Fungsi Retikulum Endoplasma

Fungsi Retikulum Endoplasma – Setiap sel eukariotik mempunyai organel yang biasa disebut dengan Endoplasmic Reticula. Organel ini terdiri dari sistem membran. Di sekitarnya dapat ditemukan bagian sitoplasma yang disebut dengan sitosol. Selain itu retikulum ini terdiri dari ruangan ruangan kosong yang tertutupi dengan membran yang memiliki ketebalan sekitar 4 nanometer atau sekitar 10 meter yang secara langsung terhubung dengan selimut nukleus atau disebut juga dengan nuclear envelope. Hal tersebut merupakan suatu bagian sel yang terdiri dari sistem membran.

Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma mempunyai beberapa fungsi penting diantaranya

– Mendukung Sintesis protein

– Menyalurkan bahan genetika yang berada di antara inti sel dengan sitoplasma.

– Berfungsi sebagai alat transportasi zat zat yang terdapat di dalam sel tersebut.

– Menjadi kalsium yang nantinya akan dikeluarkan untuk kemudian menuju ke sitosol.

– Memodifikasi protein yang disintesis oleh riboson untuk nantinya disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya akan dikeluarkan dari sel.

– Mensintesis lemak dan juga kolesterol yang terjadi di hati

– Menetralkan racun atau proses detoksifikasi yang terletak di sel sel hati.

– Menjadi sarana transportasi molekul molekul dan juga bagian sel yang satu ke bagian sel yang lainnya.

Dengan kata lain Retikulum endoplasma (RE) yaitu sejenis sitoskeleton yang menyediakan permukaan untuk reaksi kimia, jalur untuk pengangkutan bahan, dan depot pengumpulan untuk bahan yang disintesis. Anda juga menemukan RE halus pada sel-sel ini yang harus mempertahankan bentuk tertentu. Dalam RE ini terdapat komponen struktural juga.

Mikrosom yang merupakan partikel yang kaya DNA berperan aktif dalam sintesis protein. Sementara membran itu sendiri terlibat dalam sintesis steroid. Maka dari itu kita memandang RE sebagai bagian produksi utama dari pabrik (sel), meskipun kita masih jauh dari pemahaman lengkap tentang operasinya secara keseluruhan.

Itulah sekilas penjelasan mengenai retikulum endoplasma. Masih banyak lagi pengetahuan mengenai sel dan organel. Mulai dari strukturnya, ciri khususnya, serta rincian dari setiap sel dan organel yang dapat menambah pengetahuan biologi Anda.