8 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Disantap Setiap Hari

Sudah sepatutnya Anda mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Dengan mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, Anda dan keluarga akan senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, serta kualitas hidup pun akan meningkat. Oleh karena itu, sediakan makanan sehat berikut untuk disantap setiap harinya agar kualitas hidup semakin baik. Berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari, dikutip dari web kesehatan SehatQ.com

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto/

  1. Blueberry

Blueberry kaya akan serat, vitamin A dan C. Ia dijuluki ‘brain berry’ karena kemampuannya mencegah pikun. Ia juga mencegah kanker, diabetes, dan menyehatkan pembuluh darah. Luar biasa, bukan? Oleh karena itu, siapkan blueberry sebagai makanan sehat untuk disantap setiap hari.

Konsumsi secangkir blueberry segar setiap hari, atau setengah cangkir dalam bentuk beku atau kering. Blueberry tetap berkhasiat meski dalam bentuk kering, beku, ataupun selai.

  1. Bayam

Bayam tak bisa diremehkan khasiatnya. Makanan pembentuk otot ini kaya asam lemak omega 3 dan folat. Omega 3 mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis. Bayam juga mengandung lutein, senyawa yang melawan menurunnya penglihatan dan juga membantu menjaga gairah seks.

  1. Yogurt

Makanan yang konon berusia 2000 tahun ini punya khasiat luar biasa. Ia mengandung ratusan juta organisme probiotik yang membantu bakteri bermanfaat pada tubuh. Yogurt juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kanker. Saat membeli, pastikan pada label tertulis mengandung ‘live active cultures’ atau bakteri aktif.

  1. Tomat

Tomat merah adalah yang terbaik karena lebih kaya antioksidan likopen. Tomat yang telah diproses juga sama baiknya karena akan lebih mudah bagi tubuh menyerap likopennya.

Menurut penelitian, banyak mengonsumsi likopen bisa menurunkan risiko kanker kandung kemih, paru, prostan, kulit, dan perut. Tomat juga mengurangi risiko penyakit pembuluh darah koroner. Untuk kebutuhan harian, makanlah 22 mg likopen sehari (sama dengan delapan tomat cherry atau segelas jus tomat).

  1. Wortel

Hampir semua sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah, kuning, serta oranye mengandung karotenoid–senyawa lemak larut air yang mengurangi risiko aneka kanker, inflamasi parah, seperti asma dan rematik. Namun, yang paling mudah dikonsumsi serta memiliki kalori rendah adalah wortel.

  1. Kedelai Hitam

Semua kacang baik untuk jantung. Tetapi, kedelai hitam adalah juaranya dalam meningkatkan kerja otak. Kedelai hitam kaya anthocyanins, yaitu senyawa antioksidan yang memperbaiki fungsi otak.

Dengan mengonsumsi setengah cangkir kedelai hitam setiap hari, Anda sudah mendapat 8 gram protein dan 7,5 serat yang rendah kalori dan bebas lemak jenuh.

  1. Walnut

Walnut lebih kaya omega 3 daripada salmon, lebih banyak mengandung polifenol daripada anggur merah, dan lebih banyak protein pembentuk otot daripada ayam. Kacang lain hanya mengandung satu atau dua dari tiga khasiat ini, tetapi walnut punya ketiganya. Makan 1 ons walnut (sekitar 7 biji) sehari baik untuk kesehatan.

  1. Oat

Oat kaya akan serat larut air yang menurunkan risiko penyakit jantung. Karbohidratnya memang cukup tinggi, namun pelepasan gulanya ditahan oleh serat. Setiap setengah cangkir berisi 10 gram protein sehingga bisa membantu memperbaiki otot.