Ini Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Jika Mengikuti Lomba Cipta Puisi Terbaru

Ini Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Jika Mengikuti Lomba Cipta Puisi Terbaru! Berbicara tentang puisi pastinya tidak akan bisa lepas dari keindahan dan permainan bunyi dari kata-kata yang diciptakan sang pengarang. Puisi merupakan karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh makna. Puisi itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi modern. Aturan dalam puisi lama masih terikat dengan jumlah baris, bait, ataupun rima (sajak). Contoh puisi lama yaitu pantun dan syair. Sedangkan puisi modern tidak terikat pada bait, jumlah baris, atau sajak dalam penulisannya sehingga puisi modern sering disebut sebagai puisi bebas.

Lomba Puisi Terbaru

Lomba Puisi Terbaru

Sejarah puisi Indonesia telah diwarnai oleh banyak nama besar yang masuk dalam buku sejarah sastra Indonesia. Nama-nama tersebut antara lain yaitu Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, W.S Rendra, dan Taufik Ismail. Kemahiran mereka dalam mengolah kata dan pandai melihat situasi yang sedang hangat menjadi perbincangan membuat nama mereka jadi besar dan dikenal sebagai sosok yang berpengaruh. Tanpa disadari, mereka pun turut andil dalam membangun Indonesia karena telah banyak karya mereka yang secara tidak langsung mempengaruhi moral dan pemikiran bangsa. Hingga di masa sekarang ini banyak diadakan lomba cipta puisi terbaru karena terinspirasi dari mereka.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti berbagai lomba terbaru, tidak ada salahnya Anda juga mengetahui manfaatnya. Karena mengikuti lomba sejenis itu tentu saja tidak hanya hadiah yang bisa Anda dapatkan, namun juga banyak manfaat lainnya. Salah satunya adalah untuk membangun kreativitas. Dengan menentukan diksi atau katayang tepat saat menciptakan puisi, secara tidak sadar Anda sedang menumbuhkan kreativitas. Sebab, mencipta puisi tidak akan berhenti pada tahap memilih kata saja. Selanjutnya pun Anda masih harus mengolah dan menyatukan kata-kata tersebut supaya jadi deretan baris yang indah.

Mengikuti lomba cipta puisi terbaru juga akan membuat Anda lebih berani dalam mengekspresikan diri. Karena puisi yang dilombakan biasanya akan ditampilkan di depan publik, seperti media online atau cetak. Karya yang Anda buat akan dilihat oleh banyak orang dan sangat mungkin mendapat apresiasi yang bagus dari pembaca. Dengan begini, karya dan nama Anda akan semakin dikenal. Hal ini akan membangun kepercayaan diri dan keberanian Anda. Dengan menjadi semakin dikenal, bukan tidak mungkin ini akan menjadi profesi Anda dan tentu saja uang akan dengan mudah datang dari profesi ini.

Selain dua manfaat di atas, mengikuti lomba cipta puisi terbaru juga memungkinkan Anda untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang sastra. Karena semakin berkembangnya zaman dan teknologi, ilmu pengetahuan termasuk sastra juga akan terus berkembang. Trend puisi juga sangat mungkin bisa berubah seiring waktu. Anda akan bisa memiliki kemampuan yang semakin terasah dan berpeluang mempelajari pelajaran terbaru dalam bidang sastra. Anda juga bisa bertemu dengan banyak orang yang memiliki ketertarikan yang sama dalam hal mencipta puisi. Dengan mereka Anda bisa bertukar informasi dan saling memberi dukungan.

Setelah tahu banyak manfaat di atas, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengikuti lomba cipta puisi terbaru. Ada banyak informasi mengenai perlombaan ini yang bisa Anda akses di laman pencarian. Sangat disayangkan jika Anda memiliki kesenangan dan kemampuan dalam hal mencipta puisi namun Anda tidak mengambil kesempatan bagus ini.