Mau Mengajukan Pinjaman, Ini 4 Jenis Barang yang bisa Digunakan sebagai Jaminan

AsaKita

Mau Mengajukan Pinjaman, Ini 4 Jenis Barang yang bisa Digunakan sebagai Jaminan! Setiap orang pasti pernah dalam kondisi terjepit dalam hal keuangan. Ketika hal ini terjadi, cara yang paling praktis untuk mendapatkan sejumlah dana dengan cepat adalah dengan mengajukan kredit kepada pihak bank atau lembaga keuangan. Walaupun ada beberapa situs atau aplikasi yang menyediakan hal tersebut, namun jumlah yang ditawarkan sangat rendah. Jika Anda membutuhkan dana dalam jumlah besar bisa mengajukan kredit dengan memberikan jaminan berupa barang berharga kepada pihak lembaga keuangan terkait.

Namun tidak semua barang bisa diajukan sebagai jaminan untuk pinjam uang kepada lembaga keuangan tersebut. Terdapat syarat dan ketentuan yang mengatur mengenai barang-barang apa saja yang bisa dijadikan jaminan. Misalnya saja barang tersebut harus dalam kondisi yang bagus dan terawat, memiliki harga jual yang tinggi dan setara dengan besarnya nilai kredit yang diajukan. Barang-barang berharga tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Rumah

Barang berharga pertama yang bisa dijadikan jaminan adalah rumah. Sebagian besar masyarakat jarang sekali mengajukan kredit dengan jaminan rumah kecuali dana yang dibutuhkan nilainya setara dengan harga rumah tersebut. Calon nasabah yang mengajukan kredit dengan jaminan rumah biasanya menggunakan dana tersebut sebagai tambahan modal bisnis yang mereka miliki.

Kendaraan Bermotor

Barang berharga berikutnya yang bisa dijadikan jaminan untuk pengajuan kredit kepada bank atau lembaga keuangan lainnya adalah kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Ada beberapa syarat dan ketentuan khusus yang harus Anda penuhi jika memilih kendaraan bermotor sebagai barang jaminan, diantaranya adalah mengenai usia kendaraan tersebut. Untuk sepeda motor usianya tidak lebih dari 5 tahun. Sedangkan untuk mobil yang bisa dijadikan jaminan adalah yang usianya tidak lebih dari 10 tahun.

Barang Elektronik

Ada beberapa barang elektronik yang bisa dijadikan jaminan ketika pinjam uang kepada pihak lembaga keuangan. Beberapa diantaranya adalah freezer, lemari pendingin, televisi, radio,laptop dan smartphone dengan kondisi yang masih bagus.  Walaupun demikian ada beberapa barang sejenis yang tidak bisa diterima karena purna jualnya yang turun. Misalnya saja microwave, TV tabung dan blackberry.

Perhiasan Emas

Barang berharga terakhir yang bisa dijadikan jaminan adalah perhiasan emas dan berlian. Anda bisa memberikan jaminan seperti perhiasan emas seperti gelang, cincin, kalung atau anting agar sebagai syarat pengajuan kredit kepada pihak penyedia dana.

Setidaknya terdapat 4 jenis barang berharga yang bisa dijadikan jaminan saat akan mengajukan pinjaman dana tunai kepada pihak lembaga keuangan. Mulai dari rumah, kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor, barang elektronik dan perhiasan emas. Dana tersebut bisa dicairkan setelah barang yang Anda ajukan sudah ditaksir nilai jualnya oleh petugas terkait. Ajukan kredit hanya kepada lembaga keuangan yang terpercaya agar barang yang Anda jadikan jaminan tetap aman.