Daftar Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang Wajib untuk Dikunjungi

Daftar Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang Wajib untuk Dikunjungi – Sumatera Selatan merupakan provinsi di Indonesia yang terkenal karena empek-empeknya. Bukan hanya karena makanan khasnya saja, wilayah Sumatera Selatan pun terkenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya karena pada abad ke-7 hingga ke-12 Masehi, provinsi ini merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya.

Wisata air terjun Sumatera Selatan

Wisata air terjun Sumatera Selatan

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto/

Di balik semua keagungannya dan sejarah serta penganan khasnya, Sumatera Selatan menyimpan berjuta tempat wisata yang siap dijelajahi. Jika suka dengan wisata berbau budaya dan sejarah ada istana, benteng hingga masjid yang bisa dikunjungi. Jangan lupa juga untuk melihat keanggunan jembatan ampere yang terbentang di atas Sungai Musi. Selain semua hal tersebut, Sumatera Selatan memiliki wisata alam yang indah, terutama air terjunnya atau warga sekitar menyebutnya cughup.

Wisata air terjun Sumatera Selatan merupakan wisata yang tidak boleh dilewatkan. Tempatnya yang tersembunyi di dalam pegunungan memberikan tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin menemukannya. Namun semua kelelahan dalam perjalanan itu akan terbayar dengan pemandangan dan kesejukan yang ditawarkan. Berikut adalah beberapa air terjun di Sumatera Selatan yang patut dikunjungi.

Cughup Lematang Indah

Di antara sekian banyak air terjun atau cughup, Cughup Lematang Indah merupakan salah satu destinasi pariwisata Indonesia terpopuler di Sumatera Selatan. Karena kepopulerannya, air terjun ini memiliki pengunjung terbanyak jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Ini juga disebabkan lokasinya mudah dijangkau dan tidak jauh dari jalan atau pun pusat kota Pagar Alam.

Karena arusnya yang deras, salah satu andalan wisata air terjun Sumatera Selatan yang satu ini adalah arung jeram. Tapi jika tidak terlalu suka mengadu adrenalin, bermain air di bawah guyuran air terjun setinggi 40 meter di kaki Gunung Dempo. Biaya tiketnya pun cukup murah hanya Rp. 4.000,- saja dengan sarana yang cukup lengkap seperti mushola, kamar mandi atau tempat ganti baju serta tempat istirahat.

Cughup Bidadari Lahat

Cughup Bidadari terletak di tengah hutan, tepatnya di Desa Karang Dalam, Kecamatan Penang, tidak terlalu jauh dari pusat Kabupaten Lahat. Air terjun yang biasa dikenal warga sekitar sebagai Ayek Asem memiliki tujuh puncak dengan tiga kolam pemandian. Bagi pengunjung yang suka berendam dalam kesegaran air pegunungan, cughup ini sangat cocok untuk jadi tempat liburan.

Air terjun Bidadari dikenal sebagai wisata air terjun Sumatera Selatan tertinggi di aliran sungai Asam dengan ketinggian 30 meter, lebar bagian atas 10 meter dan lebar bagian bawah 15 meter. Penamaan air terjun yang memiliki pemandangan indah ini didasarkan pada kisah warga yang mengatakan bahwa tempat ini dulunya merupakan pemandian para bidadari. Untuk bisa menikmatinya cukup membayar tiket Rp. 5.000,-.

Cughup Maung

Di antara kedua air terjun yang terdapat di daerah Suamtera Selatan, cughup atau air terjun Maung merupakan air terjun tertinggi. Ketinggian air terjun ini kurag lebih 80 meter. Meskipun sama-sama terletak di Lahat seperti Air Terjun Bidadari, untuk bisa sampai di Cughup Maung pengunjung perlu melakukan perjalanan yang lebih jauh dengan berjalan kaki.

Di balik air terjun yang menjulang tinggi, banyak bebatuan berlumut yang menyembul sehingga memecah aliran deras air terjun menjadi aliran-aliran kecil. Pemandangan itu semakin diperindah dengan tumbuhnya tanaman rambat yang memberikan kesan warna hijau alami yang unik dan memanjakan mata.

Ketiga wisata air terjun Sumatera Selatan tersebut memang bisa memanjakan mata dan memberikan suasana segar bagi tubuh dan pikiran. Tapi jika datang musim hujan, pengunjung perlu lebih hati-hati. Bebatuan yang terdapat di sekitar air terjun biasanya akan lebih licin dan aliran air akan lebih deras. Ada baiknya mengunjungi air terjun dilakukan di musim yang lebih kering.