Berminat Menjadi Investor Saham? Simak Beberapa Ulasan Tentang Cara Investasi Saham Berikut ini

Berminat Menjadi Investor Saham? Simak Beberapa Ulasan Tentang Cara Investasi Saham Berikut ini! Di Indonesia, saham merupakan salah satu instrumen dalam dunia perbisnisan yabg amat sangat populer. Tidak sedikit orang yang memilih untuk menjadi investor saham. Balik modal dalam kurun waktu yang sebentar ditambah resiko yang lebih minim telah menjadikan bisnis ini sebuah primadona tersendiri. Bahkan, orang terkaya sedunia pun labelnya pernab disandang oleh Warren Buffet, seorang investor saham dari Amerika Serikat.

cara investasi saham

cara investasi saham

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto/

Lalu, sebenarnya apa saham itu sendiri? Saham adalah sebuah bukti atas kepemilikan pada perusahaan atau sebuah badan tertentu, dimana kalian bebas untuk mengklaim keuntungan dari badan atau perusahaan tersebut. Nah, menarik, bukan?. Namun tentu saja, sebelum melakukan investasi pada saham, kalian perlu tau duly keuntungan, resiko hingga beberapa cara investasi saham agar tidak salah dalam mepangkah.

Yang pertama kali harus kalian ketahui adalah tentang apa itu dividen. Dividen adalah sesi pembagian keuntungan yang diberikan oleh badan atau perusahaan tersebut yang bersumber dari keuntungan perusahaan. Tentu saja, dividen baru bisa dibagikan setelah mendapat persetujuan dari semua anggota pemegang saham lain saat RUPS.

Dalam ulasan cara investasi saham istilah lain ada yang namanya adalah capital gain. Capital Gain sendiri adalah sebuah selisih antara kurs harga beli dan harga jual. Oleh karena capital gain berhububgan dengan keuntungan serta harga jual dan harga beli, maka Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham yang ada di pasar sekunder.

Contohnya saja, seorang kalian membeli saham DEF  dengan harga per saham Rp 7. 000, kemudian menjualnya dengan harga Rp 7.500 per saham yang mana hal ini berarti kalian akan mendapatkan capital gain dengan nominal senilai Rp 500 untuk setiap saham yang kalian jual tersebut. Selain penuh keuntungan, dalam kegiatan bisnis persahaman juga terdapat beberapa risiko, seperti capital loss, sebuah keadaan dimana kalian menjual saham lebih rendah dari harga belinya.

Dalam ulasan tentang cara investasi saham juga dikenal risiko likuiditas. Sebuah kondisi dimana perusahaan dengan saham yang kalian miliki dinyatakan bangkrut oleh pengadilan serta menunggak beberapa tagihan. Pada kondisi seperti ini, otoritas terakhir ada pada kalian selaku pemegang saham. Namun, tentu saja, semua setelah kewajiban (tunggakan) perusahaan tersebut bisa terselesaikan.

 

Berikut, adalah beberapa tahapan dan cara dalam berinvestasi saham:
1. Siapkan Dokumen Pendukung

Pertama-tama seperti persyaratan pada umumnya, tentu saja dengan mempersiapkan foto copy dari dokumen pribadi sebagai pendukung form pendaftaran sebelum berinvestasi, diantaranya adlah: Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta buku tabungan (halaman depan nomor rekening), juga jangan sampai lupakan kehadiran materai Rp 6.000 yang selalu menjadi acuan validitas data minimal 2 buah.

2. Isi Formulir Salah Satu PerusahaanSekuritas

Setelah persyaratan administrasi dan dokumen lengkap, cara investasi saham yang kedua adalah calon investor tidak dapat begitu saja mendaftar dan bertransaksi di BEI, tetapi harus terlebih dahulu melalui perantara (broker) atau perusahaan sekuritas dengan mepampirkan dokumen asli untuk mendaftar sebagai nasabahnya.
Setepah proses isi data selesai, perusahaan akan melakukan penelaahan kepada kalian untuk kemudian kalian akan mendapat e-mail berupa user name dan password untuk mengakses sistem transaksinya. Kalian nantinya juga akan mendapatkan nomor Singel Investor Identification (SID) melalui perusahaan sekuritas.

3. Setor Dana

Setepah semua proses selesai, nantinya pihak sekuritas akan menginformasikan nomor rekening bank kalian sebagai saldo awal dalam transaksi saham. Tentu saja, masing-masing perusahaan memiliki kebijakan sendiri dakam hal transaksinya. So, tertarik dengan cara investasi saham? Investasikan segera sahammu saat ini, ya.