Informasi Lengkap Mengenai Burung Kenari: Jenis, Perawatan dan Harga

Burung Kenari merupakan jenis burung yang dulunya di impor oleh Belanda dari Inggris, Belgia serta Jerman sebelum kemudian dikawinkan ulang dengan jenis endemik dari wilayah Indonesia. Namanya sendiri, walaupun sama-sama dengan buah kenari, namun tidak berhubungan. Penamaan di dasarkan kepada nama Kepulauan Canary, habitat asli burung jenis ini.

Informasi Lengkap Burung Kenari 2020

Berasal dari famili fringillidae, kenari memiliki beberapa karakter yang perlu Anda ketahui. Merupakan jenis burung penyanyi dan petarung yang hebat, apalagi ketika bertemu dengan burung jenis lain, dengan mudah mereka akan terlibat dalam perkelahian. Selanjutnya adalah ia mudah beradaptasi dan tidak gampang stress, sehingga cukup gampang dalam segi perawatan.

  • Jenis Burung Kenari
  1. Kenari Postur

Jenis Kenari ini dibedakan berdasar postur yang dimiliki. Diantara jenisnya adalah Yorkshire, Five Fancy, Frill, Border, Gloster serta yang lainnya.

  1. Kenari Warna

Selanjutnya adalah jenis yang dibedakan berdasarkan macam warnanya. Bahkan beberapa dilakukan rekayasa genetik untuk menampilkan warna yang menarik. Contohnya adalah jenis Yellow Intensive, White Dominant, serta Red Mozaic dan lain-lain.

  1. Kenari Penyanyi

Cirinya adalah suara yang merdu dan bagus, kecepatan nadanya tinggi serta mampu menirukan nada lain yang diperdengarkan oleh pemiliknya. Jenis ini merupakan yang paling banyak dengan contoh Kenari American Singer, Roller, Waterslanger, dan Persian Singer.

  1. Kenari Hybrid

Merupakan persilangan antara satu jenis dengan jenis lain untuk menghasilkan tipe baru. Bisa juga merupakan kawin silang antara burung ini dengan burung satu famili, seperti burung Finch. Dengan perkawinan tersebut dihasilkan jenis baru yang meiliki dua keunggulan, misal posturnya menarik dan suaranya merdu.

 

  • Cara Perawatan Kenari

Memelihara burung jenis ini harus dibarengi dengan perawatan yang maksimal. Ikuti langkah berikut untuk merawat burung ini agar tidak mudah stress.

  1. Bersihkan kandang secara rutin, ganti pakan dan air minum setiap harinya dan jauhkan ia dari burung maupun predator lain.
  2. Apabila Anda memelihara burung jenis lain, Anda tak perlu khawatir meletakkannya berdekatan dengan Kenari milik Anda. Karena ia merupakan jenis burung yang mudah beradaptasi.
  3. Memberikan suplemen tambahan agar ia memiliki performa yang baik. Berikan pula makanan bergizi, yakni campuran buah, biji-bijian kaya serat dan mengandung protein yang tinggi.
  4. Lakukan pemasteran suara apabila Anda memeliharanya untuk unjuk kebolehan dalam bidang burung kicau.

Kenari memiliki varian harga yang cukup variatif, mulai dari 100.000 hingga bisa mencapai 10.000.000 rupiah untuk satu ekornya. Hal tersebut berdasarkan tipenya yang dibedakan menjadi tiga, yakni anakan, jenis kelamin dan pembagian semua jenis. Jenis lokal biasanya bisa di dapatkan dari 50.000 rupiah sampai 2.000.000 rupiah, sedang jenis impor mulai dari 1.500.000 hingga 10.000.000 rupiah.

Demikian informasi lengkap mengenai Burung Kenari. Dengan keindahan warna bulu dan kemerduan suara, membuat ia menjadi burung favorit masyarakat. Semoga bermanfaat!