Cara Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Rumah Kecil

Cara Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Rumah Kecil | Rumah-rumah kecil semakin berkembang di kota-kota besar, bahkan di daerah penyangga perkotaan. Meski Anda tinggal di rumah-rumah kecil, bukan berarti Anda kesulitan untuk memperoleh kenyamanan di rumah anda. Ada banyak cara untuk mengubah tampilan ruangan kecil agar lebih baik dan lebih nyaman untuk ditinggali. Kuncinya adalah memilih dan mengatur furnitur.

Mengapa pilihan furnitur untuk rumah kecil itu penting? Karena furnitur berkontribusi besar pada “ilusi” ruangan besar atau ruangan sempit, terutama di ruangan kecil. Karena itu, sebelum Anda membeli di toko mebel jepara, Anda harus mempertimbangkan sejumlah elemen. Karena terbatasnya¬† ruangan pada rumah kecil, Anda harus memanfaatkan setiap inci. Mengisi furnitur juga harus dipilih dengan hati-hati sehingga tidak makan banyak tempat.

Ada 5 faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih furnitur untuk rumah.

  • Besar Ukuran Ruangan

Sebaiknya sesuaikan ukuran perabot atau furniture dengan ukuran besar ruangan.

  • ¬†Jumlah Penghuni

Semakin banyak anggota keluarga, semakin banyak perabot yang Anda butuhkan.

  • Fungsi ruangan

Setiap kamar di rumah membutuhkan berbagai jenis furnitur. Di kamar tidur, misalnya, Anda biasanya membutuhkan tempat tidur dan lemari. Sedangkan ruang keluarga tentu membutuhkan furnitur yang berbeda dari yang ada di kamar tidur.

  • Kebiasaan para pengguna ruangan

Kebiasaan masing-masing individu berbeda, kebutuhan akan berbeda. Setiap individu cenderung memiliki selera estetika yang berbeda.

  • Anggaran atau biaya

Saat ini, ada berbagai jenis furnitur yang tersedia dengan berbagai harga. Anda dapat memilih sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Dari semua jenis furnitur yang ada di pasaran, ada 2 jenis furnitur yang cocok dengan rumah berukuran terbatas. Kedua furnitur tersebut adalah furnitur tanam dan furnitur yang multifungsi. Setiap perabot memiliki kriteria sendiri, sehingga dapat masuk ke dalam ruangan kecil Anda.

Selain furnitur yang bagus, Anda juga perlu mempertimbangkan menempatkan furnitur di dalam ruangan. Jika penempatannya asal – asalan atau lalai, perabot yang dipilih dengan baik ini tidak akan mengisi ruangan secara optimal. Bahkan, itu bisa membuat ruangan terlihat sesak dan terasa semakin sempit.

Furnitur Tanam

Bentuknya yang praktis dan ukuran yang tepat atau presisi, membuatnya cocok di aplikasikan di rumah kecil. Jika Anda mencari interior yang rapi dan bersih, furnitur tanam dapat menjadi solusi terbaik. Furnitur tanam didefinisikan sebagai furnitur yang dirancang untuk menyatu dengan rumah, biasanya dipasang dengan sistem pembongkaran.

Furnitur tanam melekat pada bangunan, dinding, lantai dan langit-langit untuk meringkas sebuah ruangan dan menghemat tempat. Selain itu, bentuknya bisa disesuaikan karena ukurannya lebih spesifik dan lebih cocok.

Di rumah-rumah kecil, menanam furnitur dapat ditempatkan di area aktivitas padat sebagai tempat penyimpanan. Untuk furnitur besar dan mobilisasi minimal, Anda dapat menggunakan sistem instalasi agar lebih kompak dan kuat.

Beberapa jenis perabot rumah yang cocok untuk sistem penanaman adalah televisi, rak buku, peralatan dapur, dan lemari pakaian. Namun, ini tidak menutup kemungkinan, sistem penanaman ini juga diterapkan pada meja kerja atau tempat tidur, asalkan tidak tidak di pindah – pindah dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuknya fleksibel dan dapat mengikuti ukuran ruangan, menjadikannya furnitur tanam dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan pada area yang sulit di isi furniture, misalnya dilorong, dinding di atas atau sudut yang jarang digunakan untuk aktivitas.

Baca Juga Inspirasi Desain Rumah Kecil Tanpa Skat

Furnitur multifungsi layak dipertimbangkan karena memiliki kelebihan, yaitu dapat memenuhi 2 hingga 3 fungsi, atau bahkan lebih. Saat ini di pasaran, tersedia banyak furnitur multifungsi dengan desain inovatif. Dengan sistem terintegrasi, furnitur fungsional ini hanya dapat mengubah bentuk dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, misalnya dilipat, dipindahkan, diangkat atau diperpanjang. Jika Anda kesulitan menemukan yang tepat, Anda dapat memesannya dari produsen furnitur dengan menyesuaikan ukuran, bentuk, warna dan bahan.

Perabotan multifungsi selalu tersedia saat dibutuhkan untuk memenuhi fungsi utamanya dan mencakup fungsi praktis lainnya. Oleh karena itu, dapat ditanam secara fisik atau di tempel. Mebel juga bisa disebut multifungsi tanpa modifikasi bentuknya. Misalnya, dudukan TV dapat berfungsi baik sebagai partisi maupun sebagai ruang penyimpanan.

Mengingat kondisi, fungsi dan komposisi yang dirancang untuk memenuhi beberapa fungsi, tidak mengherankan bahwa harga furnitur multifungsi umumnya lebih tinggi. Namun, jika Anda menghitungnya, itu bisa lebih murah daripada membeli furnitur yang berbeda. Selain itu, menghemat uang juga dan menghemat ruang agar terlihat luas pada rumah mungil Anda.