Sebelum Cek Harga Karpet Masjid, Ketahui Dulu Cara Membersihkannya!

Sebelum Cek Harga Karpet Masjid, Ketahui Dulu Cara Membersihkannya! Karpet masjid pastinya memiliki ukuran yang sangat lebar. Karpet yang biasa digunakan sebagai alas lantai ini terasa nyaman saat dalam keadaan bersih. Hal ini juga dikarenakan kegunaannya sebagai beribadah, sehingga harus tetap suci. Semua orang bisa menunaikan ibadah dengan nyaman dan khusyuk.

Jual Karpet Masjid

Jual Karpet Masjid

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto/

Karena selalu digunakan dalam beribadah lima waktu, maka karpet masjid mudah sekali kotor. Apalagi jika masjid didesain dengan konsep terbuka akan membuat debu dan kotoran mudah sekali melekat di karpet. Jika tidak dibersihkan, maka akan cepat rusak. Tidak mungkin bisa cepat membelinya karena harga karpet masjid yang tidak murah.

Karpet di dalam masjid harus dibersihkan atau dicuci secara berkala. Kebersihan adalah hal paling penting di dalam tempat beribadah. Karpet yang senantiasa bersih akan bebas dari kuman, bakteri, hingga bibit penyakit. Agar daya tahan karpet menjadi lebih panjang, Anda selain membersihkan Anda juga bisa mencari yang jual karpet masjid berkualitas. Sehingga karpet bisa tahan dicuci berkali-kali. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Bersihkan Memakai Vacuum Cleaner

Kotoran yang banyak menempel di permukaan karpet biasanya menyelip di sela-sela seratnya dan tidak nampak jelas. Sehingga hal yang paling efektif dilakukan yakni menghilangkan debu-debu menggunakan vacum clener. Debu dan kotoran tersebut bisa tersedot secara cepat. Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengeluarkan debu yang ada di sela serat kain.

Gantung Karpet di Jemuran Khusus

Agar pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, maka karpet yang akan dibersihkan sebaiknya posisikan menggantung saja di jemuran khusus. Jangan mencuci langsung di atas lantai karena bisa menyulitkan Anda dalam menyikat semua kotoran dan debu. Pastikan alat jemuran tersebut mampu menopang karpet masjid yang berat. Biasanya alat ini juga ditemui di orang yang jual karpet masjid.

Semprot dengan Air Bertekanan Tinggi

Agar bisa mengeluarkan semua debu yang bersembunyi, maka Anda membutuhkan air yang mengalir serta memiliki tekanan yang tinggi. Hindari menyiram karpet menggunakan gayung karena hanya akan membuat Anda capek dan kotoran sulit terbuang. Partikel-partikel debu yang terselip akan dengan mudah jatuh saat disemprot dengan air bertekanan tinggi. Biasnaya harga karpet masjid yang mahal akan lebih awet meski dicuci berulang-ulang.

Pakailah Sabun Khusus untuk Karpet

Sebaiknya Anda menggunakan cairan pembersih yang memang digunakan untuk membersihkan karpet. Anda bisa mencari di pasaran produk jenis ini. Agar karpet lebih awet sebaiknya hindari menggunakan deterjen pakaian. Hal ini justru akan merusak serat karpet. Jika mencuci karpet menggunakan detergen juga pemborosan karena akan membutuhkan sangat banyak.

Gosok Permukaannya dengan Sikat Halus

Karpet masjid juga harus digosok dengan sikat agar bersih bisa maksimal. Anda bisa menggunakan sikat yang memiliki bulu halus agar tidak merusak kain karpet. Jangan terlalu kasar saat menyikat agar jahitan karpet tidak lepas. Sikat karpet pada area tengahnya saja dan jangan menyikat benang-benang yang ada di tepi karpet. Harga karpet masjid yang punya benang tepi cepat lepas biasanya sangat murah.

Jemur Cukup Diangin-anginkan

Cahaya matahari sejatinya mengandung sinar infrared dan ultraviolet yang merusak. Warna karpet Anda bisa saja cepat memudah jika langsung terkena sinar matahari. Selain itu, serat kainnya pun akan menjadi rusak. Agar karpet bisa kering dan tanpa luntur, maka manfaatkan angin.

Sebelum menuju ke orang yang jual karpet masjid, sebaiknya Anda mengetahui dulu cara membersihkannya. Selain bisa memperpanjang usia karpet, juga menyambung silaturahmi.