5 Cara Mendeteksi Ciri Payudara saat Hamil akibat Kanker

Saat seorang ibu muda hamil, ia akan mengalami beragam perubahan. Salah satu ciri payudara saat hamil itu umumnya membesar seiring kelahiran bayi. Tapi, ada pula perubahan payudara rupanya diakibatkan oleh adanya kanker. Untuk itu, simak dulu cara-cara mendiagnosis adanya kanker ini agar bisa ditangani secara cepat dan tepat.

  1. Menggunakan Pemeriksaan Biopsi

Untuk mendeteksi dengan cara ini, prosesnya meliputi pemeriksaan fisik secara langsung. Pada saat memeriksa, dokter akan menelisik bagian kelenjar limfe di area ketiak serta apakah ada benjolan abnormal di seputar payudara atau tidak. Sedangkan untuk menunjang pemeriksaan ini, pihak dokter melakukan pemeriksaan menggunakan ultrasonografi.

Fungsinya untuk menentukan apakah benjolan payudara tersebut bersifat padat atau berisi cairan. Selain ultrasonografi, kadang juga menggunakan pemeriksaan CT (Computerized Tomography) serta MRI (Magnetic Resonance Imaging). Lalu sampel dari pemeriksaan tersebut akan dikirim dan dianalisis di laboratorium untuk agar hasilnya lebih pasti.

  1. Melakukan Pemeriksaan dengan Rontgen pada Payudara

Jika dilihat dari luar, gejala serta gambaran kanker payudara tidak begitu tampak. Hanya si penderita yang mengalami rasa sakit dan efek samping lainnya. Maka dari itu, amat diperlukan adanya pemeriksaan dengan cara rontgen pada bagian payudara. Biar bagian dalam bisa terlihat. Selanjutnya, pihak laboratorium yang akan mengambil keputusan.

  1. Menggunakan Klinis Pemeriksaan Payudara atau CBE

Untuk menggunakan cara diagnosis ini, tentu memerlukan kalangan dokter atau profesional di bidangnya. Tidak bisa sekadar bidan yang sehari-harinya bekerja di kawasan daerah. Bisa juga sih dengan syarat berafiliasi dengan kalangan profesional. Terutama yang ada di rumah sakit umum yang sudah memiliki reputasi baik di masyarakat.

Saat melakukan pemeriksaan dengan cara ini, pihak dokter akan lebih berhati-hati memastikan penyebab benjolan di payudara. Begitu pula yang ada di bagian bawah lengan yang tampak abnormal. Jadi, hasil pemeriksaan lebih autentik.

  1. Melakukan Pengujian via USG

Ciri payudara saat hamil yang ada sebaiknya dikonfirmasi ulang apabila menampakkan gejala kanker. Caranya dengan melakukan pengujian via USG. Prosesnya sangat sederhana. Pemeriksaan ini mengandalkan gelombang suara energi tinggi atau ultrasound yang memantul di organ tubuh serta gema-gema. Gema itu yang membentuk gambar untuk kemudian disebut dengan sonogram.

  1. Melakukan Pemeriksaan dengan Mammogram

Kalau di dunia medis, mammogram sering diistilahkan dengan X-ray. Pemeriksaan ini memiliki risiko yang sangat kecil. Bahkan tidak berdampak apa-apa terhadap janin saat pemeriksaan berlangsung. Hanya saja, pemeriksaan ini bisa menghasilkan kemungkinan negatif, meskipun kanker payudara benar terjadi. Jadi, lebih baik kombinasikan dengan cara sebelumnya.

Apakah ciri payudara saat hamil yang terjadi pada Anda normal-normal saja? Jika memiliki gejala khusus seperti adanya benjolan, sebaiknya bawa masalah tersebut ke dokter atau kalangan profesional. Biar proses penanganan yang berjalan bisa cepat dan tepat. Selain itu, silakan kunjungi Orami untuk membaca banyak artikel seputar ibu hamil lainnya.