Furniture Jepara, Komoditi Ekspor Furniture Andalan Indonesia

Furniture Jepara, Komoditi Ekspor Furniture Andalan Indonesia! Furniture Jepara sedang berjaya untuk saat ini. Sebuah fakta menyatakan bahwa furniture Indonesia sangat penting di Amerika. Hal ini ditunjukkan dengan kebutuhan furniture Amerika mencapai angka US$ 148 miliar pada tahun 2014. Angka ini akan diprediksi mengalami kenaikan sebesar US$ 178 miliar pada 2019. Sebagian besar furniture Amerika diambil langsung dari Indonesia.

Masyarakat luar sangat menyukai produk Indonesia yang satu ini karena keunikan yang dimilikinya. Pada umumnya, furniture di Indonesia terbuat dari kayu dan bahan-bahan khas yang lain, seperti rotan. Desain dan style furniture sendiri sebagian besar merupakan gaya klasik. Para pengrajin membuat produk didominasi nuansa etnik yang kental dengan ukiran bermotif floral atau unsur alam.

 

Masyarakat Amerika sangat cerdas dalam memilih furniture yang berkualitas. Menurut studi, mereka melihat dari bahan yang digunakan. Semakin terlihat tua dan kering, maka kualitas furniture semakin baik. Rahasia ini kini diadopsi oleh pengusaha Indonesia Furniture di Jepara. Mereka lebih cenderung menggunakan kayu jati yang memiliki sifat tersebut. Semakin tua kayu jati, maka kualitas furniture akan semakin baik dan berkualitas. Furniture pun akan mampu bertahan terhadap percikan air dan serangga, seperti rayap. Selanjutnya, furniture yang baik tercermin dari konstruksinya.

Semakin kokoh suatu furniture, maka kualitas dan keawetan furniture terjamin. Di Jepara, furniture diproduksi dengan penuh ketelitian. Untuk menghasilkan furniture yang kokoh, produksi dilakukan oleh tenaga profesional. Dari proses pemilihan bahan hingga pengecatan furniture, semuanya berada dalam quality control yang bagus.

 

Bahkan hingga ke segi desain, furniture ini sangat diperhatikan. Furniture pada umumnya menggunakan desain yang klasik. Namun tidak untuk produk dari Jepara ini. Hal inilah yang membuat mebel Jepara sangat dilirik masyarakat Amerika. Dari segi desain, pengrajin Jepara membuat beberapa model. Terdapat model Klasik yang terkesan tradisional dan kuno, gaya mediteran, bahkan gaya minimalis.

Untuk furniture model minimalis, peluangnya sangatlah besar sehingga produsen Jepara meliriknya karena hemat bahan baku dan terbilang simpel. Furniture Jepara saat ini terkenal dengan model yang minimalis dan praktis, sehingga pasar sangat mendukung produk ini.