5 Kondisi Ciri-ciri Trombosit Turun

Trombosit atau yang dalam bahasa Indonesia disebut keping darah merupakan komponen darah yang berperan penting dalam pembekuan darah. Apabila trombosit dalam tubuh tidak berada dalam jumlah yang semestinya maka akan berdampak buruk. Simak ciri-ciri trombosit turun di bawah ini agar Anda dapat memahami lebih dini gejala yang mungkin dialami.

ciri trombosit trombosit

Berikut Ciri-ciri Trombosit Turun

Terdapat beberapa ciri-ciri yang merupakan pertanda bahwa kadar trombosit dalam darah mengalami jumlah yang sedikit atau kurang dari kebutuhan.

1. Lebih mudah memar atau berdarah
Memar memang mudah terlihat pada orang yang memiliki pigmen kulit terang. Hal tersebut dapat dianggap wajar. Namun, memar dan mudah mengalami perdarahan dapat digolongkan menjadi salah satu indikasi ciri-ciri trombosit turun pada orang dewasa yang apabila dibiarkan dapat merakibat fatal.

2. Perdarahan berupa bintik-bintik berwarna merah keunguan
Bintik-bintik tersebut biasanya terlihat pada kaki bagian bawah. Jika Anda mengalami hal semacam itu maka jangan mengabikannya begitu saja. Perlu dilakukan pemeriksaan dan penanganan sesuai petunjuk dokter.

3. Menstruasi yang tidak normal
Periode menstruasi yang berat atau tidak semestinya merupakan kemungkinan terjadinya menurunan jumlah tromboit dalam darah. Maka dari itu, biasanya dokter menyarankan bagi Anda yang sedang menstruasi untuk mengonsumsi obat menambah darah. Salah satu indikasi jumlah trombosit tidak normal adalah keluarnya darah saat menstruasi yang terlalu berlebihan.

4. Mimisan dan gusi berdarah
Sebagian dari Anda mungkin sering mengalami dua hal tersebut tetapi tidak menganggapnya serius. Padahal, mimisan dan gusi berdarah bisa jadi merupakan tanda bahwa jumlah trombosit dalam darah kurang. Adapun batas normal trombosit adalah 200.000 – 400.000 per Mel darah.

5. Adanya darah dalam urin atau feses
Darah yang bercampur dengan urin atau feses merupakan ciri-ciri trombosit turun yang sangat perlu diwaspadai. Beberapa penyebab trombosit turun drastis antara lain: penyerapan trombosit oleh limpa, menurunnya produksi trombosit dalam darah dan adanya kerusakan trombosit yang abnormal.

Memahami dan memperhatikan diri sendiri merupakan hal yang harus dilakukan oleh Anda. Walaupun obat sudah tersedia dimana-mana saat ini, tetapi tetaplah “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Maka dari itu, kenalilah ciri-ciri trombosit turun sejak dini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Minyak Bulus Sebagai Penghilang Jerawat

Perawatan wajah berjerawat dengan sabun bulus bisa menjadi pilihan bagi kamu semua yang memiliki kondisi wajah berjerawat. Wajah berjerawat tentu sangat mengganggu penampilan kamu. Terlebih jika kamu merupakan orang yang menggeluti pekerjaan tertentu tentu hal ini sangat mengganggu penampilan kamu. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat wajah agar terhindar dari jerawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak bulus.

minyak bulus putih

Minyak bulus merupakan salah satu jenis bahan alami yang sudah perlu diragukan lagi khasiatnya. Terutama dalam menghilangkan jerawat. Bahan alami yang terbuat dari hewan bulus ini memang sudah terbukti memiliki beberapa manfaat dalam menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami misalnya minyak bulus maka jerawat yang membandel akan segera hilang. Penggunaan bahan alami tentu akan membuat kamu menjadi lebih aman karena kamu terhindar dari beberapa bahan kimia yang bisa merusak wajah.

Maka dari itu melakukan perawatan wajah berjerawat dengan sabun bulus menjadi salah satu jawaban yang pas yang akan membantu kamu nantinya. Hampir semua orang pernah mengalami permasalahan ini. Karena jerawat ini kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak dibagian wajah. Secara umum perubahan hormonal ini dapat terjadi pada mereka yang menginjak usia remaja. Akan tetapi ada penyebab lain seperti menggunakan pil KB misalnya, kehamilan serta menstruasi. Nah untuk itu menggunakan sabun bulus bisa menjadi salah satu jawaban yang tepat. Berikut khasiat sabun bulus dalam menghilangkan jerawat.

Khasiat Sabun Bulus dalam Menghilangkan Jerawat

  • Selain menghilangkan jerawat minyak bulus juga membantu mencerahkan wajah dengan cara alami, membuat wajah menjadi bersih serta merona secara alami
  • Menjaga elastisitas kulit serta mengecilkan pori-pori
  • Mampu mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah
  • Mampu menghilangkan jerawat serta bekasnya dengan cara alami
  • Mampu menghilangkan komedo hitam dan putih dengan cara alami
  • Membantu memudarkan flek atau noda hitam yang ada di kulit wajah karena salah memilih produk kosmetik atau bisa juga karena bekas jerawat itu sendiri

Cara Memakai Minyak Bulus Untuk Menghilangkan Jerawat Secara Alami

  1. Silahkan bersihkan terlebih dahulu wajah yang berjerawat dengan menggunakan sabun khusus wajah
  2. Oleskan minyak bulus pada bagian wajah yang ada bekas jerawatnya selain itu bisa juga dioleskan ke seluruh wajah
  3. Tunggulah dalam waktu kurang lebih 30 menit kemudian silahkan bilas dengan bersih
  4. Lakukan hal ini secara rutin agar bekas jerawat bisa hilang

Nah itulah langkah menggunakan minyak bulus sebagai penghilang jerawat, nah ternyata jerawat ini juga bisa menimbulkan bekas yang sangat sulit untuk dihilangkan. Dengan adanya hal ini maka ketika kamu memiliki bekas jerawat maka bisa menggunakan langkah berikut ini.

  1. Silahkan bersihkan wajah dengan menggunakan sabun
  2. Setelah wajah dalam kondisi bersih silahkan oleskan minyak ke seluruh wajah
  3. Tunggulah kurang lebih selama 60 menit kemudian silahkan bilas kembali
  4. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menggunakan minyak bulus selama 30 menit saja

Demikianlah perawatan wajah berjerawat dengan sabun bulus silahkan lakukan perawatan ini untuk menghilangkan jerawat yang membandel.

Waspadai musim hujan terhadap munculnya penyakit

Musim hujan kali ini tidak ada bedanya dengan musim hujan yang lain, khususny di Jakarta. Hal ini karena lagi-lagi Jakarta di serang banjir yang tentunya membuat warga panik karena rumah mereka terendam. Dengan adanya musim hujan ini, beberapa hari yang lalu luapan sungai Citarum membuat para warga yang tinggal di daerah tersebut merendam enam kecamatan yaitu kecamatan Baleendah, Rancaekek, Dayeuhkolot, Cileunyi, Majalaya, dan Bojongsoang. Hal ini diakibatkan karena hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari yang lalu sehingga tidak hanya sungai Citarum, namun anak-anak sungainya pun ikut meluap. Hal ini sudah biasa terjadi di sungai Citarum sehingga masyarakatnya pun sudah terbiasa dan bersiap diri untuk mengungsi hingga kondisi dari tempat tinggal mereka aman untuk ditinggali lagi.

waspada musim hujan

Waspada musim Hujan terhadap banjir dan penyakit

Namun, kita tidak bisa menyalahkan musim hujan atas bencana banjir yang sering terjadi di Jakarta. Dengan adanya sampah dimana-mana dan juga kebiasaan membuang sampah sembarangan di hulu sungai membuat banjir sering terjadi dan merugikan masyarakatnya sendiri. oleh karena itu kesadaran harus dibangun sejak awal. Pertama yang harus dibangun adalah mengenai kesadaran diri dahulu kemudian baru disalurkan pada keluarga dan tetangga sekitar.

Jika hal ini kontinyus dan terus dilakukan maka niscaya banjir tersebut akan berkurang sehingga akan tercipta lingkungan yang aman dan bersih walaupun sedang musim hujan. untuk itu mulai sekarang sangat dianjurkan untuk tidak membuang sampah di sungai dan menjaga kebersihan sungai agar tidak ada lagi banjir yang datang dan menyebarkan penyakit. Karena jika dibiarkan terus, penyakit bisa melanda mulai dari penyakit kulit sampai penyakit yang lain sehingga lagi-lagi kita harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan dan juga rumah sakit. Oleh karena itu jagalah kesehatan di mulai dari kesehatan lingkungan.

Salah satu upaya untuk mencegah datangnya penyakit yaitu menningkatkan kekebalan tubuh, dan hal ini bisa dengan mengkonsumsi madu asli. Banyak sekarang toko madu asli yang menjual aneka madu mulai dari madu murni, madu diet, madu kejantanan, madu langsing, madu maag, madu penyubur kandungan dan lain-lain.

Manfaat Bedak Temulawak untuk Penampilan yang Menarik

Manfaat bedak temulawak pastinya sudah menjadi rahasia umum. Pasalnya bedak yang berbahan alami dari rimpang temulawak ini mengandung senyawa yang sangat banyak fungsinya. Kandungan dalam temulawak antara lain pati, protein, abu, serat, kurkumin, minyak atsiri, phelandren, kamfer, turmerol, dan borneol.

manfaat bedak temulawak

Bedak sendiri merupakan alat kosmetik yang selalu menjadi hal pokok ketika para wanita bersolek. Dengan menggunakan bedak wajah Anda akan tampak segar dan menawan. Beberapa produk bedak menambahkan tabir surya sebagai komposisinya agar bisa melindungi konsumennya dari bahaya akan paparan sinar matahari.

Manfaat bedak temulawak

1. Melindungi kulit wajah dari kerusakan
Bedak yang dari ekstrak temulawak ini mengandung minyak atsiri, dimana minyak atsiri merupakan formula untuk pembuatan kosmetik ataupun obat. Manfaat minyak atsiri untuk wajah adalah dapat melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat demu dan kotoran.

2. Meratakan warna kulit
Sama halnya dengan produk bedak yang beredar di pasaran, bedak temulawak ini juga bisa meratakan warna kulit pada wajah yang tidak rata. Pilihlah shade bedak yang mendekati warna asli kulit Anda. Pemilihan warna yang tepat dalam memilih bedak akan membuat Anda tampak menawan.

3. Sebagai tabir surya
Manfaat bedak temulawak berikutnya adalah mampu melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung UV A dan UV B yang dapat merusak kulit. Bedak padat temulawak mengandung Titanium Dioxide yang berguna sebagai UV Protection.

4. Menjaga kelembaban kulit
Kandungan Phytosqualane dan jojoba didalam bedak temulawak membuatnya mampu melindungi kesehatan kulit dan menjaga kelembabannya secara efektif. Bedak ini juga mampu menyerap kelebihan minyak pada wajah Anda

5. Bedak anti jerawat
Bedak yang berbahan dasar ekstrak temulawak ini mengandung senyawa antibakteri. Senyawa anti bakteri ini berasal dari kurkumin, yang mana mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Beberapa manfaat bedak temulawak diatas pastinya sudah membuat Anda tidak ragu untuk memilih nya sebagai produk kosmetik andalan. Selain bedak, produk temulawak juga mengeluarkan berbagai produk temulawak berbahan dasar temulawak seperti pencuci muka temulawak, krim temulawak (siang dan malam), serum temulawak, dan toner temulawak. Harga bedak temulawakpun cukup ramah di kantong Anda, hanya sekitar 60 ribuan saja.

Referensi : http://www.kosmetiktemulawak.com/blog/manfaat-bedak-temulawak/

Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak

Bagi orang tua, kesehatan anak adalah hal yang sangat penting,apalagi anaknya masih batita (dibawah 3 tahun). Di usia ini anak masih belum dapat bicara dengan jelas, maka kesehatannya adalah sangat penting. Bayangkan saja jika diusia ini anak anda nangis terus, sementara anak anda belum pandai bicara, tentunya kita sebagai orang tua akan khawatir dan cemas. Atau misalnya nafsu makan anak tiba-tiba berkurang, sehingga anak tidak mau makan, dan lain-lain.

kesehatan anak

Saat memiliki anak kecil, tentunya seorang ibu harus bekerja ekstra. Karena di samping menjaga kesehatan sendiri, anda juga harus memikirkan dan menjaga kesehatan anak anda. untuk itulah anda sebagai orang tua harus pintar mencari info kesehatan anak sebanyak mungkin. Hal ini cukup penting sehingga anda bisa update info tentang perkembangan kesehatan anak anda dan juga bagaimana cara yang baik untuk terus menjaga kesehatan anak anda. Anda juga dapat berkonsultasi kepada ahlinya (dokter anak) untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat sehingga kesehatan anak benar-benar terjaga.

Lakukan beberapa hal ini terkait kesehatan anak

Untuk mencari tahu tentang kesehatan anak, banyak yang bisa dilakukan. Pertama anda bisa berkonsultasi kepada dokter anak saat sedang kontrol atau imunisasi. Tanya dengan jelas bagaimana perkembangan kesehatan anak anda dan juga tips untuk terus menjaga kesehatan anak anda. Penting juga anda memberikan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak (daya imunitas) anda seperti memberikan madu, habbatussauda kamil 3in1 atau suplemen lainnya. Usahakan menggunakan suplemen herbal untuk mengurangi efek samping bahan kimia.

Berikutnya, bisa juga mencari tahu info kesehatan anak melalui buku yang saat ini bisa anda dapatkan di berbagai macam toko buku di kota anda. Biasanya dalam buku tersebut tersedia berbagai macam info yang bisa digunakan untuk terus menjaga kesehatan anak. Berbagai tips dan ide yang bermanfaat bisa dicoba langsung.

Selain itu, bisa juga mendapatkan info kesehatan anak melalui internet karena sekarang banyak situs yang menyediakan berbagai macam hal yang anda butuhkan terutama mengenai kesehatan. Untuk itulah, jangan lupa agar kita untuk terus mencari info tentang kesehatan anak karena hal ini sangat penting.

Kenali Segera Tanda-tanda DBD pada Anak

Demam berdarah atau biasa disebut DBD merupakan penyakit yang sangat perlu diwaspadai. DBD banyak menyerang anak, karena penyebabnya adalah virus yang dibawa oleh nyamuk. Maka dari itu, ketahuilah tanda-tanda DBD pada anak dan segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

demam berdarah

Berikut Tanda-tanda DBD pada Anak

Bagi Anda para orang tua yang mendapati anaknya tiba-tiba mengalami gejala di bawah ini maka waspada dan tanggaplah.

1.Demam sangat tinggi secara mendadak
Anak yang mendadak mengalami demam hingga 40°C tentu membuat Anda khawatir. Langkah yang perlu dilakukan adalah segera membawa anak Anda menuju rumah sakit agar mendapatkan perawatan intensif. Demam tinggi merupakan fase demam berdarah pertama, sehinggu perlu sangat diperhatikan.

2.Nyeri pada otot, sendi dan tulang serta bagian belakang mata terasa sakit
Anak-anak terkadang sulit menceritakan apa yang dirasakannya kepada orang tua. Maka dari itu, Anda yang harus bertanya kepada anak apak dia merasakan nyeri atau sakit pada bagian-bagian tertentu. Dengan demikian, Anda dapat menganalisis apa yang sebenarnya terjadi. Bisa jadi dia mengalami tanda-tanda DBD pada anak.

3.Sakit kepala ekstrim
Sakit kepala yang lebih dari biasanya dapat terjadi jika anak Anda mengalami DBD. Anak-anak sulit mendeskripsikan rasa sakit yang terjadi. Ciri-ciri yag jelas terlihat adalah kemungkinan anak memegang kepala sembari menangis.

4.Sebagian besar tubuh mengalami ruam
Ruam atau memar dapat dialami anak pada bagian tubuh manapun. Hal tersebut juga merupakan gejala DBD pada anak 5 tahun yang dapat dilihat dengan jelas oleh Anda sebagai orang tua.

5.Terjadi perdarahan ringan di hidung
Perdarahan ringan di hidung atau yang biasa disebut mimisan merupkan respon yang sering ditampilkan pada anak-anak ketika mengalami demam. Hal tersebut merupakan gejala demam berdarah pada anak yang perlu Anda perhatikan.

Jika sudah positif mengalami demam berdarah atau DBD, hal yang harus dilakukan adalah memberikan penanganan sesuai dengan yang dibutuhkan. Tanda-tanda DBD pada anak dapat diketahui sejak awal, yaitu ketika demam tinggi pertama. Jangan sampai terlambat dalam menangani buah hati Anda yang terkena DBD. Umumnya, seseorang yang terserang DBD trombositnya akan turun drastis, maka sudah seharusnya anda mencari obat untuk menaikan trombosit yang aman. Semoga bermanfaat.