Tingkatkan Prestasi dengan Mengambil Manfaat dari Belajar Online

Tingkatkan Prestasi dengan Mengambil Manfaat dari Belajar Online – Istilah belajar sering kali identik dengan dengan sebuah ruangan dengan guru yang mengajar. Akan tetapi, pengertian itu tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya, belajar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Baik dengan bantuan seorang guru atau pun dilakukan sendiri saja bersama teman-teman yang lainnya.

belajar online

belajar online

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto/

Apalagi di jaman seperti sekarang ini, di saat informasi bisa dengan mudah didapatkan hanya dengan ketukan jari. Apapun yang dicari bisa didapatkan dalam hitungan detik. Perkembangan teknologi ini ikut mempengaruhi cara belajar seseorang. Guru dan buku bukan lagi satu-satunya sumber informasi. Dunia internet menjadi sumber baru untuk mendapatkan ilmu dan informasi.

Memang belum semua orang memanfaatkan internet untuk belajar. Orang dewasa memanfaatkan internet membantu pekerjaannya sedangkan anak-anak lebih sering menggunakannya untuk mencari hiburan. Padahal internet bukan hanya bisa digunakan untuk menghibur diri saja. Internet bisa dijadikan lahan untuk belajar online dengan banyak manfaat seperti berikut ini.

Belajar Lebih Fleksibel

Belajar secara online dikatakan lebih fleksibel karena tidak terikat oleh waktu dan tempat. Selama ada jaringan internet, kegiatan belajar bisa terus berjalan tanpa perlu ke luar rumah atau pergi ke sekolah. Lagi pula belajar secara online tidak berarti belajar sendiri. Seseorang bisa belajar dengan bantuan pembimbing online atau pun belajar bersama teman yang terhubung dalam suatu komunitas daring.

Informasi Tidak Terbatas

Saat belajar di dalam ruang kelas dengan seorang guru, ilmu yang diperoleh terkadang terbatas pada kapasitas pengetahuan dan kemampuan guru pada saat itu. Ketika ada hal-hal lain yang ingin diketahui saat itu juga namun di luar kemampuan sang guru, guru tersebut membutuhkan waktu untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Berbeda halnya dengan belajar online.

Belajar secara online memungkinkan seseorang untuk mengakses berbagai informasi saat itu juga. Akan tetapi, informasi yang didapatkan pun harus disaring kembali karena bisa saja ada informasi-informasi yang tidak valid. Ada baiknya carilah informasi dari situs-situs khusus yang menyajikan materi pelajaran seperti Freedomnesia yang menyediakan berbagai artikel bermanfaat seputar pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Sosiologi dan Geografi.

Hemat Biaya

Banyak orang tua yang mengeluh ketika anaknya ingin mengambil pelajaran tambahan. Alasannya tentu saja berhubungan dengan biaya. Untuk bisa mengambil pelajaran tambahan atau kursus, orang tua harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Akan tetapi dengan menggunakan teknologi internet, hal itu bisa teratasi. Anak bisa diarahkan untuk belajar online tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup menggunakan jatah uang pulsa anak, pelajaran-pelajaran baru bisa diakses tanpa hambatan.

Jangkauan Lebih Luas

Jika dulu ada orang yang beralasan tidak bisa belajar karena kurangnya akses terhadap sekolah atau sumber belajar, saat ini alasan itu tidak berlaku lagi. Di mana hampir semua orang memiliki ponsel pintar dan menggunakan jaringan internet, segudang ilmu dan informasi bisa diakses dari mana saja. Bahkan orang-orang yang tinggal di daerah pelosok pun bisa belajar hal baru dengan bantuan jaringan internet yang kini jangkauannya sudah semakin luas dibandingkan dengan akses gedung sekolah.

Demikian beberapa manfaat yang bisa diambil dengan belajar online. Semua keterbatasn bisa ditembus dengan adanya jaringan internet yang mempermudah penyebaran informasi ke seluruh pelosok dunia. Kecanggihan tekonologi bisa memberi manfaat lebih tergantung pada penggunanya. Jika kecanggihan itu tidak dibarengi dengan pemanfaatan yang baik maka kegunaannya akan jadi sia-sia.