Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak

Bagi orang tua, kesehatan anak adalah hal yang sangat penting,apalagi anaknya masih batita (dibawah 3 tahun). Di usia ini anak masih belum dapat bicara dengan jelas, maka kesehatannya adalah sangat penting. Bayangkan saja jika diusia ini anak anda nangis terus, sementara anak anda belum pandai bicara, tentunya kita sebagai orang tua akan khawatir dan cemas. Atau misalnya nafsu makan anak tiba-tiba berkurang, sehingga anak tidak mau makan, dan lain-lain.

kesehatan anak

Saat memiliki anak kecil, tentunya seorang ibu harus bekerja ekstra. Karena di samping menjaga kesehatan sendiri, anda juga harus memikirkan dan menjaga kesehatan anak anda. untuk itulah anda sebagai orang tua harus pintar mencari info kesehatan anak sebanyak mungkin. Hal ini cukup penting sehingga anda bisa update info tentang perkembangan kesehatan anak anda dan juga bagaimana cara yang baik untuk terus menjaga kesehatan anak anda. Anda juga dapat berkonsultasi kepada ahlinya (dokter anak) untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat sehingga kesehatan anak benar-benar terjaga.

Lakukan beberapa hal ini terkait kesehatan anak

Untuk mencari tahu tentang kesehatan anak, banyak yang bisa dilakukan. Pertama anda bisa berkonsultasi kepada dokter anak saat sedang kontrol atau imunisasi. Tanya dengan jelas bagaimana perkembangan kesehatan anak anda dan juga tips untuk terus menjaga kesehatan anak anda. Penting juga anda memberikan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak (daya imunitas) anda seperti memberikan madu, habbatussauda kamil 3in1 atau suplemen lainnya. Usahakan menggunakan suplemen herbal untuk mengurangi efek samping bahan kimia.

Berikutnya, bisa juga mencari tahu info kesehatan anak melalui buku yang saat ini bisa anda dapatkan di berbagai macam toko buku di kota anda. Biasanya dalam buku tersebut tersedia berbagai macam info yang bisa digunakan untuk terus menjaga kesehatan anak. Berbagai tips dan ide yang bermanfaat bisa dicoba langsung.

Selain itu, bisa juga mendapatkan info kesehatan anak melalui internet karena sekarang banyak situs yang menyediakan berbagai macam hal yang anda butuhkan terutama mengenai kesehatan. Untuk itulah, jangan lupa agar kita untuk terus mencari info tentang kesehatan anak karena hal ini sangat penting.

Kenali Segera Tanda-tanda DBD pada Anak

Demam berdarah atau biasa disebut DBD merupakan penyakit yang sangat perlu diwaspadai. DBD banyak menyerang anak, karena penyebabnya adalah virus yang dibawa oleh nyamuk. Maka dari itu, ketahuilah tanda-tanda DBD pada anak dan segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

demam berdarah

Berikut Tanda-tanda DBD pada Anak

Bagi Anda para orang tua yang mendapati anaknya tiba-tiba mengalami gejala di bawah ini maka waspada dan tanggaplah.

1.Demam sangat tinggi secara mendadak
Anak yang mendadak mengalami demam hingga 40°C tentu membuat Anda khawatir. Langkah yang perlu dilakukan adalah segera membawa anak Anda menuju rumah sakit agar mendapatkan perawatan intensif. Demam tinggi merupakan fase demam berdarah pertama, sehinggu perlu sangat diperhatikan.

2.Nyeri pada otot, sendi dan tulang serta bagian belakang mata terasa sakit
Anak-anak terkadang sulit menceritakan apa yang dirasakannya kepada orang tua. Maka dari itu, Anda yang harus bertanya kepada anak apak dia merasakan nyeri atau sakit pada bagian-bagian tertentu. Dengan demikian, Anda dapat menganalisis apa yang sebenarnya terjadi. Bisa jadi dia mengalami tanda-tanda DBD pada anak.

3.Sakit kepala ekstrim
Sakit kepala yang lebih dari biasanya dapat terjadi jika anak Anda mengalami DBD. Anak-anak sulit mendeskripsikan rasa sakit yang terjadi. Ciri-ciri yag jelas terlihat adalah kemungkinan anak memegang kepala sembari menangis.

4.Sebagian besar tubuh mengalami ruam
Ruam atau memar dapat dialami anak pada bagian tubuh manapun. Hal tersebut juga merupakan gejala DBD pada anak 5 tahun yang dapat dilihat dengan jelas oleh Anda sebagai orang tua.

5.Terjadi perdarahan ringan di hidung
Perdarahan ringan di hidung atau yang biasa disebut mimisan merupkan respon yang sering ditampilkan pada anak-anak ketika mengalami demam. Hal tersebut merupakan gejala demam berdarah pada anak yang perlu Anda perhatikan.

Jika sudah positif mengalami demam berdarah atau DBD, hal yang harus dilakukan adalah memberikan penanganan sesuai dengan yang dibutuhkan. Tanda-tanda DBD pada anak dapat diketahui sejak awal, yaitu ketika demam tinggi pertama. Jangan sampai terlambat dalam menangani buah hati Anda yang terkena DBD. Umumnya, seseorang yang terserang DBD trombositnya akan turun drastis, maka sudah seharusnya anda mencari obat untuk menaikan trombosit yang aman. Semoga bermanfaat.