E-Commerce Business Model

March 14th, 2021

BUSINESS MODEL E-COMMERCE

  1. Online Direct Marketing

Online Direct marketing atau pemasaran langsung adalah bagaimana perusahaan melahirkan suatu kontak langsung dengan pelanggan dan pelanggan potensial dalam melakukan kampanye iklan layanan atau produk.

Levi Strauss & Co. adalah produsen pakaian Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1853 oleh Levi Strauss. Perusahaan ini bersifat internasional dengan 3 divisi geografis: Levi Strauss North Americas, bermarkas di San Francisco Levi Strauss Europe, dengan markas di Kota Brusel

 

 2.Electronic Tendering System

Dimana seorang pembeli meminta kandidat penjual untuk mengajukan penawaran harga, pemenangnya yang mengajukan harga terendah. Pelaksanaan E-Tendering  dilakukan dengan hanya memasukan penawaran harga untuk Pengadaan Barang/Jasa yang tidak memerlukan penilaian kualifikasi, administrasi, dan teknis, serta tidak ada sanggahan dan sanggahan banding.

www.pengadaan.com adalah portal pusat informasi dan pengembangan keahlian pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Portal ini diciptakan untuk turut serta meningkatkan kinerja, reputasi, dan kompetensi pengadaan barang dan jasa baik di sektor pemerintahan maupun swasta. Pengadaan barang dan jasa merupakan fungsi penting dalam perusahaan dan seringkali melibatkan porsi anggaran yang sangat besar. Fungsi pengadaan sangat dinamis karena mempertemukan kebutuhan pengguna barang dan jasa serta ketersediaan barang dan jasa yang ada di pasar. Oleh sebab itu efektifitas dan efisiensi dalam kegiatan pengadaan akan memberikan nilai tambah bagi pembeli maupun penjual barang dan jasa.

 

  1. Electronic, Marketplace & Exchange

Umumnya istilah ini digunakan dalam konteks perdagangan serta bisnis, khususnya perdagangan elektronik  atau e-Dagang. Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam memudahkan proses pertukaran data transaksi yang berulang-ulang antar perusahaan.

Digimap adalah Official Apple Premium & Authorized Reseller di Indonesia dan bagian dari PT. Mitra Adiperkasa Tbk (MAP Group) peritel gaya hidup terdepan di Indonesia.

 

  1. Viral Advertising & Marketing

Pemasaran Viral adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi sutu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang.

contoh dari billboard Lazada yang sempat jadi bahan perbincangan di jagat maya pada tahun 2017. Ia sengaja memasang billboard terbalik, untuk menyita perhatian masyarakat. Kebetulan, saat itu Lazada memang sedang mengadakan diskon besar-besaran. Jadi, seolah-olah diskon mereka yang besar itu bisa mengguncang semesta dan membuat masyarakat terbalik. Begitu kata Head of Online Marketing Lazada

  1. Group Purchasing

Sebuah organisasi pembelian kelompok ( Group Purchasing ) adalah sebuah entitas yang diciptakan untuk meningkatkan daya beli kelompok usaha untuk mendapatkan diskon dari vendor berdasarkan daya beli kolektif dari anggota Group Purchasing. Pembelian kelompok digunakan di banyak industri untuk membeli bahan baku dan perlengkapan, tapi itu adalah praktek yang umum di industri bahan makanan, perawatan kesehatan, elektronik, industri manufaktur dan industri pertanian.

 

MODEL BISNIS BERDASARKAN KARAKTERNYA

 

  1. Business To Business (B2B)
    Model B2B fokus pada penyediaan produk dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Meskipun banyak bisnis ecommerce di area ini adalah penyedia jasa/layanan, Anda juga akan menemukan perusahaan software, perusahaan supplier dan pemasok perabot kantor, perusahaan hosting, dan berbagai model bisnis ecommerce lainnya dari sektor ini.

Alibaba adalah perusahaan eCommerce terbesar di dunia, bahkan lebih besar jika Amazon dan eBay disatukan. Hal ini menjadikan Alibaba.com directory paling komprehensif yang menghubungkan supplier dengan pembeli di seluruh dunia. Saat ini Alibaba.com memiliki miliaran produk dari jutaan supplier yang menjual produk di Alibaba.com.

Alibaba.com biasa digunakan oleh pebisnis dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, untuk mencari barang dalam jumlah besar dan dijual lagi. Jika Anda tertarik untuk mencari barang di Alibaba.com, hal terpenting yang harus Anda ingat adalah berhati-hatilah agar pencarian produk & supplier yang Anda butuhkan berjalan dengan aman.

  1. Business to Consumer (B2C)

B2C (business to consumer) adalah model bisnis yang lazim dilakukan di pasar ecommerce. Bahkan sektor B2C adalah model bisnis yang selalu ada dipikiran orang saat mendengar kata ‘ecommerce’. Transaksi ecommerce B2C menyerupai model ritel tradisional, di mana bisnis menjual jasa/produk kepada individu, namun bisnis dijalankan dengan platform online alih-alih dengan toko fisik.

Blibli.com adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010

3.Consumer To Business (C2B)
Customer to business (C2B) adalah model bisnis dimana konsumen atau end-use menyediakan produk atau layanan ke perusahaan

Freelancer.co.id adalah regional website berbahasa Indonesia dari Freelancer.com, yang merupakan marketplace untuk freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia dilihat dari jumlah pengguna dan proyek yang diposkan

  1. Consumer To Consumer (C2C)

E Commerce jenis ini sangat banyak digunakan di indonesia dan sangat populer dikenal dengan istilah “marketplace” karena bertemunya antara consumer to consumer dalam satu platform penghubung antara keduanya. Dalam satu website ini bertemu consumer dengan consumer lain bisa menggunakan sistem langsung atau COD atau bisa sistem pemesanan online.

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.