini ialah Mr. J.H. Abendanon (1852-1925), seseorang Menteri Kebudayaan, Agama, serta Kerajinan saat lima tahun (1900-1905). Semenjak tahun 1900 berikut berdiri sekolah-sekolah, baik untuk golongan priyayi ataupun rakyat biasa yang hampir rata di beberapa daerah.

Selain itu, dalam penduduk terjadi seperti transisi mental pada beberapa orang Belanda serta beberapa orang bumiputera. Kelompok simpatisan politik etis terasa prihatin pada bumiputera yang memperoleh diskriminasi sosial-budaya. Untuk sampai arah itu, mereka berupaya menyadarkan golongan bumiputera supaya melepas diri dari belenggu feodal serta meningkatkan diri menurut mode Barat, yang meliputi proses emansipasi serta menuntut pendidikan mengarah swadaya. (Wikipedia)

Organisasi Bentukan Jepang di Indonesia

Masa penjajahan Jepang di Indonesia bisa dibilang tidak terlalu lama. Yaitu kurang lebih 3 1/5 tahun. Kedudukan Jepang di Indonesia kemudian dimanfaatkan untuk membentuk organisasi-organisasi militer dan semi militer. Dengan tujuan membantu Jepang untuk melawan sekutu dalam perang dunia II.

Berikut ini beberapa organisasi militer dan semi militer bentukan Jepang :

Organisasi Semi Militer

1. Organisasi Seinendan

Arah dibentuknya Seinendan ialah untuk mendapatkan tenaga perang cadangan, hingga memudahkan dalam memenangi perang menantang Sekutu. Sebelumnya anggota organisasi Seinendan sejumlah 3500 orang, lalu berkembang berubah menjadi 500 ribu orang di akhir penjajahan Jepang. Untuk memperluas Seinendan, pemerintah pendudukan Jepang membangun Seinendan di tingkat pabrik atau perumahan.

2. Organisasi Syuisintai

Arah dibentuknya organisasi semi militer bentukan Jepang Syuisintai ialah untuk menaikkan kesadaran rakyat, terutamanya pemuda hingga di masa datang bisa menolong Jepang menjaga wilayah Indonesia dalam perang. Organisasi semi militer ini berlatih memakai perlengkapan sederhana, misalnya senapan kayu serta bambu runcing.

3. Organisasi Keibodan

Sama dengan Seinendan, Organisasi Keibodan ialah organisasi semi militer bentukan Jepang, dengan sah dibuat pada tanggal 29 April 1943. Pembentukan organisasi semi militer Keibodan mempunyai tujuan untuk mendukung polisi. Tugas-tugasnya mencakup : Pengamanan desa dan penjagaan lalu lintas.

4. Organisasi Fujinkai

Organisasi semi militer bentukan Jepang keempat adalah Fujinkai atau dapat disebut himpunan wanita. Berdirinya organisasi ini tepat pada bulan Agustus 1943. Organisasi Fujinkai dibuat atas ide beberapa istri anggota organisasi semi militer yang lain. Ketentuan menjadi anggota Fujinkai ialah wanita berusia diatas 15 tahun.

Organisasi Militer

1. Organisasi PETA

Organisasi Pembela Tanah Air adalah organisasi militer yang dibuat Jepang, dibuat atas perintah Jenderal Kumakichi Harada, dibuat seakan-akan adalah saran dari bangsa Indonesia sendiri. Berlainan dengan organisasi Heiho, anggota PETA menempuh pendidikannya lewat pangkat-pangkat, mencakup : Deidanco, Cudanco, Shodanco, Bundanco, Giyuhei.

2. Organisasi Heiho

Heiho ialah organisasi militer bentukan Jepang berbentuk pasukan cadangan atau prajurit pembantu untuk pasukan Jepang yang tengah berperang. Heiho dibuat pada bulan April 1943, pasukan atau prajurit Heiho langsung diletakkan pada organisasi kemiliteran Jepang, baik itu Angkatan Darat (AD) maupun AL Angkatan Laut.

Itulah beberapa organisasi bentukan Jepang pada masa pendudukannya di wilayah Republik Indonesia. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Seinendan
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Heiho

Tentang Kebijakan Tanam Paksa

Pengertian tanam paksa (Cultuurstelsel) ialah kebijaksanaan yang mengharuskan tiap-tiap desa dan petani supaya menyisihkan tanahnya sekitar 20% untuk ditanami tanaman wajib yang laris di pasar export internasional. Tanaman yang disebut misalnya seperti tebu, kopi, teh serta tarum.

Komoditas tanaman tersebut yang waktu itu begitu laris di pasar internasional, terutama eropa. Dengan membeli tanaman dengan harga terjangkau yang diatur dalam ketetapan, hingga pemerintah kolonial Belanda mendapatkan keuntungan banyak dan berlimpah (sumber sejarah).

Sebetulnya pemahaman Cultuurstelse ialah skema budi daya, akan tetapi sebab peraturan yang mengikat dan memaksa hingga dimaksud sistem tanam paksa oleh beberapa tokoh penentangnya. Kebijaksanaan ini pula menyengsarakan rakyat yang tidak mempunyai tanah, sebab mereka diharuskan kerja sepanjang 75 hari atau 20% jumlah keseluruhan hari dalam satu tahun.

Berikut isi dari ketentuan tanam paksa

  1. Tuntutan pada tiap-tiap rakyat Indonesia supaya menyiapkan tanah pertanian untuk cultuurstelsel tidak melampaui 20% atau seperlima bagian dari tanahnya untuk ditanami jenis tanaman perdagangan.
  2. Pembebasan tanah yang disiapkan untuk cultuurstelsel dari pajak, sebab hasil tanamannya dipandang seperti pembayaran pajak.
  3. Rakyat yang tidak mempunyai tanah pertanian bisa menggantinya dengan kerja di perkebunan milik pemerintah Belanda atau di pabrik Belanda sepanjang 66 hari atau seperlima tahun.
  4. Waktu untuk melaksanakan tanaman pada tanah pertanian untuk Culturstelsel tidak bisa melewati waktu tanam padi atau kira-kira 3 (tiga) bulan.
  5. Kelebihan hasil produksi pertanian dari ketetapan akan dikembalikan pada rakyat.
  6. Rusaknya atau kerugian akibat tidak berhasil panen yang bukan lantaran kekeliruan petani seperti musibah alam dan diserang hama, akan dijamin pemerintah Belanda.
  7. Penyerahan tehnik penerapan ketentuan tanam paksa kepada kepala desa.

Usaha golongan liberal di negeri Belanda supaya Tanam Paksa dihapuskan telah sukses pada tahun 1870, dengan diberlakukannya UU Agraria, Agrarische Wet. Akan tetapi arah yang akan diraih oleh golongan liberal bukan sekedar hanya terbatas pada penghilangan Tanam Paksa. Mereka memiliki arah selanjutnya.

Pergerakan liberal di negeri Belanda dipelopori oleh beberapa entrepreneur swasta. Oleh karenanya kebebasan yang mereka perjuangkan terpenting kebebasan di bagian ekonomi. Golongan liberal di negeri Belanda memiliki pendapat jika semestinya pemerintah janganlah turut terlibat dalam pekerjaan ekonomi.

Mereka menginginkan supaya pekerjaan ekonomi diatasi oleh pihak swasta, sesaat pemerintah bertindak selaku pelindung masyarakat negara, menyiapkan prasarana, menegakkan hukuman serta jamin keamanan dan ketertiban.

UU tersebut memperbolehkan perusahaan-perusahaan perkebunan swasta menyewa lahan-lahan yang luas dengan periode waktu sangat lama 75 tahun, untuk ditanami tanaman keras seperti karet, kelapa sawit, tarum (nila), teh, kopi atau untuk tanaman semusim seperti tebu dan tembakau dalam bentuk sewa periode pendek.

Sumber Referensi :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Cultuurstelsel
  2. https://www.unsam.ac.id/sistem-tanam-paksa/

Analisis Dampak Penjajahan Jepang

Penjajahan atau pendudukan Jepang terhadap Indonesia dimulai pada bulan Maret tahun 1942. Ketika itu, kekuasaan Belanda di Indonesia berhasil diruntuhkan oleh pasukan Jepang yang berusaha menguasai wilayah strategis di Asia Tenggara.

Penjajahan Jepang di Indonesia berlangsung singkat, tidak lebih dari 4 tahun, hanya sekitar 3 tahun 5 bulanan. Tepatnya dari maret tahun 1942 hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Singkatnya pendudukan Jepang terhadap Indonesia, namun ternyata menimbulkan pengaruh atau dampaknya. Berikut ini analisis dampak penjajahan Jepang di berbagai bidang berdasarkan pendapat pribadi dan beberapa sumber yang akan saya cantumkan.

Adapun dampak yang dimaksud meliputi positif dan negatif, antara lain :

1. Dampak Bidang Politik

Terdapat beberapa pengaruh positif dibidang politik pada masa pendudukan Jepang. Salah satunya adalah Jepang lebih memilih memanfaatkan tokoh-tokoh penting Indonesia untuk melancarkan kepentingan Jepang. Namun sebaliknya, para tokoh memanfaatkan ini untuk kepentingan Indonesia.

Namun disisi negatif, Jepang melarang adanya kegiatan politik, baik itu dalam bentuk organisasi atau pun perkumpulan semacamnya.

2. Dampak Bidang Ekonomi

Salah satu pengaruh positif bidang ekonomi yaitu pengenalan line sistem untuk kegiatan pertanian. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. Kemudian dampak negatifnya sangat banyak. Contohnya seperti terjadinya inflasi yang kemudian menyebabkan krisis ekonomi, dan kegiatan ekonomi ditujukan untuk kepentingan perang.

3. Dampak Bidang Sosial

Beberapa dampak dibidang sosial penjajahan Jepang di Indonesia misalnya seperti berkembangnya sistem kerja bakti di lingkungan masyarakat dan munculnya sikap dan keyakinan serta mempunyai kesadaran yang tinggi terkait dengan harga diri.

Namun dampak bidang sosial juga dirasakan, seperti terjadi banyak tindakan kriminal seperti perampokan yang semakin berkembang, pembatasan pers, dan kegiatan romusa yang semakin membuat rakyat hidup sengsara.

Itulah dampak di bidang politik, ekonomi dan sosial. Namun masih ada banyak sekali pengaruh pendudukan Jepang lainnya, seperti di bidang militer.

Pada masa pendudukan Jepang, banyak organisasi militer maupun semi militer dibentuk. Contohnya seperti PETA, Seinendan, dan sebagainya. Para bekas anggota organisasi-organisasi militer inilah yang nantinya menjadi TNI saat Indonesia telah merdeka.

Sumber Referensi :

Hello world!

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!