Comments Off on Manfaat Nasi Putih Bagi Tubuh

Manfaat Nasi Putih Bagi Tubuh

2020
03.30

Manfaat Nasi Putih Bagi Tubuh

Nasi putih merupakan keliru satu makanan pokok penduduk Indonesia. Selain harganya tidak mahal dan gampang didapat, kandungan nutrisi nasi putih termasuk baik untuk kesegaran dan punya kegunaan yang penting bagi tubuh. Untuk meraih nutrisi yang lengkap, tentunya Anda tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi nasi putih saja. Nasi putih sebagai makanan pokok mesti dikombinasikan bersama dengan lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Kenali Fakta Kandungan Nutrisi Nasi Putih

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia. Dalam satu porsi nasi putih seukuran mangkok (180 gram), setidaknya terdapat 50 gram karbohidrat.

Meski kadarnya tinggi, karbohidrat di dalam nasi putih lebih banyak terdiri berasal dari gula dan pati, ketimbang serat. Hal ini pasti mesti menjadi perhatian bagi penderita diabetes di dalam sesuaikan porsi nasi putih yang akan dikonsumsi.

Selain karbohidrat, nutirisi lain yang terdapat di dalam nasi putih pada lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.

Fungsi Penting Nasi Putih bagi Tubuh

Karbohidrat terhadap nasi putih punya peran penting di dalam memberi tambahan kekuatan bagi tubuh. Ketika Anda mengkonsumsi nasi putih, karbohidrat di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, yang kemudian akan diserap dan masuk ke aliran darah. Glukosa ini akan diedarkan ke semua tubuh sebagai bahan bakar, terutama bagi otak.

1. Sumber energi

Kaya akan karbohidrat sebabkan nasi menjadi sumber energi. Nasi terdiri berasal dari rantai panjang karbohidrat kompleks yang mesti sementara lama untuk diurai. Karbohidrat ini memasok kekuatan terhadap tubuh. Kandungan pati terhadap nasi lebih rendah dibandingkan sumber pati berasal dari makanan lain.

2. Tinggi kandungan nutrisi

Nasi putih dan merah punya kandungan nutrisi berbeda. Nasi putih kaya akan kalsiun dan zat besi, termasuk vitamin seperti niacin, vitamin D, thiamin dan riboflavin. Nasi merah kaya akan serat dan baik untuk pencernaan. Nasi rendah lemak dan kolesterol agar baik untuk jantung.

3. Mencegah banyak ragam penyakit

Beras merah kaya akan neutransmitter yang mencegah penyakit Alzheimer. Beras termasuk memiliki kandungan antioksidan yang menjaga jantung dan mencegah stroke.

4. Mencegah kanker

Nasi merah kaya akan serat yang menjaga tubuh berasal dari bermacam tipe kanker. Serat beras menjaga sel dan tubuh berasal dari serangan kanker.

5. Mengontrol tekanan darah

Nasi rendah karbohidrat dan lemak sebab itu baik dikonsumsi bagi mereka yang idamkan turunkan berat badan.

6. Mencegah sembelit

Nasi rendah sodium sebab itu bisa mengendalikan tekanan darah. Juga kaya akan serat sehat yang merangsang perkembangan bakteri baik yang bagus untuk pencernaan dan BAB teratur.

7. Makanan bebas gluten

Nasi tak memiliki kandungan gluten. Karenanyanya baik dikonsumi oleh penderita penyakit celiac dan mereka yang alergi terhadap protein yang ada terhadap gandun dan sejenisnya.

Selain sebagai sumber energi, kegunaan nasi putih termasuk bisa didapatkan berasal dari kandungan nutrisinya yang lain, yaitu:

  • Vitamin B1 (tiamin), untuk menolong metabolisme karbohidrat.
  • Magnesium, sebagai komponen penting di dalam membentuk struktur tulang dan sesuaikan kontraksi otot.
  • Mangan, untuk menolong kerja otak, proses saraf, dan enzim-enzim di di dalam tubuh.

Meski nasi putih kaya akan nutrisi, mengkonsumsi nasi putih secara berlebihan termasuk tidak baik bagi kesehatan. Salah satu risiko mengkonsumsi nasi putih sangat banyak adalah terjadinya sindrom metabolik yang sering dikaitkan bersama dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Beberapa ahli gizi lebih menyarankan mengkonsumsi nasi merah (beras merah) karena kandungan serat, vitamin, dan mineralnya lebih banyak daripada nasi putih. Namun, karena nasi merah kurang pulen dan rasanya lebih hambar, biasanya orang selamanya pilih nasi putih. Bagi anda yang sedang membutuhkan Catering Nasi Box, anda bisa langsung menghubungi kami.

Mengonsumsi nasi putih sebenarnya masih aman sepanjang tidak berlebihan. Untuk jelas porsi nasi putih yang sesuai bersama dengan keperluan dan situasi kesegaran Anda, berkonsultasilah bersama dengan dokter. Dokter termasuk bisa memberi tambahan alternatif pengganti nasi putih yang lebih sehat.