Jenis Bahan Tenda dan Canopy Membrane Sebagai Atap Kekinian

Jenis Bahan Tenda dan Canopy Membrane Sebagai Atap Kekinian! Memiliki rumah idaman adalah hal yang diimpikan sebagian besar orang. Hal ini tentu saja akan membuat seseorang memikirkan dengan matang segala keperluan dan perkakas yang akan menjadi sokongan utama sebuah bangunan.  Mulai dari memperhatikan material seperti batu bata dan pemilihan keramik, serta serba-serbi atap yang akan digunakan. Kini ada pilihan tenda membrane sebagai salah satu alternatif atap modern.

Tenda membrane

Tenda membrane

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto/

Tak hanya cocok untuk bangunan di luar ruang, atap modern dari kain ini sudah terbukti ampuh menjadi perlindungan untuk segala cuaca. Kain yang digunakan bukan sembarang kain. Bahan dan material yang dipakai sebagai rangka juga dijaga kualitasnya agar bertahan lama dan lebih awet untuk jangka panjang.

Tenda membrane adalah jenis atap kekinian yang dibuat dari rangka besi hollow/ membrane / pipa yang cukup ringan. Selain itu jenis besi yang digunakan lebih mudah dibentuk dan cukup kuat, sehingga kamu bisa mendapatkan bentuk yang diinginkan. Kain penutupnya juga merupakan kain yang fleksibel dan lentur, aman digunakan sebagai pelindung.

Kamu tak perlu khawatir menggunakan atap kain sebagai penutup untuk rumah atau bangunan idamanmu. Kain yang digunakan sebagai atap pelengkap rangka membrane adalah kain khusus yang tahan air dan dapat menahan sinar ultraviolet pada sinar matahari. Apa saja jenis kain yang digunakan?

Karet Sintetis

Kain untuk atap ini jangan dipikirkan sama dengan kain untuk pakaian. Jelas sangat berbeda ketahanannya. Kain dari karet sintetis biasa digunakan untuk bangunan komersial yang disusun satu sama lain menjadi lembaran yang sangat besar. Biasanya tenda membrane dari jenis ini punya ketebalan sekitar 0,75 milimeter sampai 1,5 milimeter. Cukup tebal dan kuat untuk melindungi bangunan dari teriknya matahari dan derasnya hujan.

Membran termoplastik

Bahan kain yang satu ini mirip seperti karet sintetis. Hanya saja sambungan antar satu potongan dengan potongan yang lainnya dipanaskan bersama untuk membentuk satu kesatuan. Dalam penyambungannya juga digunakan bahan kimia agar lebih mudah melebur. Secara umum, stabilitas kain atap dari jenis membran termoplastik lebih baik dari yang lainnya. Jenis yang digunakan adalah PVC  (Polivinil Klorida) dan TPO (Termoplastik Poliolefin).

Bitumen modifikasi

Canopy membrane jenis bitumen modifikasi  memiliki ciri khas yang berbeda. Kain atap ini merupakan evolusi bentuk lain dari atap aspal. Bahan utama pembuatannya yaitu aspal yang dikombinasikan dengan bahan kimia lain sebagai pelarut.  Kerennya lagi ada dua macam cara penggabungan potongan material jenis ini.

Cara pertama menggunakan pemanasan. Dengan dipanaskan dengan suhu tinggi, potongan aspal akan meleleh sehingga membentuk sambungan yang kuat. Proses pelelehannya juga menggunakan alat tertentu, sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal.  Cara kedua dengan perekat suhu dingin. Pengembangan inovasi terkini terhadap atap dari bitumen modifikasi terdapat bahan yang bisa melekat sendiri.

Kelemahan dari atap bahan aspal ini jika nantinya bangunan memerlukan renovasi, maka akan lebih sulit dideteksi titik bocornya. Hal ini dikarenakan canopy membrane  jenis ini terbuat dari kerikil dan aspal yang tidak mudah dilihat sambungannya, tidak seperti bahan membrane lainnya.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan desain terbaru. Dengan canopy membrane  jenis bitumen modifikasi ini, kamu akan dapat memenuhi hasrat untuk memberikan keunikan tersendiri bagi rumah idamanmu. Biasanya perusahaan yang mengembangkan bisnis ini akan mengedepankan kepuasan pelanggannya dengan service yang maksimal. Ia bisa menjadi salah satu solusi atap modern kekinian yang cukup otentik jika ditempatkan pada spot tertentu di sudut rumahmu.