Daftar Rekomendasi Universitas Terbaik Psikologi Di Dunia

Psikologi merupakan salah satu bidang studi favorit tak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Selain menarik bagi banyak orang karena kita bisa mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia yang kompleks, jurusan yang satu ini juga menawarkan pilihan karir yang beragam dan lapangan pekerjaan yang terbuka lebar. Peran psikolog dalam kehidupan masyarakat sendiri semakin hari semakin dibutuhkan lantaran munculnya berbagai masalah yang semakin kompleks dalam kehidupan manusia.


Tugas para psikolog pun kini tak terbatas pada jasa seperti tes psikologi maupun terapi dan konseling, namun juga lebih terlibat dalam pendampingan pasien. Karena itu, untuk menjadi seorang psikolog tidaklah mudah. Anda juga harus menempuh pendidikan yang kurikulumnya selalu berubah mengikuti perkembangan zaman dan kehidupan manusia yang selalu berubah. Jika benar-benar menaruh minat pada dunia psikologi, maka Anda harus mengambil studi di tempat terbaik. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi universitas terbaik psikologi di dunia yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. University of Oxford, United Kingdom. Inilah kampus tertua berbahasa inggris yang terletak di kota Oxford, Inggris. Kampus terkenal ini merupakan pesaing klasik universitas bergengsi lainnya di Inggris, yakni Cambridge University dalam memperebutkan gelar sebagai kampus nomor satu di Britania Raya dari tahun ke tahun.
  2. University of Cambridge, England. Inilah kampus tertua kedua di dunia yang juga merupakan “musuh bebuyutan” Oxford University. Jurusan Psikologi di kampus ini sudah ada sejak tahun 1897 dan diklaim sebagai yang terbaik di seantero Eropa. Cambridge University secara rutin menyalurkan mahasiswanya sebagai tenaga sukarelawan untuk berbagai organisasi psikologi bertaraf internasional yang tentunya akan memberikan nilai plus bagi para alumninya.
  3. Stanford University, United Kingdom. Universitas swasta yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu kampus dengan jurusan psikologi terbaik di dunia. Secara keseluruhan, kampus ini berada dalam jajaran universitas terbaik dunia secara konsisten baik jika ditinjau dari segi pengajaran maupun penelitian. Jurusan psikologi di Universitas Stanford memiliki 5 area ekspertis untuk jurusan PhD, bahkan menawarkan peluang belajar untuk level pendidikan di atas S-3.
  4. University of Michigan, United States. Kampus negeri tertua untuk skala nasional dipegang oleh University of Michigan. Secara konsisten kampus ini berada dalam posisi 5 teratas kampus riset terbaik di Amerika serta 20 kampus terbaik di dunia. University of Michigan juga memiliki kampus satelit yang ada di Flint dan Dearborn. Universitas ini terkenal karena aktivitas risetnya yang tinggi serta kesempatan bagi para lulusannya untuk melanjutkan studi dalam bidang kemanusiaan, ilmu sosial, pengobatan, hingga hukum.

Itu dia beberapa rekomendasi universitas psikologi terbaik yang bisa Anda pertimbangkan saat akan melanjutkan studi di luar negeri. Meskipun kuliah di luar negeri bisa memakan biaya yang jauh lebih besar dibanding kuliah di dalam negeri, namun manfaat yang akan Anda dapatkan tentu saja jauh lebih banyak. Untuk mensiasati biaya mahal tersebut, Anda bisa bekerja paruh waktu sembari kuliah di universitas terbaik psikologi di dunia. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas beasiswa yang biasanya ditawarkan universitas tertentu bagi mereka yang memiliki nilai di atas rata-rata pada tes masuk. Singkat kata, di mana ada kemauan, di situ ada jalan bagi mereka yang ingin menuntut ilmu setinggi langit. Selamat menco