7 Buah untuk Ibu Hamil yang Cocok Dikonsumsi

7 Buah untuk Ibu Hamil yang Cocok Dikonsumsi! Saat seseorang hamil, maka asupan makanan menjadi dua kali lipat, untuk dirinya dan jabang bayi yang ada di dalam. Asupan yang baik tentu akan mempengaruhi perkembangan janin. Oleh sebab itu, para ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis sayuran dan buah-buahan.

Buah untuk ibu hamil

Buah untuk ibu hamil

Baca juga artikel lain di : https://blog.ub.ac.id/naruto

Sayur dan buah memiliki banyak sekali kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan janin. Menurut sebuah penelitian, janin yang tidak menerima nutrisi tepat selama masa kehamilan, bisa mengalami perubahan metabolisme dan fisiologi dalam rahim. Hal ini bisa menyebabkan pemicu penyakit di kemudian hari. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untu mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin.

Jika masih bingung, buah apa saja yang cocok dikonsumsu oleh ibu hamil, jangan khawatir. Karena, di artikel kali ini kita akan membahas 7 buah untuk ibu hamil.

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang tentunya disukai banyak orang dan ternyata buah yang satu ini pun cocok untuk seorang ibu yang sedang hamil. Di mana, kandungan serat dan vitamin A nya yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan janin di dalam rahim. Menurut sebuah penelitian, bayi dari ibu yang mengkonsumsi apel secara rutin saat hamil, memiliki tingkat risiko asma dan alergi yang rendah.

Kurma

Buah untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah kurma. Kandungan glukosa yang tinggi, yaitu antara 60-70% pada kurma sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi asupan energi hariannya. Buah yang sering ditemukan ketika bulan puasa ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi dan meningkatkan rangsangan syaraf.

Nanas

Di kalangan masyarakat, nanas sering disebut sebagai buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, nyatanya buah yang satu ini sangat cocok untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan, nanas memiliki banyak kandungan gizi, seperti vitamin C, vitamin B6, asam folat, magnesium, zat besi, dan berbagai nutrisi lain yang sangat baik untuk bayi yang berada dalam rahim. Hanya saja, tidak disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Alpukat

Jenis buah untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah alpukat. Buah yang bisa dijadikan berbagai macam jenis makanan ini merupakan sumber dari vitamin B, vitamin C, vitamin K, magnesium, kolin, serat, kalium dan zat besi. Beberapa kandungan nutrisi tersebut sangat penting untuk perkembangan otak dan syaraf bayi.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat mudah didapatkan. Bahkan, bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang lain. Salah satu hal yang unik dari buah ini adalah tidak akan busuk. Kandungan vitamin B6 dalam pisang sendiri, mampu membantu meredakan mual dan muntah pada awal kehamilan.

Jeruk

Seperti yang kita ketahui, jeruk sangat kaya akan vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya. Jeruk merupakan buah untuk ibu hamil, karena merupakan asupan cairan yang diperlukan tubuhh untuk menghindari dehidrasi. Kandungan folatnya juga bisa berguna untuk mencegah saraf tulang belakang dan kecacatan otak pada janin.

Mangga

Tidak hanya vitamin C, kandungan lain dari buah mangga sendiri adalah vitamin A yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga bayi yang ada dalam rahimm terhindar dari gangguan pada sistem pertahanan tubuhnya.

Beberapa buah untuk ibu hamil di atas sangat mudah ditemukan dan bisa dikonsumsi dengan berbagai cara.