3 Kiat Mengatasi Memori Internal Penuh Agar Kembali Lega

3 Kiat Mengatasi Memori Internal Penuh Agar Kembali Lega- Penyimpanan internal yang terlalu penuh menganggu performa smartphone Anda. Aplikasi yang sedang digunakan bisa tiba-tiba berhenti atau Anda kesulitan mengunduh aplikasi baru karena kapasitas penyimpanan yang terlanjur penuh. Nah, berikut ini beberapa kiat mengatasi memori internal yang penuh.

memori internal penuh

memori internal penuh

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto/

Pindahkan ke Penyimpanan Eksternal

Solusi pertama yang dapat Anda lakukan ketika penyimpanan internal sudah penuh adalah memindahkan beberapa file dan aplikasi secara berkala ke penyimpanan eksternal atau kartu SD. Anda dapat memindahkan aplikasi yang awalnya ada di memori internal ke kartu SD dengan menuju menu settings lalu pilih apps. Akan tersedia beberapa aplikasi yang dapat Anda pindahkan ke kartu SD untuk meringankan beban penyimpanan internal.

Anda juga dapat memindahkan file, foto dan video dari penyimpanan internal ke kartu SD agar memori internal tidak terlalu penuh. Menyimpan data di kartu memori mengurangi risiko hilangnya data secara tiba-tiba akibat virus atau gangguan lainnya yang mungkin saja terjadi pada smartphone Anda.

Hapus Cache dan Aplikasi Tidak Terpakai

Selain memindahkan file dan aplikasi ke kartu SD, Anda dapat mengatasi memori internal penuh dengan menghapus cache setiap aplikasi secara berkala. Cache merupakan sisa sampah dari performa smartphone Anda yang akan menganggu jika tidak dibersihkan. Anda dapat menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan cache pada smartphone.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat meringankan beban penyimpanan internal dengan menghapus atau menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi bawaan pabrik seringkali membebani memori internal Anda. Membersihkan aplikasi-aplikasi ini dapat membantu agar performa smartphone Anda kembali prima.

Lakukan Factory Reset

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyimpanan internal yang penuh adalah melakukan factory reset. Amankan terlebih dahulu berbagai aplikasi dan data penting Anda ke kartu SD atau laptop. Setelahnya Anda dapat memilih menu settings lalu pilih back up and reset setelahnya klik factory data reset untuk menghapus data yang ada di android dan mengembalikan smartphone ke setelan pabrik.

Setelah melakukan factory reset, smartphone Anda akan kembali prima dan memori internal yang tadinya penuh akan kembali lega. Berbagai gangguan dan virus yang mungkin ada sebelumnya juga akan tersapu bersih.

Baca juga informasi lainnya yang perlu Anda ketahui karena dengan bermain game. Permainan game terbaik yang bisa Anda mainkan saat ini dan banyak di gemari oleh para gamer seperti game idrpoker88.

Itulah beberapa kiat mengatasi memori internal penuh yang dapat Anda terapkan. Menyiapkan penyimpanan eksternal, memindahkan file dan data secara berkala ke kartu SD hingga menggunakan aplikasi pembersih cache adalah beberapa solusinya.